Tempat Wisata di Ciamis
Travel

Tempat Wisata di Ciamis

Meskipun tidak dikenal sebagai kota pariwisata, ciamis ternyata menyimpan berbagai destinasi menarik yang bisa anda kunjungi. Nah, jika anda ingin berlibur di ciamis, berikut beberapa tempat wisata di Ciamis yang wajib dikunjungi.

Tempat Wisata di Ciamis Terbaru

1. Green Canyon (Cukang Taneuh)

Green Canyon

Tempat wisata ini menawarkan pemandangan tebing besar yang menjulang dan berwarna hijau yang menjadikan suasana yang asri dan tenang. Green canon masih dalam kawasan objek wisata batukaras dan lapangan terbang nusawiru. Anda bisa menikmati keindahan green canyon dari sungai cijulang, karena sungai iniah yang akan menuntun anda menuju green canyon.

Untuk menuju cukang taneuh, anda bisa menggunakan perahu tempel maupun perahu kayuh yang melewati dermaga ciseuruh. Selama perjalanan, anda akan disajikan pemandangan sungai cijulang yang airnya menembus gua-gua yang dipenuhi stalaktit dan stalakmit.

Warna air green canyon berwarna hijau toska yang sangat indah dan bersih. Mungkin karena inilah tempat wisata ini dinamakan green canyon. Green canyon juga menyajikan keindahan dasar sungai yang bersih dengan banyak ikan yang berlalu-lalang diantara bebatuan.

Alamat green canyon: desa kertayasa, kecamatan cijulang, ciamis, jawa barat.

Harga tiket masuk: untuk menuju green canyo, anda bisa menyewa perahu berkapastias 6 orang dengan harga Rp. 125.000. tempat wisata ini buka setiap hari mulai jam 8 pagi sampai 5 sore dan dihari jumat buka mulai jam 1 sampai 5 sore.

2. Situ Lengkong Panjalu

Situ Lengkong Panjalu

Situ lengkong merupakan sebuah danau dengan luas 57,95 hektar yang terletak di kecamatan panjalu kabupaten ciamis utara, dehingga dinamakan situ lengkong panjalu atau situ panjalu. Di danau tersebut terdapat pulau seluas 9.25 hektar yang disebut nusa gede atau nusa larang.

Situ lengkong merupakan perpaduan antara wisata alam dan budaya. Disini anda bisa menyaksikan keindahan danau dengan menaiki perahu mengelilingi nusa. Pengunjung yang datang, selain menikmati keindahan alamnya, juga sekaligus bisa berziarah ke makam kuno prabu hariang kancana, putra sanghyang borosngora di nusa gede dan berkunjung ke museum bumi alit yang menyimpan benda-benda purbakala seperti menhir, batu, pengsucian, batu penobatan dan naskah-naskan serta perkakas peninggalan milik raja-raja panjalu terdahulu berupa pedang, genta, dan sebagainya.

Klik lihat: Tempat wisata di Cianjur

Berdasar surat keptusan gubernur jendral hindia belanda nomor 6 pada tanggal 21 februari 1919, situ lengkong ditetapkan sebagai kawasan cagar alam. Sebagai cagar alam, nusa larang mempunyai vegetasi hutan primer yang masih utuh dan alami.

Alamat situ lengkong panjalu: kecamatan panjalu kabupaten ciamis utara.

Harga tiket masuk: Rp.2.500/orang

3. Kampung Adat Kuta

Kampung Adat Kuta

Dinamakan kampung adat kuta, mungkin karena lokasinya berada di lembah yang curam, sekitar 75 meter dengan dikelilingi tebing-tebing. Dalam bahasa sunda buhun, kuta artinya pagar tembok. Kampung adat kuta merupakan sebuah dusun yang sampai saat ini masih teguh memegang budaya adat leluhur.

Kearifan lokal yang masih dipegang oleh penduduk kampung kuta, berhasil menjaga keseimbangan alam dan terpeliharanya tatanan hidu bermasyarakat. Salah satunya adalah dalam hal pelestarian hutan, mata air dan pohon aren sebagai sumber kehidupan mereka.

Masyarakat adat mempunyai hutan keramat atau dikenal dengan leuweung gede yang sering dikunjungi orang-orang yang ingin mendapatkan kebagahiaan dan keselamatan hidup. Tetapi pantang meminta sesuatu yang menunjukan ketamakan seperti kekayaan.

Diberlakukan sejumlah larangan bagi anda yang ingin memasuki wilayah hutan, antara lain seperti tidak boleh memanfaatkan dan merusak sumber daya hutan, memakai baju dinas, memakai pakaian hitam, memakai emas, memakai baju dinas, memakai alas kaki, meludah dan membuat keributan.

Klik lihat: Tempat wisata di Subang

Karena ketaatanya dalam menjaga hutan, kampung kuta pada 2002 menerima penghargaan kalpataru untuk kategori penyelamat lingkungan. Larangan yang berlaku di luar hutan tetapi masih termasuk wiayah kampung juga wajib dipatuhi seperti dilarang membangun rumah dengan atap genting, memamerkan kekayaan, mementaskan wayang, mengubur jenazah, dan sebagainya. Larangan tersebut jika dilanggar akan mendatangkan malapetaka bagi mereka yang melanggarnya.

Lokasi kampung kuta: desa karangpaninggal, kecamatan tambaksari , sekitar 60 km dari kota ciamis kearah timur.

4. Astana Gede Kawali

Astana Gede Kawali

Ciamis dulunya mempunya peran yang strategis karena merupakan pusat kerajaan galuh, salah satu kerajaan besar di jawa barat yang berdiri pada abad VII. bagi anda yang ingin berwisata sejarah, tempat ini sangat rekomended untuk dikunjungi.

Anda bisa melihat sisa-sisa peninggalan kerajaan galuh pada abad ke-14 di situs astana gede kawali. Peninggalan arkeologis yang ditemukan cukup menarik karena berasal dari tiga budaya yang berbeda yakni budata lokal, budata islam dan budaya hindu. Beberapa peninggalan arkeologis yang terdapat pada astana gede kawali antara lain 6 buah batu prasasti, 11 makam dan 3 buah menhir.

Dilihat dari peninggalan yang ditemukan, astana gede kawali merupakan kawasan campuran yang berasal dari periode pra-sejarah, klasik dan islam.
Sebagai destinasi wisata sejarah dan budaya, kawasan ini sangat menarik untuk anda kunjungi. Situs ini juga menyimpan banyak objek ulmu pengetahuan. Banak peninggalan masa lampau yang sudah diteliti oleh para ilmuwan seperti ahli arkeologi, sejarawan, filologi, dan sebagainya
Alamat astana geda kawali: berada di dusun indrayasa, kecamatan kawali. Berada di kaki gunung sawal dan mempunyai luas sekitar 5 hektar.

5. Body Rafting di Sungai Citumang

Body Rafting di Sungai Citumang

Bagi anda yang ingin menghabiskan akhir pekan dengan bermain air menyusuri aliran sungai citumang anda bisa mencoba body rafting. Dengan berbekal pelampung, anda bisa menikmati kesegaran air sungai yang bersih kebiruan sembari menikmati pemandangan disekeliling sungai yang berupa batu cadas dan pagar pepohonan dengan akar yang menjulur ke sungai.

Bagi anda yang ingin menjajal body rafting, anda wajib mengenakan jaket pelampung yang disewakan. selama body rafting, anda akan didampingi pemandu yang berpengalaman dan tersetifikasi, sehingga aktivitas bodu rafting anda akan berjalan aman. Selain rafting anda juga bisa melakukan aktivitas lain seperti panjat tebing.

Lokasi body rafting citumang: desa bojong , citumang

Tarif: Rp. 85.000/orang

6. Masjid Agung Ciamis

Masjid Agung Ciamis

Bagi anda yang ingin berwisata religi, anda bisa berkunjung ke masjid agung ciamis. Masjid ini mempunyai arsitektur yang menarik dengan bangunan yang didominasi oleh kayu. Selain untuk tempat beribadah, masjid ini juga punya view yang menarik bagi anda yang hobi hunting foto. Anda akan mudah menemukan masjid ini karena Masjid ini berlokasi di pusat kota, dekat dengan alun-alun ciamis.

Alamat masjid agung ciamis: jalan jendral sudirman

7. Curug Tujuh Panjalu

Curug Tujuh Panjalu

Seperti namanya, curug ini terdiri atas tujuh spot air terjun. Untuk sampai ke curug, anda harus melewati bukit dengan melalui jalan setapak yang dikelilingi hutan pinus. Tempat ini cocok bagi anda yang punya hobi petualangan karena jalan dibutuhkan tenaga yang cukup ekstra utuk melewati jalan menuju lokasi.

Klik lihat: Tempat wisata di Sumedang

Konon katanya, curg tersebut bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit, encok , pegal linu dan rematik. Air curug tidak pernah surut , sekalipun pada musim kemarau. Bagi anda yang ingin camping, tersedia tempat bagi anda untuk mendirikan tenda. Anda bisa mencapai curug satu sampai tuju dengan waktu tempuh sekitar 2-3 jam.

Alamat curug tujuh panjalu: desa sandingtaman, kecamatan panjalu.

8. Pantai Batu Hiu

Pantai Batu Hiu

Dinamakan pantai batu hiu, karena bentuk batu-batnya yang mirip sirip hiu, tetapi karena tergerus ombak, lama kelamaan batu-batu tersebut tidak lagi mirip sirip hiu. Disini , anda bisa menikmati pemandangan laut lepas dari atas taman batu yang indah sambil berfoto ria.

Alamat pantai batu hiu: desa ciliang, kecamatan parigi, kabupaten ciamis

9. Jembatan Cirahong

Jembatan Cirahong

Bagi anda yang hoby berburu foto instagramable, anda bisa datang ke jembatan ini, tempat ini menarik karena jalur bawah, sisi kanan kiri serta atasnya dibuat dengan besi yang dicat biru dan putih. Banyak orang yang berkunjung ke jembatan ini untuk sekedar berfoto-foto

Alamat jembatan cirahong: perbatasan kabupaten tasikmalaya dan ciamis

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *