Makanan Khas Papua
Kuliner

Makanan Khas Papua

Papua merupakan salah satu pulau besar di indonesia yang masyarakatnya memiliki makanan kuliner pokok yang berbeda dengan masyarakat indonesia pada umumnya. Masyarakat di sana memakan sagu sebagai makanan pokok. Banyak dari makanan dari papua yang terbuat dari sagu.

Bagi masyarakat selain masyarakat papua mungkin saja tidak menyukai sagu namun ternyata di papua ada beberapa makanan yang terkenal enak. 10 makanan khas papua yang terkenal paling enak memang sebaiknya anda ketahui sehingga ketika anda berlibur ke sana atau memang kebetulan memiliki acara di sana bisa mendapatkan makanan yang enak dan sesuai dengan selera lidah anda.

10 Makanan Khas Papua yang Unik dan Enak

1. Kue Lontar

Kue Lontar

Makan pertama dari 10 makanan khas papua paling enak adalah kue lontar. Makanan ini merupakan makanan khas dari papua dengan bahan daras telur. Telur yang sudah dibuat menjadi adonan akan di cetak pada piring yang terbuat dari keramik.

Pada awalnya makanan ini adalah makanan orang belanda yang di bawa pada masa penjajahan. Namun sekarang kue lontar sudah menjadi makanan khas masyarakat di papua. Kue ini bisa anda temukan di toko oleh-oleh atau di pasar. Ukuran dari kue ini biasanya besar karena cetakannya juga besar namun jika anda ingin membeli sebagai oleh-oleh tentu saja anda bisa menemukan kue dengan ukuran yang kecil.

2. Papeda

Papeda

Makanan khas selanjutnya adalah papeda. Papeda sangat terkenal di papua bahkan masyarakat luar papua juga sangat familiar dengan namanya karena memang merupakan makanan pokok masyarakat di sana. Papeda terbuat dari tepung sagu yang dimasak sedemikian rupa sehingga bentuknya menjadi seperti lem.

Rasa dari papeda memang tawar namun akan menjadi begitu nikmat ketika di sajikan dengan ikan kuah kuning, parutan kelapa tua, ikan bakar, dan bahkan lauk khas papua lainnya. Makanan ini akan semakin nikmat jika anda menikmatinya ketika masih hangat beserta dengan sambal. Cara untuk menikmati papeda adalah dengan menggunakan sumpit bernama gata-gata yang berguna untuk menarik dan menggulung sagu yang cukup elastic ini.

3. Aunu Senebre

Aunu Senebre

Aunu senebre menjadi salah satu makanan dari 10 makanan khas papua yang dikenal paling enak yang juga sangat khas. Makanan ini begitu istimewa karena masih sangat tradisional.

Klik lihat: Makanan khas Pekanbaru

Makanan ini terbuat dari bahan ikan teri dan juga nasi yang digoreng. Setelah di lakukan proses menjadi nasi goreng nantinya akan di campurkan beberapa bahan lain seperti irisan daun talas dan parutan kelapa. Setelah dicampur proses selanjutnya adalah di kukus. Makanan ini akan memiliki cita rasa yang gurih dan lezat apalagi dinikmati dengan papeda.

4. Martabak Sagu

Martabak Sagu

Martabak memang sangat terkenal di berbagai wilayah di indonesia bahkan di dunia karena asal dari makanan ini sebenarnya dari beberapa negara seperti arab, yaman bahkan malaysia dan singapura juga memiliki martabak. Jenis martabak yang ada di indonesia sangat beragam apalagi untuk wilayah papua. Di papua ada yang namanya mastabak sagu.

Makanan ini terbuat dari sagu yang dihaluskan lalu digoreng. Martabak ini akan semakin lezat ketika diberi tambahan gula merah saat digoreng. Rasa dari masrtabak begitu manis dengan tekstur yang cukup kenyal. Anda perlu untuk mencicipi salah satu 10 makanan khas papua yang terkenal paling enak dan manis ini.

5. Sate Ulat Sagu

Sate Ulat Sagu

Jika anda berkunjung ke papua jangan sampai melewatkan menu makanan berupa sate ulat sagu. Di papua ada banyak sekali ulat sagu yang bisa ditemukan karena tumbuhan sagu juga sangat banyak. Ulat sagu biasanya di konsumsi secara langsung oleh masyarakat sana namun banyak juga yang mengolahnya menjadi masakan yang sangat lezat. Ulat ini mengandung banyak protein namun rendah kolesterol sehingga bisa bermanfaat untuk menambah energi.

Klik lihat: Makanan khas Semarang

Cita rasa dari sate ulat sagu adalah gurih, manis dan asin seperti kuning telur. Anda yang senang mencoba makanan ekstreme perlu untuk menjajal menu satu ini.

6. Udang Selingkuh

Udang Selingkuh

Di papua terdapat binatang yang sering disebut sebagai udang selingkuh. Bentuk udang ini besar seperti lobster dengan rasa yang juga tidak jauh berbeda. Masyarakat biasanya memasak udang ini dengan cara digoreng atau di rebus dan kemudian di masak dengan saus mentega, saus tiram atau bumbu rempah yang lengkap. Jika anda berada di papua perlu sekali untuk mencoba makanan ini karena begitu lezat seperti menyantap lobster.

7. Ikan Bungkus

Ikan Bungkus

Salah satu makanan yang masuk dalam 10 makanan khas papua yang terkenal sangat enak adalah ikan bungkus. Makanan ini sebenarnya mirip dengan ikan pepes karena dimasak dengan cara dibungkus.

Jika dijawa, ikan pepes dipepes menggunakan daun pisang namun di papua ikan akan dibungkus dengan daun talas. Setelah itu akan diberi tambahan bumbu yang lengkap. Setelah diberi bumbu ikan akan dipepes atau dibakar dengan api kecil hingga matang. Anda bisa menyantap ikan ini secara langsung setelah matang atau bisa juga dengan papeda.

8. Ikan Bakar Manokwari

Ikan Bakar Manokwari

Manokwari merupakan nama dari salah satu daerah di papua yang disana terdapat menu ikan bakar yang istimewa. Keistimewaan dari ikan bakar manokwari adalah pada sambalnya. Anda bisa menemukan makanan ini di warung makan kota manukwari.

Klik lihat: Makanan khas Sulawesi Selatan

Ikan yang digunakan untuk menu ini adalah ikan tongkol meskipun ada juga yang menggunakan jenis ikan lainnya. Bumbu yang digunakan untuk membakar juga merupakan bumbu khas sehingga citarasanya menjadi nikmat dan berbeda dengan ikan bakar lainnya.

9. Sagu Lempeng

Sagu Lempeng

Makanan yang juga tidak kalah lezat dari papua adalah sagu lempeng. Makanan ini masuk sebagai salah satu dari 10 makanan khas papua terkenal paling enak dan sangat layak untuk anda coba. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat makanan ini adalah sagu yang dibuat batangan seperti emas batangan. Ketika digigit memang cukup keras sehingga anda harus memiliki gigi yang kuat. Sagu ini dicetak dengan menggunakan cetakan dari besi. Sagu ini biasanya dinikmati oleh masyarakat papua sebagai cemilan sambal ngeteh atau minum kopi.

10. Colo-colo

Colo-colo

Dari beberapa makanan khas papua yang telah disebutkan, colo-colo mungkin saja menjadi yang paling anda gemari karena makanan ini merupakan sambal yang memiliki rasa pedas luar biasa. Bagi pecinta makanan pedas, colo-colo adalah makanan yang sangat menantang dan bahkan banyak digemari oleh masyarakat luar daerah yang menetap di papua. Sambal ini biasanya memiliki rasa asam karena diberi jeruk nipis. Anda bisa menggunakan sambal ini untuk lauk makan seperti seafood, tumis kangkung, papaya tumis, ikan kuah kuning dan yang lainnya.

Itulah tadi 10 makanan khas papua yang terkenal paling enak dan sebaiknya anda ketahui. Ketika anda sedang berada di papua baik untuk liburan, bekerja atau melakukan urusan apapun disana bisa mencoba 10 menu makanan tersebut. Anda akan menyukai masakan khas papua karena cita rasanya yang luar biasa. Kebanyakan masakan di papua berasal dari alam sehingga masih begitu fresh dan bernutrisi tinggi.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *