Tempat Wisata di Situbondo

  • Whatsapp
Tempat Wisata di Situbondo

Deskripsi : Selain pantai, ternyata Jawa Timur juga memiliki destinasi wisata alam yang indah. Berikut tempat wisata di Situbondo paling hits dan instagramable.

Apakah Anda sedang bingung, mencari tujuan berlbur mengasyikan di sekitar Jawa Timur? Nah, tak perlu bingung, segera datang saja ke kabupaten Situbondo, daerah ini menawarkan berbagai macam pilihan destinasi menarik, yang rekomended untuk merefresh pikiran.

Ingin tahu mana saja tempat wisata di Situbondo yang terbaik dan banyak difavoritkan wisatawan? Yuk, langsung saja intip berikut ini.

10 Tempat Wisata di Situbondo Paling Hits

1. Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih Situbondo

Ketika Anda sedang berada di daerah Situbondo, Jawa Timur, jangan lewatkan untuk berkunjung ke Pantai Pasir Putih. Pantai ini merupakan salah satu pantai terpopuler di Jawa Timur. Akses yang mudah ditempuh merupakan salah satu alasan banyaknya wisatawan lokal maupun asing yang singgah ke tempat wisata ini.

Lokasinya sendiri berada di pinggir jalan utama penghubung Banyuwangi-Surabaya. Jadi, Anda bisa sambil mampir sebentar ke pantai ini ketika Anda sedang menuju kearah Gunung Bromo.

Selain akses jalannya yang mudah, pantai ini juga menawarkan indahnya pasir putih, panorama pantai yang menakjubkan, dan juga pemandangan bawah laut yang eksotis. Anda bisa melakukan olahraga air apapun disini karena ombaknya cukup tenang. Jadi, Anda bisa menikmati menyelam, berperahu, atau kegiatan air lainnya.

2. Pantai Pathek

Pantai Pathek

Ingin mengunjungi pantai yang masih belum ramai oleh para wisatawan? Kunjungi Pantai Pathek aja! Selain masih sedikit pengunjungnya, pantai ini juga menawarkan keindahan pantai yang tak kalah menariknya dengan pantai-pantai lainnya.

Selain bisa menikmati sunset atau sunrise, Anda juga bisa menikmati keindahan bawah laut yang masih asri dan bagus. Lokasi pantai ini sendiri terletak di Desa Gelung, Panarukan, Situbondo.

3. Bekol Savanna

Bekol Savanna

Ingin tahu bagaimana pemandangan di Afrika? Datang saja ke Bekol Savanna karena disini bisa dibilang adalah Afrika kecil di Jawa. Hamparan rumput almi, dengan pohon-pohon yang terpisah jauh antara satu dan lainnya, pemandangan gunung di belakangnya, dan hewan-hewan liar berlarian kesana kemari menambah suasana ini seperti berada di Afrika.

Di tempat ini, Anda bisa melihat berbagai macam hewan liar seperti banteng, kerbau liar, merak, rusa, ayam hutan, dan burung yang berada dimana-mana. Untuk masuk kesini, Anda hanya perlu membayarnya sekitar 10 ribu rupiah di weekday dan 14 ribu rupiah di weekend atau hari libur.

Klik lihat: Tempat wisata di Magetan

Apabila Anda ingin mengunjungi tempat wisata yang satu ini, Anda bisa mencarinya dengan mudah. Tempat wisata ini masih berada dalam kawasan Taman Nasional Baluran. Lokasi tepatnya berada di perbatasan antara Kabupaten Situbondo dan Banyuwangi.

4. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional ini terletak di wilayah Banyuputih, Situbondo tepatnya berada disebelah utara pusat kota Banyuwangi. Karakteristik dari taman nasional ini yaitu berupa ekosistem hutan yang daerahnya cenderung kering seperti hutan pantai, hutan musim, hutan rawa, hutan mangrove, dan savanna.

Ada berbagai macam pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi seperti goa peninggalan masa kolonial Jepang, atraksi tarian burung merak saat musim kawin, makam putri Maulana Malik Ibrahim, dan sebagainya.

5. Pantai Bilik Sijile

Pantai Bilik Sejile

Tahukah Anda bahwa nama tempat wisata dinamakan karena ciri khas dari tempat wisata tersebut? Seperti Pantai Bilik Sijile, pantai ini dinamakan Sejile karena memiliki arti Lidah. Sejile itu merupakan bahasa Madura, ya!

Memang di pantai ini ada lidahnya? Ketika air laut sedang surut, akan tampak dataran pasir putih yang berbentuk menyerupai lidah. Oleh karena itulah, dinamakan Pantai Bilik Sijile. Selain menawarkan keindahan panorama pantai yang menawan, pantai ini juga memiliki ombak yang tenang sehingga memungkinkan Anda untuk berenang santai ataupun snorkeling.

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi pantai ini, pantainya masih termasuk dalam wilayah Taman Nasional Baluran tepatnya berada di Labuan Merak, Banyu Putih, Situbondo.

6. Perkebunan Kopi Kayumas

Perkebunan Kopi Kayumas

Ketika sedang berkunjung ke daerah Situbondo, jangan lupa untuk mampir ke Perkebunan Kopi Kayumas. Lokasi tepatnya berada di wilayah Kecamatan Arjasa, sekitar 47 km dari pusat kota.

Tempat wisata yang satu ini menawarkan keindahan perkebunan kopi yang terhampar luas. Disini, Anda bisa melihat perkebunan kopi arabika dan beberapa tanaman kina. Selain itu, Anda juga bisa mencicipi lezatnya kopi arabika, kopi luwak, dan berbagai jenis kopi lainnya yang tersedia di perkebunan ini.

Klik lihat: Tempat wisata di Jombang

Anda juga tak perlu khawatir karena fasilitas di tempat wisata ini sudah memadai, sehingga Anda bisa bersantai menikmati keindahan alam dengan rileks. Untuk harga tiket masuk yang ditawarkanpun murah.

7. Air Terjun Setancak

Air Terjun Setancak

Suka mendengar suara air terjun? Yaps, bagi beberapa orang suara air yang turun dari ketinggian dapat membuat pikiran lebih tenang. Apalagi ditambah dengan pemAndangan alam sekitar yang menakjubkan, liburan akan sangat menyenangkan.

Jika Anda sedang berada di Desa Mojosari, Asembagus, Situbondo, jangan lupa untuk mengunjungi Air Terjun Setancak. Dalam bahasa Madura sendiri, setancak memiliki arti yaitu air yang memancar. Yaps, air terjun ini terlihat seolah-olah air keluar dari dalam tanah jadi dinamakan Air Terjun Setancak.

Klik lihat: Tempat wisata di Pacitan

Tak hanya pemandangannya saja yang luar biasa, apabila Anda datang di jam-jem tertentu, Anda bisa melihat kawanan burung wallet disana. Disamping air terjun itu sendiri memang ada sarang burung wallet sekaligus tempat untuk mandi para burung tersebut. Apabila Anda ingin melihatnya, datanglah ke air terjun ini sekitar 6 pagi atau jam 5 sore.

8. Kelenteng Poo Tong Biaw

Kelenteng Poo Tong Biaw

Ingin mengunjungi salah satu tempat ibadah umat Budha yang ada di Bondowoso? Ada nih Kelenteng Poo Tong Biaw Situbondo. Disitu, Anda bisa melihat ornament oriental khas kelenteng yang memiliki warna merah.

Kelenteng ini berada di daerah Besuki yang berjarak 35 km dari pusat kota Situbondo. Meskipun Anda bukan orang Budha, Anda masih bisa mengunjungi tempat wisata ini. Tapi, Anda juga harus menjaga sikap ketika mengunjunginya. Janganlah merusak atau mengotori tempat ibadah tersebut.

9. Puncak Rengganis

Puncak Rengganis

Siapa nih yang hobi mendaki gunung? Di kabupaten Bondowoso terdapat Gunung Argopura yang bisa didaki dengan aman. Salah satu puncak di gunung tersebut adalah Puncak Rengganis.

Selain menawarkan pemAndangan alam yang indah, di puncak ini juga terdapat situs peninggalan zaman purba. Situs tersebut berupa teras yang berundak-undak, memiliki 3 area komplek dengan 5 buah bekas bangunan didalamnya. Konon, dulunya Puncak Rengganis ini tempat tinggalnya Dewi Rengganis. Itulah mengapa dinamakan sebagai Puncak Rengganis.

10. Pantai Banongan

Pantai Banongan

Suka membayangkan pantai yang memiliki deretan pohon kelapa disekitarnya? Jangan dibayangkan lagi, datang saja ke Pantai Banongan yang terletak di Desa Wringinanom, Asembagus, Situbondo.

Disini, Anda bisa melihat deretan pohon kelapa yang terjajar rapih dan menambah suasan sejuk di sekitar pantai. Tak hanya itu saja, jernihnya air laut juga menambah daya tarik siapapun yang menyukai tempat wisata air.

Anda bisa melakukan berbagai macam kegiatan disini seperti berjemur, berenang, bermain kano, dan lain-lain. Anda tidak perlu membayar tiket masuk untuk menikmati indahnya pantai ini, cukup membayar parkir kendaraan saja. Fasitlitas tempat wisatanya pun sudah lengkap. Jadi, Anda bisa leluasa menikmati pemandangan indah pantai ini.

Bagaimana, dari beragam obyek wisata Situbondo diatas, mana yang ingin anda kunjungi pada liburan mendatang?

Tempat Wisata di Situbondo

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *