Tempat Wisata di Solo

  • Whatsapp
Tempat Wisata di Solo

Halo, guys! Kali ini kita akan membahas tentang tempat wisata paling bagus di Solo. Solo atau Surakarta adalah salah satu kota di Jawa Tengah. Tempat kelahiran Presiden ke tujuh RI, yang namanya semakin lama semakin menarik para wisatawan untuk datang berkunjung. Meskipun dikenal sebagai kota pelajar, Solo juga menyimpan potensi wisata yang bagus-bagus. Mulai dari wisata alam khas pedesaan sampai mall-mall yang disambangi anak kekinian karena takut bosan.

Tempat Wisata di Solo yang Hits

Nah, berikut kami pilihkan 10 tempat wisata di Solo paling menarik yang wajib anda kunjungi.

1. Keraton Kasunanan Surakarta

Keraton Kasunanan Surakarta

Bangunan keramat bersejarah ini dibangun pada tahun 1745 oleh Pakubuwono II. Keraton Kasunanan ini menyimpan bermacam koleksi alat senjata, wayang kulit dan kereta kencana. Dengan arsitektur kuno dan jawa yang kental, menjadikan keraton ini unik dan memiliki nilai tersendiri. Kalau kalian suka mempelajari sejarah, banyak hal yang bisa dipelajari disini, guys.

Dulu keraton ini hanya bisa dikunjungi oleh keluarga kerajaan atau abdi dalem, tapi sekarang telah dibuka untuk umum pada jam-jam tertentu. Dibuka pukul 08.30 sampai 14.00 setiap harinya dan khusus hari Minggu, dibuka hanya dari pukul 08.30 sampai 13.00. Harga tiket masuknya berbeda untuk wisatawan domestik dan mancanegara. Wisatawan domestik dikenakan tarif Rp.10.000/orang, jika dengan rombongan min 40 orang, harganya jadi Rp. 8.000/orang. Sedangkan wisatawan mancanegara/asing, dikenakan tarif Rp. 15.000. Kita bisa muter-muter dan melihat keraton serta mengambil gambar, tapi dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 500,-

2. Museum Purbakala Sangiran

Museum Purbakala Sangiran

Selain belajar sejarah dari Keraton Kasunanan, kita bisa mengunjungi Museum Sangiran, guys. Ada apa sih emang? Tempat wisata edukasi ini punya koleksi fosil dari jutaan sampai ratusan tahun lalu. Jumlahnya mencapai 13.000 buah, banyak banget ya. Selain fosil manusia purba, ada juga fosil hewan dan alat-alat pra sejarah seperti batu dan lain-lain. Meski museum purbakala, tapi museum ini didesain modern dan bagus banget dengan penataan yang artistik dan rapi. Koleksi-koleksi disimpan rapi dan replika-replikanya berdiri dalam diorama yang besar.

Klik lihat: Tempat wisata di Tegal

Museum Sangiran menyediakan fasilitas lain bagi para pengunjung lho, seperti perpustakaan, kawasan parkir yang besar, ruang audio visual, mess peneliti dan gardu pandang. Gardu pandang ini cukup terkenal karena kalau kita naik kesitu, kita bisa melihat pemandangan kawasan Sangiran dari ketinggian. Di sekitaran museum pun ada Wisma Sangiran yang menawarkan paket nginap sesuai kebutuhan, terutama bagi para peneliti. Tiket masuk untuk turis domestik cukup Rp. 3.000 dan turis asing Rp. 7.500. jam operasionalnya Selasa-Minggu 09.00 sampai 16.30 wib.

3. Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran

Satu lagi tempat wisata edukasi sejarah lainnya yang bagus banget, namanya Pura Mangkunegaran. Pura ini didirikan 1757 yang merupakan tempat tinggal dari Sri Paduka Mangkunegara. Tempat wisata budaya ini menyimpan koleksi barang antik peninggalan pura, ada gamelan, wayang, kereta dan benda-benda berharga lainnya. Pura ini memiliki gaya arsitektur Jawa-Eropa dan fasilitas-fasilitas lainnya. Salah satu paket yang disukai turis asing adalah Mangkunegara Royal Dinner. Gak buat turis asing aja kok, kalian yang turis domestik juga bisa merasakannya.

Mangkunegara Royal Dinner merupakan paket wisata yang menjadikan turis sebagai tamu sehari, dijamu makanan khas Pura Mangkunegaran, berfoto dengan Raja Mangkunegara dan diberikan cinderamata. Untuk info harga dan pemesanan silakan hubungi divisi marketingnya, ya. Soal tiket masuk, turis domestik dikenakan biaya Rp. 10.000/orang dan turis asing Rp. 20.000/orang. Jam operasionalnya Senin-Jumat pukul 08.30-14.00 dan Minggu 08.30-13.00

4. Grojogan Sewu, Tawangmangu

Grojogan Sewu

Di sekitaran Solo, ada sebuah air terjun yang bisa dibilang sangat indah. Namanya Grojogan Sewu, lokasinya di Jl. Raya Tawangmangu, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Dari pusat kota Solo, waktu tempuhnya kira-kira 1,5 jam menggunakan mobil. Grojogan Sewu yang ditengah hutan lebat akan membuat pikiran kita tenang sesaat dari hiruk pikuknya kota Solo. Hijau pepohonan dan dingin air sungai akan menjadi pengalaman tidak terlupakan selama kamu jalan-jalan ke Solo.

Selain air terjun, pengelola Grojogan Sewu juga menyediakan fasilitas seperti gazebo disepanjang jalan setapak menuju air terjun, mini rafting dan flying fox. Lalu, ada juga warung-warung makan kalau kalian sudah mulai lapar karena main air serta penginapan di dekat sana. Harga tiket masuknya cuma Rp. 12.000/orang.

5. Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog bagaikan surga kecil tersembunyi yang keindahannya dua kali lipat dibandingkan Grojogan Sewu. Ditengah hutan dengan hamparan pepohonn, tanaman pakis dan suasana sepi yang tenang, membuat air terjun ini ‘tersembunyi.’ Kadang, terlihat lengkungan pelangi di depan air terjun karena bias matahari. Di depan air terjunnya, terdapat undakan kecil dengan jembatan kayu di sampingnya, spot foto paling favorit bagi para pengunjung.

Klik lihat: Tempat wisata di Jepara

Air terjun Jumog ini bisa jadi tempat berenang, setelah berenang kalian bisa menikmati jajanan di warung-warung makan yang tersedia. Andalannya adalah sate kelinci. Tiket masuknya pun cukup Rp. 3.000 saja, exclude parkir. Parkir motor Rp. 2.000 dan mobil Rp. 4.000. Waktu tempuh ke Air Terjun Jumog tidak sejauh Grojogan Sewu, aksesnya pun mudah. Akses terdekat dari kota Solo adalah naik bus ke terminal Ngargoyoso, kemudian naik ojek saja sampai di lokasi wisata air terjun. Kalau pakai kendaraan pribadi bisa lebih cepat, waktu tempuhnya sekitar setengah jam.

6. Waduk Cengklik

Waduk Cengklik

Destinasi selanjutnya adalah Waduk Cengklik yang terletak di Desa Cengklik, kecamatan Ngemplak, Boyolali. Lokasinya tak terlalu jauh dari Bandara Adi Sumarmo, hanya 1,5 km. Kalian yang lagi jalan-jalan ke Solo, harus menyempatkan diri datang ke sini karena waduk ini sangat indah didatangi apalagi saat sore hari. Kalau cuaca cerah, langit akan berwarna merah kekuningan, lembayung menghiasi pemandangan yang mengarah pada Gunung Merapi dan Merbabu di kejauhan. Selain itu, waduk ini menjadi tempat hunting yang kece juga lho buat para fotografer.

7. Ngarsopuro Night Market Solo

Ngarsopuro Night Market Solo

Gak afdol kalau datang ke Solo tapi gak mampir berjalan-jalan di Ngarsopuro Night Marketnya. Lokasinya berada di Jl. Diponegoro, Banjarsari, Surakarta. Disini ada banyak pilihan untuk wisata kuliner dan belanja bermacam barang, paling asyik kalau kesini pas malam minggu sore atau malam karena suasananya ramai, mirip pasar kaget. Suka ada live musicnya juga lho, gengs.

Klik lihat: Tempat wisata di Klaten

Asik banget kan? Tapi ingat, market ini hanya buka di hari Sabtu Minggu dan dari jam 18.00 saai 22.00 saja, jadi jangan telat datengnya ya!

8. Pusat Grosir Solo

Pusat Grosir Solo

Kalau di Jakarta, pusat grosir terbesar yang terkenal ada di Tanah Abang. Kalau di Solo, ada di daerah Gladag. Kalau kalian mau belanja oleh-oleh dengan harga murah dan barangnya tetap berkualitas, ya disini tempatnya. Selain pedagang-pedagang yang beli barang grosiran untuk tokonya, kalian juga bisa beli yang eceran. Banyak barang dijual terutama sandang, yaitu batik. Walaupun terkesan ramai seperti pasar, pusat grosir ini dilengkapi beberapa fasilitas untuk menunjang kenyamanan dan keamanan pengunjung. Area parkir motor dan mobil yang besar, toilet bersih di tiap lantai, security 24 jam, CCTV, lift, dan customer service.

9. The Park Solo

The Park Solo

Nah, ini nih favoritnya anak muda. Kalau pusat grosir lebih disukai ibu-ibu untuk berbelanja, mall identik dengan anak muda. Ada beberapa mall besar di Solo, salah satunya adalah The Park Solo yang besar, megah dan lengkap. Lokasinya ada di Jl Ir. Soekarno, Madegondo, Grogol, Kabupaten Sukoharjo. Isinya sudah lengkap dengan berbagai outlet, restoran, food court, arena bermain anak dan bioskop.

10. Solo Paragon Mall

Solo Paragon Mall

Salah satu mall besar lainnya yang diminati masyarakat adalah Solo Paragon Mall. Lokasinya berada di Jl. Yosodipuro no 133, tepat di pusat kota. Lebih lama berdiri dibandingkan The Park, tapi isinya sama-sama lengkap. Banyak restoran lokal maupun yang menyediakan masakan luar, banyak pula outlet, tempat berbelanja kebutuhan sehari-hari seperti Carrefour dan bioskop. Pokoknya sih, kalau datang ke Solo, sempatkan mampir dan cuci mata kesini, ya.

Nah, itu dia pilihan destinasi wisata di Solo terbaik yang bisa anda jadikan tujuan berlibur. Banyak ya pilihannya?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *