Tempat Wisata di Boyolali

  • Whatsapp
Tempat Wisata di Boyolali

Boyolali adalah salah kabupaten yang berada di Jawa Tengah, daerah ini memiliki pesona wisata tak kalah indah dengan kota lainnya. Diapit oleh dua gunung, yaitu gunung Merbabu dan gunung Merapi, membuat Boyolali dianugerahi dengan pemandangan alam yang sungguh eksotis.

Jadi, bila Anda berjalan-jalan ke Boyolali jangan cuma mampir ke Sapi Irung Petruk, Perah Cepogo dan Simpang Lima Boyolali saja. Karena, masih ada banyak sekali tempat wisata hits di Boyolali yang sangat sayang bila dilewati.

Tempat Wisata di Boyolali yang Lagi Hits

Berikut kami bagikan review 10 tempat wisata di Boyolali khusus untuk anda. Silahkan disimak

1. Air Terjun Jumbleng

Air Terjun Jumbleng

Air Terjun Jumbleng berada di Sungai Sukuh, Dukuh Kemuning, Desa Mudal, Kecamatan Boyolali Kota, Kabupaten Boyolali, Jawa tengah. Untuk mencapai kesana memang tidak cukup mudah, Anda harus menggunakan kendaraan pribadi karena belum adanya transportasi umum yang sampai ke Dukuh Kemuning. Menurut warga sekitar keberadaan air terjun ini ditemukan oleh beberapa warga yang ingin mencari ikan.

Air terjun setinggi 2 meter ini sudah dilengkapi dengan tempat ganti pakaian yang terbuat dari anyaman bambu. Untuk memasuki tempat wisata ini Anda hanya dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 2.000/orang. Jika Anda berminat berlibur kesana, Anda bisa melalui rute arah Tempat Wisata Tlatar. Sampai di Tugu Pasekan atau Pasar Pasekan, Ambil jalur barat hingga Anda mencapai Kampung Karangbulu. Kemudian dari situ Anda bisa menanyakan lokasi Air Terjun Jumbleng kepada warga sekitar.

2. Umbul Tirto Mulyo

Umbul Tirto Mulyo

Umbul yang terletak di Desa Kemasan, Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali ini sangat mudah dicari. Berbeda dengan umbul lain yang kebanyakan sudah mulai “tersentuh” modernitas, Umbul Tirtomulyo masih terbilang lebih alami karena untuk masuk pun, kita hanya harus merogoh kocek sebesar Rp 2000 per orang. Setelah itu, kita bebas masuk dan berenang dalam kolam renang dengan kedalaman sekitar 1,5 hingga 2 meter ini.

Klik lihat: Tempat wisata di Pati

Umbul Tirtomulyo mulai dipercantik sejak tahun 2012 dan sekarang berwajah seperti pemandian Raja Diraja. Dengan gaya dinding batu bata rustic yang tidak diperhalus, semakin memberikan kesan alaminya. Karena merupakan sumber mata air asli sekaligus berfungsi untuk pengairan dawah petani sekitar, airnyapun melimpah. Selain itu, jangan takut airnya kotor meskipun banyak yang berenang karena air mengalir dan selalu berganti baru.

3. Museum R. Hamong Wardoyo

Museum R. Hamong Wardoyo

Museum R. Hamong Wardoyo merupakan salah satu ikon Kabupaten Boyolali yang dibangun di lahan bekas kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Boyolali, tepatnya di Jalan Raya Boyolali – Solo, Tegalwire, Mojosongo. Nama museum ini diambil dari salah satu nama mantan Bupati Boyolali yakni Bupati ke-sepuluh yang memimpin Boyolali pada Tahun 1947.

Dari luar bangunan museum itu tampak seperti Museum Louvre di Paris. Museum ini terdiri dari dua lantai dan semua temboknya dicat warna putih. Di dalam museum terdapat dua ruang utama berbentuk segi enam dengan tangga berbentuk spiral. Pengunjung yang datang ke museum untuk sementara ini hanya bisa datang pada jam kerja. Pada hari Sabtu dan Minggu tutup karena belum adanya petugas yang khusus melayani tamu.

4. Kedung Goro

Kedung Goro

Kedung Goro Terletak di Desa Bolo, Kecamatan Wonosegoro, yang dapat di capai dalam waktu tempuh 1 jam dari pusata kota Boyolali. Posisinya Berada di balik hutan Jauh dari Pemukiman Penduduk.

Bagi anda pecinta kegiatan wisata picu andrenalin bisa melakukan terjun bebas dari atas tebing batu. Kegiatan ini layak anda coba untuk merasakan sensasinya. Puas melakukan terjun bebas dari tebing anda juga bisa mencoba sensasi meluncur dari kemiringan yang cukup ekstrim dan dilanjudkan menerobos lubang batu sambal menyelam.

Jika tak cukup nyali, bisa sekedar berfoto dengan latar belakang pemandangan alam yang menggoda mata anda, meski belum banyak dikenali orang pesona ini tersaji di Kedung Goro sukses menjadi magnet baru bagi anda yang ingin ke tempat wisata ini.

5. Taman Alam Surapanta

Taman Alam Surapanta

Taman Alam Surapanta berlokasi di Dusun Duku Pantaran, Desa Talakbroto, Kecamatan Simo, Boyolali, Jawa Tengah. Wisata alam ini memiliki konsep taman alami, dimana pengunjung akan disuguhkan keindahan alam dan udara segar. Selain itu Anda juga dapat menikmati segarnya Sungai Surapanta.

Klik lihat: Tempat wisata di Karanganyar

Jika Anda berkunjung saat siang hari, terik matahari dapat terobati oleh segarnya guyuran air bendungan taman alam ini. Aliran sungai yang melewati destinasi wisata ini terbilang cukup jernih, terutama di siang hingga sore hari.

6. Lembah Gunung Madu

Lembah Gunung Madu

Lembah Gunung Madu termasuk tempat wisata yang sangat menarik. Sebab menyuguhkan fasilitas bangunan yang tampak begitu modern dan mempunyai ciri khas yang berbeda dari tempat wisata yang terdapat di kota Boyolali. Anda juga bisa berwisata kuliner untuk mencicipi masakan-masakan khas dari Boyolali di tempat ini.

Jika anda ingin mengunjungi tempat wisata ini, lokasinya ada di Jl. Simo – Klego, Desa Kedung Lengkong, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah. Anda tidak akan dikenakan biaya tiket masuk, cukup membayar biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan sepeda motor sedangkan untuk mobil dikenakan tarif sebesar Rp 4.000 .

7. Oemah Bamboo Merapi

Oemah Bamboo Merapi

Oemah Bamboo adalah salah satu tempat wisata yang cukup hits di kawasan Selo, letaknya tepat di kaki Gunung Merapi, yaitu tepat di atas logo New Selo yang terpampang besar layaknya tulisan Hollywood di Amerika.

Lokasi Oemah Bamboe ini berada di ketinggian 1700 Mdpl ditambah dengan banyaknya pepohonan dan tanaman hijau yang menyegarkan mata, membuat udara di tempat wisata Boyolali tersebut cukup sejuk hingga senantiasa membuat Anda betah berlama-lama disini.

8. Bukit Gancik

Bukit Gancik

Konsep utama dari destinasi wisata ini ialah gardu pandangan. Disini Anda dapat menyaksikan pesona alam desa Selo yang terlihat asri dari ketinggian. Ketinggian bukit Gancik sekitar 1.850 Mdpl, lokasinya berada di kaki gunung Merbabu. Keberadaan wisata Gancik Selo cukup populer di kalangan wisatawan, terutama pengunjung berdomisili Boyolali dan sekitar.

Klik lihat: Tempat wisata di Kebumen

Hanya dari gardu pandangan saja Anda bisa menyaksikan hamparan sawah, rumah-rumah dan area perkebunan warga sekitar. View tersebut sangat cocok dijadikan background foto keren. Objek wisata Boyolali ini berada di Dukuh Selo Nduwur, Desa Selo, Kecamatan. Selo, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah.

9. Wisata Alam Sutra

Wisata Alam Sutra

Alam Sutra adalah sebuah wisata berupa gardu pandang yang terletak di tengah perkebunan tak jauh dari kawasan wisata Selo. Lokasinya berdampingan dengan Petilasan Kyai Kebokanigoro. Disini Anda akan disuguhi dengan pemandangan yang sangat eksotik Kota Boyolali serta Gunung Bibi. Udara yang dingin serta sejuk khas pegunungan.

Akses untuk menuju ke Desa Wisata Alam Sutera bisa dibilang cukup baik. Untuk dapat sampai pada tempat ini, dapat diakses dengan menggunakan sepeda motor. Dari pintu masuk kurang lebih menempuh 5 – 7 menit dengan menggunakan sepeda motor. Namun, sangat tidak disarankan jika membawa mobil sebab jalannya yang sempit. Cukup membayar sebesar Rp. 2.000 per orang uSntuk harga tiket ke gardu pandangnya.

10. Gardu Pandang Suroteleng

Gardu Pandang Suroteleng

Gardu Pandang Suroteleng terletak di Desa Suroteleng, Kecamatan Selo, Boyolali, Jawa Tengah. Wisata yang terbilang masih baru ini menyuguhkan harmonisasi alam yang cukup unik berupa view gunung merbabu, gunung sindoro dan keelokan kota Boyolali.

Anda harus melewati medan yang menanjak dan sedikit berbatu beberapa meter sebelum sampai lokasi. Jika turun hujan, berhati-hatilah, karena jalanan akan licin dan becek. Untuk saat ini wisata gardu pandang ini masih dalam proses pengembangan karna itulah fasilitas di tempat ini juga masih minim, untuk biaya tiket masuk masih gratis.

Itulah 10 tempat wisata di Boyolali paliing rekomended untuk dikunjungi, semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *