Tempat Wisata di Sidoarjo
Travel

Tempat Wisata di Sidoarjo yang Terkenal

Pastinya hampir semua masyarakat Indonesia, sudah familiar dengan Sidoarjo. Iya, beberapa tahun silam, kota ini pernah sangat terkenal, dan sering muncul di pemberitaan televisi, karena adanya bencana lumpur, yang menenggelamkan banyak desa disana.

Namun, itu dulu. Sekarang ini lumpur di Sidoarjo telah dapat ditanggulangi oleh pihak terkait. Jadi, untuk anda yang punya rencana berkunjung ke Sidoarjo, dan menikmati beragam obyek wisatanya, tak perlu khawatir lagi.

10 Tempat Wisata di Sidoarjo yang Terkenal

Nah, untuk anda yang belum tau dimana saja tempat wisata di Sidoarjo, berikut ini kami akan membagikan beberapa rekomendasinya. Silahkan disimak.

1. Kali Porong

wisata kali porong

Kita tahu bahwasanya Sidoarjo ini dilalui oleh dua sungai besar, salah satunya adalah Kali Porong yang kini telah menjadi tempat wisata menakjubkan.

Hal pertama yang bisa Anda lakukan saat tiba di lokasi wisata Kali Porong adalah menyusuri sungai dengan perahu. Aktifitas susur sungai ini bisa Anda lakukan hingga mencapai muara di Pulau Sarinah. Sembari menyusuri sungai, Anda juga bisa sekalian melakukan aktifitas yang lain, yakni memancing. Di area sungai ini memang terdapat buayanya, tetapi Anda tenang saja, karena ada banyak pawang buaya yang ditugaskan untuk menanganinya.

2. Pulau Sarinah

Pulau Sarinah

Selanjutnya ada Pulau Sarinah. Pulau ini merupakan hasil sedimentasi Lumpur Lapindo yang dimulai sejak tahun 2006 yang lalu. Tak lagi berbahaya, pulau yang ada di tengah-tengah lumpur ini justru menyajikan panorama yang layak untuk diacungi jempol. Pulau Sarinah telah dipermak sedemikian rupa oleh warga setempat. ‘Hiasan’ utama yang sangat tampak pada pulau ini ialah pepohonannya yang sangat hijau dan rindang sehingga jika Anda berada di sini, Anda akan menemukan suasana yang asri.

3. Pemancingan Delta Fishing

Pemancingan Delta Fishing

Nah, untuk Anda yang ingin bersantai sembari memancing, Anda wajib untuk mengunjungi tempat wisata yang ketiga ini, yaitu Delta Fishing. Meski bernama demikian, nyatanya wahana pemancingan ini telang dilengkapi dengan berbagai fasilitas sehingga cocok juga untuk dijadikan objek rencana rekreasi.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Delta Fishing ini bukan hanya wahana pemancingan saja, tetapi sekaligus juga merupakan sarana rekreasi dengan fasilitasnya yang berupa kolam renang, outbond, flying fox, sepeda air dan lain-lain.

Klik lihat: Tempat wisata di Lamongan

Untuk jenis ikannya sendiri ada ikan nila, bawal, bandeng, mujair dan gurame. Bahkan jika Anda mau, Anda diperbolehkan meminta agar ikan hasil tangkapan Anda dimasak dan disantap di tempat.

4. Pantai Kepetingan

Pantai Kepetingan

Sidoarjo juga punya pantai yang cantik yang dinamakan dengan Pantai Kepetingan. Pantai ini bisa Anda akses baik melalui jalur darat maupun jalur laut. Pantai Kepetingan adalah pantai yang masih belum mendapat banyak ‘sentuhan’ dari wisatawan. Di sekitar pantai ini ada hutan bakau yang juga asri dan hijau. Dan jika Anda sudah bosan bermain di pantai, Anda bisa menyusuri perairan ini dengan menyewa perahu.

5. Museum Mpu Tantular

Museum Mpu Tantular

Kali ini tentang tempat wisata sejarah, di Sidoarjo ada satu museum yang dinamakan dengan Museum Mpu Tantular. Sebagaimana museum-museum lain yang ada di Indonesia, Museum Mpu Tantular ini juga menyimpan berbagai benda peninggalan sejarah. Luasnya sekitar 3,3 ha dan ada banyak sekali koleksi di dalamnya, dua diantaranya adalah emas dan juga lukisan tua.

Ada juga etnografi, biologi, geologi dan numistatik. Dengan begini, museum ini adalah salah satu destinasi wisata edukasi sejarah yang pas untuk Anda maupun anak Anda.

6. Kampung Batik Jetis

Kampung Batik Jetis

Sidoarjo memang tidak terkenal dengan kerajinan batiknya, tetapi Anda masih bisa menemukan satu tempat di sini yang dijadikan sebagai tempat wisata sekaligus pusat pengrajin batik, namanya adalah Kampung Batik Jetis. Kampung Batik Jetis ini bahkan sudah eksis sejak 1675 yang lalu. Di sini, Anda tidak hanya bisa mengamati berbagai motif batik dan membelinya saja, tetapi Anda juga bisa mengamati para pembuat batik yang menunjukkan keahliannya.

Klik lihat: Tempat wisata di Pasuruan

Bahkan jika Anda mau Anda juga bisa sekalian ikut pelatihan membatik. Tetapi untuk yang satu ini, Anda harus menghubungi pihak pengrajinnya terlebih dahulu.

7. Candi Pari

Candi Pari

Wisata sejarah tak hanya bisa Anda lakukan di Museum Mpu Tantular saja, tetapi Anda juga bisa melakukannya di Candi Pari, sebuah candi kuno yang merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit. Candi Pari adalah peninggalan dari pemerintahan Raja Hayam Wuruk. Candi ini menampilkan perpaduan pola antara Candi Champa di Thailand dengan Candi Khamer di Birma.

Berada di kawasan ini, Anda akan merasakan suasana agama Hindu yang sangat kental. Ada beberapa arca yang bisa Anda temukan sekaligus, 3 diantaranya adalah Arca Ganesha, Siwa Mahadewa dan Arca Argastya.

8. Wisata Alas Prambon

Wisata Alas Prambon

Selanjutnya ada Wisata Alas Prambon. Tempat wisata yang satu ini termasuk salah satu alternatif terbaik yang bisa Anda pilih jika ingin menciptakan quality time bersama anak-anak.

Wisata Alas Prambon adalah wisata yang menggabungkan tantangan fisik serta mental dengan aspek intelegensia. Ada berbaga fasilitas outbond yang bisa dinikmati oleh anak-anak seperti fying fox, line bridge, spider web, ayunan berantai, permainan lumpur serta jarring merayap.

Klik lihat: Tempat wisata di Kediri

Pastinya, semua fasilitas tersebut dipegang secara langsung oleh para instruktur yang sudah profesional sehingga Anda bisa melepas anak Anda dengan tenang. Selain bisa bermain, anak-anak juga bisa belajar tentang peternakan, perikanan, pertanian serta perkebunan.

9. Taman Abhirama

Taman Abhirama

Taman Abhirama juga merupakan objek wisata yang pas untuk Anda datangi jika Anda ingin menikmati waktu santai bersama dengan keluarga. Meski lokasi Taman Abhirama ada di tengah kota, tetapi taman ini sama sekali tidak panas. Pasalnya, ada banyak tanaman yang hijau dan rindang di sini.

Selain itu, taman ini sudah dilengkapi dengan air mancur lengkap dengan kolam ikannya sehingga suasana segar akan lebih terasa. Jika Anda merasa lelah, Anda bisa beristirahat di gazebo-gazebo yang ada di sana. Ada pula patung batu serta rumah kayu yang bisa Anda manfaatkan terutama untuk aktifitas fotografi.

10. Permata Waterpark

Permata Waterpark

Nah, tempat wisata terakhir dalam tulisan ini adalah Permata Waterpark. Tempat ini dibuka setiap hari sehingga Anda dan anak Anda bisa mendatanginya kapan saja. Permata Waterpark mempunyai berbagai fasilitas air yang terdiri atas bak tumpah, family slide, racing slide, spiral slide dan lain-lain. Untuk kolam renangnya sendiri bahkan sudah ada sliding baby dan baby pool juga. Selain berbagai fasilitas air tersebut, di sini juga ada area outbond untuk anak-anak berupa panjat tebing dan flying fox.

Itulah 10 tempat wisata di Sidoarjo yang sebaiknya tidak Anda lewatkan saat berkunjung ke sana. Selamat bersenang-senang.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *