Oleh-oleh Khas Pekanbaru
Travel

Oleh-oleh Khas Pekanbaru

Pekanbaru, sebuah kawasan di Sumatera ini menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup menarik untuk di kunjungi. Kota ini menjadi satu dari sekian banyak destinasi wisata menarik di Indonesia yang menjadi tujuan wisatawan lokal maupun mancanegara setiap musim liburan tiba. Memiliki pemandangan alam yang asri, Pekanbaru menawarkan wisata sejuk yang tentu saja menarik untuk dicoba. Selain adanya cukup banyak destinasi wisata, ada banyak oleh-oleh khas Pekanbaru yang tak kalah menariknya untuk dicoba.

Kawasan ini memang menyediakan cukup banyak oleh-oleh berupa cenderamata dan makanan khas yang sangat menarik. Jika anda berkunjung ke kawasan ini, maka di setiap destinasi wisata anda pasti bisa menemukan oleh-oleh khas yang sangat menarik. Namun, jika anda baru pertama kali menginjakkan kaki di Pekanbaru, berikut ada beberapa ide oleh-oleh yang bisa anda coba dan pilih. Selamat membaca.

Berburu oleh-oleh memang menjadi hal yang asyik saat berlibur. Dengan oleh-oleh yang ada di tangan, tentu saja kita akan merasakan liburan yang sesungguhnya dan bisa memberikan hadiah kepada kerabat maupun rekan. Lantas, apa saja oleh-oleh spesial khas Pekanbaru yang bisa dijadikan pilihan? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

10 Oleh-oleh Khas Pekanbaru Kekinian

1. Kaos Khas Pekanbaru

Kaos Khas Pekanbaru

Salah satu oleh-oleh yang paling banyak diminati oleh wisatawan yang berlibur ke Pekanbaru adalah kaus khas daerah ini. Kaus memang cukup diminati karena oleh-oleh ini selain mudah dicari juga mudah untuk dibawa. Nah, di Pekanbaru, anda akan menemukan cukup banyak produk kaus khas Pekanbaru dengan gambar dan tulisan ala daerah ini.

Klik lihat: Oleh-oleh khas Jakarta

Dengan adanya banyak desain tersebut tentu saja anda akan bisa leluasa untuk memilih kaus sesuai dengan keinginan anda. Namun, saat hendak memilih, maka sebaiknya anda memperhatikan detail kaus terlebih dahulu, mulai dari bahan yang digunakan serta desain kaus yang ditawarkan agar anda mendapatkan kaus terbaik.

2. Batik Corak Riau

Batik Corak Riau

Apakah anda menyukai kain batik untuk kemeja formal anda? Nah, tidak ada salahnya jika anda membeli batik corak Riau sebagai oleh-oleh yang akan dibawa pulang. Ini adalah salah satu oleh-oleh khas daerah Pekanbaru yang sangat istimewa.

Batik yang ada di kawasan ini memiliki corak yang begitu unik dan elegan. Anda bisa menemukan batik corak Riau ini di beberapa toserba ataupun pasar tradisional dengan harga yang cukup terjangkau tergantung jenis kain yang digunakan.

3. Kacang Pukul Bagansiapiapi

Kacang Pukul Bagansiapiapi

Kacang pukul bagansiapiapi adalah salah satu oleh-oleh khas Pekanbaru yang cukup unik dan sangat digemari oleh masyarakat serta wisatawan. Jika anda pernah mencicipi makanan ringan manis seperti ting-ting, nah kacang ini memiliki tekstur dan rasa yang mirip. Hanya saja, rasa manis dari kacang ini terbilang sangat khas sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

Kacang ini dulunya berasal dari seseorang keturunan tionghoa. Lambat laun, kacang ini mulai digemari oleh masyarakat dan produksinya pun meningkat. Kini, salah satu panganan khas Pekanbaru ini bisa ditemukan di banyak toko oleh-oleh yang tersedia di pusat kota.

4. Bolu Kemojo

Bolu Kemojo

Untuk anda yang suka dengan jenis kue bolu, maka bolu Kemojo menjadi salah satu oleh-oleh khas daerah ini yang sebaiknya anda beli. Ya, kue bolu ini sangat terkenal di Pekanbaru dan menjadi oleh-oleh yang cukup banyak diburu. Bolu ini dibuat dengan bahan khusus dan dilengkapi dengan santan murni. Selain itu, bolu akan dimasak dengan cara dikukus. Dewasa ini, bolu ini dibuat dengan aneka rasa yang menggugah selera, seperti durian, pandan, nangka dan lainnya.

5. Viz Cake

Viz Cake

Viz Cake bisa menjadi pilihan menarik untuk oleh-oleh spesial khas Pekanbaru yang bisa dibeli. Kue roll ini sangat menarik dengan motifnya yang unik. Jika dilihat, tampilan roti ini begitu elegan dan memiliki nilai seni yang menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmat kue. Selain itu, Viz Cake dibuat dengan aneka rasa. Dua rasa terbaik yang begitu digemari oleh wisatawan adalah cokelat dan keju.

6. Gantungan Kunci Pekanbaru

Gantungan Kunci Pekanbaru

Jika anda hendak mencari oleh-oleh yang simple, maka gantungan kunci Pekanbaru bisa menjadi ide yang sangat menarik. Gantungan kunci memang menjadi opsi oleh-oleh yang paling dicari karena selain mudah dibawa, harganya pun cukup terjangkau. Lalu, apa yang membuat gantungan kunci Pekanbaru ini spesial dan berbeda dengan lainnya?

Klik lihat: Oleh-oleh khas Manado

Secara umum, gantungan kunci ini sama saja dengan gantungan kunci lainnya. Namun, secara tampilan, gantungan kunci Pekanbaru memiliki detail yang unik. Dalam hal ini, anda bisa menemukan motif yang unik berupa landmark Pekanbaru yang unik dalam gantungan kunci tersebut. Untuk anda yang ingin memberikan oleh-oleh pada sahabat, gantungan ini bisa menjadi ide yang pas.

7. Keripik Nanas

Keripik Nanas

Di beberapa daerah mungkin keripik nanas sudah cukup banyak ditemukan. Namun, di Pekanbaru, anda akan menemukan kerupuk nanas yang berbeda. Memang, keripik nanas menjadi salah satu komoditas oleh-oleh unggulan yang ada di Pekanbaru dan bisa menjadi ide oleh-oleh yang tepat.

Dalam hal ini, keripik dibuat dengan bahan dasar nanas khusus yang matang dan istimewa. Selain itu, keripik memiliki rasa yang tidak terlalu manis namun tetap renyah dan sangat enak. Nah, apa yang menarik dari keripik nanas ini adalah bentuknya yang bundar sesuai dengan ukuran buah nanas yang digunakan.

8. Dodol Kedondong

Dodol Kedondong

Dodol memang juga bisa ditemukan di beberapa daerah di Indonesia, seperti dodol Garut. Namun, Pekanbaru memiliki dodol khas yang bisa menjadi pilihan oleh-oleh yang tepat. Salah satu produk dodol yang menarik di Pekanbaru adalah dodol kedondong. Seperti namanya, kue dodol ini memiliki rasa yang khas, yakni rasa buah kedondong.

Klik lihat: Oleh-oleh khas Lampung

Anda mungkin penasaran bukan dengan bagaimana rasa dari dodol ini? Ya, dodol kedondong memiliki rasa yang unik dengan cita rasa manis yang khas. Selain itu, dodol ini memiliki warna yang lebih terang daripada dodol jenis lainnya sehingga cukup menggugah selera.

9. Lempuk Durian

Lempuk Durian

Pilihan oleh-oleh spesial khas Pekanbaru yang sebaiknya tidak anda lewatkan adalah lempuk durian. Pekanbaru memang termasuk salah satu daerah penghasil durian. Dalam hal ini, anda bisa menemukan sajian lempuk durian yang lezat dan tidak akan ditemukan di daerah lain saat berwisata ke wilayah ini.

10. Lopek Bugi

Lopek Bugi

Satu lagi oleh-oleh khas yang berasal dari Pekanbaru adalah lopek bugi. Ini adalah makanan khas Pekanbaru yang dibuat dengan bahan utama ketan dan dibungkus dengan daun pisang. Kue basah ini memiliki cita rasa manis dan gurih yang sangat nikmat dan cocok untuk teman saat minum kopi.

Nah, beberapa poin di atas menunjukkan beberapa pilihan oleh-oleh khas Pekanbaru yang begitu istimewa. Jika anda pergi ke Pekanbaru, maka jangan lupa untuk membeli beberapa oleh-oleh di atas!

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *