Oleh-oleh Khas Jakarta
Travel

Oleh-oleh Khas Jakarta

Wisata tidak harus dilakukan ke luar negeri. Tidak ada salahnya berwisata di tanah air kita sendiri. Ada banyak tempat wisata yang sebenarnya bisa kita kunjungi. Setiap kotanya menawarkan macam-macam wisata yang patut menjadi bahan pertimbangan. Jakarta adalah salah satu tempatnya. Sebagai ibu kota, tentunya banyak yang bisa anda harapkan dari tempat ini. Jika anda berencana berwisata ke sana, pastikan anda tidak lupa membawa pulang oleh-oleh ke rumah.

Ada banyak yang bisa menjadi pilihan anda. Berikut akan kami berikan 10 saran oleh-oleh khas Jakarta yang bisa anda pikirkan untuk dihadiahkan pada teman atau kerabat dekat. Setiap pilihan bagus dipertimbangkan.

10 Oleh-oleh Khas Jakarta Kekinian

1. Roti Buaya

Roti Buaya

Makanan menjadi salah satu oleh-oleh utama yang bisa kita bawa pulang. Berbicara mengenai makanan khas Jakarta, roti buaya adalah salah satu pilihan yang tepat. Seperti namanya, roti ini berbentuk buaya. Biasanya, roti ini digunakan dalam seserahan dari pengantin pria ke pengantin wanita. Penggunaan desain buaya terinspirasi dari pendapat orang Betawi yang mengatakan bahwa buaya hanya menikah satu kali seumur hidupnya. Karenanya, roti buaya dianggap sebagai lambang kesetiaan. Rasanya manis gurih dengan varian rasa. Tidak ada salahnya anda bawa pulang sebagai oleh-oleh meski bukan untuk seserahan pengantin.

2. Dodol Betawi

Dodol Betawi

Selain roti, Jakarta juga sangat dikenal dengan dodol Betawi-nya. Dodol adalah kue kenyal yang manis dan gurih rasanya. Biasanya, dodol dibuat dari ketan putih. Namun, kini dodol juga dapat dibuat dengan ketan hitam atau bahkan durian. Makanan khas Jakarta ini awet dan murah harganya. Jadi, tidak ada salahnya bila anda membelikannya untuk teman dan keluarga.

Dodol biasanya juga dikemas dengan praktis, sehingga bisa menjadi camilan kecil yang dapat dibawa ke mana-mana. Tentu saja, camilan yang satu ini dapat mengisi perut anda sejenak ketika merasa lapar. Belilah dalam jumlah banyak dan bagikan buah tangan ini.

3. Keripik Aneka Buah

Keripik Aneka Buah

Camilan memang makanan ringan yang dinikmati banyak orang. Umumnya, kripik singkong dan kentang adalah yang menjadi kegemaran orang Indonesia. Akan tetapi, di Jakarta, anda akan mendapatkan keripik aneka buah.

Biasanya, keripik dibuat dari buah nangka, apel, salak pondoh, nanas, mangga, pisang, dll. Dengan varian buah Indonesia, tentu keripik ini juga akan menawarkan varian rasa yang bermacam-macam. Keripik ini juga dikemas dengan rapat sehingga awet untuk dibawa pulang dan tetap renyah untuk dimakan. Sebagai selingan, keripik ini tak kalah enak dengan keripik singkong dan kentang yang biasa kita makan.

4. Topeng Ondel-ondel

Topeng Ondel-ondel

Oleh-oleh tidak harus selalu berupa makanan. Benda tertentu dapat kita gunakan atau simpan untuk kenang-kenangan. Tentunya anda tahu bahwa Ondel-Ondel adalah ikon rakyat Betawi. Boneka raksasa ini biasanya ditunjukkan dalam pesta-pesta rakyat. Meski merupakan tradisi lama, boneka ini masihlah sering kita temui di ibu kota. Karena bonekanya terlalu besar untuk dijadikan oleh-oleh, bagaimana jika kita pilih topeng ondel-ondelnya saja? Dalam pernak-pernik Jakarta, topeng ini menjadi pilihan utama para wisatawan. Biasanya topeng ini dijual berpasangan. Jadi, bagaimana jika anda belikan untuk anda sendiri dan pasangan anda?

5. Miniatur Monas

Miniatur Monas

Ondel-Ondel bukanlah satu-satunya ikon Jakarta. Jika yang anda tanyakan adalah ikon utamanya, Monumen Nasional (Monas) adalah jawabannya. Siapa yang tidak kenal tugu tinggi dengan api emas di atasnya yang ada di Jakarta ini? Letak tugu ini berdiri pun menjadi landmark terpopuler di ibu kota.

Klik lihat: Oleh-oleh khas Manado

Sebagai oleh-oleh khas Jakarta, miniatur monas dapat menjadi bahan pertimbangan, pastinya. Miniatur tugu ini biasanya dibuat dari kayu, plastik, fiberglass, dll. Untuk dijadikan pajangan di rumah, miniatur ini tentu dapat menghias meja atau rak anda dengan baik. Karena itu, tidak ada salahnya jika kita pilih benda ini untuk cinderamata.

6. Boneka Abang None

Boneka Abang None

Pastinya, anda sudah pernah mendengar istilah abang none sebelumnya, bukan? Abang None sebenarnya adalah sebutan sepasang pria dan wanita. Biasanya, anda akan menemui istilah ini disebut-sebut dalam promosi pariwisata. Namun, ikon satu ini bukanlah hanya sekedar ikon sepasang saja. Dibuat dalam bentuk boneka, sepasang pria dan wanita ini didesain dengan busana tradisional khas Betawi. Karena itulah sebutan Abang None menjadi salah satu ikon Jakarta. Desain ikonnya memperkenalkan busana khas daerahnya yang menjadi ibu kota Indonesia. Boneka Abang None terlihat manis jika kita pajang dalam rumah.

7. Kaleng Kerupuk

Kaleng Kerupuk

Mungkin anda merasa aneh dengan oleh-oleh yang satu ini. Namun, kaleng kerupuk biasa bukanlah yang kami maksudkan di sini. Perlu anda ketahui bahwa ini adalah souvenir dari Jakarta yang cukup unik dan sedang populer di kalangan wisatawan.

Klik lihat: Oleh-oleh khas Lampung

Kaleng kerupuk ini dibuat lebih kecil dari yang seharusnya, kemudian diisi dengan macam-macam snack dan permen. Namun, snack dan permen yang dipilih adalah camilan jadul dengan tujuan untuk membuat kita bernostalgia dengan panganan jaman dulu. Oleh-oleh seperti ini tentu bukan oleh-oleh biasa, bukan? Siapa yang bisa mengira kaleng kerupuk bisa menjadi demikian menariknya.

8. Kebaya Betawi

Kebaya Betawi

Bagaimana dengan pakaian? Apa ada yang bisa kita beli, namun tetap menunjukkan kekhasan Jakarta? Jika pakaian adalah pertanyaan anda, kebaya adalah jawabannya kali ini untuk anda. Jakarta terkenal dengan kebaya Betawi-nya.

Kebaya khas Jakarta ini berbeda dengan kebaya kota-kota lain di Indonesia. Karakteristik utamanya adalah bentuknya yang lebih sederhana. Meski sederhana, sebenarnya kebaya Betawi memiliki rupa yang lebih elegan. Selain itu, anda dapat dengan mudah memadukannya dengan macam-macam bawahan. Kebaya Betawi tidak selalu harus dipakai di acara penting atau formal karena desain sederhananya.

9. Kaos Jakarta

Kaos Jakarta

Apakah anda pernah mendengar kaos Joger di Bali atau kaos Dagadu di Jogja? Ya, kaos-kaos itu sebenarnya adalah kaos sederhana yang kita pakai sehari-harinya. Namun, kaos tersebut memiliki kekhasannya tersendiri tergantung kotanya.

Klik lihat: Oleh-oleh khas Lombok

Di Jakarta, kaos semacam ini disebut dengan Kaos Jakarta. Seperti halnya yang lain, kaos ini pada dasarnya kaos polos dengan tulisan dan gambar di tengahnya. Namun, yang membedakan adalah tulisan dan gambarnya. Biasanya, yang digunakan adalah ikon-ikon kota masing-masing. Untuk Jakarta, gambar bisa berupa tugu Monas dan lain sebagainya. Ini juga oleh-oleh Jakarta yang bagus.

10. Bir Pletok

Bir Pletok

Bagaimana jika kita beralih ke oleh-oleh dalam bentuk minuman? Jika itu yang anda inginkan, Bir Pletok akan jadi pilihan yang menarik untuk anda. Bagaimana tidak? Meski disebut sebagai bir, sebenarnya oleh-oleh khas Jakarta ini bukanlah minuman beralkohol. Malahan, minuman khas Betawi ini terbuat dari bahan-bahan alami, sehingga dapat menyehatkan badan. Bir ini memiliki khasiat meredakan pegal-pegal, masuk angin, dan flu.

Sebagai bentuk perhatian anda pada teman atau sanak saudara, memberikan minuman ini sebagai oleh-oleh pasti mereka apresiasi dengan baik. Selain dalam botol, bir ini juga siap dalam serbuk.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *