Tempat Wisata di Karanganyar

  • Whatsapp
Tempat Wisata di Karanganyar

Karanganyar merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah. Berlokasi sekitar 14 kilometer dari Kota Solo atau Surakarta. Walaupun kabupaten Karanganyar tidak memiliki luas wilayah yang cukup besar. Meski tidak luas wilayahnya, namun kabupaten Karanganyar kalah dari daerah yang lain untuk semua hal/ bidang, mulai dari perkembangan kota serta pesona keindahan wisatanya.

Untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang objek wisata apa saja yang berada di Karanganyar ini. Nah, berikut 10 tempat wisata di Karanganyar yang sangat rekomended untuk dijadikan tujuan berlibur.

Tempat Wisata di Karanganyar yang Lagi Hits

1. Agrowisata Sondokoro Tasikmadu

Agrowisata Sondokoro Tasikmadu

Wisata Sondokoro Tasikmadu ini merupakan sebuah tempat wisata terletak di Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar. Pada mulanya tempat wisata ini hanya sebuah pabrik gula. Namun sejak tahun 2005 kemudian dibangun tempat agrowisata yang lebih mengenalkan tentang pabrik gula sebagai ikon wisata guna mendorong peningkatan industri pariwisata di Kabupaten Karanganyar.

Banyaknya pohon besar yang rindang di sekitar area wisata, membuat Agrowisata ini memiliki hawa sejuk dan teduh. Untuk biaya tiket masuk ke area Wisata ini dikenakan retribusi sekitar kurang lebih Rp 5.000,- per orangnya di hari libur nasional.

2. Air Terjun Grojogan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu

Wisata Karanganyar atau Wisata Air terjun Grojogan Sewu Karanganyar terletak di lereng Gunung Lawu, tepatnya di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Dari Kota Karanganyar, Air terjun ini terletak sekitar 27 kilometer ke arah timur. Wisata ini sendiri merupakan bagian dari Hutan Wisata Air terjun Grojogan Sewu yang ada di Karanganyar.

Klik lihat: Tempat wisata di Kebumen

Ketinggian yang dimiliki Air terjun Grojogan Sewu ini sekitar 80 meter dengan debit air yang bisa dibilang cukup deras . Saat musim hujan, di sekeliling tebing akan muncul air terjun lain, tetapi saat musim kemarau, banyak air terjun yang kering. Tempat Wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan di hari libur maupun hari biasa.

3. Candi Cetho

Candi Cetho

Wisata Candi Cetho merupakan salah satu dari beberapa kompleks candi Hindu yang diperkirakan pembangunannya terjadi pada masa-masa akhir era Kerajaan Majapahit. Tempat wisata ini berada di lereng Gunung Lawu pada dengan ketinggian sekitar 1496 meter di atas permukaan laut, dan berada di wilayah Dusun Cetho, Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar.

Usia Candi ini, diperkirakan tidak jauh berbeda dari Wisata Candi Sukuh, yang lokasinya cukup berdekatan. Hal ini berdasarkan keadaan saat reruntuhannya mulai diteliti.

4. Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog

Air terjun Jumog Karanganyar merupakan salah objek wisata air terjun yang berada di lereng Gunung Lawu. Daya tarik utama dari Air terjun ini adalah terdapat dua buah aliran air terjun, sehingga sering disebut sebagai air terjun kembar. Selain itu sumber air dari Wisata ini tergolong cukup deras. Keindahan Air terjun Jumog tak kalah jika dibandingkan dengan Air Terjun Grojogan Sewu di Tawangmangu.

Air Terjun Jumog masuk ke dalam wilayah Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Rute termudah untuk dapat sampai ke air terjun ini adalah dengan mengikuti Jalan Raya Tawangmangu dan memasuki kawasan Wisata Alam Tawangmangu.

5. Jembatan Selfie

Jembatan Selfie

Jembatan Selfie ini bisa dibilang sebagai tempat wisata yang masih sangat baru di Karanganyar. Letaknya di Dukuh Tempel, Desa Anggrasmanis, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar. Wisata jembatan selfy ini dikelola oleh penduduk sekitar.

Klik lihat: Tempat wisata di Kendal

Banyak fasilitas pendukung yang ditambahkan untuk memberi kepuasan bagi setiap pengunjung. Pihak pengelola juga menyediakan spot-spot untuk berfoto. Karena itu sudah tak heran lagi jika Anda melihat banyak pengunjung yang datang bukan hanya sekedar menikmati panorama alam sekitar melainkan untuk berburu tempat-tempat baru yang bagus untuk berfoto. Dan nantinya foto tersebut akan di upload kedalam media social atau medsos seperti instagram, facebook, twitter dan lain-lain.

6. Candi Sukuh

Candi Sukuh

Candi Sukuh merupakan salah satu dari beberapa kompleks candi agama Hindu yang berada di Karanganyar. Candi ini masuk ke dalam kategori candi Hindu, karena adanya obyek pujaan seperti lingga dan yoni. Terdapat penggambaran alat-alat kelamin manusia secara eksplisit pada beberapa figurnya, hal ini membuat candi ini bisa terbilang memiliki arsitektur yang cukup unik.

Lokasi Candi Sukuh terletak di lereng Gunung Lawu tepatnya berada di wilayah Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, eks Karesidenan Surakarta. Jaraknya dari Kota Karanganyar kurang lebih 20 kilometer dan sekitar 36 kilometer dari Surakarta.

7. Sapta Tirta Pablengan

Sapta Tirta Pablengan

Sapta Tirta Pablengan merupakan sebuah tempat wisata yang berada di Desa Pablengan, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, sekitar 3 kilometer jika ditempuh dari pusat Kota Karanganyar. Sapta Tirta dalam bahasa Indonesia berarti 7 mata air, jadi seperti namanya, wisata Sapta Tirta Pablengan merupakan tempat wisata yang memiliki 7 sumber mata air.

Klik lihat: Tempat wisata di Brebes

Oleh masyarakat setempat, tempat ini sering dianggap sakral dan memiliki khasiat yang berbeda dari setiap sumber mata airnya. Letak ketujuh mata air di kawasan ini hanya berkisar 1 – 13 meter. Uniknya ketujuh mata air di sini memiliki kandungan berbeda-beda.

8. Watu Kandang

Watu Kandang

Situs Watu Kandang merupakan sebuah situs peninggalan dari jaman prasejarah yaitu jaman Megalithikum atau sekitar kurang lebih 2500 – 1500 tahun Sebelum Masehi yang berada di Dukuh Ngasinan Lor, Desa Karangbangun, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Situs Watu Kandang ini adalah sebuah tatanan batu-batu alam yang terstruktur secara teratur dan digunakan sebagai tempat pemujaan kapada alam semesta terutama menyembah gunung-gunung pada jamannya.

Saat ini Watu Kandang dijadikan sebagai tempat wisata sejarah dan merupakan salah satu destinasi tempat wisata yang berada di Kabupaten Karanganyar yang sangat banyak menarik para wisatawan.

9. Bukit Sekipan

Bukit Sekipan

Bukit Sekipan merupakan sebuah wisata alam yang ada di Karanganyar yang sangat cepat menarik wisatawan. Kawasan ini tadinya merupakan kawasan yang digunakan sebagai tempat latihan TNI, namun sekarang Bukit Sekipan sudah resmi dijadikan tempat wisata.

Tempat wisata ini diresmikan pada bulan Juli 2015 dan sejak saat itu Bukit Sekipan langsung menjadi tempat wisata favorit di Karanganyar, terutama bagi para wisatawan yang mencari wisata alam untuk berkumpul bersama keluarga.

Terdapat berbagai macam wahana seru yang bisa Anda coba disini antara lain Waterboom, Taman, Rumah Halloween, Outbond dan masih banyak lainnya.

10. Wisata Kebun Teh Kemuning Karanganyar

Wisata Kebun Teh Kemuning Karanganyar

Kebun Teh Kemuning Karanganyar berada di Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah. Pesona alam pegunungan yang masih asri dan udaranya yang sejuk mampu menarik minat para pengunjung dari berbagai daerah untuk datang ketempat ini. Apalagi jalur yang ditempuh untuk menuju ke Kebun Teh Kemuning ini merupakan jalur yang searah dengan jalur yang menuju ke Candi Ceto, Candi Sukuh dan Air terjun Jumog.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *