Makanan Khas Pekanbaru
Kuliner

Makanan Khas Pekanbaru

Pekanbaru adalah kota yang besar untuk dijelajahi. Kota yang terkenal dengan minyak buminya ini juga sebenarnya terkenal dengan pariwisatanya. Jika sudah demikian, pastinya banyak yang bisa anda harapkan dari wisata Pekanbaru. Wisata kulinernya saja menawarkan varian menu yang menggugah selera.

Jika anda berencana berkunjung ke sana, pastikan anda cicipi makanan khas Pekanbaru di bawah ini. Kami akan daftarkan 10 menunya yang paling terkenal dan pastinya tidak akan membuat lidah anda kecewa. Tidak ada salahnya anda mencoba kuliner kota lain, bukan? Mari kita lihat apa yang bisa menjadi pilihan kita dalam kesempatan ini untuk anda coba pertimbangkan.

1o Makanan Khas Pekanbaru Yang Wajib Anda Cicipi

1. Gulai Ikan Patin

Gulai Ikan Patin

Berbicara mengenai kuliner khas Pekanbaru yang paling terkenal, gulai ikan patin adalah jawabannya. Bagaimana tidak? Menu ini akan dapat anda temukan dengan mudah di restoran besar atau bahkan di warung makan di seluruh area kota. Gulai ikan patin adalah potongan-potongan besar ikan patin dengan kuah kuning pekat. Menu ini juga biasanya menggunakan bunga kecombrang sebagai penyedap rasanya. Selain itu, gulai ini pun pada umumnya disajikan dengan nasi, lauk, dan sayuran. Jika anda pergi ke Pekanbaru, menu ini harus menjadi menu pertama yang harus anda coba selama ada di sana. Anda bisa membawanya pulang bila perjalanan memungkinkan.

2. Nasi Lemak

Nasi Lemak

Menu ini memang menu khas kota yang kita bicarakan di sini. Akan tetapi, menu ini juga dapat anda temukan di negara-negara dekat Indonesia, seperti Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam. Nama menunya sudah dapat menjelaskan bagaimana menu ini sebenarnya. Ya, nasi ini sebenarnya dimasak dengan menggunakan santan kelapa dan daun pandan. Karena itulah, rasa nasi ini bisa gurih dan harum. Tentu saja, nasi ini dihidangkan dengan menu pendamping, seperti telur, ikan teri goreng, sambal, cabai, timun, tahu, tempe, kacang panjang, dan masih banyak lagi. Seperti menu pertama di atas, menu yang satu ini bisa ditemukan dengan mudah di restoran dan warung makan.

3. Sate dan Sop Rusa

Sate dan Sop Rusa

Sebenarnya, varian daging yang bisa kita makan bukanlah daging ayam, sapi, dan kambing saja. Jika anda bosan dengan ketiga rasa daging tersebut, bagaimana jika anda coba daging rusa? Olahan daging rusa dapat anda temukan di sate dan sop rusa Pekanbaru. Sate sop khas Pekanbaru ini dimasak dengan dibakar seperti sate dan direbus untuk sop.

Klik lihat: Makanan khas Semarang

Tekstur dagingnya terkenal legit dan cita rasanya manis. Bila disantap dengan nasi hangat, tentunya menu yang satu ini akan memuaskan perut lapar anda. Karena ini bukan menu yang biasa kita temukan di kota lain, pastikan anda beli dan coba selama anda di Pekanbaru. Banyak penjual menu makanan khas pekanbaru ini di kota besar di Riau, Sumatera.

4. Roti Jala

Roti Jala

Menu yang satu ini memang memiliki nama yang unik. Sebenarnya, ini adalah menu khas suku Melayu yang ada di provinsi Riau. Roti ini terbuat dari bahan dasar tepung terigu dan dicetak dengan bentuk segitiga. Warnanya pun beragam, bisa putih dan bisa hijau. Setelah matang, roti ini biasanya dihidangkan dengan saus durian. Namun, perlu anda ketahui bahwa menu ini juga dapat dimakan bersama kari daging ayam, kambing, ataupun sapi.

Klik lihat: Makanan khas Sulawesi Selatan

Bukankah makanan khas pekanbaru ini unik? Menu ini adalah roti, tetapi bisa dimakan selayaknya menu makanan utama. Selain itu, anda juga dapat memilih makanan khas pekanbaru ini dengan pelengkap yang sesuai dengan yang anda inginkan untuk dimakan.

5. Asidah

Asidah

Memang, makanan ini sudah mulai langka. Akan tetapi, Asidah adalah makanan yang cukup dikenal pada jaman generasi tua. Makanan ini sebenarnya terinspirasi dari kudapan khas Arab. Kemudian, orang Melayu membuatnya agar rasanya dapat menyesuaikan lidah mereka. Perlu anda ketahui bahwa makanan khas Pekanbaru ini bertekstur lembut. Cita rasanya pun gurih dan manis karena bahan yang digunakan termasuk pandan, cengkeh, dan kayu manis. Bentuknya pun bermacam-macam dan cantik, seperti bulat, daun jambu, dan bunga mawar. Biasanya, makanan ini dihidangkan dengan ditaburi bawang goreng. Karenanya, makanan ini menebar harum yang menggugah selera.

6. Gulai Belacan

Gulai Belacan

Daging tidak menjadi satu-satunya bahan yang digunakan dalam menu-menu khas Pekanbaru. Bagaimana jika kali ini kita coba seafood? Bahan yang digunakan dalam gulai belacan adalah udang. Udang yang digunakan pun bisa anda pilih. Anda bisa mencoba udang sungai atau udang laut. Tentu saja, udang laut memiliki tubuh yang lebih besar dari udang sungai. Nantinya, udang ini dimasak dengan kuah yang dicampur santan. Gulainya dibuat dari asam jawa, kemiri, dan lada. Setelah selesai dimasak, gulai belacan juga akan dihidangkan dengan bahan pelengkap, seperti petai. Namun, ini juga merupakan pilihan anda. Bila anda tidak suka, menu ini dapat dimakan tanpa petai.

7. Gulai Siput

Gulai Siput

Daging rusa bukanlah satu-satunya daging yang bisa anda harapkan untuk dicicipi dalam wisata kuliner Pekanbaru Riau. Gulai siput juga menjadi pilihan menu yang menarik. Sebagaimana namanya, gulai ini terbuat dari bahan siput. Seperti halnya kebanyakan kuliner kota ini, makanan khas pekanbaru ini juga merupakan salah satu makanan khas Melayu. Bahan siputnya tentu saja dimasak dengan rempah-rempah khas Melayu. Siput memang bukan bahan makanan yang umum. Namun, cita rasa dan teksturnya berbeda dari yang lain. Jika anda bosan dengan cita rasa dan tekstur daging ayam, sapi, dan kambing, tidak ada salahnya jika anda coba menu yang satu ini bila berkunjung ke Pekanbaru.

8. Mie Tarempa

Mie Tarempa

Mari kita coba menu mie kali ini. Tentu saja, yang kami maksud di sini bukanlah mie instant. Mie Tarempa adalah mie khas buatan kota ini. Memang, cara mengolah mie ini tidaklah jauh berbeda dengan cara mengolah mie lain pada umumnya. Sebenarnya, bumbu dan proses pembuatannyalah yang membuat perbedaannya. Mie ini sebenarnya dibuat dari mie kuning yang dimasak dengan udang, telur, tauge, dan cabai rawit. Tentunya, pembuatannya juga dicampur dengan kecap. Perlu anda ketahui juga bahwa mie ini dibuat dengan pilihan goreng atau berkuah. Jika berbicara mengenai kecapnya, mie gorengnya yang lebih banyak menggunakan kecap dalam pembuatannya.

9. Lakse Kuah

Lakse Kuah

Bagaimana jika anda ingin makan seafood berkuah? Jika itu keinginan anda, Lakse Kuah adalah pilihan menu yang tidak salah menjadi pilihan anda. Mie ini biasanya dibuat dengan menggunakan bahan dasar ikan tongkol dan ikan teri. Ikan-ikan tersebut kemudian ditumbuk halus kemudian dimasak dengan mie yang terbuat dari sagu. Sementara kuahnya, dibuat dari santan kelapa, lalu dimasak dengan cabai, ketumbar, adas manis, bawang merah, bawang putih, jintan putih, jahe, dan kunyit. Menu yang satu ini tidaklah semahal yang anda kira. Minimal menu ini dijual dengan harga Rp 5.000. Pada saat cuaca dan hawa yang dingin, tentu makanan ini nikmat dimakan saat hangat.

10. Lopek Bugi

Lopek Bugi

Dulunya, lopek bugi hanya boleh dimakan oleh para bangsawan. Namun, sekarang makanan ini bisa dimakan oleh siapa saja. Karena banyak peminatnya, makanan khas pekanbaru ini bisa anda dapat di mana-mana. Karena lopek bugi lebih seperti makanan khas pekanbaru ringan, makanan khas Pekanbaru ini lebih cocok dibeli dan dibawa pulang untuk oleh-oleh. Kemasannya ringkas dalam genggaman tangan. Oleh karena itu, panganan ini bisa anda bawa ke mana-mana dan dimakan di waktu-waktu senggang ketika lapar melanda. Untuk sementara, tentu makanan ini dapat menunda lapar anda sampai waktu makan tiba.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *