Tempat Wisata di Salatiga

  • Whatsapp
Tempat Wisata di Salatiga

Salatiga merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang terletak di lereng Timur Gunung Merbabu. Kota ini berdekatan dengan Semarang, namun hawanya lebih sejuk karena berada di lereng gunung. Walau kurang dilirik oleh para wisatawan, tetapi sebenarnya, kota S alatiga ini juga menyimpan tempat-tempat wisata yang menarik dan berpotensi.

Jadi kalian seharusnya gak perlu bingung mau main kemana kalau sudah sampai disini. Jika bosan dengan Semarang, mampirlah ke Salatiga dan coba berkunjung ke beberapa tempat wisata yang sarat akan unsur sejarah dan alamnya.

Tertarik? Nah, berikut 10 tempat wisata di Salatiga terbaik yang bisa anda kunjungi salah satunya.

Tempat Wisata di Salatiga yang Baru

1. Kopeng Treetop Adventure Park

Kopeng Treetop Adventure Park

Salah satu destinasi wisata yang terbaik dan terkenal di Salatiga adalah Kopeng Treetop Adventure Park. Tau gak? Kopeng Treetop ini bagian dari Treetop Adventure Park yang punya jaringan lebih dari 350 dan tersebar di seluruh dunia. Tempat ini merupakan spot wisata outbond khusus untuk anak-anak dan orang dewasa. Tempat ini biasanya dikunjungi oleh rombongan anak sekolahan, orang kantoran dan keluarga besar. Terdapat setidaknya delapan sirkuit dan arena outbond dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda, guys.

Kopeng Treetop ini dikelilingi hutan pinus yang sejuk dengan banyaknya tumbuh-tumbuhan, membuat suasana sangat asri dan segar. Selain menyediakan arena outbond dan camping ground, terdapat juga fasilitas lainnya seperti sky resto treetop dan penginapan. Banyak sekal spot foto yang bisa kalian pakai untuk berselfie atau fotografi, terutama di area resto dan jembatan-jembatan kayu.

Klik lihat: Tempat wisata di Solo

Tiket masuknya hanya Rp. 10.000 tapi kalau mau outbond atau menginap di dalam tenda, kalian harus bayar tarifnya sendiri. Untuk outbond, anak-anak biayanya Rp.125.000 dan dewasa Rp. 180.000. Untuk mencoba zip coaster, anak-anak Rp. 100.000 dan dewasa Rp.120.000 serta caving masing-masing dikenakan tarif sebesar Rp. 50.000. Untuk mendirikan tenda dan menginap, ada tarif tersendiri yaitu 1,5jt/tenda/malam dan sudah dilengkapi fasilitas parkir gratis, BBQ, toilet dengan air panas, api unggun dan voucher 50%.

Lokasi Kopeng Treetop ini berada di Jl. Raya Kopeng, Batur, Getasan, Semarang, Jawa Tengah.

2. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti merupakan tempat wisata yang lengkap dan cukup mewah karena menyajikan tempat yang super bagus. Selain tempat ngopi, pondok wisata dan villa, yang paling hits adalah kolam renang besar yang ada di atas bukit. Kolam renangnya ada empat dan semuanya dirawat sehingga airnya bersih. Tidak hanya kolam air, kalian bisa berenang atau bersantai sambil menikmati pemandangan pegunungan dari ketinggian, cocok banget buat melepas penat. Terdapat juga fasilitas bermain, outbond, flying fox, dan penyewaan kuda.

Harga tiketnya di hari biasa Rp. 5.000 dan di hari libur Rp. 10.000. Itu hanya harga tiket masuk, kalau mau menikmati fasilitas lainnya kalian harus bayar lebih, guys. Tapi tenang, harganya rata-rata kok gak terlalu mahal.

  • Flying fox: Rp. 12.000/orang
  • Marine Bridge: Rp. 7.000/orang
  • Rapelling: Rp. 6.000/orang
  • Sewa kuda: Rp. 50.000/30 menit dan Rp. 100.000/1 jam.

Cukup terjangkau kan? Gimana? Coba deh daripada penasaran.

3. Mata Air Senjoyo

Mata Air Senjoyo

Selain kolam renang di Umbul Sidomukti, ada Mata Air Senjoyo yang terletak di Jl. Senjoyo IV, Tingkir, Jawa Tengah. Mata air ini juga dipakai sebagai irigasi sungai dan persawahan, selalu ramai di pagi dan sore hari. Airnya jernih dan dingin karena air pegunungan asli dari Gunung Merbabu. Pengunjung asing yang datang bisa mandi dan merasakan kesejukan mata air ini secara langsung. Mata air ini juga dikenal karena berhubungan dengan mitos Jaka Tingkir. HTMnya hanya sebesar Rp. 5.000 dan bisa ganti sewaktu-waktu.

4. Arrowhead Park Salatiga

Arrowhead Park Salatiga

Tempat wisata yang unik ini berada di tengah-tengah desa Tegal Waton. Lokasi persisnya ada di Jl. Soekarno Hatta, dekat Atlantic Dreamland. Kalau kalian kesini, akan disambut dengan pemandangan gunung dan pedesaan yang masih asri, sejuk dan alami. Destinasi ini khusus menawarkan wisata berkuda. Kalau kalian suka atau ingin mencoba berkuda, disinilah tempat terbaik se-Salatiga karena disini disediakan banyak kuda terlatih yang kondisinya prima.

Klik lihat: Tempat wisata di Tegal

Arrowhead Park juga memfasilitasi pengunjung dengan area parkir yang luas, musholla, toilet bersih serta penginapan. HTM yang harus dibayar sebesar Rp. 5.000 namun belum termasuk tarif untuk naik kudanya ya, guys.

5. Wisata Hutan Pinus Kayon

Wisata Hutan Pinus Kayon

Bukan Cuma Bogor dan Jogja yang bisa pamer akan keindahan hutan pinusnya, Salatiga juga punya kok. Hutan Pinus Kayon, salah satu destinasi yang paling oke untuk dikunjungi di Salatiga. Suasana yang hijau dan teduh akan bikin perasaan kalian jadi rileks, sambil menikmati hijaunya alam dan sejuknya udara. Kalau mau kesini, asiknya bawa keluarga atau teman-teman dan berpiknik di tengah pohon-pohon pinus.

Kalau kalian millenial kids, di hutan pinus ini banyak spot foto yang instagramable. Yang paling hits sih, anak muda pada berubat foto di sebuah pohon pinus bengkok yang bentuknya mirip huruf ‘U’. Batang kayu itu bisa dipanjat dan diduduki, cocok buat yang rela capek-capek berfoto untuk kemudian di upload. Pokoknya, Hutan Pinus Kayon ini terkenal banget karena keindahan panorama hutan dan alamnya. Letaknya pun gak jauh dari pusat kota, hanya 6 km dari kota Salatiga.

6. Pohon Pengantin

Pohon Pengantin

Satu lagi tempat yang cocok buat kalangan muda-mudi. Pohon Pengantin ini cukup terkenal dan sudah jadi ikon tersendri bagi kota Salatiga. Letak pohonnya yang mencolok karena berada di tengah-tengah persawahan, menjadikannya banyak dikunjungi. Biasanya hanya untuk jadi spot foto. Kalau kalian hobi fotografi, tempat ini bisa dijadikan referensi, lho. Bentuk Pohon Pengantin memiliki daya tariknya sendiri. Bentuknya melengkung, seperti kursi untuk sepasang kekasih duduk dan menikmati suasana yang tenang.

Klik lihat: Tempat wisata di Jepara

Tempat itu akan terlihat indah ketika senja turun dan matahari sore menciptakan warna cokelat keemasan pada dahan dan batang kayunya. Lokasi Pohon Pengantin yang unik ini berada di Pulutan, Sidorejo, Salatiga.

7. Bukit Cinta

Bukit Cinta

Salah satu destinasi yang wajib dikunjungi di Salatiga itu tak lain tak bukan adalah Bukit Cinta. Baru masuk aja, kalian bisa melihat patung kepala dan ekor ular besar yang seakan melingkari bukit tersebut. Simbol itu berkaitan dengan legenda dari Rawa Pening, tempat wisata lain yang berdekatan dengan Bukit Cinta. Pemandangan alam yang eksotis dan spot-spot foto cantik yang instagramable menjadi daya tarik tersendiri disini.

Lokasi bukit ini di Kebondowo, Banyubiru sudah masuk daerah Semarang, guys. HTMnya sangat terjangkau, hari biasa cuma Rp. 6.000 dan hari libur nasional serta weekend kena Rp. 7.500

8. Rawa Pening

Rawa Pening

Berdekaran dengan Bukit Cinta, Rawa Pening juga jadi satu tempat wisata di Salatiga yang cukup menarik dan oke. Rawa ini merupakan waduk yang banyak ditumbuhi eceng gondok. Di kejauhan, akan terlihat pemandangan pegunungan dan cakrawala. Sore hari adalah saat paling tepat untuk datang kesini dan menikmati suasana tenang yang hangat. Bisa keliling waduk lho karena ada penyewaan perahu. Tiket masuk ke Raw Pening hanya Rp. 2.500 dan jam operasionalnya mulai pukul 08.30 wib sampai 21.00 wib.

9. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu

Ke Salatiga, tapi gak nyobain mendaki gunung Merbabu. Bisa rugi banget! Gunung Merbabu merupakan destinasi terbaik bagi para pecinta alam dan orang-orang yang hobi hiking. Gunung Merbabu tingginya 3.142 mdpl, dengan rute pendakian yang lumayan berat tapi tidak esktrem. Bagi kalian para pendaki pemula, bisa juga kok nyoba hiking di gunung ini. pemandangan sepanjang pendakian dan di puncak gunung adalah hal terindah yang akan membayar semua kelelahan kalian.

Untuk masuk ke jalur pendakian, kalian bisa bayar tiket Rp. 10.000 dan ada 6 jalur pendakian untuk menuju ke puncak Merbabu. Disarankan untuk para pemula, agar melewati jalur via Selo Boyolali karena itu trek yang paling mudah. Jika kalian berminat untuk mendaki gunung Merbabu, bisa kunjungi link ini karena ada panduan lengkap serta rute-rute untuk para pendaki pemula.

10. Prasasti Plumpungan

Prasasti Plumpungan

Terakhir, ada tempat wisata bersejarah yaitu situs prasasti Plumpungan. Prasasti bertuliskan huruf-huruf Sansekerta ini menceritakan asal mula berdirinya kota Salatiga. Situs bersejarah ini memiliki area seluas 2.800 m persegi dan dilengkapi fasilitas umum untuk kenyamanan para pengunjung. Ada toilet umum, parkiran dan tempat duduk. Untuk masuk kesini, pengunjung harus membayar tarif sebesar Rp. 5.000 hingga Rp. 10.000 untuk perawatan situs bersejarah ini. Jangan Cuma main-main aja guys, kalian juga bisa belajar dan mengenal sejarah dengan datang kesini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *