makanan khas padang
Kuliner

Makanan Khas Padang

Salah satu wilayah di indonesia yang begitu terkenal akan kelezatan kulinernya adalah kota padang. Anda tentu sangat mengetahui sekali jika makanan padang begitu tersohor hingga kepenjuru indonesia. Warung makanan yang menjual makanan padang sudah sangat banyak dan bahkan hampir di setiap kota pasti ada. Hal ini membuktikan jika makanan khas padang begitu luar biasa dicintai oleh masyarakat indonesia karena citarasanya yang begitu mikmati. Jika anda pecinta makanan padang tentunya akan sangat mengenalinya.

10 Makanan Khas Padang Yang Terkenal Sangat Enak

1. Rendang

rendang

Makanan pertama yang menjadi salah satu dari 10 makanan khas padang yang terkenal begitu enak adalah rendang. Makanan ini begitu lezat dan juga terkenal bahkan bukan hanya oleh masyarakat indonesia saja melainkan juga oleh masyarakat dunia. Bagaimana tidak, rendang menjadi salah satu makanan terenak di dunia versi cnn. Makanan ini terbuat dari daging sapi yang dibuat dengan rempah yang lengkap dan juga kental sehingga citarasanya sangat menggoyang lidah siapa saja yang mencicipinya. Proses memasak rendang yang sangat lama menjadikan rendang memiliki tekstur yang lembut dan juga bumbu yang begitu meresap.

2. Dendeng

Dendeng

Makanan berikutnya yang juga menjadi salah satu makanan terkenal sangat enak adalah dendeng. Makanan ini terbuat dari daging sapi namun teksturnya lebih kering. Rendang memiliki tekstur yang empuk dan lembut sedangkan dendeng lebih keras karena cara masaknya berbeda. Dendeng dibuat dengan menjemur daging sapi hingga kering beserta dengan bumbunya dan barulah kemudian di goreng. Dendeng biasanya dibuat karena untuk mengawetkan daging supaya bisa dinikmati di hari berikutnya.

3. Nasi Lemak

Nasi Lemak

Makanan yang juga tidak boleh anda lewatkan ketika anda ingin mencoba makanan padang adalah nasi lemak. Makanan ini dibuat dengan cara tradisional dan biasanya akan disajikan pada acara khusus. Nasi lemak merupakan nasi yang dimasak dengan menggunakan kunyit dan dimasak sedemikian rupa kemudian di sajikan dengan alas daun pisang. Jika anda berkunjung ke rumah di masyarakat padang biasanya akan diberi sajian makanan nasi lemak ini.

4. Soto Padang

Soto Padang

Makanan yang juga masuk ke 10 makanan khas padang yang terkenal sangat enak adalah soto padang. Disetiap daerah memang biasanya memiliki sotonya masing-masing begitu juga dengan padang. Soto dari padang memiliki beberapa perbedaan dengan soto dari kota lainnya yakni pada perkedel kentang istimewa yang disajikan di setiap porsinya. Kuah dari soto padang juga lebih bening sehingga akan sangat terlihat potongan daging sapi, bihun, dan juga perkedel yang dipotong. Soto padang akan semakin lengkap dengan adanya dendeng sebagai topingnya.

5. Sate Padang

Sate Padang

Berkunjung ke kota padang perlu sekali untuk mencicipi satenya. Sate padang merupakan kuliner yang juga banyak diincar oleh para wisatawan karena memiliki rasa yang khas. Makanan ini berbeda dengan sate pada umumnya karena bumbu yang digunakan sebagai siraman bukanlah bumbu kacang melainkan bumbu kuning dengan rempah yang khas. Bumbu kuning tersebut sangat kental dan cenderung lebih pedas. Anda bisa menikmati sate ini dengan nasi hangat atau dengan lontong. Anda bisa memilih sendiri menu pendamping untuk sate ini.

6. Gulai Gajebo

Gulai Gajebo

Makanan selanjutnya yang juga masuk ke 10 makanan khas kota padang yang terkenal sangat enak adalah gulai gajebo. Gulai ini memang sangat istimewa karena terbuat dari bahan dasar daging sapi yang dimasak dengan bumbu khusus sehingga bumbu akan dapat meresap ke dalam daging dengan sempurna.

Klik lihat: Makanan khas Palembang

Daging yang biasa digunakan untuk memasak makanan ini adalah dari bagian punuk sapi sehingga kadar lemaknya sangat tinggi. Bagi anda yang memiliki keluhan penyakit kolesterol tinggi sebaiknya jangan nekat untuk mencobanya. Makanan ini memang sangat lezat namun memiliki kandungan lemak jenuh yang berbahaya untuk para penderita kolesterol. Anda perlu mengkonsumsi makanan penurun kolesterol setelah mengkonsumsi makanan ini.

7. Kacimuih

Kacimuih

Kacimuih merupakan cemilan yang sangat cocok dinikmati ketika ngobrol atau minum teh. Makanan ini termasuk cemilan khas dari padang yang ringan namun cukup mengenyangkan jika banyak dimakan. Bahan yang digunakan untuk membuat kacimuih adalah dari singkong yang diparut lalu dikukus. Kemudian di beri parutan kelapa serta gula pasir. Makanan ini sangat mirip sekali dengan makanan khas kulon progo yakni growol.

Klik lihat: Makanan khas Papua

Anda mungkin akan dapat merasakan rasa dari kecimuih ini jika menemukan growol. Kacimuih bisa menjadi teman yang asyik untuk minum kopi atau teh di depan teras atau dikala anda santai dipenginapan.

8. Lompong Sagu

Lompong Sagu

Makanan yang sering di sebut dengan lompong sagu ini sebenarnya berasal dari aceh. Namun masyarakat padang sangat menyukainya sehingga banyak dari masyarakat padang yang membuat makanan ini. Lompong sagu terbuat dari perpaduan sagu, pisang dan parutan kelapa yang dibungkus dengan daun pisang lalu kemudian di bakar. Aroma dari makanan ini sangatlah khas dan juga gurih sehingga anda akan sangat menyukainya. Karena rasanya yang nikmat, jajanan ini masuk sebagai salah satu dari 10 makanan khas dari padang yang dikenal sebagai makanan enak.

9. Sate Lokan

Sate Lokan

Jika anda berkunjung ke padang sebaiknya jangan melewatkan makanan yang sering disebut dengan sate lokan. Makanan ini terbuat dari bahan lokan atau berupa keranglaut. Cara untuk memasak sate lokan tidak jauh berbeda dengan sate pada umumnya yakni dengan dibakar diatas tungku kayu yang menyala bara apinya. Setelah matang, sate lokan akan disajikan dengan bumbu gulai yang kental dan nikmat. Setelah diberi siraman bumbu gulai kental tersebut, diatas sate diberi taburan wang goreng. Supaya semakin mengenyangkan, sate ini biasanya dinikmati dengan nasi atau lontong.

10. Asam Padeh Daging

Asam Padeh Daging

Makanan lain yang juga menjadi salah satu dari 10 masakan khas padang yang terkenal sangat enak adalah asam padeh daging. Menu masakan khas padang ini terbuat dari bahan dasar daging sapi. Kebanyakan makanan padang memang dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu yang lengkap. Makanan yang disebut asam padeh daging ini memiliki rasa gurih dan asam yang sangat lezat karena dibuat dengan tambahan bumbu asam kandis. Anda bisa menikmati menu ini bersama dengan nasi hangat.

Lihat juga: Makanan khas Pekanbaru

Setelah anda mengetahui 10 makanan khas padang yang terkenal sangat enak selanjutnya bisa mencoba untuk mencari tahu rasanya secara langsung. Bagi yang berada di padang tentu saja akan semakin mudah untuk menemukan menu makanan tersebut. Namun jika anda belum sempat kesana, cobalah untuk datang ke rumah makan padang karena biasanya disana ada beberapa makanan khas yang disediakan meskipun tidak menjual 10 menu tersebut sekaligus.

Makanan dari kota padang memang sangat terkenal kenikmatannya. Anda akan merasa sangat beruntung bisa menikmati menu-menu tersebut apalagi menikmati rendang yang menjadi icon dari kota padang.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *