Makanan Khas Banjarmasin
Kuliner

Makanan Khas Banjarmasin

Banjarmasin merupakan salah satu kota yang terletak di Kalimantan Selatan dan menjadi ibukota dari provinsi Kalsel. Kota ini sendiri menjadi kota yang cukup padat diluar pulau Jawa sehingga jika anda datang ke tempat ini tidak perlu khawatir kesepian karena hiruk pikuknya mirip dengan di Pulau Jawa. Selain itu, kota ini juga terkenal dengan kota seribu sungai dan juga menyimpan kekayaan laut yang tak terkira.

Tempat ini juga memiliki banyak objek wisata yang bisa memanjakan kalian ketika datang ke tempat ini. Objek wisata sejarah, pendidikan, wisata alam, hingga kuliner bias anda dapatkan dikota Seribu Sungai ini. Oleh karena itu, jika anda datang ke kota tersebut, jangan lupa mencicipi makanan khasnya agar tidak rugi. Makanan Khas Banjarmasin sendiri cukuplah banyak sehingga disini kami akan memberikan beberapa makanan sebagai referensi agar nantinya anda tidak bingung makanan mana yang perlu dicicipi.

Sebagai salah satu kota besar di Indonesia tentu Banjarmasin memiliki ragam makanan dan minuman yang cukup khas dan tentunya akan menggugah selera makan anda. Tidak jarang orang juga yang ketagihan dan rindu dengan makanan yang ada di Banjarmasin setelah mereka mencicipinya oleh karena itu jika mereka datang lagi ke Banjarmasin tentu mereka akan mencicipi makanan tersebut. Lalu makanan apa saja yang wajib anda coba ketika anda datang ke Banjar masin? Berikut ini daftarnya.

10 Makanan Khas Banjarmasin yang Terkenal

1. Soto Banjar

Soto Banjar

Soto Banjarmasin memang sudah sangat tersohor diberbagai kota sehingga para wisatawan yang mempunyai niat pergi ke kota tersebut, maka disarankan untuk mencicipi soto Banjar ini. Hal yang unik pada soto ini adalah tidak menggunakan kunyit melainkan menggunakan kayu manis. Oleh karena itu, warna pada kuahnya nampak lebih bening dan tidak kekuningan seperti pada soto didaerah lainnya. Sedangkan untuk isian makanan khas dari Banjarmasin ini juga berbeda dengan soto pada umumnya dimana tidak menggunakan soun dan suwiran daging ayam. Akan tetapi, diberikan prekedel dan irisan telur setengah matang sehingga hal tersebut akan membuat keunikan pada makanan khas ini. Sebagai pemanis dan penyedap, soto ini diberikan taburan daun bawang, bawang goreng,dan irisan jeruk nipis yang membuatnya lebih sedap untuk disantap.

2. Nasi Kuning Khas Banjarmasin

Nasi Kuning Khas Banjarmasin

Memang nasi kuning yang ada di Banjarmasin tidak jauh berbeda dengan nasi kuning didaerah lainnya. Hal yang membedakan disini adalah penggunaan berasnya. Selain itu, bumbu yang dipergunakannya juga cukup berbeda sehingga memberikan ciri khas yang berbeda sebagai salah satu ikon kuliner dikota Banjar.

Klik lihat: Makanan khas Banten

Di Banjar sendiri penggunaan beras pera merupakan pilihan utama bagi nasi kuning. Sedangkan bumbu yang digunakan pada nasi kuning ini cukup berbeda dengan yang ada di Jawa dimana rempah yang digunakannya adalah kunyit untuk mewarnai nasi dan daun pandan sebagai penambah aroma. Cara sajinya pun cukup berbeda sehingga jika anda mencicipi makanan ini anda akan merasa ketagihan dan ingin mencicipinya lagi.

3. Cacapan Asam

Cacapan Asam

Banjarmasin memang lebih akrab dengan kuliner yang memiliki cita rasa manis, asam, gurih dan pedas. Hal itu sangat berbeda dengan daerah di Pulau Jawa yang cenderung ke manis. Cacap asam ini sendiri merupakan kuliner yang isinya berupa buah-buahan yang dicincang kemudian dicampur dengan asam jawa, bawang merah, cabai rawit serta garam. Selain itu, biasanya juga dicampur dengan terasi yang dibakar.

Semua bahan tersebut diatas dipotong kemudian dicampur. Cacapan Asam ini sendiri biasanya menjadi pendamping kuliner yang dibakar, direbus, diasinkan ataupun digoreng.

4. Ketupat Kandangan

Ketupat Kandangan

Makanan khas selanjutnya adalah ketupat kandangan yang sangat khas berasal dari Kalimantan Selatan. Meskipun mirip seperti ketupat pada umumnya, pada hidangan ini yang membedakan adalah jenis ikan dan kuah yang menjadi pelengkap kuliner satu ini. Biasanya ikan yang digunakan adalah ikan gabus yang dipanggang dan kemudian dimasak dengan kuah santan berwarna kuning.

Adapun bumbu yang digunakan adalah berasal dari kayu manis, cengkih, dan kapulaga sehingga akan membuat rasanya lebih gurih dan sangat cocok untuk dihidangkan ketika siang hari.

5. Mandai

Mandai

Makanan Khas Banjarmasin selanjutnya adalah manday yang terbuat dari kulit cempedak atau tiwadak dalam bahasa Kalimantan. Kulit tersebut kemudian diawetkan dalam waktu yang lumayan cukup lama dengan mencampur garam kemudian didiamkan ditempat yang tertutup. Semakin lama diawetkan maka rasanya akan semakin enak. Mandai ini sendiri biasanya dimasak dengan cara digoreng ataupun dibakar. Rasanya yang khas membuat banyak wisatawan ketagihan dengan makanan ini.

6. Nasi Itik Gambut

Nasi Itik Gambut

Makanan khas ini tidak boleh dilewatkan oleh para wisatawan karena kuliner khas Banjarmasin ini memiliki karakteristik tersendiri karena bumbu itiknya yang cukup banyak dan masuk hingga ke daging membuat cita rasanya cukup menggoda di lidah. Bumbu yang digunakan pada kuliner satu ini sendiri adalah bumbu balado bercita rasa manis. Jika anda ingin rasa pedas, anda juga bias menambahkan beberapa sendok sambal saja ketika menyantapnya. Dengan harga yang cukup terjangkau, kuliner ini cukup digemari dan wajib dicoba bagi anda yang datang dari luar daerah.

7. Bubur Baayak

Bubur Baayak

Bubur baayak merupakan bubur tradisional khas Banjarmasin dan memiliki tampilan warna cokelat dengan cita rasa yang berpadu dengan manis dan gurih sehingga membuat cita rasanya ini cukup ngangenin. Bubur ini sendiri terbuat dari tepung beras, gandum dan campuran air. Tekstur bubur banyak sendiri cukup kental dan didalamnya terdapat butiran-butiran tepung.

Klik lihat: Makanan khas Bengkulu

Kuliner ini sendiri dinamakan banyak karena saat dibuat adonan tepungnya disaring sambil digoyang-goyang agar menjadi kalis. Proses penyaringan sembari digoyang-goyang ini disebut ayak.

8. Lontong Orari

Lontong Orari

Tidak hanya kupat saja yang menjadi ikon khas di Banjarmasin karena Lontong Orari pun wajib anda cicipi sebagai makanan khas didaerah ini. Lontong Orari ini sendiri merupakan kuliner khas yang biasanya disajikan dengan irisan labu, buncis, dan ikan gabus serta telur ayam yang dibumbui dengan bumbu merah. Lontong Orani ini sendiri berbentuk cukup unik dan lucu karena berbeda dengan lontong biasanya. Rasanya yang gurih dan bentuknya yang unik akan membuat banyak orang ketagihan dibuatnya.

9. Sate Tulang

Sate Tulang

Selain itu, anda yang ingin makanan khas dan unik lainnya di Banjarmasin bias menyantap sate tulang. Sate tulang ini sendiri menjadi salah satu kuliner yang paling banyak diburu oleh wisatawan yang datang ke Banjarmasin. Meskipun memiliki nama sate tulang akan tetapi sate ini tidak 100% terbuat dari tulang. Sate ini sendiri biasanya terbuat dari kulit ayam, lemak ayam yang ada dileher ayam.

Klik lihat: Makanan khas Betawi

Adapun bumbu yang digunakan pada sate ini adalah bumbu habang dimana rasanya cenderung pedas manis. Kuliner Banjarmasin ini sendiri biasanya disajikan dengan soto Banjar yang mana akan membuat nikmat kedua kudapan ini.

10. Gangan Humbut

Gangan Humbut

Sedangkan kuliner khas dari Banjarmasin yang terakhir adalah gangan humbut yang termasuk kedalam kuliner tradisional khas Banjarmasin dan dimasak dengan bumbu bawang merah yang telah dicampur dengan satan, kacang panjang, dan labu serta humbut. Nama gangan sendiri dalam bahasa Banjarmasin berarti sayur adapun humbut berarti rebung atau tunas pohon kelapa. Rasa dari sayur ini cukup gurih terlebih jika dicampur dengan ikan dan sambal tentu akan membuat lidah anda ketagihan.

Itulah kesepuluh rekomendasi Makanan Khas Banjarmasin yang wajib anda cicipi ketika mengunjungi kota tersebut. Cita rasanya yang khas tentu akan membuat lidah anda ketagihan untuk mencobanya lagi.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *