Tempat Wisata di Gunung Kidul
Travel

Tempat Wisata di Gunung Kidul

Gunung Kidul merupakan salah satu tujuan wisata terpopuler saat berada di Jogja. Ya, kawasan ini tak pernah sepi dari pengunjung, setiap harinya. Disana banyak sekali potensi wisata menarik, terutama obyek wisata alamnya.

Nah, untuk anda yang saat ini berlibur ke Gunung Kidul, berikut ini kami pilihkan 10 obyek wisata di Gunung kidul terbaik, yang bisa anda kunjungi. Penasaran?

Tempat Wisata di Gunung Kidul yang Hits

1. Pantai Timang

Pantai Timang

Siapa yang suka menghabiskan waktu liburan dengan menguji adrenalin? Bagi Anda yang berani, Anda harus mengunjungi Pantai Timang. Untuk mencapai pantainya saja, Anda harus melewati track yang masih berbatu-batu sehingga butuh perjuangan lebih untuk mencapai pantai ini. Ada gondola yang dibuat oleh penduduk setempat untuk menghubungkan Pantai Timang dan Pulau Watu Panjang. Penggunaan alat-alatnya pun masih sederhana dan masih dijalankan dengan manual, loh!

Dulunya, gondola digunakan untuk menyebrang ke pulau tersebut untuk mencari lobster. Sekarang, Anda bisa mencoba sensasi bagaimana menaiki gondola tersebut. Besarnya ombak di pantai tersebut yang memicu adrenalin.

Klik lihat: Tempat wisata di Banjarnegara

Jika Anda penasaran dan ingin melihatnya, Pantai Timang sendiri berada di Desa Purwodadi, Tepus. Tarif tiket masuk akan dikenakan 10 ribu rupiah perorangnya. Apabila Anda ingin coba untuk naik gondola, biayanya sebesar 200 ribu rupiah.

2. Gua Pindul

Gua Pindul

Gua yang sepanjang 350 meter ini merupakan bagian dari formasi karst Gunungsewu. Ketika Anda pergi berwisata ke gua ini, Anda akan disuguhkan pemandangan yang tak kalah menakjubkan dengan wisata gua lainnya. Susunan stalakmit, stalaktit, kolam, serta pepohonan rindang disekitarnya membuat pengunjung merasakan kedamaian yang tiada tara.

Apalagi, Anda bisa menelusuri gua dengan menggunakan cave tubing, menyusuri sungai dengan duduk di pelampung dan mengikuti arus air. Jika Anda ingin berkunjung ke gua ini, gua ini berada di Desa Bejiharjo, Gunung Kidul. Anda perlu membayar tiket masuk sebesar 35 ribu rupiah saja per orangnya.

3. Telaga Biru Candirejo Semin

Telaga Biru Candirejo Semin

Telaga Biru Candirejo Semin ini merupakan lubang-lubang dari pertambangan batu yang terisi air. Meskipun telaga ini bukanlah telaga asli, dikelilingi oleh pepohonan yang membuat telaga ini terlihat seperti danau asli. Berswafoto diatas tebing akan menampilkan keindahan yang takkan terkalahkan.

Jika Anda ingin pergi ke tempat wisata ini, Anda bisa menyewa mobil atau motor karena akses jalan ke sini masih buruk. Selepasnya disana, Anda hanya perlu membayar tiket parkir saja sebesar 2 ribu rupiah.

4. Mata Air Srimulih

Mata Air Srimulih

Ingin menjeljahi tempat wisata yang masih belum terekspos? Ada salah satu tempat wisata di Gunung Kidul yang bernama Mata Air Srimulih berlokasi di Dusun Wediotah, Desa Ngeposari, Semanu.

Dikarenakan tempat wisatanya masih baru dan belum terekspos, disini tidak ada tiket masuk karena lokasi menuju tempat ini sulit dijangkau. Tetapi, pemAndangan saat tiba disana akan terbayarkan, sebanding dengan perjuangan menuju ke tempat wisata ini. Mata air yang berwarna biru jernih dengan pemandangan disekelilingnya yang masih asri tidak akan membuat Anda menyesal telah memilih tempat wisata ini.

5. Gua Senen

Gua Senen

Anda pecinta petualangan ekstrem? Mahir dalam aktivitas rappelling? Ada nih salah satu tempat wisata di daerah Gunung Kidul yang bisa dicapai dengan turun menggunakan tali atau yang biasa disebut dengan rappelling.

Anda harus menuruni tali sedalam 10 meter untuk mencapai dasar gua ini. Begitu sampai didalam gua, Anda akan melihat stalakmit dan stalaktit yang spektakuler. Di gua ini juga terkenal dengan “Cahaya Tuhan”. Cahaya matahri yang masuk ke dasar gua di sudut-sudut tertentu menciptakan semburat cahaya yang menakjubkan. Jangan lupa untuk mengabadikan “Cahaya Tuhan” ini.

Klik lihat: Tempat wisata di Pekalongan

Bagi Anda yang belum pernah kesini, Anda harus bertanya pada penduduk sekitar karena Anda harus berjalan kaki menembus hutan sejauh 500 meter. Gua ini terletak di Desa Purwodadi, Tepus.

6. Kalisuci

Kalisuci

Ingin merasakan sendiri keindahan alama formasi karst Gunungsewu yang sudah menjadi bagian dari warisan alam dunia? Anda bisa mengunjungi tempat wisata Kalisuci.

Tempat wisata ini memiliki sungai bawah tanah yang bisa dijelajah untuk melihat betapa indahnya pemAndangan di dalam goa dengan air jernih yang mengalir didasarnya. Anda bisa menjelajahi sungai tersebut dengan menggunakan cave tubing, naik pelampung dan mengapung mengikuti arus.

Tempat wisata ini buka setiap hari dari jam 8 pagi hingga jam 4 sore, dan tutup disaat sedang hujan. Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah saja. Anda juga bisa menyewa paket wisata dengan biaya 70 ribu untuk 5 peserta.

7. Pantai Baron

Pantai Baron

Pantai baron merupakan salah satu pantai di Gunung Kidul yang memiliki karakteristik yang mirip dengan Pantai Parangtritis. Pasirnya yang berwarna gelap dan memiliki ombak yang tinggi merupakan ciri khas dari pantai ini. Dilengkapi dengan pemandangan bukit kapur dan mercusuar yang membuat pantai ini banyak dikunjungi.

Disebelah barat pantai ini terdapat Techno Park yang bisa Anda mainkan. Disana, Anda bisa mengubah energi alam menjadi listrik dengan menggunakan berbagai macam peralatan yang sudah disediakan.

Tak hanya itu saja, jika Anda beruntung datang diwaktu yang tepat, Anda bisa membeli langsung ikan segar yang dibeli dari pelelangan ikan nelayan setempat. Setelah itu, Anda bisa langsung meminta pemiliki kedai yang ada disana untuk memasakkannya langsung untuk Anda.

Klik lihat: Tempat wisata di Purwokerto

Pantai ini juga terkenal dengan keindahan sunrise juga sunsetnya. Apabila Anda masih belum puas, Anda bisa berkemah atau menginap di tempat penginapan dekat pantai tersebut.

Anda hanya perlu membayar tiket masuknya saja sebesar 10 ribu rupiah dan tambahan 5 ribu rupiah untuk naik ke mercusuar. Pantai ini terletak di Desa Kemadang, Tanjungsari.

8. Bukit Kosakora

Bukit Kosakora

Ingin berkemah di kawasan pantai? Jika berkemah di kawasan pegunungan merupakan hal biasa, sekarang Anda bisa berkemah di kawasan pantai. Di daerah sekitar Gunung Kidul terdapat Bukit Kosakara yang berlokasi dekat Pantai Drini, Wonosari.

Bukit ini hanya bukit kecil yang memiliki ketinggian 50 meter diatas permukaan laut sehingga mudah dicapai dengan mudah. Sesampainya di atas bukit, Anda akan dibuat takjub dengan pemandangan pantai yang indah. Bukit ini didukung dengan permukaan yang lebar sehingga Anda bisa mendirikan beberapa tenda sekaligus.

Jika Anda ingin berkemah, Anda hanya perlu membayar tarif retribusi pantai saja sebesar 10 ribu rupiah.

9. Pantai Jogan

Pantai Jogan

Jika Anda menyukai pantai, Anda bisa mendatangi Pantai Jogan. Pantai disini menawarkan pesona alam yang berbeda karena ada air terjun, tebing karang, dan pantai di satu tempat.

Anda bisa melakukan rappelling atau canyoning disana. Jika Anda tertarik untuk mengunjungi wisata ini, Anda bisa datang langsung ke Jl. Pantai Siung, Purwodadi, Tepus.

10. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor

Karakteristik pantai di Yogyakarta adalah ombaknya yang besar. Jika Anda ingin berwisata untuk bermain air, foto underwater, snorkeling, atau kegiatan air lainnya, Pantai Nglambor ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Pantai ini memiliki ombak yang tenang karena diapit oleh dua bukit karang raksasa yang dapat menahan dan memecah gelombang besar. Itulah mengapa pantai ini memiliki ombak yang jinak.

Pemandangan yang cantik baik itu pemandangan di permukaan laut maupun didalam laut menjadi pilihan berlibur yang tepat untuk Anda. Jika Anda ingin berkunjung, Anda bisa mendatangi pantai yang berlokasi di Desa Purwodadi, Tepus.

Pastinya, tambah bingung kan setelah melihat review singkat dari masing obyek wisata Gunung kidul diatas.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *