Tempat Wisata di Purwokerto

  • Whatsapp
Tempat Wisata di Purwokerto

Banyak orang dari luar daerah, memandang sebelah mata terkait pesona wisata yang dimiliki Purwokerto. Padahal, nyatanya banyak surga tersembunyi dan objek wisata menarik yang ada di salah satu kota di Jawa Tengah ini. Purwokerto adalah ibukota kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Beda ya teman-teman, dengan Purwakarta yang ada di Jawa Barat.

Nah, ngomong-ngomong kalian udah tahu belum objek wisata apa aja yang ada di Purwokerto ini? Jika belum tahu, yuk intip ulasan mengenai 10 tempat wisata di Purwokerto paling populer berikut ini.

Tempat Wisata di Purwokerto Paling Populer

1. Masjid Jenderal Besar Soedirman

Masjid Jenderal Besar Soedirman

Siapa yang tak tahu Jenderal Besar Soedirman? Panglima perang gagah berani di zaman kemerdekaan, yang dengan kepandaiannya dalam menyusun strategi, bisa membantu terwujudnya Indonesia yang merdeka. Namanya diabadikan sebagai nama sebuah masjid di kota Purwokerto. Masjid Jenderal Besar Soedirman ini sangat besar dan memiliki arsitektur yang megah serta indah. Warnanya dominan putih dengan aksen cokelat, menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

Klik lihat: Tempat wisata di Salatiga

Letaknya ada di Jl. Gatot Subroto No.73, Karangjengkol, Purwanegara, Purwokerto Tim., Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53115. Bagi kalian yang beragama Islam, sebaiknya mencoba berkunjung untuk beribadah di masjid besar ini.

2. The Village Purwokerto

The Village Purwokerto

The Village Purwokerto ialah destinasi terbaru yang lagi ngehits di Purwokerto. Tempat wisata ini baru diresmikan bulan Februari tahun 2018 lalu. Di tempat ini, kalian akan melihat bangunan-bangunan megah yang ditata indah, mirip dengan bangunan di luar negeri seperti di Italia dan Belanda. Wisata ini juga merupakan tempat wisata edukasi kesenian, dengan desain yang menarik dan taman-taman yang cantik.

Banyak orang berkunjung untuk sekedar foto-foto karena memang banyak sekali spot foto bagus yang cocok untuk diupload di sosial media. Di The Village Purwokerto juga ada kebun binatang mini, ada binatang-binatang yang sudah dijinakkan dan bisa diberi makan seperti kuda dan domba. Pengelola The Village juga menyediakan banyak rumah makan khas Purwokerto, rumah makan barat, kedai kopi, kios oleh-oleh dan fasilitas umum yang tertata apik. Kalau di Bandung, ini mirip dengan Floating Market Lembang.

Harga tiket masuknya pun tergolong murah meriah. Senin sampai jumat Rp. 10.000/orang dan Sabtu minggu Rp.18.000/orang. Atau kalau kalian mau datang pada malam hari untuk sekedar jalan-jalan dan minum kopi, kalian cukup bayar tiket masuk sebesar Rp.5.000 Wow, udah keren, murah lagi kan. Lokasi The Vilage Purwokerto ada di Baturraden, tepatnya di Jalan Raya Baturaden KM.07, Rempoah, Baturraden, Dusun I, Rempoah, Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151.

3. Alun-alun Purwokerto

Alun-alun Purwokerto

Namanya juga kota, pasti memiliki taman kota. Kalau di Jawa, namanya alun-alun. Purwokerto pun punya alun-alun yang ramai dikunjungi oleh warga maupun wisatawan asing. Terdapat air mancur berwarna-warni dan tulisan Purwokerto besar di bagian depannya. Kalian juga bisa menemukan banyak odong-odong, mobil karaoke, becak dan aneka wahana permainan lainnya. Di alun-alun ini, kalian bisa sekedar duduk bersantai atau wisata kuliner karena banyak pedagang makanan khas yang mengelilingi area alun-alun.

Klik lihat: Tempat wisata di Solo

Lokasi alun-alun ini ada di pusat kota, Komplek PJKA 386-388, JL. Jend. Sudirman, Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53115. Cukup strategis karena dekat dengan Mall terbesar di kota, hotel, penginapan dan tempat makan serta fasilitas umum yang bisa ditemukan dengan mudah.

4. Kebun Raya Baturaden

Kebun Raya Baturaden

Selain The Village yang ada di Baturaden, ada juga Kebun Raya yang terkenal banget lho. Lokasinya juga gak jauh, hanya 30 menit dari pusat kota Purwokerto, menjadikannya destinasi wisata yang wajib banget kalian kunjungi, guys. Disini, kalian akan menikmati suasana yang sejuk, memandangi keindahan hutan pinus, danau dan bunga-bunga yang ditata apik. Kalau kalian suka selfie atau fotografi, banyak tempat cakep yang bisa kalian jadikan latar belakang foto.

Kebun Raya Baturaden luasnya 143,5 hektar. Kebun Raya yang besar ini sudah ditetapkan pemerintah sebagai kawasan konservasi ex situ untuk flora di pegunungan Jawa Tengah. Selain sebagai kawasan konservasi dan wisata edukasi, koleksi flora di Kebun Raya Baturaden cukup luas. Kalau bawa anak-anak juga senang, karena ada rumah pohon, arena bermain anak serta taman labirin.

HTM cukup murah, hari biasa sebesar Rp. 10.000, kalau kalian mau meneruskan jalan-jalan ke Telaga Sunyi dan Pancuran Tujuh, tiketnya lebih hemat. Cuma Rp. 25.000 dan kalian bisa muter-muter sepuasnya. Jam operasional Kebun Raya Baturaden dari pukul 08.00 sampai 16.00.

5. Bukit Bintang Baturaden

Bukit Bintang Baturaden

Bukan cuma Bandung aja yang punya bukit bintang, Purwokerto juga punya. Bukit Bintang Baturaden adalah tempat khusus untuk melihat kerlap-kerlip pemandangan malam hari kota Purwokerto dari ketinggian. Pemandangan yang kalian lihat sudah pasti akan terkenang saking indahnya. Kalau cuaca cerah, langit akan penuh dengan bintang yang bertaburan.

Suasana romantis tersebut pasti menyenangkan jika ditemani pasangan atau orang-orang terkasih, membuat Purwokerto jadi kota paling indah yang akan kalian rindukan nanti. Lokasi objek wisata paling diminati anak muda ini ada di Desa Karangmangu KM. 12, Baturraden, Dusun III Berubahan, Kemutug Lor, Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53151.

6. Telaga Sunyi

Telaga Sunyi

Telaga Sunyi adalah surga kecil tersembunyi yang memiliki air jernih kebiruan yang cantik sekali. Kalian harus berkunjung dan mencoba berenang disini, karena sensasinya seperti berenang di kolam pribadi. Mata air alami yang bening, bersih dan suasana asri yang terpencil pasti akan bikin kalian betah berlama-lama disini, guys.

Klik lihat: Tempat wisata di Tegal

Lokasi berada di Baturaden, hanya 15 menit dari Kebun Raya Baturaden. Aksesnya pun mudah untuk dilalui baik dengan motor maupun mobil. Tiket masuk untuk menikmati keindahan alam ini juga cukup murah, hanya Rp 7.000 saja. Harga bisa berubah sewaktu-waktu sih. Tapi, lumayan kan dengan harga segitu, kalian udah bisa nikmatin jernihnya air dan suasana yang tenang.

7. Limpakuwus

Limpakuwus

Limpakuwus merupakan sebuah desa di kaki gunung Slamet. Desa ini memiliki hutan pinus yang luas, hamparan bukit dengan bunga dan suasana pegunungan. Kalian yang ingin berlibur dengan tenang dan bosan dengan hiruk pikuk perkotaan, bisa banget datang kesini. Kalau kalian mau jalan-jalan dan refreshing ke hutan pinus Limpakuwus, kalian dikenai biaya sebesar Rp.10.000 di dalam hutan juga tersedia beberapa kios makanan kecil dan minuman. Cocok tuh, sambil bersantai minum teh atau kopi panas.

8. Bukit Pandang Munggang

Bukit Pandang Munggang

Bukit Pandang Munggang merupakan destinasi populer lainnya yang ada di Purwokerto. Destinasi ini cocok untuk kalian yang suka pamer di sosial media, karena ada satu spot yang bagus banget untuk dijadikan latar belakang foto. Sebuah pintu yang terbuka menghadap ke hamparan pemandangan alam merupakan spot terbaik yang ada disana. Selain itu, bukit ini juga terkenal sebagai tempat yang romantis, lho. Ada pula bangku-bangku untuk menikmati pemandangan.

Lokasinya berada di Dusun III Kalipagu, Ketenger, Baturraden, Banyumas Regency, Central Java 53151. HTMnya murah, hanya Rp. 5.000 saja.

9. Bukit Watu Meja

Bukit Watu Meja

Satu lagi bukit yang bisa kita nikmati adalah Bukit Watu Meja. Batunya memang terbentuk seperti meja, makanya dinamakan Watu Meja. Pemandangan sungai Serayu bisa dinikmati dari atas ini, gak perlu khawatir lapar dan haus karena ada kios jajanan. Harga tiket masuknya sangat murah, Rp. 8.000 saja.

Bukit ini bisa ditempuh dari kota sekitar 30 menit ke arah Selatan. Lanjut ke arah Patikraja, Tumiyang.

10. Bukit Tranggulasih

Bukit Tranggulasih

Bukit Tranggulasih merupakan destinasi yang juga harus disambangi karena sudah dirawat dan dijadikan objek wisata yang layak. Bukit ini sangat indah kalau kita datang untuk melihat sunrise atau sunset. Di tempat ini, juga sudah ada beberapa spot foto dan karya-karya warga yang dipasang disana, seperti tulisan ‘Tranggulasih’ yang digantung.

Kalau ingin mengejar sunrise, kalian gak perlu buru-buru. Di Bukit Tranggulasih aman untuk mendirikan tenda, jadi kalian bisa bermalam dulu. Suasana malam di bukit juga tidak seram, malahan romantis kalau kalian bermalam bersama keluarga atau orang-orang tersayang. Bukit-bukit di Purwokerto semuanya memang terkenal romantis. Sampai-sampai, bukit Tranggulasih ini dinamakan bukit cinta, guys. Keren juga ya.

Terletak di Desa Windujaya yang dekat dengan Baturaden. Kalau datang dari kota Purwokerto, jaraknya hanya 15 km saja. Kalau mau kesini, lewati rute Curug Bayan Baturaden saja karena dekat. Harga tiket masuk ke Bukit Tranggulasih sebesar Rp. 10.000 sudah termasuk parkir. Kalau kalian berniat bermalam pakai tenda, ada penyewaan tenda seharga Rp. 50.000/malam. Murah banget, kan? Gak perlu ribet bawa makanan, disana banyak pedagang makanan dan minuman hangat.

Nah, itu dia 10 Tempat Wisata di Purwokerto paling keren sekarang ini. Gimana? Tertarik untuk berwisata kesana?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *