Tempat Wisata di Cilacap

  • Whatsapp
Tempat Wisata di Cilacap

Kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal dengan Nusakambangan-nya satu ini tepatnya berbatasan dengan Brebes dan Banyumas pada wilayah utara. Berbatasan dengan samudra Hindia pada wilayah selatan-nya. Sedangkan pada wilayah timur berbatasan dengan Banyumas serta Kebumen. Dan wilayah samudra Hindia selatan, Banjar, Ciamis juga Pangandaran sebagai penanda batas wilayah barat. Letak geografis ini membuat Cilacap amat kaya di sektor wisata sebagai berikut lho.

10 Tempat Wisata di Cilacap yang Terkenal

1. Wisata Hutan Payau

Wisata Hutan Payau

Tempat wisata super ciamik yang satu ini tepatnya berada di desa Karang Talun kecamatan Tritih Kulon. Obyek wisata yang sudah terjamin keindahan panoramanya ini bahkan sudah ada semenjak tahun 1978 dan memiliki total hutan seluas 10 hektar. Amazing ya! Anda bisa menikmati hamparan hutan payau dan tersedia pula titian kayu super instagramable sebagai jalur eksplorasi yang lebih maksimal.

Oya untuk bisa mencapai hutan payau ini anda mempunyai 2 pilihan cara tempuh yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. Opsi pertama yakni berangkat dari pelabuhan Seleko dengan menyewa kapal milik nelayan lokal. Jarak tempuh yang harus dilalui yakni berkisar 1 jam perjalanan menggunakan perahu. Patokan harga sewa berkisar Rp300.000,- sampai Rp600.000,- tergantung kelihaian anda untuk menawar harga terbaik. Asyiknya anda bisa menyewa perahu sepuasnya lho.

Nah untuk opsi perjalanan yang kedua anda bisa melalui jalur kampung laut yang tentunya memakan biaya naik perahu jauh lebih murah. Dengan melewati dua pemberhentian anda hanya akan dipungut biaya Rp20.000,- saja menggunakan kapal reguler yang tentunya jauh lebih ramai dengan penumpang dibanding menyewa perahu secara pribadi.

Klik lihat: Tempat wisata di Temanggung

Jarak tempuhnya juga agak molor menjadi hampir 1,5 jam perjalanan. Dan yang perlu diperhatikan lebih lanjut yakni kapal reguler tersebut hanya melayani dari pukul 08.00 sampai 13.00 saja ya. Jika anda tak bergegas maka sangat mungkin bisa tertinggal jadwal pemberangkatan maupun jadwal balik yang bisa menyebabkan anda harus menginap.

2. Benteng Pendem

Benteng Pendem

Tempat wisata sejarah nan unik satu ini tepatnya terletak di jalan Benteng, Cilacap Selatan. Cuma dipungut biaya sebesar Rp5.000,- saja anda sudah bisa berkeliling menikmati nostalgia benteng klasik yang tentunya memukau serta sarat akan wawasan yang satu ini. Untuk jam operasionalnya mulai dibuka semenjak 8.00 pagi hingga petang tepatnya pukul 18.00 ya. Jangan sampai kelewat jadwalnya!

Benteng peninggalan Belanda satu ini terletak di kawasan pantai Penyu dan sempat tak terurus lantaran tertutup pasir pesisir namun ditemukan serta dirawat kembali semenjak tahun 1986. Obyek wisata sejarah satu ini memiliki luas total nyaris 7 hektar dan dibangun selama sekitar 18 tahun lho. Yakni sejak tahun 1861 sampai dengan tahun 1879.

Klik lihat: Tempat wisata di Lamongan

Jika anda berkunjung ke Benteng tentara satu ini akan ada banyak hal menarik yang bisa dieksplor. Di antaranya yakni area barak, dapur, gudang senjata, mesiu, peluru, area rapat, perwira, pertahanan, pengintai, sekaligus juga area penjara. Luar biasa menarik serta antimainstream bukan?

3. Wisata Gunung Srandil

Wisata Gunung Srandil

Anda bisa mengunjungi destinasi wisata unggulan Cilacap satu ini baik melalui kota Kroya maupun juga Adipala. Letak tepatnya yakni berada di desa Glempang Pasir kecamatan Adipala. Destinasi wisata berupa gunung karang di sekitaran pesisir pantai Selatan satu ini amat menarik dengan menawarkan view pohon-pohon besar nan asri yang dilengkapi fasilitas memadai mulai toilet, mushola, kios dan lain-lain.

4. Pantai Jetis

Pantai Jetis

Pantai menawan satu ini tepatnya terletak di kecamatan Nusawungu, sebelah timur Cilacap. Daya tarik utamanya yakni gelombang dahsyat khas pantai selatan ditambah view menakjubkan dari pegunungan kapur Kebumen yang membentang sepanjang hampir 3 kilometer lho. Ada juga trek jalan tanah di tengah pantai untuk mengeksplor view laut yang lebih maksimal. Spot tempat pelelangan ikan juga bisa anda temui di pantai satu ini. Sangat cocok memborong oleh-oleh di sini tentunya.

5. Waduk Kubang Kangkung

Waduk Kubang Kangkung

Waduk wisata satu ini tepatnya terletak di wilayah Kawungaten. Cukup dengan membayar Rp2.000,- saja anda sudah bisa menikmati keindahan view yang lengkap dengan beragam fasilitas. Anda bisa berkunjung sejak pukul 7.00 sampai pukul 17.00 ya. Waduk super asri ini terletak di tengah kebun karet yang dilengkapi dengan kios-kios penjaja kelapa muda. Ada banyak gazebo, area terapi ikan, kapal dan kereta wisata, bebek kayuh hingga arena mandi bola untuk anak-anak lho.

6. Air Terjun Cimandaway

Air Terjun Cimandaway

Obyek wisata air terjun satu ini tepatnya terletak di wilayah Serang Datar Dayeuhluhur. Air terjun ini juga persis terletak di area kebun karet Perhutani Banyumas Barat. Menariknya air terjun ini memiliki ketinggian 100 meter dengan total 5 tingkatan yang diklaim tertinggi di area Cilacap. Aliran airnya bermuara dari sungai Singaraja menuju sungai Cikawalon. Fasilitasnya juga lengkap mulai dari toilet, gazebo, kios-kios hingga tempat parkir yang dijamin sangat memadai.

7. Hutan Pinus Karanggedang

Hutan Pinus Karanggedang

Hutan asri nan istagramable satu ini tepatnya terletak di sekitar jalan Pisang Sidareja. Di sana telah tersedia trek kendaraan yang meskipun tak begitu luas namun dijamin nyaman untuk dilalui sambil mengeksplorasi keindahan hutan pinus. Pepohonan pinus yang rimbun nan rapi nampak berjejer di kanan kiri jalan trek yang tentunya sangat tepat dijadikan sebagai destinasi refreshing kala liburan keluarga!

8. Masjid Batu Taman Hati

Masjid Batu Taman Hati

Masjid unik yang telah sejak lama menjadi destinasi wisata religi Cilacap ini tepatnya terletak di jalan Nusantara kelurahan Tritih Kulon. Masjid satu ini menawarkan keunikan khas yakni bentuk masjid serta kubahnya yang bertemakan batu alamiah dan dijamin sangat antimainstream. Nuansa natural lengkap dengan lingkupan pepohonan nan asri bisa menjadi destinasi wisata tepat untuk anda yang sekaligus ingin mendapat siraman rohani semakin dekat dengan Sang Maha Pencipta Alam.

9. Alun-alun Majenang

Alun-alun Majenang

Destinasi wisata satu ini tepatnya berada di jalan Diponegoro Jenang Majenang. Alun-alun luas dengan pemandangan asri dijamin akan membuat anda sekeluarga betah bersantai menghabiskan waktu bersama. Banyak keluarga berkumpul di alun-alun ini lantaran beragam fasilitas umum pun lengkap tersedia. Mulai dari masjid, toilet, kios-kios makanan hingga beragam wahana bermain anak ada di sana dan tentunya buka kapanpun selama 24 jam ya!

10. Museum Soesilo Soedarman

Museum Soesilo Soedarman

Ada destinasi wisata sejarah menakjubkan lho di Cilacap tepatnya pada daerah Gentasari Kroya. Untuk memasuki museum bersejarah satu ini pun cukup dibanderol amat terjangkau sekali yakni hanya Rp2.000,- saja per orang. Sementara jam bukanya yakni mulai pukul 7.00 hingga pukul 18.00. Museum satu ini berdiri di sekitaran area pendopo wisma Mbah Ageng yang dibangun oleh kakek buyut dari tokoh Jendral TNI (Purn) Soesilo Soedarman itu sendiri.

Klik lihat: Tempat wisata di Sidoarjo

Anda sekeluarga bisa menemui ragam koleksi senjata, foto-foto, wayang serta gamelan di bagian dalam museum Soesilo Soedarman ini. Tak hanya itu saja, di halamannya pun terdapat display menakjubkan dari kendaraan panser Amphibi serta juga pesawat patroli seri maritim NOMAD N-22 TNI-AL. Sangat atraktif bukan?

Ada banyak sekali ragam destinasi wisata di Cilacap yang bisa dieksplor para wisatawan. Ada wisata bahari, agrowisata, wisata religi, wisata sejarah, dan lainnya. Semuanya siap untuk memanjakan momen liburan anda sekeluarga.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *