Oleh-oleh Khas Korea Selatan
Travel

Oleh-oleh Khas Korea Selatan

Saat ini, budaya Korea semakin marak di Indonesia. Budaya tersebut masuk melalui film Korea, drama Korea, tarian khas K-Pop, music Korea, dll. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya penggemar K-Pop yang semakin menjamur. Tak heran banyak orang Indonesia ingin pergi ke Korea Selatan. Lalu, jika impianmu pergi ke negeri Gingseng terwujud, oleh-oleh apa yang akan kalian bawa pulang? Tentu ini harus direncanakan sebelumnya agar jalan-jalan ke Korea lebih mengesankan. Untuk itu, di sini kami akan memberikan beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Korea Selatan.

Korea Selatan terkenal dengan operasi plastiknya. Selain itu, kosmetik juga menjadi hal yang wajib di sana. Namun kalian yang ingin jalan-jalan ke sana, kalian harus tahu oleh-oleh khas negeri Gingseng yang wajib dibawa pulang. Berikut adalah beberapa rekomendasi dari kami:

10 Oleh-oleh Khas Korea Selatan yang Harganya Terjangkau

1. Ginseng

Ginseng

Negeri Gingseng, itulah julukan untuk Korea Selatan. Memang, Korea Selatan adalah penghasil Ginseng terbesar. Ginseng Korea Selatan juga dijamin asli. Jadi, jika kalian travelling ke Korea Selatan, jangan lupa untuk membeli gingseng dibawa pulang. Harganya sekitar 1 jutaan rupiah, bahkan bisa lebih. Namun jangan khawatir, kalian juga bisa membeli ginseng dengan harga murah di pasar tradisional terbesar di sana, yaitu Geumsan. Ginseng sendiri bisa dijadikan bumbu masak atau dibuat minuman. Di Geumsan, harga gingseng sekitar 200 hingga 500 ribuan untuk ¾ kg nya.

2. Kimchi

Kimchi

Kimchi adalah makanan khas di Korea Selatan. Meski sekarang kimchi sudah bisa ditemukan di berbagai negara, namun rasa kimchi asli Korea Selatan lebih nikmat. Sayuran yang digunakan adalah lobak, timun, sawi putih, dan kubis. Seperti makanan khas bali, disana terkenal dengan babi guliang yang nikmat.

Kimchi tidak harus dinikmati saat itu juga. Karena sudah tersedia dalam kemasan, kimchi juga bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh. Harga per 100 gram nya adalah sekitar 14 hingga 27 ribuan rupiah. Yang jelas, kimchi termasuk salah satu oleh-oleh makanan khas Korea Selatan paling sering diburu hingga kini.

3. Hanji Paper Lamp

Hanji Paper Lamp

Jika kalian ingin membeli oleh-oleh kerajinan, hanji bisa menjadi pilihan menarik. Ini merupakan kerajinan tradisional dari Korea Selatan menggunakan kertas dari kulit pohon mulberry. Hanji sendiri sering dibentuk menjadi lampu meja, boneka kertas ataupun hiasan lainnya. Warnanya sangat bervariatif. Di Indonesia, kalian tidak akan menemukannya.

Klik lihat: Oleh-oleh khas Thailand

Jadi saat jalan-jalan ke Korea, jangan lupa membeli kerajinan hanji. Untuk membelinya, ada beberapa tempat yang rekomended seperti Tong-in Store, Ssamziegil, National Souvenir Center, Insa Art Plazaq, Arirang Master Crafts Shop, dan Hanji Chueok. Harga yang dibanderol sekitar 11 hingga 50 ribu rupiah.

4. Hangwa

Hangwa

Ingin membeli oleh-oleh kue khas Korea Selatan? Namanya hangwa. Kalian bisa menemukannya di pesta atau festival di Korea Selatan. Bahan yang digunakan adalah tepung beras yang dicampur madu, wijen, gula, dll. Ada beberapa varian yang tersedia. Salah satunya yang paling populer adalah Maehwa Sanja. Di pusat-pusat perbelanjaan, kalian bisa menemukan kue khas ini dengan mudah. Harga yang dibanderol biasanya sekitar 80 hingga 650 ribu rupiah.

5. Bantal Tradisional Korea

Bantal Tradisional Korea

Korea Selatan punya bantal tradisional yang khas. Berbeda dengan bantal lain pada umumnya, bantal ini berbentuk persegi dan isinya biji gandum. Selain nyaman, bantal ini bagus untuk kesehatan kepala dan leher karena bentuknya bisa menyesuaikan bentuk leher & kepala si pemakai. Bantal tradisional ini memang unik sehingga cocok menjadi oleh-oleh khas Korea Selatan. Untuk membelinya, kalian bisa mengunjungi toko-toko souvenir seperti Namadaemun Market, Homeplus, dan E-Mart. Harganya berkisar mulai dari 265 ribu rupiah tergantung bahan dan ukurannya.

6. Sumpit Besi

Sumpit Besi

Sumpit besi adalah sumpit khas dari Korea Selatan. Sumpit ini beda dengan sumput Jepang dan Cina. Biasanya, sumpit besi ini dikenal dengan sitilah Cheot-Garak. Bahan yang dipakai untuk membuatnya adalah logam pipih. Dibanding dengan sumpit Jepang dan Cina sumpit besi Korea Selatan lebih pendek & tipis. Bahkan, sumpit ini juga ada ukiran-ukiran cantiknya. Harganya bermacam-macam mulai dari 60 ribu rupiah. Untuk membeli sumpit besi di Korea Selatan, kalian bisa mengunjungi Pasar Busajin di Busan atau Pasar Namdaemun yang berlokasi di Seoul.

7. Soju

Soju

Jika di Indonesia alcohol menjadi barang tabu, lain halnya di Korea Selatan yang sudah menjadi barang biasa untuk dikonsumsi. Bahkan, minum alcohol seakan menjadi budaya di sana. Salah satu yang paling populer adalah Soju. Kadar alkoholnya sekitar 10 hingga 25 persen. Soju tersedia dalam berbagai rasa baru seperti lemon, apel, semangka, dll. Untuk sebotol soju 375ml, harganya mulai dari 9 hingga 27 ribu rupiah. Jika kalian suka minuman beralkohol, jangan lupa membeli oleh-oleh soju dari Korea Selatan ini.

8. Kosmetik

Kosmetik

Masyarakat Korea Selatan memiliki ketergantungan yang sangat tinggi pada kosmetik. Itulah kenapa kosmetik dari Korea Selatan sangat banyak. Meski berkualitas, harganya cukup terjangkau. Salah satu kosmetik paling populer yaitu sheet mask dengan harga sekitar 15 hingga 25 ribu rupiah. Salah satu pusatnya ada di Myeongdong. Untuk harga yang lebih murah, kalian bisa membelinya dengan jumlah banyak. Yang pasti, kosmetik bisa masuk ke dalam list oleh-oleh khas Korea yang paling diburu.

9. Hanbok

Hanbok

Akan sangat berkesan jika jalan-jalan ke Korea Selatan dan membeli pakaian tradisional dari Korea. Hanbok adalah pakaian tradisional di negara gingseng ini. Pakaian ini sering digunakan untuk kegiatan-kegiatan tradisional. Jika kalian sering menonton drama Korea dengan kisah masa lalu, pakaian tradisional ini sering digunakan pemerannya.

Klik lihat: Oleh-oleh khas Pontianak

Tertarik dengan pakaian tradisional ini? jangan lupa membelinya saat liburan ke Korea Selatan. Salah satu tempat yang rekomended ialah di Dongdaemun. Harga hanbok untuk wanita sekitar 1,8 juta rupiah sedangkan hanbok untuk pria dijual dengan harga kurang lebih 1,5 juta rupiah. Harga hanbok ini tergantung kualitas bahan serta teknik pembuatannya. Jadi, harganya berbeda-beda. Kalian bisa menyesuaikan dengan budget yang ada.

10. Pernak-pernik Hallyu

Pernak-pernik Hallyu

Jika kalian tergila-gila dengan barang-barang berbau K-Pop, pernak-pernik Hallyu bisa menjadi pilihan bagus untuk oleh-oleh dari Korea. Di Korea Selatan, banyak tempat yang menyediakan pernak-pernik Hallyu. Misalnya adalah di Dongdaemun, Namdaemun, dan Myeongdong. Pernak-pernik Hallyu yang dijual sangat bervariasi mulai dari CD, DVD, kaos, jaket, gelas, hingga buku dengan tanda tangan artis-artis K-Pop.

Ada juga merchandise khas K-Pop dengan bentuk lightstick yang harganya sekitar 83 ribu rupiah. Kemudian kalian juga bisa membeli gantungan hp tema K-Pop seharga sekitar 12 ribu rupiah. T-Money juga bisa menjadi alternative menarik dengan harga sekitar 140 ribuan rupiah. Pin K-Pop juga sering dicari dengan harga 12 ribuan rupiah. Dan masih banyak lagi. Jika kalian suka dengan oleh-oleh khas Korea Selatan ini, buruan beli untuk kenang-kenangan sesampai di rumah.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *