Tempat Wisata di Banyuwangi
Travel

Tempat Wisata di Banyuwangi Terbaru

Salah satu tempat wisata terkenal di Banyuwangi adalah Kawah Ijen. Namun, tentu saja bukan hanya kawah Ijen yang menjadi kebanggaan Banyuwangi. Nyatanya disana, juga punya banyak tempat wisata lain yang tak kalah mempesona dari kawah tersebut.

Nah, berikut kami bagikan ulasan menarik mengenai 10 tempat wisata di Banyuwangi, yang menarik untuk di eksplor. Penasaran?

10 Tempat Wisata di Banyuwangi Terbaru

1. Waduk Bajulmati

Waduk Bajulmati

Waduk Bajulmati bisa kita katakan sebagai miniatur Raja Ampat yang ada di Papua. Sebenarnya waduk ini terletak di dua kabupaten, yakni Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Situbondo, hanya saja secara administrasi Waduk Bajulmati masih masuk daerah Banyuwangi, bahkan pintu masuknya juga ada di sana.

Waduk Bajulmati ialah waduk yang membendung Sungai Bajul Mati. Waduk ini mempunyai kapasitas hingga 100 juta meter3 air dan baru diresmikan sebagai tempat wisata pada tahun 2017 yang lalu.

Klik lihat: Tempat wisata di Bondowoso

Sebutan miniatur Raja Ampat yang disematkan pada Waduk Bajulmati ini tidaklah berlebihan sama sekali. Pasalnya, waduk ini memang mempunyai pemandangan unik berupa kawasan perairan dengan bebebrapa pulau kecil di tengahnya, mirip seperti Kepulauan Wayag yang ada di Raja Ampat.

2. Jawatan Benculuk

Jawatan Benculuk

Anda sudah pernah nonton Lord of The Ring? Jika sudah, Anda pasti tahu dong kalau hutannya itu sangat instagramable. Nah, Banyuwangi juga punya tempat wisata yang instagramable seperti itu, namanya adalah Jawatan Benculuk

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, Jawatan Benculuk ini mempunyai keindahan yang mirip seperti hutan Lord of The Ring, karenanya, tempat ini sangat cocok untuk Anda jadikan objek hunting foto.

Pepohonan keren yang ada di Jawatan Benculuk ini tidak hanya satu jenis, tetapi terdiri dari beberapa jenis yaitu pohon jati, tumbuhan wesah, jamur kepong, tumbuhan santinet, salak liar dan kelengkeng. Sementara hewan yang paling banyak ditemukan di sini ialah kelelawar.

3. Hutan Mangrove Bedul

Hutan Mangrove Bedul

Hutan Mangrove Bedul ini biasa juga disebut sebagai Hutan Mangrove Blok Bedul. Hutan ini adalah salah satu tempat wisata eksotis yang dimiliki oleh Banyuwangi dan sangat layak untuk Anda kunjungi.

Hutan Mangrove Bedul ini menjadi tempat tumbuh dan hidup 27 jenis mangrove. Dan bukan hanya mangrove saja yang akan Anda temui, tetapi ada berbagai binatang juga, yang terdiri atas bangau, monyet, biawak serta burung elang. Sesekali juga ada beberapa jenis burung migran dari Australia.

4. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung

Jika Anda adalah seorang yang hobi surfing, maka Anda tidak boleh melewatkan Pantai Plengkung ini. Pantai Plengkung ialah pantai yang secara langsung berhadapan dengan Samudera Hindia. Karenanya tidak heran jika pantai ini mempunyai ombak besar yang cocok untuk dijadikan objek berselancar.

Sudah banyak peselancar asing yang unjuk kebolehan di pantai ini, bahkan setiap tahunnya pun pemerintah setempat juga mengadakan lomba surfing tingkat internasional.

Klik lihat: Tempat wisata di Situbondo

Ombak ini tidak hanya diperuntukkan bagi surfer yang sudah profesional saja, tetapi surfer pemula juga bisa melatih kemampuannya di sini. Untuk segi kebersihannya sendiri, pantai yang memiliki nama lain G-Land Beach ini juga terhitung bersih.

5. Pulau Merah

Pulau Merah

Pulau Merah ini juga menjadi tempat wisata yang difavoritkan oleh banyak orang. Bukan hanya karena pemandangannya saja yang apik, tetapi ombaknya juga tidak kalah hot dari ombak yang ada di Pantai Plengkung, karenanya pulau ini juga dinobatkan sebagai tempat surfing terbaik yang dimiliki Banyuwangi.

Pulau Merah adalah tempat wisata yang bersih. Dinamakan dengan kata ‘Merah’ karena memang tanah di pulau ini warnanya merah. Hanya saja warna tersebut tertutupi oleh pohon-pohon yang tumbuh di sana sehingga merahnya jadi tidak terlalu nampak.

Pasir yang membingkai pulau ini juga berwarna merah terutama saat terkena air dan cahaya matahari sore. Warna ini akan menjadi lebih jelas lagi saat musim kemarau.

6. Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan

Selain Pulau Merah, Pulau Tabuhan juga layak untuk Anda datangi. Pulau ini adalah pulau yang alami dan belum berpenghuni. Pulau Tabuhan ini bisa dikatakan sebagai pulau yang istimewa. Pasalnya, pulau ini memiliki pantai serta pemandangan bawah laut yang sangat indah. Pantainya dipenuhi oleh pasir putih, sementara bagian bawah lautnya dihiasi oleh batu coral serta terumbu karang yang beraneka bentuk dan warna.

7. Rowo Bayu

Rowo Bayu

Dan jika Anda lebih suka dengan tempat wisata yang agak berbau mistis, maka Anda harus datang ke tempat wisata yang ketujuh ini, yaitu Rowo Bayu. Sebenarnya air yang ada di Rowo Bayu ini sangat jernih. Dia tampak menghijau karena adanya tanaman air di bagian bawahnya. Suasana Rowo Bayu sangat asri karena lokasinya sendiri berada di punggungan Gunung Raung.

Selain menjadi tempat wisata alam, Rowo Bayu ini mengandung nilai budaya, religi serta historis sekaligus. Diceritakan bahwasanya tempat ini masih berkaitan dengan babat Banyuwangi, dimana Desa Bayu saat itu merupakan pusat kekuatan Kerajaan Blambangan yang memerangi VOC Belanda.

8. Air Terjun Lider

Air Terjun Lider

Dalam kawasan hutan lindung petak 74 yang diawasi secara langsung oleh RPH Jambewangi, ada satu tempat wisata menarik yang berupa air terjun, namanya adalah Air Terjun Lider.

Klik lihat: Tempat wisata di Magetan

Air Terjun Lider mempunyai ketinggian yang mencapai 60 meter. Dengan ketinggian ini, Air Terjun Lider juga dinobatkan sebagai air terjun yang paling tinggi di Banyuwangi. Ciri khas air terjun ini ialah juntaian akar yang ada di sekitar air terjun. Sementara di sisi kanan kirinya ada tebing dan 4 air terjun kecil lainnya.

9. Padang Rumput Sadengan

Padang Rumput Sadengan

Nah, kalau tempat wisata yang kesembilan ini sering dikatakan mirip dengan padang rumput yang ada di Afrika, namanya adalah Padang Rumput Sadengan. Padang Rumput Sadengan ialah padang rumput yang terbentuk karena sebelumnya sempat terjadi peristiwa kerusakan hutan. Luasnya sekitar 80 hektar. Padang rumput ini adalah spot terbaik yang bisa Anda kunjungi untuk melihat beragam satwa seperti berbagai jenis burung, mamalia dan lain-lain.

10. Pantai Mustika

Pantai Mustika

Pantai Mustika juga termasuk pantai cantik yang sangat sayang untuk dilewatkan. Lokasi pantai ini masih berdekatan dengan tempat wisata lain, yaitu Pulau Merah. Meski berdekatan dengan Pulau Merah yang sangat populer di kalangan wisatawan, Pantai Mustika justru cenderung sepi dari pengunjung. Bahkan pantai ini juga bisa dikategorikan sebagai pantai yang masih perawan. Kontur pantainya sendiri sangat landai sehingga aman untuk Anda berenang.

Jika Anda datang ke sini, sebaiknya bawa peralatan snorkeling ya, karena pemandangan bawah lautnya sungguh jempolan. Itu dia 10 tempat wisata di Banyuwangi paling rekomended. Semoga daftar yang kami sajikan di atas bisa berguna terutama untuk Anda yang memang berencana pergi berlibur ke sana.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *