Tempat Wisata di Blora

  • Whatsapp
Tempat Wisata di Blora

Salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini berbatasan dengan Rembang dan Pati pada wilayah utara serta berbatasan dengan Ngawi di wilayah selatannya. Di wilayah timur berbatasan dengan Jawa Timur dan di bagian baratnya berbatasan dengan Grobogan. Wilayah yang banyak dihuni suku Samin ini memang tak memiliki destinasi wisata laut namun kualitas komoditi jati serta migasnya dijamin paling juara terkhusus di Jawa. Dan berikut adalah opsi destinasi terbaik Blora yang lainnya.

10 Tempat Wisata di Blora yang Hits

1. Goa Terawang Todanan

Goa Terawang Todanan

Berwisata ke hutan juga bisa menjadi pengalaman yang amat menarik lho. Jika tak percaya bisa langsung saja ajak keluarga besar berkunjung ke Blora. Destinasi wisata satu ini merupakan sebuah paket lengkap yang dijamin memuaskan pengalaman liburan untuk segala umur.

Destinasi wisata goa estetik satu ini terletak tepat di tengah hutan jati Blora yang telah sangat populer dan dikelola langsung oleh pihak Perhutani. Total luas keseluruhan area wisata satu ini mencapai 13 hektar lho. Terdapat satu goa yang terbesar serta 5 buah goa lain dengan ukuran lebih kecil. Ada juga sebuah sendang yang bisa makin melengkapi hidangan panorama untuk momen liburan anda sekeluarga. Bahkan di sana dilengkapi pula dengan wahana bermain anak-anak.

2. Waduk Bentolo

Waduk Bentolo

Berlokasi tak jauh dari goa Terawang, anda sekeluarga juga bisa sekaligus mampir ke waduk Bentolo ini nih kala liburan. Waduk satu ini tepatnya terletak di desa Tinapan kecamatan Todonan. Fungsi utamanya memang untuk irigasi sawah di sekitarannya namun sangat banyak wisatawan yang tertarik untuk singgah juga di sana. Waduk satu ini juga menampilkan panorama asri khas waduk lengkap dengan aliran air di undakan alamiah yang menyerupai air terjun mungil.

3. Gunung Manggir Todanan

Gunung Manggir Todanan

Obyek wisata dengan panorama menakjubkan satu ini tepatnya terletak di desa Ngumbul. Memiliki luas hingga 4 hektar dengan ketinggian berkisar 250 meter di atas permukaan laut membuat destinasi wisata pegunungan satu ini menjadi spot wisata yang sangat ideal.

Obyek wisata alamiah nan asri ini menawarkan view pegunungan kapur yang menghijau untuk liburan refreshing anda. Pun dilengkapi dengan goa juga sendang natural yang memiliki pancaran air super jernih lho.. Tertarik mengeksplornya?

4. Lokomotif Wisata Cepu

Lokomotif Wisata Cepu

Obyek wisata yang satu ini dijamin antimainstream plus menarik maksimal lho. Destinasi wisata yang telah sangat populer ini tepatnya terletak di kelurahan Ngelo kecamatan Cepu.

Klik lihat: Tempat wisata di Cilacap

Uniknya anda bisa berkeliling hutan jati fenomenal di Blora menggunakan lokomotif kereta api klasik berbahan bakar kayu yang telah diproduksi sejak tahun 1928, Indonesia belum merdeka bahkan kala itu. Lokomotif bersejarah ini buatan orang Jerman yang bernama Berlinner Maschhinnenbaun. Dulunya dipakai untuk angkutan kayu sebelum beralih fungsi untuk obyek wisata. Langsung saja datang berkunjung jika anda ingin bernostalgia menaiki angkutan klasik nan keren satu ini ya!

5. Air Terjun Kedung Mansur

Air Terjun Kedung Mansur

Situs air terjun alamiah yang satu ini tepatnya terletak di desa Jatisari kecamatan Banjarejo. Panorama air terjun yang diapit tebing nan asri serta turun terkumpul menjadi sebuah kedung ini merupakan satu destinasi wisata unggulan nan wajib dikunjungi kala singgah ke Blora.

Anda bisa hunting beragam foto keren dengan latar belakang panorama air terjun nan menyegarkan. Lokasi satu ini juga paling cocok untuk wisatawan yang hobi melakukan pendakian. Hal ini lantaran trek untuk menuju ke situs air terjun tersebut hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki dan menghabiskan waktu selama satu jam. Have fun and happy exploring ya!

6. Taman Sarbini

Taman Sarbini

Terletak di pusat kota Blora persisnya di jalan Ahmad Yani kelurahan Tempelan membuat obyek wisata keluarga yang satu ini selalu super ramai dikunjungi para wisatawan.

Klik lihat: Tempat wisata di Temanggung

Destinasi wisata yang satu ini juga super lengkap untuk liburan keluarga segala usia lho. Jangan lupa untuk berkunjung secara ramai-ramai biar seru ya! Ada perpustakaan untuk anda yang gemar menghabiskan waktu dengan beragam bacaan yang sarat dengan wawasan. Untuk pengunjung anak-anak pun tersedia beragam permainan semisal mobil-mobilan maupun juga sepeda roda tiga. Sedangkan wahana permainan air yang menjadi salah satu ikon terpopulernya dilengkapi dengan kolam renang luas berair jernih dan memiliki banyak seluncuran seru berwarna-warni.

7. Monumen Hutan Jati Alam (Gubug Payung)

Monumen Hutan Jati Alam

Anda bisa coba kunjungi hutan monumental yang satu ini untuk mendapatkan wawasan baru serta view yang sangat menggoda. Destinasi wisata satu ini disebut juga dengan Gubug Payung dan dikelola secara langsung oleh otoritas Perhutani wilayah Cepu.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama jika produktivitas kayu jati dari Blora memang yang paling melimpah maka ada banyak opsi obyek wisata super menarik bertemakan hutan jati di sana. Khusus di area hutan jati monumental ini terdapat banyak gazebo dengan semilir angin yang nyaman bersisihan dengan pepohonan jati. Bahkan ada pohon jati berumur ratusan tahun dengan diameter batangnya sampai menyentuh 80 cm juga lho. Amazing ya!

8. Agrowisata Temanjang

Agrowisata Temanjang

Meskipun memang jauh dari wilayah geografis garis pantai namun dari sektor kehutanan daerah Blora bisa disebut sebagai juara. Untuk itulah beragam destinasi wisata hutan maupun juga agrowisata menjadi obyek unggulan di sana. Salah satunya yakni obyek agrowisata Temanjang yang sangat cocok untuk liburan keluarga di segala usia.

Klik lihat: Tempat wisata di Sidoarjo

Destinasi wisata satu ini berupa hutan kayu jati yang bercampur dengan ragam pepohonan buah-buahan. Uniknya juga, di sana terdapat sebuah kedung yang airnya tak pernah kering maupun habis. Hal ini membuat panorama serta suasana yang ditawarkan semakin asri nan memikat tentunya.

9. Wisata Geologi Blora

Wisata Geologi Blora

Jika anda penggemar wisata edukasi maka wajib banget mengunjungi destinasi wisata yang satu ini. Kabupaten Blora memang terkenal sebagai salah satu penghasil minyak serta gas terbesar di negara Indonesia.

Destinasi wisata satu ini bahkan telah terkemuka sejak tahun 1890 lho. Ada ratusan sumur aktif yang bisa menghasilkan total puluhan juta meter persegi minyak bumi untuk pasokan skala nasional. Tanpa menggunakan alat berat nan canggih, di sekitarannya bahkan ada juga pengeboran mandiri oleh warga dengan alat sederhana misal tali dan ember. Sangat menarik bukan?

10. Taman Budaya dan Seni Tirtonadi

Taman Budaya dan Seni Tirtonadi

Destinasi wisata terpopuler satu ini tepatnya terletak di jalan Sudirman pusat kota Blora. Seringkali disebut juga sebagai kebun binatang taman Tirtonadi lantaran ada banyak sekali satwa langka yang biasa ditampilkan di sana.

Fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap dengan beragam jejeran kios, kolam renang untuk anak-anak, hamparan taman yang sangat memikat dan masih banyak lagi lainnya. Dari siang hingga malam banyak para wisatawan datang terlebih lagi jika sedang tiba musim liburan. Jadi tertarik untuk berkunjung bukan?

Demikianlah list beragam opsi wisata di Blora Jawa Tengah. Tentunya, super recommended khususnya buat anda yang tengah hunting destinasi wisata selain yang bertemakan pantai maupun laut.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *