Oleh-oleh Khas Pontianak
Travel

Oleh-oleh Khas Pontianak

Pontianak adalah salah satu daerah yang menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Kota yang terletak di Kalimantan dan disebut sebagai kota Khatulistiwa ini memang menjadi kawasan yang sering menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Ada cukup banyak destinasi wisata yang ditawarkan yang bisa dijadikan pilihan menu liburan yang tepat. Selain terkenal dengan destinasi wisatanya, kota ini juga terkenal dengan oleh-olehnya. Ya, ada cukup banyak pilihan oleh-oleh khas Pontianak yang menjadi alasan kenapa anda sebaiknya berlibur ke tempat ini.

Tidak di pungkiri memang jika adanya oleh-oleh yang beragam akan membuat wisatawan tertarik untuk berkunjung. Nah, sebenarnya, anda bisa menemukan aneka oleh-oleh menarik yang ada di Pontianak di berbagai tempat wisata yang anda kunjungi. Namun, jika anda baru pertama kali ke kota ini, maka kami akan memberikan beberapa ide terkait oleh-oleh apa yang sebaiknya anda beli. Simak beberapa ulasan di bawah ini. Selamat membaca.

10 Oleh-oleh Khas Pontianak yang Murah

Ada cukup banyak oleh-oleh yang bisa anda beli saat anda berlibur bersama keluarga di Pontianak. Dengan beberapa oleh-oleh khas tersebut, tentu anda bisa membawakan sesuatu khas yang unik dari daerah ini untuk keluarga di rumah. Lantas, apa saja oleh-oleh yang menarik yang bisa dibeli di Pontianak? Simak uraian singkat di bawah ini.

1. Snack Muruku

Snack Muruku

Snack Meruku adalah salah satu makanan ringan yang berasal dari Pontianak dan menjadi salah satu oleh-oleh yang menarik serta digemari. Makanan ringan ini berasal dari bahan dasar ikan dan memiliki rasa yang beraneka ragam. Sekilas, makan ringan ini berbentuk seperti cereal namun memiliki tampilan agak kecokelatan karena dilapisi tepung ikan.

Selain itu, olahan ini juga diberi bumbu garam dan gula untuk cita rasa yang gurih dan nikmat. Biasanya, olahan ikan memiliki bau yang amin yang terkadang cukup mengganggu. Namun, anda tidak akan menemukan bau amis sama sekali pada pilihan oleh-oleh spesial khas Pontianak yang satu ini.

2. Kue Bingka Berendam

Kue Bingka Berendam

Kue Bingka mungkin menjadi salah satu kue yang sering ditemukan di beberapa daerah di Indonesia. Namun, Pontianak memiliki kue Bingka yang unik dan cukup pas untuk anda coba. Kue dengan nama yang cukup berbeda ini memang memiliki perbedaan khusus dibandingkan dengan kue Bingka pada umumnya. Pada umumnya, Bingka dibuat dengan cara dipanggang. Namun, Bingka Berendam ini dibuat dengan cara dikukus.

Klik lihat: Oeh-oleh khas Padang

Selain cara masaknya yang unik, kue tersedia dengan aneka rasa yang nikmat. Adapun beberapa rasa kue yang tersedia adalah original, keju, ubi, susu dan lainnya. Selain itu, kue ini memiliki tekstur yang sangat lembut sehingga cocok untuk camilan saat minum kopi. Harga dari kue ini juga cukup terjangkau sekitar Rp 10,000 hingga Rp 20,000 saja.

3. Juhi Bakar

Juhi Bakar

Juhi adalah makanan olahan yang terbuat dari bahan utama sotong. Sotong yang dijadikan bahan utama kemudian digiling dengan halus dan hasil gilingan sotong akan dibakar. Dicampur dengan aneka bumbu yang khusus, sotong bakar ini memiliki rasa yang khas dan sangat nikmat. Olahan ini bisa menjadi lauk makan yang khas untuk keluarga di rumah.

4. Keripik Pisang Segedong

Keripik Pisang Segedong

Keripik pisang memang cukup banyak ditemukan di mana saja, tidak harus di Pontianak. Namun, Pontianak memiliki keripik pisang unik yang bisa menjadi pilihan oleh-oleh yang khas. Ya, keripik pisang segedong adalah salah satu oleh-oleh khas Pontianak yang wajib anda beli. Keripik ini dibuat dengan bahan dasar pisang istimewa yang diiris tipis kemudian diberikan bumbu tertentu. Rasa dari keripik ini begitu gurih dengan aroma bawang yang begitu kental.

5. Minuman Lidah Buaya

Minuman Lidah Buaya

Siapa yang tidak kenal dengan lidah buaya? Ya, lidah buaya adalah salah satu tanaman yang mengandung banyak unsur baik dan bisa diandalkan untuk menjaga kesehatan secara umum. Dalam lidah buaya terkandung nutrisi lengkap seperti vitamin, antioksidan, mineral dan lainnya. Tidak jarang, cukup banyak orang yang membuat jus lidah buaya sebagai minuman kesehatan.

Klik lihat: Oleh-oleh khas Thailand

Di Pontianak, anda bisa menemukan oleh-oleh berupa minuman lidah buaya yang menggugah selera. Minuman ini dibuat dengan aloe vera jenis Vera Barbadensis yang khusus. Perlu diketahui jenis tanaman ini sangat jarang ditemukan di daerah lain kecuali Kalimantan.

6. Gantungan Kunci Khas Pontianak

Gantungan Kunci Khas Pontianak

Gantungan kunci bisa menjadi salah satu oleh-oleh menarik untuk dibeli. Selain mudah dibawa, oleh-oleh ini juga tergolong cukup murah. Nah, di beragam tempat wisata, anda bisa menemukan aneka ragam jenis gantungan kunci Pontianak dengan berbagai motif yang berbeda. Selain gantungan kunci, pernak-pernik lain yang tersedia diantaranya adalah kalung dan gelang.

7. Kain Batik

Kain Batik

Untuk anda yang menggemari dunia batik, memiliki kain batik khas Pontianak atau Kalimantan Barat tentu menjadi hal yang menyenangkan. Ini adalah salah satu oleh-oleh spesial khas Pontianak yang cukup diburu oleh para wisatawan. Batik khas Kalimantan Barat ini memiliki motif batik yang unik berupa garis abstrak yang anggun. Selain itu, beragam warna kain batik tersedia yang bisa anda pilih sesuai keinginan.

8. Hiasan Dinding

Hiasan Dinding

Para wisatawan yang datang ke Pontianak juga sering berburu hiasan dinding. Memang, daerah ini memiliki cukup banyak variasi hiasan dinding yang begitu memukau. Selain lukisan yang unik, anda bisa berburu hiasan dinding berupa senjata khas Dayak yang begitu terkenal. Nah, silakan anda melihat beberapa jenis hiasan dinding tersebut. Harga hiasan dinding tentu saja beraneka ragam sesuai dengan jenis barang yang anda pilih.

9. Mandau

Mandau

Mandau menjadi salah satu barang paling dicari saat wisatawan berkunjung ke Pontianak. Perlu diketahui bahwa mandau adalah pedang yang merupakan jenis senjata tradisional di daerah Pontianak. Ada cukup banyak pengrajin mandau yang menjajakan hasil kerajinan tangannya di beberapa tempat wisata. Anda bisa membeli mandau dengan cukup bebas. Namun, tentu saja anda tidak boleh menggunakannya dengan sembarangan karena mandau tergolong sangat tajam.

10. Dodol Durian

Dodol Durian

Hal menarik lain dari Pontianak yang cukup terkenal adalah durian. Daerah ini memang merupakan salah satu penghasil durian terbesar di Indonesia. Anda bisa berburu durian di sini dengan sangat mudah. Namun, jika anda ingin membawa pulang, maka salah satu oleh-oleh dari Pontianak yang berasal dari bahan durian adalah dodol. Dodol durian memiliki rasa manis dan harum yang khas di mana tentu akan membuat anda sangat menyukainya.

Nah, dari beberapa poin di atas, ada cukup banyak oleh-oleh khas Pontianak yang bisa anda pilih saat anda berlibur ke daerah ini bersama dengan keluarga. Dengan adanya beragam pilihan oleh-oleh tersebut, tentu saja anda akan lebih leluasa membeli barang atau makanan unik dan khas dari daerah ini dan membawanya pulang untuk dibagikan kepada handai taulan. Tunggu apa lagi, segera saja rancang liburan menarik anda di kota khatulistiwa ini!

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *