Tempat Wisata di Banjarnegara

  • Whatsapp
Tempat Wisata di Banjarnegara

Halo, guys! Siapa yang lagi liburan dan belum tahu mau kemana? Lebih baik kalau kalian coba berwisata ke Banjarnegara. Banjarnegara adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah. Ibukotanya pun namanya sama. Banyak orang mengenal Banjarnegara karena memiliki tempat wisata yang sangat terkenal, yaitu Dataran Tinggi Dieng atau Dieng Plateu. Dataran Tinggi Dieng sebenarnya ada di dua kabupaten yang berbeda, yaitu di Banjarnegara dan Wonosobo.

Tapi meski Dieng sangat terkenal, bukan hanya itu lho objek wisata yang ada disana. Masih banyak tempat-tempat yang indah dan memanjakan mata yang ada di Banjarnegara. Setidaknya ada 10 Tempat Wisata di Banjarnegara keren lainnya yang menarik untuk dikunjungi. Penasaran?

Tempat Wisata di Banjarnegara yang Bagus

1. Komplek Candi Hindu Dieng

Komplek Candi Hindu Dieng

Di Dieng kabupaten Banjarnegara, terdapat sebuah komplek candi hindu yang bangunan dan artefak-artefaknya tersebar di berbagai penjuru. Di area komplek tersebut tersebar 9 candi dengan bentuk, nama dan sejarah yang berbeda-beda. Ada Candi Arjuna, Candi Bima, Candi Semar, Candi Gatotkaca, Candi Srikandi, Candi Setyaki, Candi Sembadra, Candi Aswatama dan Candi Dwarawati.

Komplek candi ini dianggap sakral dan bersejarah bagi masyarakat sekitar. Apalagi, Dieng ini diyakini masyarakat setempat sebagai tempat bersemayamnya para dewa. Lokasi komplek candi ini berada di Dieng Kulon, Banjarnegara, Jawa Tengah. Tiket masuk ke objek wisata ini tergolong murah, hanya Rp. 10.000 dan biasanya dengan tarif semurah itu, wisatawan juga bisa menjajal ke Kawah Sikidang. Jadi, termasuk murah karena wisatawan bisa masuk ke dua objek wisata sekaligus.

2. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang

Dekat dengan komplek candi hindu atau candi arjuna, terdapat tempat wisata yang cukup populer. Ya, Kawah Sikidang! Di sini, kalian bisa mendapatkan pemandangan alam yang indah, dengan bau belerang yang khas dan semburan kawah asli dari perut bumi. Kalian bisa mendaki ke atas dan melihat keseluruhan kawah dari spot yang bagus dan tentunya aman.

Klik lihat: Tempat wisata di Pekalongan

Selain berjalan kaki menuju ke kawah, kalian juga bisa menikmati fasilitas lainnya lho. Ada penyewaan kuda, motor trail dan sepeda gunung khusus untuk membantu kalian mengelilingi Kawah Sikidang. Di sepanjang jalan menuju kawah, kalian juga akan mendapati kios-kios makanan kecil, oleh-oleh dan kios yang menjual bunga edelweiss. Harga tiketnya sudah sepaket dengan tiket masuk ke komplek candi.

3. Air Surya Yudha Park

Air Surya Yudha Park

Banjarnegara juga memiliki wisata air yang menyenangkan, namanya Surya Yudha Park. Sebuah kolam renang besar yang lengkap dengan bermacam permainan untuk berbagai kalangan, khususnya anak-anak. Jika ingin berfoto dengan patung maskot Amerika dan Singapura, gak perlu jauh-jauh ke luar negeri. Kalian bisa berfoto disini karena ada replika patung Liberty dan Merlion yang mirip dengan aslinya.

Selain memiliki wisata air yang cukup populer, disediakan pula hotel Surya Yudha. Surya Yudha Park ini terletak di Jl. Raya Rejasa No.KM. 1, Rejasa, Madukara, Banjarnegara, Jawa Tengah 53482.

4. Curug Mrawu

Curug Mrawu

Banjarnegara memang memiliki banyak objek wisata alam, salah satunya adalah curug. Kalau kalian bosan dengan curug yang ada di Bogor, Jawa Barat, tidak ada salahnya mencoba berkunjung dan main di curug daerah Banjarnegara ini. Salah satu yang terkenal karena keindahan dan keasriannya adalah Curug Mrawu.

Klik lihat: Tempat wisata di Purwokerto

Curug Mrawu cocok untuk kalian yang suka tracking dan tantangan. Letaknya yang agak tersembunyi dan akses berupa jalan setapak yang melelahkan akan jadi tantangan tersendiri bagi para pengunjung. Namun, di sepanjang jalan menuju ke curug, kalian akan disuguhi dengan pemandangan indah khas pedesaan. Apalagi kalau bukan persawahan dan hutan-hutan. Letak Curug Mrawu cukup jauh dari Ibukota. Jika berangkat dari kota Banjarnegara, kalian harus menuju ke Madukara, selanjutnya ke Karangkobar dan Pejawaran. Waktu tempuhnya kurang lebih 1,5 jam.

5. Curug Sikopel

Curug Sikopel

Curug selanjutnya yang tidak kalah menariknya namanya Curug Sikopel. Lucu ya, namanya? Selain menyuguhkan keindahan yang luar biasa, Curug Sikopel juga terkenal karena mitosnya. Mitos yang beredar dan menjadi daya tarik ini menceritakan jika kita mandi di curug ini, kita akan awet muda. Mitos ini lah yang menjadi daya tarik besar, terutama bagi para wisatawan.

Gimana? Tertarik untuk mandi disana?

Lokasi objek wisata Curug Sikopel ini terletak di Desa Babadan, Kecamatan Pagetan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

6. Curug Pitu

Curug Pitu

Selain dua curug diatas, ada satu curug bagus lainnya di Banjar, namanya Curug Pitu. Curug Pitu berada di Desa Sigaluh, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara. Pitu dalam bahasa Jawa artinya tujuh. Jadi, Curug Pitu artinya Air Terjun Tujuh. Curug ini memiliki tujuh tingkatan. Wisatawan bisa melewati tujuh tingkatan dengan menggunakan tangga yang sudah disediakan oleh pengelola objek wisata.

Klik lihat: Tempat wisata di Salatiga

Akses untuk mendatangi Curug Pitu cukup gampang. Sekitar 10 km (menggunakan kendaraan pribadi) menuju ke arah Timur kota Banjarnegara. Harga tiket masuk yang dipungut oleh pengelola sebesar Rp. 5.000 saja. Setiap hari dibuka untuk umum, tergantung dengan situasi dan cuaca di daerah tersebut.

7. Arung Jeram Serayu

Arung Jeram Serayu

Kali ini, kalian coba wisata yang menantang alam, yaitu arung jeram. Seru dan menegangkan, arung jeram di sungai Serayu ini banyak diminati wisatawan. Ketika melaksanakan rafting atau arung jeram di sungai serayu ini, kalian akan memperoleh beragam sarana penunjang untuk melaksanakan aksi pengarungan.

Kalian akan mendapat welcome drink, air mineral, snack, refreshmen kelapa muda, makan berat, pengangkutan lokal serta equipment standar internasional seperti life jacket, dayung, helm, skipper, team recue, medical kit, dan guide.

Lengkap banget ya? Kira-kira harganya berapa sih? Ada beberapa paket harga yang ditawarkan, mulai yang paling hemat sebesar Rp. 205.000 sampai paket yang paling mahal, mencapai 300an ribu rupiah.

8. Serayu Park

Serayu Park

Wisata Serayu Park adalah wisata baru yang sangat dinikmati oleh masyarakat sekitar maupun wisatawan. Tempat ini tipikal tempat wisata yang bagus dan lengkap, mampu memberikan sensasi yang berbeda.

Wisata Banjarnegara Serayu Park berlokasikan di Jl. Selamanik, sekitar 350 meter dari komplek wisata Seruan Eling Banyumas. Sebagai taman wisata air, di Serayu Park juga menyajikan beragam sarana tambahan untuk pengunjung seperti omah alam resort, bumbu alam resto dan kedai kopi. Taman airnya memiliki waterboom dan family karaoke yang dibangun dalam 1 kawasan.

9. Margasatwa Serulingmas

Margasatwa Serulingmas

Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas ini memiliki luas 5,3 hektar dan sudah berdiri sejak tahun 1997. Dari tempat ini, kalian bisa menikmati indahnya ngarai sungai Serayu, tempat bermain arung jeram yang bertemu dengan sungai Merawu.

Sarana rekreasi yang ada di taman ini cukup banyak, ada kebun binatang yang koleksinya lumayan lengkap, kolam renang dengan waterboom, arena permainan anak, pentas pertunjukan, pemancingan, gerai souvenir, rumah makan dan fasilitas umum lainnya. Semua tertata apik dan terawat. Letaknya tak jauh dari pusat kota, hanya 1 km menuju ke Banjarnegara Utara. HTM sebesar Rp. 15.000/orang. Duh, murah banget, kan?

10. Telaga Dringo

Telaga Dringo

Last but not least, ada Telaga Dringo yang asri, alami dan cantik. Katanya, telaga ini mirip yang danau Ranu Kumbolo di gunung Semeru, walaupun tidak secantik itu. Telaga ini unik karena merupakan telaga tertinggi di daerah Dataran Tinggi Dieng.

Kalian yang suka trip alam, silakan coba datang ke sini karena wilayahnya masih sepi dan asri. Pemandangannya sangat bagus dan memanjakan mata, ditambah udara Dieng yang super sejuk.

Nah, itu dia 10 rekomendasi tempat wisata di Banjarnegara yang paling indah dan mempesona. Mana yang kalian ingin coba lebih dulu?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *