Makanan Khas Palembang
Kuliner

Makanan Khas Palembang

Palembang adalah salah satu kota terbesar di sumatera setelah kota medan. Jika anda berkunjung ke palembang tentunya ingin mencoba untuk mencicipi makanan khas disana. Mungkin bagi sebagian orang hanya mengenal pempek sebagai makanan khas kota tersebut padahal ada banyak lagi makanan yang sangat istimewa untuk anda coba. Di sini kita akan membahas mengenai 10 makanan khas palembang yang enak selain pempek yang perlu untuk anda coba nikmati. Ketika anda berkunjung ke kota tersebut sebaiknya jangan sampai melewatkan makanan khasnya.

Makanan khas palembang biasanya dijual di pasar, restoran, warung makan atau tempat-tempat yang memungkinkan. Anda bisa mendapatkan dengan mudah makanan khas tersebut ketika berada di pusat kota. Berikut ini adalah beberapa makanan khas yang memiliki cita rasa begitu istimewa dan juga disertai dengan info mengenai lokasinya. Dengan begitu anda akan semakin mudah untuk menemukan makanan khas tanpa perlu banyak bertanya.

10 Daftar Makanan Khas Palembang yang Enak

1. Tekwan

Tekwan

Makanan pertama yang masuk sebagai salah satu makanan terbaik yang bisa anda temukan di palembang adalah bakso atau tekwan. Jika masyarakat umum di luar daerah mungkin mengenal makanan ini sebagai bakso namun di palembang banyak dari masyarakatnya lebih sering menyebut makanan ini dengan sebutan tekwan. Jika dilihat dari susunan makanannya memang sangat mirip dengan bakso namun tentunya akan ada beberapa perbedaan.

Klik lihat: Makanan khas Papua

Tekwan terbuat dari bakso ikan dan disajikan dengan mi putih serta kuah bening. Kuah dari tekwan begitu unik karena terbuat dari sari kelapa yang diberi udang dan juga ditambahkan daun bawang. Cita rasa dari salah satu makanan palembang ini begitu khas sehingga anda akan sangat menyukainya. Untuk mendapatkan makanan ini anda bisa datang ke jl. Tugumulyo no.2398, 20 ilir d ii, ilir timur i, palembang, sumatera selatan, jam buka: setiap hari, 08.00 hingga 18.00, harga: mulai dari 18,000 idr per porsi.

2. Laksan

Laksan

Makanan berikutnya yang masuk salah satu dari 10 makanan khas palembang yang wajib anda coba adalah laksan. Makanan ini begitu terkenal di kota palembang. Makanan ini sebenarnya termasuk sejenis pempek atau bisa juga dikatakan sebagai pempek lenjer namun banyak masyarakat disana lebih senang menyebutnya laksan.

Klik lihat: Makanan khas Pekanbaru

Makanan ini mirip sekali dengan makanan lontong sayur. Jika anda berkunjung ke palembang maka coba nikmati makanan yang satu ini karena akan sangat nikmat jika dimakan pada waktu pagi hari sebagai menu sarapan. Anda bisa menemukan makanan ini dengan harga seporsi hanya 8000 rupiah saja anda sudah mendapatkanya.

Pecinta kuliner nusantara seharusnya tahu pempek lenjer. Nah, di palembang, kuliner ini tidak dinamai demikian, tapi menjadi laksan. Makanan khas palembang ini disajikan dalam kuah bersantan, yang membuatnya mirip dengan lontong sayur. Jalan kapten anwar arsyad, no. 999, palembang, sumatera selatan dengan jam buka: setiap hari, mulai dari 06.00 hingga 18.00 wib

3. Celimpungan

Celimpungan

Makanan khas palembang enak selain pempek lainnya adalah celimpungan. Makanan ini begitu lezat karena terbuat dari ikan dan sagu. Sebenarnya celimpungan adalah sejenis pempek namun dengan bentuk penyajian berbeda. Selain itu makanan ini juga cukup sulit untuk ditemukan dihari biasa. Kebanyakan masyarakat membuat celimpungan sebagai menu hidangan saat lebaran.

Namun anda tidak perlu merasa khawatir karena tetap ada warung makan yang menjual makanan ini setiap hari yakni di jl. Dr. M. Isa no.26 /15, kuto batu, ilir tim. Ii, kota palembang, sumatera selatan dengan jam buka: setiap hari, mulai 05.00 hingga 18.00 wib. Harga makanan ini adalah sekitar 10,000 idr per porsi

4. Burgo

Burgo

Salah satu makanan yang juga masuk dalam 10 makanan khas palembang yang enak adalah burgo. Makanan ini merupakan makanan yang terbuat dari bahan tepung sagu dan tepung beras yang kemudian di masak seperti telur dadar lalu diiris kasar. Makanan ini sekilas mirip dengan kwetiaw karena disajikan dengan kuah gurih yang terbuat dari santan dan juga berbagai macam rempah yang cukup lengkap. Cita rasa dari burgo begitu istimewa dan membuat siapa saja merasa kangen untuk kembali menikmati makanan ini setelah meninggalkan palembang.

Klik lihat: Makanan khas Semarang

Makanan ini semakin menggoda dengan adanya suwiran ikan, bawang goreng dan juga potongan telur ayam rebus. Untuk menambah kenikmatan dan kesegaran, burgo juga disajikan dengan jeruk nipis. Anda yang tidak sabar mencicipinya bisa datang ke warung aba yang terletak di jl. Dr. M. Isa no.26 /15, kuto batu, ilir tim. Ii, kota palembang, sumatera selatan dengan jam buka: setiap hari, mulai 05.00 hingga 18.00 wib serta harga: mulai dari 10,000 idr per porsi.

5. Lakso

Lakso

Makanan lakso sebenarnya mirip dengan burgo yang membedakan adalah kuahnya yang kental dan gurih. Anda akan merasakan sensasi makan yang begitu nikmat karena lakso dihidangkan dengan penampilan yang cantic dan menggoda. Anda bisa datang ke warung aba untuk mendapatkan makanan ini. Lokasi warung aba ada di jl. Dr. M. Isa no.26 /15, kuto batu, ilir tim. Ii, kota palembang, sumatera selatan dengan jam buka setiap hari, mulai 05.00 hingga 18.00 wib dan harga mulai dari 10,000 idr per porsi.

6. Martabak Palembang

Martabak Palembang

Martabak palembang juga masuk ke dalam 10 makanan khas palembang yang enak selain pempek yang layak anda coba. Makanan ini memiliki kesamaan dengan martabak pada umumnya namun ada perbedaan yang mencolok yakni pada kuahnya. Kuahnya begitu kental serta akan disajikan dengan potongan kentang. Anda bisa datang ke martabak haji abdul rozak yang berlokasi di jln. Jenderal sudirman no.597a, 18 ilir, ilir timur i, kota palembang, sumatera selatan dengan jam buka setiap hari, mulai dari 07.00 hingga 21.00 wib serta harga mulai dari 21,000 idr, tergantung pada isian martabaknya.

7. Mie Celor

Mie Celor

Mie celor menjadi salah satu makanan khas palembang yang enak selain pempek yang sangat istimewa dan banyak disajikan sebagai menu sarapan. Mie celor berarti mie celup sehingga cara makannya harus dicelup di kuah klental yang ada tambahan telur dan taugenya. Mie celor 26 ilir haji syafe’i sangat direkomendasikan untuk anda yang ingin mencobanya/ lokasi dari mie ini ada di jl. Merdeka no.54, talang semut, ilir bar. I, kota palembang, sumatera selatan dengan jam buka setiap hari, mulai dari 06.00 hingga 17.00 dan harga mulai dari 15,000 idr per porsi

8. Pindang Ikan

Pindang Ikan

Pindang ikan patin dari palembang juga sangat wajib untuk dicoba. Makanan masakan ikan patin ini disajikan dengan kuah santan yang memiliki kombinasi rasa asam, manis, pedas dan juga gurih. Anda bisa datang ke rm pindang meranjat di daerah meranjat. Ikan patin yang disajikan begitu lezat sehingga anda tidak akan kecewa. Lokasi dari rm ini ada di jl. Demang lebar daun, lorok pakjo, ilir bar. I, kota palembang, sumatera selatan dengan jam buka: setiap hari, mulai dari 09.30 hingga 16.30 wib dan harga: mulai dari 30,000 idr.

9. Pindang Tulang

Pindang Tulang

Pindang tulang berbeda dengan pindang patin karena bahan dasarnya iga sapi. Hal yang membuat makanan ini sangat istimewa adalah kuahnya yang pedas. Di palembang makanan ini sangat terkenal. Anda bisa datang ke rm pindang sri melayu yang berlokasi di jl. Demang lebar daun no.1, demang lebar daun, ilir bar. I, kota palembang, sumatera selatan dengan jam buka setiap hari, mulai dari 08.00 hingga 22.00 dan harga mulai dari rp.15,000 / porsi.

10. Sate Sapi Cucuk Manis

Sate Sapi Cucuk Manis

Makanan selanjutnya yang juga masuk ke 10 makanan khas palembang yang enak selain pempek adalah sate sapi cucuk manis dengan cita rasa yang manis lezat. Anda bisa datang ke warung makan wak din. Yang sudah ada sejak tahun 1970-an. Lokasi warung makan ini ada di jl. Mayjen hm ryacudu, 7 ulu, seberang ulu i, kota palembang, sumatera selatan dengan jam buka: setiap hari, 09.00 hingga 21.00 wib dan harga 1 tusuk satenya 5,000 idr.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *