Tempat Wisata di Klaten

  • Whatsapp
Tempat Wisata di Klaten

Sebagaimana yang kita tahu, pemerintah Indonesia terus berbenah, untuk ‘memantaskan diri’ menjadi negara paling difavoritkan sebagai tujuan berlibur di kawasan Asia. Berbagai bangunan penunjang wisata, banyak dibangun di berbagai daerah yang memang memiliki banyak potensi wisata. Termasuk di kota Klaten.

Di tahun 2018 ini kota Klaten banyak membangun, khususnya di sektor pariwisata. Terlebih lokasi kota Klaten yang tidak jauh dari Jogja, yang menjadikan kota ini sebagai lokasi strategis (di sektor wisata).

Tempat Wisata di Klaten yang Lagi Hits

Nah, untuk anda yang sedang merencanakan liburan ke kota Klaten dan belum tahu akan kemana, berikut ini telah kami pilihkan beragam destinasi wisata menarik yang tidak boleh dilewatkan. Penasaran, mana saja kira-kira obyek wisata tersebut? Yuk, langsung saja intip berikut ini.

1. Museum Gondang Winangoen

Museum Gondang Winangoen

Gondang Winangoen yang kini menjadi sebuah museum untuk belajar mengenai gula beserta cara pembuatannya adalah sebuah pabrik gula yang di dirikan pada masa penjajahan Belanda di Indonesia sehingga memiliki daya tarik tersendiri karena di kenal sebagai pabrik yang menghasilkan gula pada masanya.

Klik lihat: Tempat wisata di Grobogan

Pabrik tua yang berlokasi di Jl. Raya Solo KM. 25 itu juga menyediakan fasilitas lain selain museum seperti restoran dan juga lokomotif. Untuk harga tiket masuk, kita perlu membayar sebesar Rp. 5.000 dan jika kita ingin menaiki lokomotif yang ada untuk berkeliling, kita pun perlu membayar sebesar Rp. 7.500 per orang. Harga yang lumayan murah untuk menambah pengetahuan.

2. Umbul Manten

Umbul Manten

Jika kalian masih tertarik dengan air sesudah berkunjung ke pantai, di dalam daerah Klaten pun kalian bisa menemui sebuah mata air yang di namai Umbul Manten. Banyak orang yang sudah datang ke sana dalam rangka untuk menikmati segarnya air yang masih terlihat alami itu.

Umbul Manten yang terletak di Jl. Janti tersebut juga menyediakan fasilitas berupa toko-toko khusus yang menjual makanan bagi para pengunjung di sekitar. Untuk membayar tiket masuk ke sana, kita hanya butuh mengeluarkan uang sebesar Rp. 3.000 saja. Terjangkau!

3. Rowo Jombor

Rowo Jombor

Rowo Jombor alias Rawa Jombor merupakan tempat wisata lain yang terletak di desa Krakitan, Klaten. Rowo Jombor juga memiliki banyak peminat yang langsung datang karena pemandangan sekaligus aktivitas-aktivitas yang dapat di lakukan di sana seperti memancing, melihat matahari terbenam sekaligus berkuliner. Kuliner apa? Tentu saja ikan.

Untuk masuk ke dalam Rowo Jombor, setiap dari kita harus membayar tiket seharga Rp. 5.000 per orang dan biaya parkir yang dapat mencapai Rp. 10.000.

4. Candi Sewu

Candi Sewu

Candi Sewu adalah sebuah candi yang di bangun pada masa di mana kerajaan masih memiliki akar yang kuat di Indonesia. Candi yang terletak di Dukuh Bener dan masih terkait dengan Yogyakarta ini memiliki penempatan desain yang cukup unik di samping candi-candi lainnya apabila di lihat dari ketinggian di udara.

Klik lihat: Tempat wisata di Kudus

Jika kita semua tertarik untuk berjalan-jalan di sekitar candi Sewu serta belajar untuk mengagumi peninggalan tersebut, kita harus merogoh kocek sekitar Rp. 8.000.

5. River Boarding Kali Pusur

River Boarding Kali Pusur

Banyak dari kita yang mungkin belum pernah melakukan river boarding alias menelusuri arus sungai yang deras dengan menggunakan perahu khusus serta perlengkapan-perlengkapan lain demi keselamatan. Nah, di kecamatan Polanharjo daerah Klaten, tempat untuk melakukan aktivitas seperti itu pun sudah ada yaitu River Boarding Kali Pusur.

Bukan hanya kita beserta teman-teman atau kerabat kita yang turut mengendalikan perahu khusus yang di sediakan melainkan juga instruktor yang bertugas untuk menjaga kita supaya kita tetap aman. Mengenai harga, di sana kita bisa di kenai tarif mencapai Rp.150.000 per orang saat tidak ada promo dan di kenakan harga yang lebih murah pada saat adanya promo.

6. Hutan Kamboja Klaten

Hutan Kamboja Klaten

Tempat wisata yang berada di Gayampit, Klaten ini adalah sebuah hutan yang bisa kita kunjungi kapan saja untuk menikmati pemandangan dan juga untuk mengambil foto-foto yang indah terkait dengan pemandangan maupun bersama individu-individu lainnya. Terkait dengan biaya masuk, pihak Hutan Kamboja Klaten tidak memungut tarif apapun alias gratis.

7. Candi Prambanan

Candi Prambanan

Bukan hanya candi Sewu yang juga masuk wilayah Klaten. Candi Prambanan yang sangat terkenal di Indonesia maupun di mancanegara ini juga merupakan candi yang masuk ke dalam wilayah Klaten.

Untuk wisatawan lokal yang datang ke candi Prambanan, mereka di kenakan tarif sebesar Rp. 30.000 untuk orang dewasa dan Rp. 12.000 untuk anak-anak. Khusus untuk wisatawan lokal yang datang, mereka akan di kenakan tarif yang lebih mahal yaitu tarif yang mencapai $18 alias lebih dari Rp. 200.000 jika di konversikan ke Rupiah. Wah, perbandingannya jauh juga ya!

8. Water Park Galuh Tirtonirmolo

Water Park Galuh Tirtonirmolo

Taman bermain yang bernuansa air dan terletak di Jl. Manisrenggo KM. 1 ini menyediakan sekitar 13 kolam renang yang dapat di gunakan baik untuk anak-anak maupun orang yang sudah dewasa. Di samping kolam renang, Galuh Tirtonirmolo ini juga menyediakan wahana-wahana bermain lainnya seperti komedi putar, flying fox dan lain-lain. Oleh sebab itulah, di sarankan bagi orang tua untuk membawa anak-anaknya bermain ke sana.

Klik lihat: Tempat wisata di Boyolali

Untuk masuk ke dalam Galuh Tirtonirmolo, kita membutuhkan biaya sebesar Rp. 20.000 sebagai biaya untuk tiket masuk dan sisanya yang berkisar dari Rp. 5.000 sampai dengan Rp. 10.000 merupakan harga untuk bermain wahana yang sudah di sediakan oleh pihak pengembang.

9. Umbul Ponggok

Umbul Ponggok

Sama seperti Umbul Manten, Umbul Ponggok yang terletak di Jl. Raya Ponggok-Delanggu ini juga merupakan tempat wisata perairan yang menarik untuk di kunjungi di Klaten. Di sana, kalian bisa menikmati serunya berenang bersama dengan ikan-ikan serta berfoto di bawah air dengan kamera yang di sewakan dan juga spot yang memadai.

Untuk harga tiket masuk, Umbul Ponggok memasang harga sebesar Rp. 15.000 bersamaan dengan perlengkapan-perlengkapan terkait dengan fotografi yang dapat mencapai harga Rp. 50.000.

10. Ekowisata Bukit Tugurejo Bayat

Ekowisata Bukit Tugurejo Bayat

Jika kalian menyempatkan diri untuk datang ke kecamatan Bayat, nikmatilah pemandangan serta keadaan yang ada di sana karena kalian bebas untuk menikmatinya. Mulai dari air terjun sampai hutan jati, kalian bisa menemui semuanya di kecamatan ini.

Jika kalian juga menemui masyarakat daerah yang berada di sekitar atau di dalam kecamatan Bayat, kalian pun dapat menanyakan berbagai hal kepada mereka terkait dengan kecamatan tersebut sehingga kalian belajar untuk lebih menghargai lingkungan di sekitar kalian. Entah kalian berasal dari luar kota ataupun bukan.

Demikianlah diatas 10 tempat unik sekaligus terbaik yang bisa kita temui di daerah Klaten. Oya, karena Klaten sangat dekat dengan Yogyakarta, maka pastikan untuk langsung mengunjungi kedua daerah tersebut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *