Tempat Wisata di Kudus

  • Whatsapp
Tempat Wisata di Kudus

Kudus adalah nama sebuah Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Wilayah ini merupakan daerah yang memiliki banyak tempat wisata. Kudus berada di jalur pantai timur laut Jawa Tengah. Kota ini berjarak sekitar 51 kilometer dari timur Kota Semarang.

Kabupaten Kudus juga dikenal sebagai Kota Santri. Di Kota ini terdapat beberapa makam wali songo, setidaknya ada tiga makam wali atau sunan disana, yaitu Sunan Kudus, Sunan Muria, dan Sunan Kedu. Pada jaman dulu hingga kini, Kudus terkenal sebagai wilayah yang sangat kental sekali dengan ajaran islamnya.

Tempat Wisata di Kudus yang Lagi Hits

Nah, berikut kami bagikan rekomendasi 10 tempat wisata di Kudus terbaik yang menarik untuk dikunjungi.

1. Air Tiga Rasa Rejenu

Air Tiga Rasa Rejenu

Air tiga rasa Rejenu merupakan tiga sumber mata air yang mempunyai rasa berbeda. Obyek wisata ini merupakan salah satu peninggalan di masa Sunan Muria yang terletak di dekat makam Syaikh Syadzali. Masyarakat menilai bahwa Air Tiga Rasa mempunyai khasiat yang berbeda. Air pertama memiliki khasiat untuk mengobati penyakit, air kedua khasiatnya adalah menumbuhkan kepercayaan diri dalam menghadapi permasalahan hidup, dan air ketiga di percaya memiliki khasiat melancarkan rezeki.

Klik lihat: Tempat wisata di Boyolali

Untuk menuju ke Air Tiga Rasa ini, aksesnya memang masih cukup sulit dan jaraknya juga cukup jauh yaitu sekitar 3 km dari taman parkir wisata Sunan Muria. Untuk menuju ke lokasi hanya dapat dilakukan dengan berjalan kaki, mengendarai sepeda motor atau memanfaatkan jasa ojek yang ada di area parkir makam Sunan Muria.

2. Gray Canyon Kudus

Gray Canyon Kudus

Wisata Gray Canyon Kudus memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berlokasi di Desa Tanjungrejo, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, tempat wisata ini ramai dikunjungi wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan untuk berburu foto dengan latar belakang tebing-tebing tinggi yang nampak mirip dengan Grand Canyon di Arizona.

3. Air Terjun Ternadi

Air Terjun Ternadi

Wisata Air Terjun Ternadi di Dawe Kudus Jawa Tengah adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Ternadi, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Anda dapat memarkirkan kendaraan Anda di lokasi sekitar Makam Sunan Kaliyetno, dari tempat parkir kemudian ikuti papan penunjuk arah sekitar kurang lebih 500m anda akan sampai di air terjun ternadi.

4. Sendang Jodo

Sendang Jodo

Sendang Jodo berwujud mata air atau sendang yang memancarkan air tak henti-henti. Letaknya di Desa Purworejo, Kecamatan Bae, kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Menurut cerita rakyat yang beredar, ketika Den Ayu Sunti mampir untuk mandi beliau memberikan pesan kepada warga sekitar Jambean dan anak cucunya supaya sendang itu dijaga dan dirawat karena nantinya akan memberi keberkahan sembari berkata, “Barang siapa yang kelak mandi disini akan awet muda, cepat jodohnya bagi yang belum menikah, tambah cantik bagi wanita, tambah tampan bagi lelaki, juga dimudahkan rejekinya”.

5. Air Terjun Montel

Air Terjun Montel

Air Terjun Montel merupakan airterjun yang memiliki ketinggian kurang lebih 50 m dengan suhu sekitar berkisar 18-20 derajat Celsius. Kesejukan yang ada di air terjun Montel ini akan membuat Anda betah untuk berlama-lama berada disini. Banyak wisatawan yang datang kesini untuk menikmati pesona alam yang dari air terjun yang masih natural ini. Lokasi Wisata Air Terjun Montel berada di Kajar Kudus Jawa Tengah terletak di desa kajar, Kecamatan kudus, Kabupaten kudus, Provinsi jawa tengah.

6. Museum Kretek

Museum Kretek

Museum Kretek terletak di Kudus, tepatnya di Jalan Getas Pejaten No 155, Kecamatan. Jati – Kudus, Jawa Tengah. Museum ini didirikan n untuk menunjukan bahwa kretek berkembang sangat pesat di Tanah Jawa khususnya di kota Kudus. Di museum ini kita dapat melihat sejarah dari kretek. Selain itu Anda juga dapat melihat proses produksi rokok kretek, mulai dari pembuatan kretek secara manual sampai menggunakan teknologi modern seperti sekarang. Museum Kretek merupakan satu-satunya museum rokok di Indonesia.

Klik lihat: Tempat wisata di Pati

Selain itu museum ini menyediakan fasilitas seperti kantor administrasi, gerai souvenir, mushola, taman bermain anak-anak, kantin dan kios kuliner, area parkir. Disini juga terdapat fasilitas hiburan seperti waterboom, ember tumpah, mini movie, rumah adat kudus.

7. Menara Pisang

Menara Pisang

Menara Pisang yang saat ini sedang hits di instagram ini ternyata merupakan menara yang berada di kawasan Wisata Outbound dan Perkemahan Taman Sardi. Wisata Taman Sardi merupakan sebuah wahana wisata alam yang memiliki pemandangan yang indah dan Taman Sardi juga dapat menikmati outbound yang seru bersama keluarga maupun teman. Lokasi Taman Sardi tepatnya berada di Dukuh Watu Lumpang Desa Kajar, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Di Taman Sardi selain berfoto-foto di menara pisang, para wisatawan juga dapat menikmati area Camping yang berkonsep kerakyatan. Terdapat sarana penunjang lainnya bagi pengunjung yang berada disini seperti air bersih, listrik, kamar mandi, area camping ground dan pemandangan alam yang indah.

8. Taman Oasis

Taman Oasis

Wisata Taman Oasis di Gondangmanis Kudus Jawa Tengah merupakan taman milik perusahaan rokok terbesar di Indonesia, yaitu PT. Djarum. Terdapat ruang terbuka hijau dengan aneka pepohonan hijau dan juga bunga-bunga, kompleks perkantoran hingga mall. Dari depan, Anda akan disambut oleh monumen dengan bentuk unik bertuliskan Djarum Oasis Kretek Factory.

Klik lihat: Tempat wisata di Karanganyar

Taman Oasis sebenarnya adalah taman milik PT. Djarum yang menjadi sajian selamat datang bagi karyawan atau tamu yang akan masuk ke dalam area pabrik rokok itu. Namun masyarakat umum diperbolehkan untuk masuk area taman. Dengan dua jalan searah dengan panjang kurang lebih 500 meter yang diapit oleh taman yang hijau dengan deretan pepohonan yang terjejer sedemikian rupa serta rerumputan yang dipotong rapi secara berkala.

9. Situs Patiayam

Situs Patiayam

Situs Patiayam merupakan salah satu situs terlengkap. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya manusia purba atau yang mempunyai nama latin Homo erectus, fauna vertebrata dan fauna invertabrata. Selain itu di museum ini juga menyimpan alat-alat batu manusia dari hasil budaya manusia purba yang ditemukan dalam satu aeri pelapisan tanah yang tidak terputus sejak minimal satu juta tahun yang lalu.

Ada sekitar 1.500 fosil yang ditemukan di Patiayam dan kini disimpan di rumah-rumah penduduk. Situs Patiayam merupakan bagian dari Gunung Muria. Luasnya 2.902,2 hektare meliputi wilayah Kudus dan beberapa kecamatan di Pati. Di gunung ini terdapat makam dan Masjid Sunan Muria juga air terjun. Selain itu terdapat fasilitas seperti motel, penginapan, sejumlah villa, dan warung makan. Jaraknya hanya 18 kilometer dari kota Kudus. Lokasi tepatnya terletak di desa terban,Kecamatan jekulo, Kabupaten kudus, Provinsi jawa tengah.

10. Menara Kudus

Menara Kudus

Masjid Menara Kudus merupakan masjid yang dibangun pada tahun 1549 M atau sekitar 956 H oleh Sunan Kudus. Konon pembangunan masjid ini mempergunakan batu Baitul Maqdis dari Palestina sebagai batu pertamanya. Masjid ini mempunyai bentuk yang unik terutama pada bangunan Menara lantaran menggabungkan dari unsur budaya Islam serta Hindu.

Lokasi Masjid Menara Kudus berada di Desa Kauman Kecamatan Kota Kabupaten Kudus Jawa Tengah, atau sekitar 3 km ke arah Barat (Arah Kabupaten Jepara) dari Alun Alun Kota Kudus.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *