Tempat Wisata di Nganjuk
Travel

Tempat Wisata di Nganjuk Jawa Timur

Nganjuk memang bukan daerah yang terkenal dengan wisatanya, dan tentu saja masih kalah terkenal bila dibandingkan Jogja atau kota Malang. Namun begitu, bukan berarti Nganjuk tidak punya tempat wisata menarik.

Justru sebaliknya, nyatanya ada banyak tempat wisata keren yang tersebar di Kota Angin ini. Dimana 10 diantaranya akan dirangkum sebagai berikut

10 Tempat Wisata di Nganjuk Terbaru

1. Sendang Putri Wilis

Sendang Putri Wilis

Sendang Putri Wilis adalah tempat wisata di Nganjuk yang akan kami bahas pertama kali. Sendang Putri Wilis ialah objek wisata yang berupa air terjun yang letaknya ada di kawasan hutan dan lahan konservasi.

Sendang Putri Wilis bukanlah air terjun yang tinggi, tetapi lebih menyerupai sungai dengan undakan. Nah, di bawah undakan ini terdapat genangan atau bisa kita katakan juga telaga yang dalamnya hanya sekitar dada orang dewasa.

Air di air terjun ini sangat jernih sehingga sangat disarankan agar Anda tidak meninggalkan lokasi sebelum menjajalnya. Selain cocok untuk dijadikan tempat berendam, pemandangan sekitar air terjun ini juga cocok untuk aktifitas fotografi. Jadi, Anda sebelum berangkat, ke sana siapkan dulu kamera Anda ya.

2. Bukit Batu Songgong

Bukit Batu Songgong

Lanjut ke pembahasan tempat wisata yang kedua, ada Bukit Batu Songgong. Bukit ini cukup unik karena di sini terdapat batu-batu yang ukurannya bervariasi.

Sesuai dengan namanya, Bukit Batu Songgong ini dipenuhi oleh batu-batu hasil olahan warga setempat. Batu-batu tersebut ditata sedemikian rupa menempati lahan bukit yang luasnya 1 hektar sehingga menghasilkan sebuah taman batu yang enak dipandang mata.

Klik lihat: Tempat wisata di Banyuwangi

Bukan hanya pemandangan berupa batu saja yang bisa Anda lihat, tetapi Anda juga bisa menyaksikan indahnya Kota Nganjuk serta lereng Gunung Wilis dari ketinggian. Apalagi jika Anda datang saat sore hari, siap-siap saja untuk menyaksikan keindahan peristiwa matahari tenggelam.

3. Air Terjun Sumber Miri

Air Terjun Sumber Miri

Jika Anda sangat suka dengan petualangan alam, maka Anda tidak boleh melewatkan tempat wisata di Nganjuk yang ketiga ini, yaitu Air Terjun Sumber Miri.

Air Terjun Sumber Miri juga biasa disebut sebagai Grojogan Duwur Sumber Miri. Air terjun ini bisa dikatakan juga sebagai sungai purba yang proses pembentukannya dari batu kapur sehingga ‘penampilan’nya sangat eksotis. Batuan tersebut terdiri atas dua warna yakni krem cerah dan kecokelatan.

Di bagian bawah terjunan air, terdapat semacam kolam alami yang bisa Anda pakai untuk berendam ataupun berenang. Harap diingat, kedalaman kolam ini bervariasi, ada yang dangkal dan ada juga yang dalamnya lebih dari 2 meter terutama di bagian tengah. Jadi, jika Anda belum bisa berenang, hindari area tengah ini ya.

4. Candi Ngetos

Candi Ngetos

Berbeda dengan yang sebelumnya, tempat wisata yang keempat ini adalah tempat wisata sejarah, namanya adalah Candi Ngetos. Candi Ngetos adalah tempat dimana makam Raja Majapahit, yakni Raja Hayam Wuruk berada. Sebenarnya untuk Candi Ngetos yang ada sekarang ini adalah hasil pemugaran.

Pun demikian, candi hasil pemugaran ini tak kalah cantik dengan yang aslinya. Di sebelah candi ini ada sebuah taman kecil dengan banyak pepohonan. Pas untuk Anda jadikan tempat berteduh setelah lelah mengitari candi.

5. Air Terjun Sumber Manik

Air Terjun Sumber Manik

Selain punya Sendang Putri Wilis dan Air Terjun Sumber Miri, Nganjuk juga punya air terjun lain yang tak kalah istimewa dari dua air terjun tersebut, namanya adalah Air Terjun Sumber Manik.

Air Terjun Sumber Manik sendiri baru ditemukan oleh warga pada awal 2016 yang lalu. Tingginya sekitar 35 meter, sementara untuk lebarnya sendiri sekitar 20 meter. Air terjun ini mempunyai dua cabang dan jatuh dengan melalui tebing yang agak cembung.

Seperti kebanyakan air terjun lainnya, Air Terjun Sumber Manik juga punya kolam alami yang posisinya tepat di bawah terjunan air. Kolam ini tidak terlalu dalam sehingga aman untuk Anda yang tidak bisa berenang.

6. Taman Rekreasi Anjuk Ladang

Taman Rekreasi Anjuk Ladang

Selanjutnya, Nganjuk juga punya tempat wisata yang bisa Anda datangi bersama orang-orang tercinta, namanya adalah Taman Rekreasi Anjuk Ladang. Tiba di lokasi Taman Rekreasi Anjung Ladang, Anda akan melihat gapura yang dicat warna warni. Dan setelah Anda melewati gapura tersebut, Anda akan melihat adanya air mancur plus dengan pepohonan yang rindang dan sejuk. Kemudian ada pula kolam renang untuk anak dan kolam renang untuk orang dewasa.

Klik lihat: Tempat wisata di Bondowoso

Lebih lanjut lagi, taman ini punya kebun binatang mini yang koleksinya terdiri atas monyet, burung, rusa serta beberapa hewan lainnya. Ada pula wahana permainan anak seperti ayunan dan jungkat-jungkit. Dan jika Anda ingin berkeliling taman, Anda bisa memakai kuda, becak mini serta kereta kelinci yang ada di sana.

7. Embung Estumulyo

Embung Estumulyo

Nganuk juga punya miniatur Ranu Kumbolo yang ada di Gunung Semeru, namanya adalah Embung Estumulyo. Embung Estumulyo ini ialah cekungan yang dipakai untuk menampung air hujan saat musim penghujan. Air tersebut kemudian akan dipakai untuk mengairi lahan petani saat musim kemarau.

Yang membuat embung ini begitu eksotis ialah keberadaan pohon cemara di kanan kirinya. Kebetulan juga di sini ada getek, perahu yang dibuat dari bambu. Anda bisa menggunakan getek tersebut untuk melakukan aktifitas fotografi.

8. Grojogan Putri Ayu

Grojogan Putri Ayu

Pemerintah Kota Nganjuk baru membuka Grojogan Putri Ayu sebagai tempat wisata akhir tahun 2016 yang lalu. Meski terhitung sebagai objek wisata baru, nyatanya sudah banyak pengunjung yang dibuat kagum oleh Grojogan Putri Ayu ini.

Yang paling terasa di Grojogan Putri Ayu ini ialah udaranya yang sangat segar. Udara segar ini terkadang dipenuhi oleh kicauan burung yang membuat Grojogan Putri Ayu jadi tempat paling pas untuk relaksasi.

Kolam yang ada di bawah terjunan air juga bisa Anda pakai untuk berenang. Tidak perlu risih dengan airnya, karena air yang ada di sini sangat bening. Tambahan lagi, di sekitar Grojogan Putri Ayu ada sebuah gua yang bagian dindingnya ditulisi nama-nama unik. Katanya, gua ini biasa dijadikan tempat bertapa di zaman dahulu.

9. Taman Pandan Wilis

Taman Pandan Wilis

Selain Taman Rekreasi Anjuk Ladang yang sudah dijelaskan pada poin 6 di atas, Nganjuk juga punya taman lain yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga, namanya adalah Taman Pandan Wilis.

Taman Pandan Wilis diapit oleh dua buah gunung, yakni Gunung Pandan serta Gunung Wilis. Taman ini sangat luas dan dipenuhi oleh rumput, bunga aneka warna serta pepohonan yang hijau.

Klik lihat: Tempat wisata di Situbondo

Taman ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti gazebo sebagai tempat untuk istirahat, toilet, area parkir, colokan listrik, jalur jogging, kolam air, tempat duduk dan lain-lain.

10. Setum Loceret

Setum Loceret

Nah, tempat wisata di Nganjuk terakhir yang akan dibahas dalam tulisan kali ini adalah Setum Loceret. Belakangan, Setum Loceret banyak dikunjungi oleh wisatawan yang gemar fotografi. Sebenarnya Setum Loceret ini hanyalah lahan terbuka yang ada di tengah-tengah perkampungan.

Lahan ini biasa dipakai warga untuk melakukan aktifitas olahraga. Di tengah-tengah lahan yang ditumbuhi tanaman hijau tersebut ada sebuah bangunan cerobong asap yang sudah kuno.

Bagaimana, keren-keren bukan 10 tempat wisata di Nganjuk yang kami review diatas? . Pastikan Anda dan keluarga tidak melewatkannya saat berada di Kota Angin ini.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *