Tempat Wisata di Temanggung

  • Whatsapp
Tempat Wisata di Temanggung

Berbicara tentang provinsi jawa tengah memang tidak pernah ada habisnya, semua pesona dan daya tariknya membuat pengunjung/wisatawan betah berlama-lama tinggal disana. Termasuk di kota temanggung, salah satu kota bagian dari provinsi jawa tengah yang memang memiliki pesona luar biasa.

Sebagai daerah penghasil tembakau terbesar di Indonesia, maka tidak heran jika daerah tersebut memiliki kekayaan alam yang begitu mengagumkan, termasuk semua obyek wisata, yang tersebar di sana. Tidak hanya sebatas destinasi alam saja melainkan banyak juga peninggalan-peningalan bersejarah, menyimpan banyak cerita menarik yang sayang bila dilewatkan.

Nah jika anda penasaran mana saja tempat wisata terbaik yang ada di Temanggung, berikut kami bagikan 10 tempat paling hits yang layak dipertimbangkan.

10 Tempat Wisata di Temanggung yang Terkenal

1. Wisata Alam Posong

Wisata Alam Posong

Wisata alam posong terletak di Tlahap, Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung Jawa Tengah. Di tempat tersebut anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat menarik yaitu pemandangan dari gunung sindoro yang masih sangat asri dan hijau apalagi jika anda bisa menikmati golden sunrise yang sangat menakjubkan. Makanya tempat ini menjadi salah satu spot foto yang paling banyak dicari.

Nah akses menuju kesana cukup mudah dan bisa ditempuh dengan kendaraan umum, namun yang patut diperhatikan ketika anda mulai masuk loket pembayaran disitu jalannya cukup terjal dan sempit sehingaa perlu ekstra hati-hati.

Tiket masuk ke wisara alam posong ini juga terbilang cukup murah, anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 4000 per individu. Untuk jam operasional tempat tersebut yakni mulai dari pukul 04.00 wib hingga 17.00 wib.

2. Curug Titang

Curug Titang

Wisata yang satu ini menawarkan air terjun yang sangat jernih dan juga dilengkapi area kolam luas. Ditempat ini anda tidak hanya bisa menikmati pemadangan alamnya saja melainkan tempat ini juga sering digunakan untuk tempat rafting, jadi jika anda ingin mencoba olahraga air yang cukup ekstrim maka tempat ini wajib untuk anda kunjungi.

Klik lihat: Tempat wisata di Sidoarjo

Curug titang ini terletak di Dusun Durenan Desa Temabarak Kecamatan Temabarak Kabupaten Temanggung, kurang lebih 6 km dari pusat kota Temanggung dan bisa diakses menggunakan sepeda maupun kendaraan bermotor dengan kisaran waktu sekitar 15 menit.

3. Embung Tlogopucang

Embung Tlogopucang

Embung Tlogopucang bertempat di Desa Tlogopucang Kecamatan Kandangan Kabupaten Temanggung. Pada awalnya embung tlogopucang merupakan bukan tempat wisata dan hanya tempat yang dimanfaatkan untuk menampung air limpasan dari air hujan.

Telaknya yang berada dikawasan perbukitanmenjadikan tempat ini memiliki pemandangan yang sangat cantik. Lama-kelamaan justru tempat tersebut menjadi tempat yang banyak dikunjungi orang karena memiliki spot foto yang sangat menarik. Sehingga sampai saat ini tempat tersebut dibuka sebagai tempat wisata namun tetap tidak mengesampingkan darifungsi utama dari embung tlogopucang tersebut.

4. Pendakian Gunung Sindoro

Pendakian Gunung Sindoro

Bagi anda yang hobi menaklukan gunung maka tempat ini patut untuk anda lewatkan. Gunung sindoro dan gunung sumbing merupakan 2 gunung yang mengapit daerah Temanggung, maka tidak heran jika kedua gunung tersebut menjadi salah satu ciri khas dari derah ini.

Daya tarik dari kedua gunung tersebut yaitu memiliki pemandangan alam yang masih alami sekali. Apalagi kika anda bisa menikmati keindahan tersebut dari kedua puncak gunung tersebut. selain dimanjakan dengan pemandangan alamnya anda juga bisa melihat gugusan gunung-gunung lain yang saling berjejer yang menambah keindahan alam Tumanggung.

Untuk bisa mencapai puncak kedua gunung tersebut anda bisa menggunakan 2 rute. Ketika ingin mendaki gunung sindoro bisa mengambil jalur Kledung, sedangkan untuk pendakian gunung Sumbing bisa dimulai dari Base Camp Cepit yang terletak di desa Pager Gunung, kec. Bulu, wilayah Temanggung, Jawa Tengah.

5. Monumen Meteorit

Monumen Meteorit

Monumen meteorit menjadi salah satu tempat wisata yang cukup unik yang ada di Temangung mengingat tidak semua daerah memiliki destinasi wisata seperti ini. sebenarnya monumen tersebut dibangun untuk mengingat peristiwa alam berupa jatuhnya meteor di desa Wonotirto pada tahun 2001 lalu.

Monumen Meteorit ini berlokasi di Desa Wonotirto Kabupaten Bulu Kecamatan Tumanggung Jawa Tengah. Akses jalan menuju ketempat tersebut juga sangat mudah dan bisa diakses menggunakan kendaraan bermotor.

6. Kolam Renang Alam

Kolam Renang Alam

Kolam renang alam ini berlokasi di Desa wisata Liangan, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung. Akses jalan menuju tempat wisata ini juga sangat mudah, anda bisa menggunkan kendaraan bermotor ataupun menggunkan angkutan umum.

Kolam renang buatan ini dibuat dengan memadukan konsep alam sangat cocok sekali dengan daerahnya yang pedesaan. Selain desain kolam yang dibuat dengan bentuk yang unik, hijaunya alam nan asri juga menjadi salah satu daya terik dari tempa wisata ini.

7. Candi Pringapus

Candi Pringapus

Mengenal sejaran dari dearah lain tentu saja dapat menambah pengatahuan dan wawasan anda bukan. nah salah satu peninggalan sejarah yang ada di daerah temanggung yaitu candi pringapus. Candi ini terletak di Desa Pringapus, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Klik lihat: Tempat wisata di Lamongan

Mekipun telah menjadi peninggalan beribu-ribu tahun lamanya nyatanya candi ini masih dalam kondisi yang sangat baik, bahkan relief-relief yang terukir di beberapa bagian candipun masih bisa dilihat secara jelas. Maka dari itu tempat tersebut dijadikan sebagai tempat wisata edukasi.

8. Taman Pengayoman

Taman Pengayoman

Wisata taman pengayoman ini terletak di Desa Temanggung II, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Taman ini sangat cocok bagi anda yang ingin mengahabiskan waktu bersama keluarga meupun bersantai ria.

Lokasi taman yang cukup strategis yaitu berada ditengah kota temanggung menjadikan tempat ini tidak pernah sepi dari para pengunjung. Uatamnya ketika musim liburan tiba.meskipun tergolong tempat umum dan ramai namun tempat ini sangat terjaga akan kebersihannya, sehingga anda yang berkunjung tidak perlu khawatir dengan hal tersebut.

9. Curug Guwung

Curug Guwung

Wisata curug Guwung terletak di Desa Gunungpayung, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Tempat ini memiliki pemandangan alam yang sangat menarik. Selain itu penduduk setempat juga terkenal sangat ramah, itulah yang menjadikan para pengunjung sangat betah tinggal disana.

Klik lihat: Tempat wisata di Pasuruan

Akses jalan menuju lokasi curung juga sangat mudah, bisa anda tempuh menggunakan kendaraan bermotor selain itu untuk memasuki area wisata ini anda juga tidak akan dikenakan tiket masuk alias gratis. jadi puas-puaskan saja ketika anda berkunjung ke curug guwung ini

10. Dataran Tinggi Posong

Dataran Tinggi Posong

Tempat wisata ini berada di ketinggian 2000 metel diatas permukaan laut, tepatnya berada di Desa Tlahap, Kecamatan Kledung Kabupaten Temanggung Jawa Tengah. Dimana dari tempat tersebut anda bisa menikmati keindahan alam yang sangat luar biasa. Apalagi jika anda berkesempatan bisa menikmati sunrise diketinggian tersebut, mungkin menjadi moment liburan yang tidak dapat terlupakan.

Nah demikianlah diatas 10 tempat wisata di Temanggung yang kami rekomendasikan untuk anda. Selamat berlibur.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *