Oleh-oleh Khas Lombok
Travel

Oleh-oleh Khas Lombok

Lombok merupakan salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun Internasional. Dari segala sisi, pulau ini memiliki daya tarik tersendiri bagi travellers. Keindahan alamnya menjadi magnet tersendiri bagi pengunjung mulai dari sisi pegunungan hingga pantai. Namun, selain destinasinya yang cukup istimewa, hal yang tidak kalah menariknya ketika anda mengunjungi lombok adalah oleh-oleh khasnya.

Oleh karena itu, tidak lengkap rasanya jika datang ke Lombok akan tetapi belum mendapatkan Oleh-oleh Khas Lombok yang bisa anda bagikan nantinya saat tiba dirumah. Oleh-oleh khas ini tentu sangat menarik dan belum tentu bisa ditemukan didaerah lain sehingga anda wajib mendapatkannya.

Berkunjung ke Lombok akan tetapi tidak membawa oleh-oleh memang rasanya kurang lengkap terlebih jika anda datang dari tempat yang cukup jauh ataupun beda pulau. Di Lombok sendiri memang memiliki banyak ragam jenis oleh-oleh yang sangat khas, unik, dan menarik dimana anda tidak bisa menemukannya ditempat lain. Disini kami akan memaparkan sedikit dari oleh-oleh khas tersebut yang bisa anda bawa pulang. Diantaranya adalah sebagai berikut.

10 Oleh-oleh Khas Lombok Kekinian yang Murah

1. Kain Tenun Ikat Sasak

Kain Tenun Ikat Sasak

Menenun memang merupakan salah satu bagian dari masyarakat asli lombok. Oleh karena itu, kurang lengkap kiranya jika kita mengunjungi Lombok akan tetapi tidak mendapatkan kain tenun satu ini.

Klik lihat: Oleh-oleh Khas Jepang

Salah satu kain tenun yang cukup menari berasal dari sasak yang memiliki kualitas cukup bagus dan tidak kalah dengan kain tradisional diberbagai daerah lain yang ada di Indonesia. Adapun jika anda ingin melihat berbagai macam hasil tenunan khas Lombok, anda bisa mengunjungi ke Desa Pringgasela, Lombok Timur. Disini anda akan mendapatkan kain tenun dengan pewarnaan alami. Disini juga anda bisa mendapatkan kain tenun berupa lembaran, syal, dan sarung.

2. Madu Sumbawa

Madu Sumbawa

Oleh-oleh khas daerah Lombok kedua yang perlu anda bawa pulang saat berada disana adalah madu Sumbawa. Sumbawa memang merupakan salah satu daerah di provinsi Nusa Tenggara Barat dan penghasil madu terbaik yang ada di Indonesia. Meskipun begitu, anda bisa mendapatkannya di Lombok.

Madu ini sendiri memiliki dua jenis yang dijual disana. Jenis pertama yaitu yang berwarna kuning kecoklatan sedangkan jenis kedua adalah madu putih yang berasal dari lebah yang hidup di karang-karang putih. Madu putih ini sendiri memiliki khasiat yang sangat bagus yaitu bisa mengobati penyakit saraf. Untuk mendapatkan madu, harganya cukup beragam tergantung ukuran mulai dari Rp 30.000 untuk ukuran 250 ml hingga Rp 250.000 untuk kemasan 1 liter.

3. Kalung Mutiara Lombok

Kalung Mutiara Lombok

Mutiara merupakan identitas lombok sehingga kurang afdol jika anda mengunjungi Lombok dan tidak membeli kalung mutiara sebagai koleksi. Oleh-oleh satu ini sendiri merupakan salah satu oleh-oleh yang bisa dibilang cukup mewah sehingga anda harus merogoh kantong lebih untuk mendapatkannya.

Selain kalung, gelang mutiara juga bisa ditemukan disini dimana harganya sekitar Rp 100.000,-. Adapun murah mahalnya mutiara bisa dilihat dari ukurannya. Untuk bahan kalung sendiri, mutiara ini bisa didapatkan mulai harga Rp 400.000 hingga Rp 1.000.000.

4. Dodol Rumput Laut

Dodol Rumput Laut

Dodol rumput laut memang merupakan salah satu Oleh-oleh Khas Lombok yang wajib anda dapatkan ketika berada di Lombok. Tak seperti dodol pada umumnya yang sangat manis, dodol rumput laut ini memiliki rasa yang manis dan segar. Dodol ini sendiri terbuat dari tepung rumput laut, gula, serta buah-buahan segar.

Klik lihat: Oleh-oleh Khas Korea Selatan

Seperti pada dodol lainnya, dodol rumput laut juga memiliki variasi pilihan rasa seperti nangka, mangga dan sirsak. Tidak sampai disitu, rasanya juga cukup manis dan kenyal dilidah sehingga ketika memakannya anda akan merasa seperti memakan jelly rasa buah yang banyak disukai anak-anak. Untuk dodol rumput laut bisa anda dapatkan sekitar Rp 10.000 – Rp 15.000 per kemasan berat 200 gr.

5. Permen Susu Kuda Liar

Permen Susu Kuda Liar Sumbawa

Oleh-oleh selanjutnya yang tidak boleh ketinggalan adalah permen susu kuda liar dan kerbau liar. Susu kuda liar ini berasal dari Sumbawa dimana susu ini memiliki keistimewaan bebas dari pengaruh bahan kimia sintesis dan mikroba. Selain itu, susu jenis ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, jika anda ribet ketika membawa susu, maka anda tidak perlu khawatir karena anda bisa membeli susu kuda dan kerbau liar dalam bentuk permen sehingga hal tersebut bisa lebih praktis ketika dibawa.

6. Minyak Gosok Sumbawa

Minyak Gosok Sumbawa

Oleh-oleh khas dari Lombok ini memang merupakan salah satu oleh-oleh untuk kalian yang suka pegal-pegal dan mengalami gangguan lain pada tubuh anda. Selain itu, minyak gosok juga bisa menjadi oleh-oleh yang istimewa untuk orang tua karena mereka memang sering memakai minyak gosok untuk tubuh mereka. Minyak gosok dari Lombok ini sendiri terbuat dari akar lawing. Minyak dengan bau khas ini mampu memberikan kehangatan dan menyembuhkan beberapa permasalahan seperti pegal-pegal, keseleo, rematik, dan lain sebagainya.

7. Kaos Lombok

Kaos Lombok

Seperti halnya tempat wisata lainnya di Indonesia, Lombok pun mempromosikan pariwisatanya melalui kaos. Kaos Lombok ini sendiri tentunya juga dilengkapi dengan gambar desain yang bertemakan wisata Lombok, mulai dari gambar Cidomo hingga tulisan Gili Trawangan. Kaosnya pun cukup keren untuk anda pakai jalan-jalan.

Klik lihat: Oleh-oleh Khas Pontianak

Bagi anda yang ingin mendapatkan kaos terbaik dari Lombok ini, sebaiknya datang ke Sasaku Komplek Pertokoan Dasan Cemen, Jalan Raya lembar No.31 dan 32, Dasan Cermen, Sandubaya, Kota Mataram, NTB.

8. Kopi Khas Lombok

Kopi Khas Lombok

Begi pecinta kopi tentunya kurang lengkap jika tidak membawa oleh-oleh khas berupa kopi khas Lombok. Kopi ini sendiri sudah melekap pada kehidupan masyarakat Lombok oleh karena itu, anda yang ingin mendapatkan kopi terbaik dari Lombok sebaiknya datang ke desa Prabe, Lombok Barat. Kopi ini berasal dari biji yang diolah secara alami dengan racikan khas masyarakat Sasak. Kopi tersebut memiliki aroma yang cukup kuat sehingga bagi pecinta kopi, rasanya akan sangat khas sekali.

9. Abon Ikan Asin

Abon Ikan Asin

Biasanya kita hanya menemukan abon yang berasal dari daging sapi, ayam, dan lain sebagainya. Akan tetapi ketika anda datang ke Lombok, anda akan mendapatkan abon yang berasal dari ikan asin. Oleh-oleh khas daerah Lombok ini memiliki cita rasa yang gurih, dan sedikit pedas sehingga sangat cocok untuk dijadikan lauk. Meskipun berasal dari ikan asin, abon tersebut tidak memiliki rasa yang terlalu asin sehingga anda juga bisa menyantapnya sebagai cemilan.

10. Souvenir Kerajinan Tangan Khas Sasak

Souvenir Kerajinan Tangan Khas Sasak

Adapun oleh-oleh terakhir yang tidak boleh dilewatkan adalah oleh-oleh dalam bentuk kerajinan tangan. Kerajinan yang berasal dari suku sasak ini sendiri memiliki banyak variasi dan memiliki bentuk serta keunikannya sendiri. Beberapa kerajinan tangan yang bisa anda dapatkan di Lombok diantaranya adalah berbagai macam produk anyaman, tas, hiasan dinding, piring dan lain sebagainya.

Demikianlah kesepuluh Oleh-oleh Khas Lombok yang tidak boleh anda lewatkan ketika anda mengunjungi Lombok. Hampir semua jenis oleh-oleh tersebut tidak bisa anda dapatkan diluar Lombok sehingga rugi jika anda tidak membelinya ketika pulang dari Lombok.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *