Oleh-oleh Khas Batam
Travel

Oleh-oleh Khas Batam

Batam termasuk kota besar di indonesia, pembangunan disini terus berkembang. Apalagi kota batam berbatasan langsung dengan singapura dan malaysia. Hampir semua barang yang masuk ke indonesia lewat laut, harus melalui bea cukai di batam terlebih dahulu. Kemajuan kota batam juga terus meningkat, ditandai dengan banyaknya perusahaan yang mendirikan pabriknya di batam dan tempat wisata yang semakin popular. Berlibur ke batam tanpa membawa oleh-oleh khas batam tentunya kurang lengkap. Anda pasti akan ditanyai keluarga atau teman di rumah oleh-olehnya.

Buat yang suka belanja, batam menjadi surganya. Karena banyak barang murah disini. Apalagi barang import dari luar negeri. Dari makanan sampai tas import pun bisa anda temukan disini. Membuat kita ingin segera belanja. Berikut ini beberapa oleh-oleh yang wajib anda beli.

10 Oleh-Oleh Khas Batam Kekinian

1. Kek Pisang Villa

Kek Pisang Villa

Kek pisang villa menjadi oleh-oleh pertama yang wajib anda beli. Banyak wisatawan yang menyukainya, karena rasanya yang enak. Oleh-oleh ini terbuat dari buah pisang yang dicampur dengan bahan-bahan berkualitas tinggi. Menghasilkan kue yang lembut, manis dan enak. Ada beberapa varian rasa yang bisa anda coba antara lain blueberry, cokelat, keju, dan lainnya. Untuk harganya tidak perlu khawatir, karena sangat murah hanya Rp 35 ribu untuk ukuran kecil dan Rp 55 ribu untuk ukuran besar.

2. Luti Gendang

Luti Gendang

Luti gendang merupakan roti yang didalamnya berisi potongan ikan. Dibuat dengan tepung kemudian digoreng. Memiliki tekstur yang renyah tetapi lembut didalamnya. Satu kali mencobanya pasti anda ingin mencobanya terus menerus. Proses pembuatannya menggunakan bumbu rempah alami, sehingga memiliki rasa yang khas. Berbeda dengan roti pada umumnya. Sangat cocok dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

3. Rocklate

Rocklate

Oleh-oleh ini sedang popular di batam. Bahkan tidak hanya diminati oleh wisatawan tetapi juga warga lokal. Rocklate merupakan cokelat yang dipadukan dengan marshmallow. Memberikan sensasi yang berbeda dibandingkan cokelat lainnya. Rasa manis dari cokelat dan marshmallow menyatu dengan baik.

Klik lihat: Oleh-oleh khas Jakarta

Saat masuk ke dalam mulut langsung lumer dan lembut. Rasa manisnya pun tidak membuat enek, sehingga makan banyak pun tidak masalah. Ada beberapa pilihan rasa yang disediakan. Ada rasa chrunchy milk chocolate, strawberry chocholate, chrucnchy dark chocolate, cocochip chocholate dan masih banyak lainnya. Harganya bervariasi, mulai dari Rp 20 ribu sampai Rp 55ribu.

4. Bingka Bakar

Bingka Bakar

Biasanya bingka di rebus, tetapi di batam ada bingka yang di bakar. Aromanya lebih keluar, sehingga membuat perut lapar untuk mencicipinya. Bingka bakar memiliki varian rasa yang banyak sekali, antara lain cokelat, strawberry, pandan, keju, wijen dan lainnya. Setiap rasa akan memiliki aroma yang berbeda-beda. Sehingga wajib mencoba semua varian rasanya. Untuk mencicipi bingka bakar bisa datang ke daerah nagoya. Harganya mulai dari Rp 150.000 – Rp 300.000 per paketnya. Satu paket bisa berisi beberapa varian rasa bingka bakar.

5. Tas Branded

Tas Branded

Bagi wanita yang ingin berburu tas branded, batam pusatnya. Ada banyak sekali toko tas branded yang bisa anda kunjungi, dengan harga yang bervariasi. Tas branded menjadi oleh-oleh khas batam yang disukai wisatawan.

Klik lihat: Oleh-oleh khas Pekanbaru

Di batam anda bisa menemukan tas branded asli harga puluhan juta sampai tas kw yang harganya murah. Merk-merk terkenal seperti chanel, louis vuitton, hermes dan lainnya bisa ditemukan di batam. Anda bisa berbelanja sepuasnya disini. Karena batam surganya tas import. Tetapi hati-hati dengan barang palsu, pastikan anda sudah bisa membedakan tas asli dan palsu. Sehingga tidak mudah tertipu penjual tak bertanggungjawab.

6. Layer Cake

Layer Cake

Sekilas layer cake khas batam ini mirip dengan kue lapis. Sama-sama memiliki lapisan yang banyak. Layer cake merupakan kue yang dibuat berlapis-lapis dengan bentuk yang unik. Sangat cocok dijadikan oleh-oleh.memiliki rasa manis yang lembut. Varian rasanya pun banyak sekali. Ada rasa cokelat, chese, fresh pandan, mocha dan masih banyak lainnya. Dalam satu bungkus, ada yang berisi satu varian rasa dan ada yang campuran. Untuk mencoba semuanya, lebih baik beli paket layer cake yang campur.

7. Bilis Molen

Bilis Molen

Anda pasti sudah tidak asing dengan yang namanya pisang molen. Tetapi makanan khas batam ini tidak sama dengan pisang molen pada umumnya. Isiannya bukan pisang tetapi ikan teri. Membuat rasa yang berbeda dan unik. Proses pembuatan kulitnya mirip dengan pisang molen. Tetapi bagian dalamnya diganti dengan ikan teri. Saat menggigit akan terasa asin, gurih dan manis dari tepungnya. Ukurannya kecil-kecil dan dibungkus dalam wadah plastik. Sehingga aman dibawa keluar kota untuk oleh-oleh keluarga di rumah.

8. Stik Buah Naga

Stik Buah Naga

Di batam ada banyak sekali cemilan olahan buah naga. Salah satunya adalah stik buah naga. Cemilan ini biasanya dibuat dari bahan tepung terigu kemudian di goreng. Tetapi untuk stik buah naga dicampur dengan adonan buah naga. Sehingga memberikan warna merah dan rasa yang lebih enak. Sangat cocok untuk cemilan di rumah. Memiliki rasa manis gurih yang menggugah selera. Harganya pun sangat terjangkau, sekitar Rp 20 ribuan. Anda bisa mendapatkannya di pusat oleh-oleh sekitar kota batam.

9. Teh Bunga Rosella

Teh Bunga Rosella

Teh bunga rosela termasuk oleh-oleh yang diminati para wisatawan. Rosella merupakan tumbuhan yang memiliki manfaat banyak sekali. Bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Klik lihat: Oleh-oleh khas Solo

Bunga rosela mengandung gizi yang tinggi, bagus untuk kesehatan tubuh. Proses pembuatannya pun sangat dijaga dengan baik, bunga rosela dikeringkan, kemudian diolah sedemikian rupa sampai menjadi teh yang siap disedu. Teh bunga rosela memiliki aroma yang harum. Buat anda yang ingin menurunkan berat badan, wajib untuk membelinya. Karena teh bunga rosela bisa bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

10. Keripik Kari

Keripik Kari

Mungkin anda sudah biasa makan kari dengan nasi hangat. Tetapi bila makan keripik kari tentunya belum pernah. Di batam terdapat oleh-oleh yang sangat khas yaitu keripik kari. Rasa karinya begitu enak membuat ketagihan. Keripiki ini dibuat dari daun kari, tepung terigu dan ektrak gonggong. Sehingga menghasilkan rasa yang gurih. Gonggong merupakan makanan khas batam yang sangat terkenal. Gonggong akan membuat aroma yang lebih kuat pada keripik karinya.

Sepertinya tidak akan cukup membahas oleh-oleh khas batam. Karena jumlahnya banyak sekali. Jika anda berkunjung ke bintan atau pusat wisata lainnya, pasti akan menemukan oleh-oleh yang banyak sekali. Dari makanan sampai pernak pernik yang lucu. Jangan lupa untuk membeli gantungan kunci khas batam dan aksesoris lainnya. Bisa dijadikan kenang-kenangan kalau anda sudah pernah mengunjungi kota batam, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *