Tempat Wisata di Pekalongan

  • Whatsapp
Tempat Wisata di Pekalongan

Seringkali kita dibuat bingung ketika akan merencanakan pergi kemana saat liburan tiba. Padahal kota di Indonesia, terutama di pulau Jawa ada banyak banget destinasi wisata yang. Gak cuma Bandung, Semarang, Malang dan Yogjakarta aja yang bisa kalian jelajah. Di Jawa Tengah, ada salah satu kota yang memiliki banyak destinasi wisata keren dan menarik. Yaitu kota Pekalongan.

Pekalongan merupakan wilayah administratif yang super strategis karena letaknya di Utara pulau Jawa. Dilintasi jalanan Pantura yang merupakan jalanan sibuk lintas kabupaten dan kota.

Kalian gak perlu bingung mikir ada wisata apa aja di sana. Pekalongan memiliki objek wisata yang lengkap, mulai dari wisata pantai, wisata sejarah, wisata religi, wisata batik dan lain sebagainya.

Tempat Wisata di Pekalongan yang Lagi Hits

1. Pantai Pasir Kencana

Pantai Pasir Kencana

Pekalongan punya banyak pantai yang masih bersih, lho. Pantai Pasir Kencana ini cukup populer bagi masyarakat karena pantainya luas dan pasirnya putih bersih, enak untuk menjadi tempat bermain. Biasanya pantai ramai dikunjungi saat sore hari, karena pemandangan sunset akan terlihat jelas disana. Selain itu, pengelola juga menyediakan fasilitas lainnya seperti; arena bermain anak, bangku untuk bersantai, rumah makan, becak air, musholla, kamar mandi bilas dan toilet.

HTM untuk hari biasa sebesar Rp. 2.000 dan untuk hari minggu atau hari libur sebesar Rp. 5.000. Wah, murah banget! Jam operasional dari pukul 06.00 wib sampai 21.00 wib. Pantai ini bisa dijangkau dengan mudah dari pusat kota Pekalongan, jaraknya hanya 4,5 km. Alamatnya Jl Pantai, Wonokerto, Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah 51153.

2. Pantai Krematorium

Pantai Krematorium

Ada lagi pantai yang terletak di kota batik ini, namanya Pantai Krematorium. Pantai ini tidak sepopuler Pasir Kencana karena bukan merupakan objek wisata resmi, namun keindahannya terbilang patut untuk dikunjungi. Bibir pantainya memiliki pemandangan yang indah dan pasirnya bersih, dibangun beberapa ayunan kayu untuk spot berfoto wisatawan. Pantai ini dinamai ‘krematorium’ sebab di dasar pantai adalah area Krematorium, yakni gedung untuk pengabuan mayat. Jika siang hari, cukup ramai pengunjung yang datang.

Lokasinya ada di Kandang Panjang, Pekalongan Utara, Pekalongan, Jawa Tengah. HTM hanya sebesar Rp. 3.000 pada hari biasa dan Rp. 5.000 pada weekend.

3. Pantai Slamaran

Pantai Slamaran

Pekalongan memang memiliki banyak pantai karena letaknya di pesisir Utara pulau Jawa. Pantai Slamaran ini terletak di Krapyak Lor, Pekalongan Utara, Pekalongan, Jawa Tengah. Pantai ini sangat cantik karena tepiannya tumbuh sederetan pohon pinus dan bebatuan. Namun, disarankan untuk menikmati angin dan suasananya saja karena tidak boleh berenang di pantai ini, ombaknya selalu besar dan berbahaya.

Klik lihat: Tempat wisata di Purwokerto

Keunikan Pantai Slamaran ini juga ada pada legendanya. Konon katanya, pantai ini merupakan gerbang masuk menuju istana ratu pantai utara, Dewi Lanjar. Meski memiliki legenda yang cukup seram dan mistis, pantai ini sebenarnya memiliki pengelolaan yang baik. Disediakan fasilitas lahan parkir yang luas, kios-kios makanan kecil yang menjual seafood dan kelapa muda serta perahu sewa. Pantai Slamaran ini benar-benar bersih dan sejuk karena banyak pepohonan.

HTM sama seperti pantai lainnnya, hari biasa hanya Rp. 3.000 dan saat weekend Rp.5.000. Gimana, guys? Terjangkau banget kan, apalagi buat pengunjung dari luar kota Pekalongan.

4. Pantai Wonokerto

Pantai Wonokerto

Pantai Wonokerto memiliki luas yang cukup besar dan banyak tempat bernaung karena ada pohon-pohon cemara di sekitarnya. Pantai ini juga cukup diminati setelah Pantai Pasir Kencana karena keasriannya yang masih terjaga. Penataannya pun diperhatikan oleh pengelola demi kenyamanan pengunjung, terutama aksesnya. Jalan menuju pantai sudah diaspal dan ditinggikan supaya tidak diterjang ombak.

Tiket masuknya murah, hanya Rp. 3.000 dan bisa naik sedikit saat hari libur panjang atau libur nasional. Lokasi Pantai Wonokerto berada di Wonokerto, Ngasem, Wonokerto Kulon, Wonokerto, Pekalongan, Jawa Tengah 51153. Tidak terlalu jauh kalau ditempuh dari Jalan Raya Pantura.

5. Museum Batik Pekalongan

Museum Batik Pekalongan

Terkenal akan batiknya, jangan lewatkan untuk berkunjung ke museum batik ini. Terdapat banyak koleksi batik dari seluruh Indonesia, koleksinya lengkap dan beragam mulai dari yang tradisional hingga kontemporer. Dari luar bangunan museum memang terlihat kuno, tapi jangan salah ya, dalamnya sangat bersih dan modern.

Kalian juga bisa belajar membatik di tempat workshop yang disediakan disana untuk kemudian hasilnya dibawa pulang. Fasilitas di museum ini memiliki tiga ruang pameran, ruangan workshop, perpustakaan, ruang audio visual, ruang data, ruang simpan dan konservasi, kedai makan, wifi, tempat penitipan barang, parkir luas dan toilet bersih.

Klik lihat: Tempat wisata di Salatiga

HTMnya hanya sebesar Rp. 5.000 untuk orang dewasa dan Rp. 1.000 untuk anak-anak. Museum buka setiap hari dari pukul 07.00 wib sampai 15.00 wib, hanya libur di hari libur nasional, hari kemerdekaan, lebaran, idul adha dan tahun baru.

6. Kampung Batik Kauman

Kampung Batik Kauman

Selain museum, banyak desa-desa dan area perumahan di Pekalongan yang unik karena batik. Kampung Batik Kauman menjadi destinasi wisata yag menarik, terutama buat kalian yang hobi fotografi karena banyak objek yang memanjakan mata disana. Kampung Batik Kauman gampang ditempuh dari pusat kota Pekalongan, karena letaknya sangat strategis. Sengaja dipilih supaya jadi destinasi yang menjajikan.

Kalau kalian main kesana, di depan rumah-rumah warga banyak dipasang spanduk dan banner yang memerkan hasil karya warga yang dijual seperti kemeja batik, blus batik dan lainnya. Keberadaan Kampung Batik Kauman terletak dekat dengan pusat niaga dan keramaian kota, jadi gak akan susah kalau mau mencari bank, ATM, minimarket, rumah makan, atau tempat ibadah. Di kelurahan Kauman juga ada alun-alun dengan pusat kuliner khas Pekalongan.

7. Kampung Canting Landungsari

Kampung Canting Landungsari

Setelah ke kampung batik, coba deh, main juga ke kampung canting. Canting dan batik memang sepaket, jadi disini juga ada kampung wisatanya. Kelurahan Landungsari adalah tempat bermukim para pengrajin canting (alat untuk membantik tradisional) yang handal. Terletak di Pekalongan Timur dekat Pasar Grogolan membuat kampung ini cukup strategis. Kalian bisa membeli souvenir canting, melihat cara pembuatannya atau membeli oleh-oleh berupa batik tulis dari kampung ini.

8. Makam Ki Ageng Rogoselo

Makam Ki Ageng Rogoselo

Kalau mau merasakan wisata yang beda, cobalah untuk berziarah ke makam Syekh Agung Ageng Rogoselo. Beliau adalah salah satu tokoh yang berpengaruh dalam sejarah Demak di masa lalu. Di area makam ini, terdapat situs bersejarah. Situs ”Baron Sceber” berupa batu lumpang, dua buah patung dwarapala, lingga-yoni, umpak-umpak dan menhir. Nama situs ”Baron Sceber” diambil dari legenda yang berkembang di masyarakat yang mengatakan patung ini merupakan penjelmaan dari seorang prajurit Belanda yang bernama Baron Van Sceber dan istrinya yang dikutuk Ki Ageng Atas Angin akibat kalah perang.

9. Watu Bahan Doro

Watu Bahan Doro

Wisata ini menyajikan pemandangan dinding batu alam yang tersusun dan seperti ditumpuk rapi dan sejajar menjulang tinggi. Entah kenapa susunan batunya seperti itu, tapi terlihat unik banget. Batu-batu yang susunannya berpola ini menjadi daya tarik untuk sekedar dilihat pengunjung dan jadi objek foto.

Klik lihat: Tempat wisata di Solo

Area wisata sejuk karena banyak pohon dan dikelilingi hutan. Setelah puas melihat-lihat susunan batu yang fenomenal itu, kalian bisa berkeliling dan menyambangi pohon selfie dengan jembatannya. Dari ketinggian, kalian bisa melihat panorama alam.

Untuk mencapai tempat wisata ini cukup mudah, kalau memakai transportasi umum dari Kota Pekalongan cukup naik bus jurusan pasar Doro, lalu dilanjut naik ojek ke desa Lemahabang. Biaya masuknya hanya Rp. 5.000 dan parkir Rp. 2.000.

10. Linggo Asri

Linggo Asri

Wisata alam yang satu ini sudah sangat terkenal di Pekalongan. Linggo Asri menyuguhkan keindahan alam pegunungan dan suasana yang segar dan sejuk. Selain wisata alamnya, ada fasilitas pelengkap hiburan seperti arung jeram, flying fox dan tracking. Lokasinya ditempuh sejauh 15 km dari pusat kota Pekalongan, tepatnya di kabupaten Kajen, Pekalongan, Jawa Tengah.

HTM untuk dewasa Rp. 5.000 dan anak-anak Rp. 3.000 di hari biasa. Hari libur naik untuk dewasa jadi Rp. 11.000 dan anak-anak Rp. 5.000. Cukup terjangkau, kan?

Iitulah 10 Tempat Wisata di Pekalongan terbaik yang kami referensikan untuk anda sebagai tujuan berlibur. Keren-keren bukan?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *