Tempat Wisata di Pati

  • Whatsapp
Tempat Wisata di Pati

Pati adalah sebuah Daerah di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki segudang tempat wisata yang sangat menawan, mulai dari destinasi wisata alam, wisata pantai, wisata sejarah, dan lainnya. Pokoknya, semua ada di Pati, jika Anda ingin berlibur dengan sanak saudara, pasangan maupun keluarga memang tak salah jika memilih tempat ini.

Nah, bicara mengenai wisata di Pati, berikut kami pilihkan 10 tempat wisata di Pati paling keren yang wajib dikunjungi. Penasaran?

Tempat Wisata di Pati yang Lagi Hits

1. Gua Pancur

Gua Pancur

Gua Pancur adalah wisata yang berlokasi di Desa Jimbaran, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Liburan bersama keluarga sangat menjadi semakin asyik serta seru karena fasilitas yang ada di sana sudah sangat cukup baik untuk Anda menghabiskan waktu liburan.

Biaya yang diperlukan untuk masuk ke gua pancur ini adalah gratis, hanya perlu membayar biaya parkir. Pengunjung yang menggunakan motor dikenai biaya parkir Rp 3.000 serta mobil dikenakan biaya parkir sebesar Rp 6.000.

2. Klating Pucakwangi

Klating Pucakwangi

Wisata Alam Klating Pucakwangi adalah sebuah nama sungai yang ada di Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati. Lokasi tepatnya di Desa Mojoagung Kecamatan Pucakwangi, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Indonesia. Sungai klating memiliki undakan layaknya air terjun bertingkat. Hal ini membuat sungai ini terlihat unik jika dibandingkan sungai lainnya.

Klik lihat: Tempat wisata di Karanganyar

Jika Anda beruntung, Anda akan melihat pemAndangan unik yaitu ladang melon yang sedang berbuah dan siap untuk dipetik. Jika kebetulan pemilik dari kebun melon tersebut berada ditempat, Anda bisa langsung membeli buah melon dengan cara memetik langsung dari pohonnya.

3. Pantai Banyutowo

Pantai Banyutowo

Pantai Banyutowo terletak di Desa Banyutowo, Dukuhseti yang berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten jepara, serta berdekatan juga dengan beberapa obyek wisata di Jepara seperti Pulau MAndalika dan Benteng Portugis. Pantai Banyutowo merupakan pantai dengan ombak sedang dan sejuknya angin laut dari bibir pantainya. Pantai ini memiliki jarak tempuh sekitar 36 kilometer dari Kota Pati.

Keberadaan jeti atau sAndaran kapal yang baru membuat Anda dapat menikmati pemAndangan laut maupun aktivitas nelayan usai melaut dengan nyaman. Selain itu jika Anda hobi memancing dan ingin menyalurkan hobi Anda, adanya jeti maupun jembatan panjang yang menjulur ke laut memberikan kemudahan untuk Anda memancing ikan disana.

4. Air Terjun Tadah Hujan

Air Terjun Tadah Hujan

Air terjun Tadah Hujan merupakan air terjun yang memiliki tinggi sekitar 75 meter. Tempat wisata ini belum banyak dikunjungi oleh wisatawan, sehingga bila Anda ingin berwisata ke tempat yang memiliki suasana yang sunyi, dengan pemAndangan alam yang elok, disinilah tempatnya.

Air terjun ini berada di pegunungan Kendeng, Desa Sukolilo, Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati. Airnya sangat jernih berasal karena langsung dari hujan dan resapan tanah perbukitan. Anda dapat menikmati pemAndangan sambil mandi dibawah derasnya air terjun yang jatuh dari atas

5. Air Terjun Selonatah

Air Terjun Selonatah

Air Terjun Selonatah atau yang juga dikenal sebagai Air Terjun Grudo adalah air terjun 5 deret yang berada di selatan kota Pati. Objek wisata alam ini dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua. Dari pusat kota pati berjarak kurang lebih 35 KM arah selatan Kota Pati.

Untuk menuju ke sini, kita mengambil arah ke Kecamatan Tambakromo, setelah sampai pertigaan Tambakromo (Setelah Pasar Tambakromo) belok kiri menyusuri Desa Keben, Desa Larangan, Desa Maitan. Anda harus sedikit bersabar karena jalan berikutnya kurang mulus alias terjal. Kendaraan roda empat harus di parkir di pemukiman penduduk, karena tidak ada akses jalan kesana.

6. Air Terjun Tretes Tlogowungu

Air Terjun Tretes Tlogowungu

Air Terjun Tretes Tlogowungu merupakan air terjun yang masih tak banyak diketahui oleh orang-orang. Jalan yang harus ditempuh untuk menuju lokasi air terjun ini masih berupa jalan setapak dari tanah serta sejuknya udara khas pegunungan menimbulkan sensasi tersendiri karena kebetulan saat itu pas turun hujan. Namun pemAndangan yang terbentang di sekeliling sangatlah memukau.

Klik lihat: Tempat wisata di Kebumen

Air terjun yang masih merupakan bagian dari air terjun santi ini berada di Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati, tepat di lereng gunung Muria di desa Gunungsari kecamatan Tlogowungu. Lokasinya yang jauh dari pemukiman warga menyebabkan air terjun tersebut jarang terjamah manusia.

7. Gua Wareh Sukolilo

Gua Wareh Sukolilo

 

 

Gua Wareh merupakan sebuah gua yang memiliki jarak sekitar 15 kilometer ke arah selatan dari Kota Pati, terletak di kaki perbukitan Pegunungan Kapur Utara, tepatnya di Desa Kedumulyo Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Tempat wisata ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal. Saat telah tiba musim liburan atau tanggal merah, Gua Wareh diserbu banyak pengunjung, mulai dari muda-mudi yang ingin pacaran sembari menikmati indahnya gua sampai keluarga dengan membawa anak-anak.

Sebaiknya bawa pakaian ganti dan pelampung bila membawa anak-anak. Sebab, letak keunikan dari tempat wisata di sini terletak di sumber mata air alami Gunung Kendeng atau sungai yang mengalir di depan mulut gua.

8. Waduk Gunung Rowo

Waduk Gunung Rowo

Waduk Gunung Rowo adalah nama sebuah waduk dengan luas area waduknya sekitar 320 hektar yang terletak di lembah antara beberapa puncak bukit di lereng Gunung Muria sebelah timur, tepatnya di desa Sitiluhur, kecamatan Gembong, terletak

Fungsi awal waduk ini adalah sebagai sarana penampungan air. Namun saat ini waduk Gungung Rowo juga berfungsi sebagai salah satu tempat tujuan wisata di kabupaten Pati meskipun belum dikelola dengan baik oleh pemerintah daerah setempat.

Klik lihat: Tempat wisata di Kendal

Lokasi waduk sangat mudah dijangkau. Untuk Anda yang tak punya kendaraan pribadi untuk kesana, tak perlu bingung, karena banyak angkutan kota yang tersedia sampai sore hari, dengan satu kali naik angkutan (Jurusan Pati – Gunung Rowo) Anda akan sampai ke ujung jalan yang merupakan pintu masuk Waduk Gunung Rowo.

9. Air Terjun Grenjengan Sewu

Air Terjun Grenjengan Sewu

Air Terjun Grenjengan Sewu ini terletak di desa Jrahi, Kecamatan Gunung Wungkal, Kabupaten Pati. Jika di tempuh dari pusat kota Pati lokasinya memang cukup jauh. Anda bisa menempuh perjalanan sekitar 1 jam Untuk menuju ke sana.

Dari kota Pati, Anda bisa mengikuti jalan yang menuju ke arah Tayu atau Jepara. Setelah itu ambil jalan ke arah Gunung Wungkal, lalu terus saja mengikuti papan penunjuk arah ke Desa Jrahi.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan berada di ketinggian 485 meter dari atas permukaan air laut. Air terjun ini cukup sepi karena tak banyak orang yang tahu. Jadi suasana disini masih cukup alami.

10. Waduk Seloromo

Waduk Seloromo

Waduk Seloromo merupakan waduk yang lokasinya tidak jauh dari pusat kota. Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk menuju ke kesana sekitar 20 sampai 25 menit dari Simpang Lima Alun-alun, tergantung kecepatan berkendara anda. Dari Stadion Joyokusumo, Anda dapat berjalan menuju arah barat (Gembong) lurus terus sekitar 20 menit.

Waduk Seloromo dapat dijadikan tempat dan surga bagi pemburu foto-foto alam bebas. Karena itulah banyak di antara fotografer atau pengunjung yang berfoto-foto di sekitar waduk ini. Beberapa di antaranya menggunakannya untuk lokasi foto pre wedding.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *