Oleh-Oleh Khas Jepang
Travel

Oleh-oleh Khas Jepang

Siapa yang ingin wisata ke Jepang? Pasti ada banyak di antara anda semua yang ingin setidaknya sekali berkunjung ke sana. Bagaimana tidak? Jepang adalah salah satu destinasi wisata yang tidak bisa kita kesampingkan. Negaranya yang indah ini menawarkan banyak tempat-tempat wisata yang patut kita datangi yang unik dan aslinya hanya ada di sana.

Jika anda berniat berkunjung ke sana, pastikan anda mempertimbangkan beberapa oleh-oleh khas Jepang yang bisa anda beli dan bawa pulang untuk diberikan pada kerabat ataupun teman anda. Berikut ada 10 yang bisa kami sarankan.

10 Oleh-Oleh Khas Jepang yang Sedang Hits

Setiap pilihannya merupakan cinderamata yang patut untuk dipertimbangkan. Mari kita lihat di sini.

1. Kendama

Kendama

Kendama adalah salah satu alat permainan tradisional Jepang. Alat permainan ini berbentuk tongkat dengan 3 mangkuk yang beda ukurannya. Alat ini juga didesain dengan sebuah bola yang jika dimainkan nantinya akan masuk ke dalam salah satu mangkuk tersebut dengan teknik tertentu. Di Jepang, kendama bukan sekedar permainan biasa. Mereka menganggapnya sebagai olahraga karena memicu tangan untuk aktif bergerak dan melatih konsentrasi. Di waktu-waktu senggang, memainkan alat ini di rumah tentu akan memberikan pengalaman bermain yang bermanfaat bagi penggunanya. Karenanya, Kendama kami rekomendasikan di sini.

2. Sensu

Sensu

Banyak negara memiliki kipas tradisionalnya masing-masing dengan desain yang berbeda dari yang lain. Di Jepang, kipas tradisionalnya dikenal dengan nama Sensu. Kipas ini terbuat dari kertas tempelan dan kemudian diberi motif tertentu.

Tahukah anda? Pembuatan oleh-oleh Sensu Jepang ini masihlah menggunakan cara tradisional yang terkenal dengan 80 langkahnya. Kipas ini dibuat dengan mekanisme yang praktis sehingga penggunanya dapat membuka dan menutupnya dengan mudah. Tentunya, kipas ini juga didesain agar mudah digerakkan dan dibawa ke mana-mana dalam genggaman tangan. Oleh-oleh yang bagus, bukan?

3. Yukata

Yukata

Bagaimana jika kita carikan pakaian yang cocok dipakai dengan membawa Sensu? Berbicara mengenai pakaian khas Jepang, kimono adalah jawabannya. Namun, jika anda menginginkan kimono yang lebih kasual, yukata akan menjadi pilihan yang tepat.

Klik lihat: Oleh-oleh khas Korea Selatan

Yukata terbuat dari katun dan lebih tipis. Karena desainnya yang seperti inilah, yukata bagus digunakan pada sore hari, saat tidur, atau pada acara non formal. Pakaiannya yang sejuk membuat kita santai dan nyaman menggunakannya. Tidak ada salahnya jika kita coba di rumah ketika pulang ke tanah air. Selain itu, penerima oleh-oleh tentunya juga akan senang menerimanya, bukan?

4. Omamori

Omamori

Meskipun tidak semua orang Indonesia percaya dengan penggunaan jimat keberuntungan. Omamori memiliki kekhasan tersendiri yang patut mendapatkan perhatian. Jimat ini berbentuk sebuah kantung yang berisi kertas. Kertas ini biasanya ditulisi nama dewa yang sebelumnya sudah didoakan. Dalam waktu 1 tahun, kita tidak diperkenankan untuk membukanya ataupun membuangnya. Jimat ini biasanya dimaksudkan untuk memberi perlindungan, keselamatan, kesehatan, dan kebahagiaan. Bagaimana? Bukankah jimat ini menarik dari yang kita tahu ada di nusantara? Jadikan oleh-oleh untuk mereka yang percaya hal berbau supranatural. Tentunya, mereka akan menyukai hadiah anda.

5. Kokeshi

Kokeshi

Anda punya teman atau kerabat yang suka mengoleksi boneka dari berbagai negara? Jika iya, Kokeshi dari Jepang tentu akan menjadi pilihan oleh-oleh khas Jepang yang tepat menjadi pilihan anda. Boneka Jepang ini dibuat dari kayu yang didesain agar boneka membentuk wajah dan badan.

Klik lihat: Oleh-oleh khas Pontianak

Uniknya, boneka ini dibuat dengan desain tanpa tangan dan kaki. Wajahnya pun dibuat datar. Untuk melengkapi ekspresi dan bajunya, pengrajin Kokeshi hanya menggunakan metode pengecatan. Dengan begitu, boneka ini dapat terlihat hidup dan cantik bila dipajang di atas meja atau yang lainnya. Karena itu, Kokeshi dapat menjadi pilihan anda untuk diberikan teman atau kerabat dekat.

6. Koinobori

Koinobori

Layang-layang di nusantara berbentuk kurang lebih datar, tetapi tidak dengan layang-layang Jepang. Koinobori adalah sebutan layang-layang yang kami maksud di sini. Seperti namanya dalam bahasa Jepang, layang-layang ini berbentuk ikan koi. Namun, layang-layang ini tidak digunakan untuk bermain-main di lapangan luas seperti di Indonesia. Layang-layang ini dipasang pada tongkat dan biasanya dipajang untuk memperingati hari anak. Karena ikan koi dapat melawan arus, layang-layang ini dipajang dengan harapan bahwa anak-anak dapat tumbuh sehat, kuat, dan sukses. Bukankah oleh-oleh satu ini menarik untuk kita bawa pulang? Anda juga bisa mencoba memasang di rumah.

7. Topeng Kabuki

Topeng Kabuki

Bila berbicara mengenai pertunjukan teater, Kabuki adalah pertunjukan yang paling dikenal di Jepang. Seperti yang bisa anda bayangkan, tarian ini dibawakan dengan lakonnya menggunakan topeng kabuki.

Topeng kabuki terbilang polos dan pada dasarnya didesain dengan wajah manusia tapi dihias dengan warna-warna, seperti merah dan hitam untuk menghiasi bagian mata, alis, dahi, dagu, dan pipi. Untuk dikoleksi, tentunya topeng ini dapat menjadi buah tangan unik Jepang yang patut dipertimbangkan. Meski desainnya polos, hiasan warna pada wajah topen tentu ampuh untuk menakut-nakuti teman atau dipakai foto bersama.

8. Daruma

Daruma

Terinspirasi dengan Bodhidharma yang dikatakan bermeditasi selama 9 tahun menghadap vihara shaolin, boneka Daruma dibuat dengan bentuk hampir bulat dengan muka yang sedikit menjorok ke belakang. Boneka ini juga khas dengan warnanya yang merah.

Klik lihat: Oleh-oleh khas Malang

Orang Jepang mempercayai bahwa warna merah adalah penolak bala. Tentu saja, merah juga adalah warna pakaian yang dikenakan Bodhidarma ketika meditasinya. Selain untuk dipajang, oleh-oleh daruma Jepang ini juga sebenarnya dapat dimainkan. Daruma diletakkan di atas potongan kayu kemudian kita harus memukul kayu-kayunya tanpa menjatuhkan boneka darumanya.

9. Furin

Furin

Sukakah teman atau kerabat anda dengan suara lonceng yang nyaring namun tidak berisik? Jika iya, Furin adalah lonceng gantung yang cocok untuk menjadi pilihan anda. Seperti namanya, lonceng gantung ini biasanya digantung di jendela atau pinggir atap rumah. Ketika tertiup angin, furin akan mengeluarkan suara yang nyaring.

Ada banyak bentuk yang bisa anda pilih. Apapun pilihannya, furin dapat menjadi cinderamata yang tidak bisa kita lewatkan. Lonceng ini juga dapat menjadi hiasan yang cantik di rumah, villa, atau manapun tempat tinggal anda di tanah air. Teman dan kerabat anda tentu akan mengapresiasi pemberian manis anda.

10. Maneki Neko

Maneki Neko

Selain Kokeshi dan Daruma, Jepang juga sangat dikenal dengan boneka Maneki Neko-nya. Dibuat dari keramik atau porselin, boneka ini juga didesain tidak sembarangan. Pada dasarnya, Maneki Neko memang adalah boneka kucing. Bila tangan kanannya didesain terangkat, boneka ini dimaksudkan untuk mendatangkan rejeki bagi pemiliknya. Sementara, jika tangan kirinya yang demikian, boneka ini dimaksudkan untuk mendatangkan pembeli untuk pemilik tokonya.

Jika diperhatikan maksudnya, oleh-oleh khas Jepang ini memang pada dasarnya untuk mendatangkan rejeki. Meski anda tidak mempercayainya sekalipun, boneka ini dapat menjadi pajangan yang cantik.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *