Tempat Wisata di Kebumen

  • Whatsapp
Tempat Wisata di Kebumen

Kebumen adalah nama dari sebuah Kabupaten yang ada di di Jawa Tengah, Kabupaten ini memiliki sejuta pesona dan panorama alam yang menakjubkan dan masih banyak yang tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan tempat keren yang ada di Kebumen tersebut. Mulai dari Situs budaya, situs bersejarah, spot foto-foto kekinian, pantai-pantai yang indah, sampai air terjun yang sangat memanjakan mata semua ada di Kebumen.

Nah langsung saja di bawah ini kami akan mengulas secara singkat 10 tempat wisata di Kebumen yang tak boleh anda lewatkan.

Tempat Wisata di Kebumen yang Lagi Hits

1. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong merupakan pantai yang sudah cukup terkenal di kalangan warga Kebumen maupun warga luar daerah. Seperti namanya, di pantai ini memang ada karang berlubang atau bolong yang sangat ikonik. Lokasi pantai Karang Bolong ini berada di Desa Karang Bolong, Kecamatan Buayan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Jika Anda ingin menyaksikan keganasan ombak pantai selatan yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, pantai ini menjadi tempat yang tepat untuk dikunjungi. Apalagi biaya masuk tempat pantai yang indah ini hanya dikenakan sebesar tiga ribu rupiah per orangnya untuk dewasa, sedangkan untuk anak balita dikenakan biaya dua ribu rupiah saja.

2. Goa Jatijajar

Goa Jatijajar

Goa Jatijajar adalah obyek wisata di Kebumen yang sudah cukup terkenal dengan keindahan yang tak diragukan lagi. Goa ini telah terbentuk sejak ribuan tahun yang lalu sehingga wajar jika pemandangan bawah tanah yang diberikan sangat istimewa. Jarak Goa Jatijajar dari pusat kota kurang lebih 42 kilometer dan jika dari Gombong sekitar 21 kilometer.

Klik lihat: Tempat wisata di Kendal

Konon goa ini dulunya merupakan tempat bertapa Raden Kamandaka. Tidak perlu takut tersesat saat Anda berkunjung ke goa ini, karena penerangan dan jalannya sudah dikondisikan untuk memberi kenyamanan kepada para wisatawan.

3. Goa Petruk

Goa Petruk

Tempat rekreasi yang bisa Anda jadikan sebagai destinasi selanjutnya adalah Goa Petruk, jaraknya hanya sekitar 7 kilometer dari Goa Jatijajar. Keberadaan stalagtit dan stalagmit merupakan salah satu keindahan yang ditawarkan oleh Goa ini.

Di dalam Goa ini Anda akan dapat mendengarkan suara tetesan air kapur yang menggema dengan teratur secara terus menerus. Yang menambah kesan menarik dari Goa Petruk ini adalah adanya beberapa relief tokoh pewayangan dan kehidupan manusia pada dinding goa.

4. Pantai Menganti

Pantai Menganti

Pantai yang terkenal sebagai New Zaeland-nya Indonesia ini berlokasi di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Jika ingin menikmati pemandangan pantai dari ketinggian, Anda dapat menaiki sebuah mercusuar yang ada disana. Selain itu Anda dapat membuat hasil foto ketika berada di Pantai Menganti terlihat unik dan keren dengan pasir putih dan jejeran bukit-bukit disana.

5. Pantai Lampon

Pantai Lampon

Bagi Anda yang ingin melepas segala hiruk pikuk suasana kota yang melelahkan, Pantai Lampon adalah salah satu pilihan pantai yang sangat tepat. Karena pantai ini adalah pantai yang tergolong kecil jika dibandingkan dengan pantai-pantai lain yang telah tenar di Kebumen, sehingga tak banyak wisatawan yang datang kesini.

Klik lihat: Tempat wisata di Brebes

Kalau soal keindahan, Pantai berpasir coklat ini memiliki keindahan yang tidak kalah jika dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Kebumen. Selain itu, Pantai ini bisa dikunjungi secara gratis oleh wisatawan yang hadir. Karena belum suasananya yang masih sepi, Anda bisa merasa sensasi memiliki pantai pribadi ketika berada di Pantai Lampon ini.

6. Pantai Gebyuran

Pantai Gebyuran

Pantai Gebyuran merupakan salah satu tempat wisata yang tersembunyi di Kebumen dan sayang jika anda melewatkan kesempatan untuk mengeksplorasinya. Akses jalan yang harus dilalui untuk mencapai pantai ini memang cukup sulit, bibir pantainya juga tidak terlalu luas, namun bukan berarti pantai ini tidak menarik. Barisan tebing-tebing batu mengapit Pantai ini, ada juga ceruk-ceruk kecil yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat berteduh.

Pantai Gebyuran bisa dibilang cukup jinak dan landai karena banyaknya karang yang memecah ombak di tengah laut. Pantai ini berlokasi di sebelah barat Tanjung Karang Penganten, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

7. Pantai Karang Agung

Pantai Karang Agung

Pantai karang Agung adalah Tempat wisata yang cukup unik lainnya di Kebumen. Pantai ini berbeda dengan pantai pada umumnya yang identik dengan pasir yang berbatasan langsung dengan air. Di sini, ombak bertemu langsung dengan bebatuan yang banyak berada di sekitar pantai.

Dan sesuai dengan nammanya, di Pantai Karang Agung ini terdapat batu karang yang ikonik berdiri dengan gagah. Kelestarian Batu karang tersebut tetap terjaga hingga saat ini karena batu karang tersebut merupakan batu keramat yang dilindungi oleh warga setempat. Meskipun indah, pantai ini bisa dibilang belum ramai dikunjungi oleh wisatawan.

8. Bukit Pranji

Bukit Pranji

Kebumen merupakan salah satu wilayah untuk berburu sunrise seperti layaknya wilayah lain yang memiliki dataran tinggi. Bukit Pranji adalah obyek wisata di Kabupaten Kebumen yang menghadirkan nuansa matahari terbit yang benar-benar memukau. Karena keindahan pemandangannya saat sunrise, beberapa wisatawan bahkan sengaja bermalam dengan mendirikan tenda agar tidak ketinggalan momen penting munculnya matahari dari ufuk timur di Bukit Pranji.

Klik lihat: Tempat wisata di Batang

Jika anda ingin mengabadikan keindahan matahari terbit di Kebumen Bukit Pranji bisa dikatakan sebagai tempat wisata paling pas. Lokasi bukit ini berada di Desa Pengarigan, Kecamatan Pejagoan, Kabupaten Kebumen. Akses menuju kesana cukup mudah dijangkau, Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua untuk tiba di atas.

9. Keraton Suci Bulupitu Kebumen

keraton suci bulupitu kebumen

Bulupitu merupakan sebuah Kraton suci yang berisi dua makam, yaitu makam Nawang Sih dan Nawang Sasi, yang memiliki banyak legenda di Kebumen dengan kesakralan yang tetap terjaga hingga saat ini. Para pengunjung sering melakukan ziarah, semedi dan menenangkan diri agar lebih khusyuk dalam berdoa. Hanya orang-orang dengan kepentingan tertentu saja yang diperkenankan memasuki kraton ini. Tempat ini berada di tengah pegunungan dan jauh dari perkampungan penduduk , karena itu suasananya sangat tenang dan sejuk.

Para peziarah harus melewati lebih kurang lima ratus anak tangga untuk tiba ke sana. Terdapat banyak papan berisi larangan dipasang di sepanjang jalan dan harus dipatuhi oleh pengunjung.

10. Bukit Pentulu Indah

Bukit Pentulu Indah

Bukit Pentulu Indah adalah destinasi yang menjadi tempat wisata hits di Kebumen. Hal ini karena pemandangan yang benar-benar menawan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing dengan semburat merah dari mentari yang baru keluar dari peraduan.

Pemandangan indah tersebut berasal dari kawasan purba Cagar Geologi Karangsambung. Di sana terdapat gardu pandang di atas pohon yang dapat Anda jadikan spot foto untuk menghasilkan foto yang terlihat semakin menarik., Anda harus menempuh jarak 21 km dari pusat kota ke arah utara untuk menuju ke Bukit Pentulu Indah.

Itulah diatas 10 tempat wisata di Kebumen yang kami pilihkan untuk Anda. Semoga dapat membantu Anda menentukan destinasi tujuan berlibur yang menarik.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *