Oleh-oleh Khas Manado
Travel

Oleh-oleh Khas Manado

Manado, sebuah daerah yang terletak di Pulau Sulawesi, merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat terkenal di Indonesia. Daerah ini menyajikan ragam destinasi wisata terbaik, terutama wisata alam yang sangat indah dan bisa menjadi pilihan tepat untuk anda yang ingin berlibur. Selain terkenal dengan destinasi wisata yang menari, daerah ini juga terkenal dengan oleh-oleh khasnya. Ya, ada cukup banyak oleh-oleh khas Manado yang bisa anda pilih.

Tentu, adanya cukup banyak oleh-oleh spesial yang ada di Manado ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk datang. Jika anda adalah wisatawan yang baru pertama kali pergi ke Manado, kita akan membahas beberapa hal terkait oleh-oleh spesial yang ada di daerah ini. Penasaran? Simak beberapa ulasan singkat di bawah ini. Selamat membaca.

Jika anda ingin berburu oleh-oleh yang menarik di Manado, anda akan mendapatkan cukup banyak pilihan berupa barang ataupun makanan. Nah, untuk memudahkan anda memilih apa saja oleh-oleh yang wajib dibeli saat berlibur ke Manado, kita akan menyediakan beberapa ide oleh-oleh menarik di bawah ini.

10 Oleh-oleh Khas Manado Kekinian

1. Kue Pinende

Kue Pinende

Kue PinendeTidak lengkap rasanya jika anda ke Manado tanpa membeli kue yang satu ini. Ya, kue Pinende merupakan salah satu variasi kue tradisional yang ada di Manado dan menjadi ikon di daerah ini. Kue ini dibuat dengan bahan baku tepung ketan dan dicampur dengan menggunakan parutan kelapa. Nah, dalam penyajiannya, kue ini diberi taburan sirup dari gula merah yang sudah dicairkan sehingga akan tercipta rasa manis dan gurih yang lezat.

Klik lihat: Oleh-oleh khas Lampung

Perlu diketahui bahwa kue ini termasuk langka di pasaran oleh-oleh Manado. Hanya ada beberapa tempat saja yang menjual kue ini dengan bebas. Karena langkanya kue ini, maka kue Pinende setidaknya cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas dari kota Manado.

2. Kue Lampu-lampu

Kue Lampu-lampu

Nama kue ini memang cukup unik. Namun, ini adalah salah satu kue khas Manado yang sebaiknya anda coba. Kue lampu-lampu merupakan satu diantara banyak pilihan oleh-oleh spesial Manado yang bisa anda pilih. Nah, kue ini terbilang cukup mudah ditemukan. Cukup banyak toko oleh-oleh yang menjual kue ini dengan harga yang relatif terjangkau. Bahkan, kue ini juga sudah masuk ke beberapa daerah lainnya.

Kue lampu-lampu dibuat dengan menggunakan bahan baku berupa gula merah, tepung beras, terigu, daun pandang, santan dan air yang berasal dari daun suji. Untuk penyajiannya, kue ini biasanya dibungkus dengan menggunakan alat bungkus berupa daun pisang.

3. Klapertart

Klapertart

Pernahkah anda mendengar makanan yang satu ini? Nah, klapertart merupakan salah satu kue tart khas Manado yang benar-benar populer di kalangan masyarakat. Dengan rasanya yang nikmat dan tampilannya yang menarik, kue ini banyak menjadi pilihan masyarakat Manado untuk disantap dan juga menjadi oleh-oleh khas yang cukup menarik.

Klik lihat: Oleh-oleh khas Lombok

Sebenarnya, kue ini merupakan kue asli dari Belanda. Namun, kue ini diadopsi oleh orang Manado dan menghiasinya dengan hiasan khas Indonesia. Biasanya, kue ini disajikan dengan keadaan dingin dan memiliki tekstur yang cukup lembut.

4. Kacang Goyang

Kacang Goyang

Makanan lain yang bisa menjadi oleh-oleh menarik dari Manado adalah kacang goyang. Ini adalah salah satu oleh-oleh yang patut anda beli untuk diberikan kepada keluarga anda. Sebenarnya, kacang goyang ini sama seperti kacang atom pada umumnya. Namun, apa yang membuat kacang ini menarik dan berbeda adalah adanya lapisan gula yang terdapat di permukaan kacang sehingga akan membuat rasa kacang menjadi gurih dan manis.

5. Souvenir Khas Manado

Souvenir Khas Manado

Tidak ada salahnya jika anda membeli souvenir khas Manado untuk oleh-oleh. Ini adalah salah satu oleh-oleh khas Manado yang cukup digemari oleh para wisatawan. Di Manado, anda bisa menemukan cukup banyak aksesoris dan cenderamata yang begitu menarik. Beberapa produk yang digemari diantaranya adalah gantungan kunci, miniatur rumah adat, gelang, kalung, dan lainnya. Harga dari oleh-oleh ini cenderung terjangkau sehingga biasanya wisatawan akan membelinya dalam jumlah yang banyak.

6. Dodol Amurang

Dodol Amurang

Ada beberapa daerah di Indonesia yang cukup terkenal karena dodol, salah satunya adalah Garut. Namun, ketika anda berada di Manado, maka anda juga akan menemukan salah satu dodol terbaik khas Manado. Dodol satu ini dinamakan dodol Amurang yang begitu digemari oleh masyarakat sekitar.

Klik lihat: Oleh-oleh khas Jepang

Dodol Amurang merupakan salah satu variasi makanan manis yang ada di Manado. Makanan ini dibuat dengan bahan beras ketan dan dimasak dengan campuran gula aren, minyak kelapa murni, kayu manis serta kacang. Nah, kemudian, dodol akan dibungkus dengan daun kelapa untuk menambah cita rasa.

7. Sambal Roa

Sambal Roa

Apakah anda suka makanan yang pedas? Nah, jika anda suka dunia pedas, maka anda sebaiknya mencoba sambal Roa. Ya, ini adalah salah satu oleh-oleh spesial Manado yang cukup digemari oleh masyarakat dan wisatawan yang datang ke Manado. Sambal Roa merupakan makanan khas Manado yang memiliki tekstur mirip dengan serundeng. Rasa daging dengan rempah yang kaya dan pedas akan langsung muncul ketika anda menyantap sambal yang satu ini. Kini, sambal Roa sudah hadir dengan beragam kemasan sehingga lebih mudah untuk dibawa ke mana saja.

8. Halua Kenari

Halua Kenari

Salah satu oleh-oleh yang sangat istimewa dan sebaiknya anda beli ketika ada di Manado adalah halua kenari. Ini adalah makanan khas Manado yang bisa anda jadikan camilan saat di rumah. Sesuai namanya, halua kenari dibuat dengan menggunakan bahan dasar berupa kacang kenari. Dalam pembuatannya, kacang kenari tersebut kemudian dilapisi dengan cairan gula merah. Campuran ini akan menghasilkan rasa yang gurih dan manis yang begitu kental di lidah.

9. Kain Khas Manado

Kain Khas Manado

Selain beberapa makanan, Manado juga memiliki kain khas yang sangat menarik. Nah, kain khas Manado ini bisa menjadi salah satu oleh-oleh spesial Manado yang bisa anda beli. Apa yang menarik dari kain khas Manado ini adalah motifnya yang cukup unik. Selain itu, kain khas Manado memiliki warna yang beragam serta bahan yang baik sehingga cukup kuat.

10. Pala Manis

Pala Manis

Oleh-oleh lain yang juga bisa anda beli saat berada di Manado adalah pala manis. Pala manis atau sering disebut manisan pala adalah oleh-oleh khas yang sudah sangat terkenal. Nah, oleh-oleh ini dibuat dengan bahan dasar buah pala dan dilumuri dengan gula pasir yang sudah dicairkan. Rasa manisan ini terbilang unik antara manis dan juga pedas.

Nah, dari beberapa ulasan tersebut, kita bisa melihat beragam oleh-oleh khas Manado baik berupa makanan maupun barang. Tentu saja masih ada banyak ide oleh-oleh yang bisa anda dapatkan di Manado. Segera rancang liburan panjang anda di Manado dan nikmati keindahan alam kota di Sulawesi ini dengan ragam oleh-olehnya yang menarik. Selamat berlibur!

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *