Tempat Wisata di Brebes

  • Whatsapp
Tempat Wisata di Brebes

Brebes merupakan salah satu kabupaten yang paling menarik di Provinsi Jawa Tengah. Wilayah geografisnya yang berbatasan langsung dengan Cirebon Jawa Barat menjadikannya sebagai daerah pertemuan serta perkembangan dialek ngapak bercampur bahasa Sunda. Brebes juga paling masyhur dengan produksi telur asin serta bawangnya. Namun, artikel ini akan mengupas sisi lain dari Brebes yang tak kalah istimewa serta mempesona dari sektor wisata. Langsung saja mari disimak.

Tempat Wisata di Brebes yang Lagi Hits

1. Air Terjun Ranto Canyon

Air Terjun Ranto Canyon

Opsi destinasi wisata unggulan di Brebes yang pertama yakni berupa air terjun yang terletak di area lereng gunung selatan Brebes. Lebih tepatnya yakni di desa Windusari kecamatan Salem, kurang lebih memakan waktu perjalanan 2, 5 jam dari pusat kota Brebes.

Destinasi wisata satu ini sangat kekinian dan pastinya menyuguhkan rangkaian panorama yang sangat artistik nan instagramable. Ada banyak kegiatan seru yang bisa anda lakukan di destinasi wisata satu ini. Mulai dari aktivitas susur sungai, snorkelling sampai cliff climbing juga tersedia. Ada juga fasilitas sewa pemandu wisata plus paket safety lengkap misal helm serta pelampung yang hanya dibanderol dengan harga Rp30.000,- saja. Sangat terjangkau ya?

2. Candi Pangkuan

Candi Pangkuan

Area wisata yang letak persisnya di sebuah hutan tua desa Cilibur kecamatan Paguyangan ini nampak sangat ramai didatangi hilir mudik para wisatawan. Destinasi wisata ini termasuk salah satu situs sejarah yang menakjubkan lantaran telah ditemukan pertama kali pada kisaran tahun 1965 lho.

Klik lihat: Tempat wisata di Batang

Sejujurnya memang bukan komplek candi seperti pada umumnya. Tempat wisata yang satu ini hanya berupa peninggalan sebuah artefak berpintu mini dengan tinggi berkisar setengah meter saja. Artefak kuno satu ini dikelilingi pepohonan berumur ratusan tahun serta tak pernah sepi dari kerumunan monyet di sekitarannya. Hal inilah yang membuat daya tarik tersendiri bagi para pengunjung selain memang lingkungan yang sangat asri dan juga akses masuknya yang gratis.

3. Desa Wisata Cisereun

Desa Wisata Cisereun

Desa wisata unik yang satu ini tepatnya terletak di area lereng gunung Kumbang kecamatan Ketanggung. Dikatakan sebagai desa wisata lantaran banyak keistimewaan utamanya tentang adat tradisi yang masih dipegang teguh oleh penduduk di sana sampai saat ini. Penduduk setempat bahkan selalu mengadakan upacara adat Ngasa tiap kali tiba hari Selasa Kliwon sebagai wujud syukur kepada Tuhan.

Yang tak kalah unik lagi, keseluruhan rumah desa ini terbuat dari atap asbes serta dinding kayu. Hal ini lantaran penggunaan atap genting, tembok serta lantai semen maupun keramik memang terlarang di kawasan desa wisata Cisereun ini. Bahkan menanam komoditi utama Brebes berupa bawang merah pun anehnya juga terlarang khusus di desa yang satu ini. Menarik bukan?

4. Ciblon Waterboom

Ciblon Waterboom

Destinasi wisata kekinian untuk segala umur ini tepatnya terletak di sekitaran jalan Yos Sudarso. Destinasi wisata bertemakan ragam permainan air ini selalu ramai dikunjungi wisatawan lantaran harga tiket yang super terjangkau serta adanya fasilitas wahana yang dijamin atraktif. Bagaimana tidak? Cukup dengan membayar Rp13.000,- saja pengunjung bisa menikmati wahana lengkap mulai kolam renang luas, ragam slider setinggi 12 meter, pun tak ketinggalan wahana ember tumpah.

5. Pemandian Air Panas Tirta Husada

Pemandian Air Panas Tirta Husada

Terletak di desa Kedungoleng kecamatan Bantarkawung tepatnya berjarak kisaran 75 kilometer dari pusat kota Brebes, destinasi wisata alamiah satu ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Klik lihat: Tempat wisata di Blora

Pantas saja lantaran harga tiket masuk yang dibanderol pun sangatlah ekonomis di kantong. Cukup bayar Rp6.000,- saja pengunjung bisa menikmati fasilitas lengkap yang tersedia di dalamnya. Di antaranya yakni kolam pemandian air panas, kolam renang untuk anak-anak, kamar mandi dengan pelayanan VIP hingga tempat karaoke keluarga untuk makin memuaskan momen rileks liburan anda tentunya.

6. Pantai Randusanga

Pantai Randusanga

Khusus untuk destinasi wisata bahari di Brebes ada pantai Randusanga yang bisa dijadikan sebagai pilihan paling tepat. Panorama sunset pantai ini sangatlah juara sehingga banyak memikat pengunjung untuk berlama- lama menghabiskan waktu di sana.

Jangan salah juga ya, di pantai Randusanga faktanya juga tersedia aneka fasilitas memikat yang dikhususkan bagi para pengunjung yang datang. Sebut saja area bumi perkemahan, arena balap motor, ragam rumah makan dengan menu utama hidangan fresh seafood, beragam kios kuliner khas hingga terdapat pula pembudidayaan ikan bandeng serta rumput laut yang sudah sangat populer.

7. Waduk Malahayu

Waduk Malahayu

Destinasi wisata menakjubkan ini tepatnya memang terletak di desa Malahayu kecamatan Banjarharja. Destinasi wisata berupa waduk nan asri satu ini termasuk juga sebagai salah satu tempat bersejarah lho. Pasalnya waktu pembangunannya memang telah selesai semenjak penguasaan Belanda atas Indonesia.

Nah selain untuk irigasi ataupun pengairan, mulailah area sekitaran waduk ini digunakan warga sebagai destinasi wisata atau bahkan juga tempat untuk berkemah. Tiket masuk yang dibanderol untuk menikmati panorama waduk menawan satu ini pun sangatlah terjangkau. Anda cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp6.000,- saja untuk menikmati view luar biasa memukau!

8. Cagar Alam Telaga Ranjeng

Cagar Alam Telaga Ranjeng

Kawasan telaga yang sangat populer ini tepatnya terletak di kaki gunung Slamet desa Pandansari kecamatan Paguyangan. Destinasi wisata alamiah satu ini sangat cocok untuk dijadikan tempat hunting foto dengan latar panorama telaga serta pegunungan yang super menawan.

Klik lihat: Tempat wisata di Cilacap

Untuk memasuki kawasan destinasi wisata cagar alam satu ini juga tak dipungut biaya sepeserpun alias gratis lho. Yang menarik dari destinasi wisata telaga ini erat kaitannya dengan mitos yang beredar tentang asal usulnya. Konon tersebar kabar yang mengatakan jika telaga nan asri ini merupakan habitat dari ribuan ikan nila serta lele raksasa sebelum akhirnya raib begitu saja tak meninggalkan sisa.

9. Kalibaya Park

Kalibaya Park

Memandang keindahan waduk Malahayu serta deretan pegunungan yang tinggi menjulang di sekelilingnya yang paling tepat ya dari area Kalibaya Park satu ini. Destinasi wisata yang dikelola secara resmi oleh pemerintah lokal ini diklaim memiliki pemandangan yang paling menakjubkan dari seantero area ketinggian wilayah Brebes.

Kalibaya Park juga merupakan sebuah taman wisata yang sangat atraktif untuk acara liburan seluruh keluarga beragam usia. Pemandangan yang super menakjubkan juga ditunjang dengan fasilitas yang tak kalah lengkap lho. Ada area padang savana, ATV track, arena outbound, gardu pandang dengan tawaran view terbaik dan masih banyak lagi lainnya yang siap memanjakan anda sekeluarga.

10. Hutan Mangrove Kaliwlingi

Hutan Mangrove Kaliwlingi

Untuk anda yang ingin menikmati wisata pantai dengan cara antimainstream bisa berkunjung ke kawasan hutan mangrove di desa Pandandari Kaliwlingi satu ini. Bagian terserunya anda bisa menikmati asrinya hutan mangrove sambil menjelajah lebih dekat dengan menggunakan perahu yang tersedia. Beragam biota laut juga bisa anda temui di wilayah hutan pantai penangkal abrasi yang satu ini lho.

Sangat menarik bukan ragam opsi destinasi wisata di Brebes Jawa Tengah, yang bisa dieksplor dalam list di atas? Hal ini tentunya sekaligus menjadi bukti bahwa wisata lokal juga tak kalah memukau dengan wisata internasional.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *