Tempat Wisata di Sumedang
Travel

Tempat Wisata di Sumedang

Sumedang merupakan salah satu kabupaten yang berada di daerah pegunungan. Jadi buat anda penggemar udara dan pemandangan pegungunang yang asri, maka Sumedang wajib dijadikan tujuan wisata saat sedang liburan.

Di Sumedang, Anda akan menemukan berbagai macam pilihan tempat wisata alam yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Jadi pastikan anda membawa kamera terbaik untuk mengabadikan tiap moment istimewa.

Nah, untuk anda yang belum familiar dengan obyek wisata di kota Sumedang, kali ini kami akan membagikan beberapa rekomendasi 10 tempat wisata yang wajib dikunjungi.

Tempat Wisata di Sumedang Jawa Barat

1. Tahura Gunung Kunci

Tahura Gunung Kunci

Sebenarnya, tempat wisata ini bukanlah tempat wisata gunung yang menjulang tinggi. Gunung Kunci sendiri hanya merupakan sebuah bukit kecil yang terletak sekitar pusat kota dan tak jauh dari alun-alun kota Sumedang. Lebih tepatnya berada di Gunung Panjunan, kelurahan Kota Kulon, kecamatan Sumedang Selatan.

Disini, Anda bisa melihat objek wisata bersejarah yang berupa benteng pertahanan. Benteng ini sendiri dibangung oleh para pemerintah Belanda pada zamannya.

Didalam benteng ini terdapat beberapa ruangan dengan fungsi yang berbeda-beda pula. Tak hanya bersejarah saja, dikelilingi dengan asrinya pepohonan yang masih hijau dan rimba akan membuat koleksi foto Anda bertambah.

2. Mata Air Kabuyutan Sirah Cipelang

Mata Air Kabuyutan Sirah Cipelang

Maraknya foto berlibur di tempat wisata Mata Air Kabuyutan Sirah Cipelang menjadikan tempat wisata baru yang satu ini ramai dikunjungi oleh para pemuda-pemudi. Bagaimana tidak?

Suasana alam yang masih asri ditambah dengan mata air yang masih jernih dan bersih membuat foto menjadi lebih menarik dan fotogenik. Tentunya, bagi para pemburu foto yang instgramable tidak akan melewatkan kesempatan yang bagus ini.

Klik lihat: Tempat wisata di Ciwidey

Keindahan alam yang ditawarkan disekitar mata air ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menginstirahatkan pikiran sejenak. Untuk itu, kunjungilah tempat wisata mata air ini yang terletak di desa Cipamekar, kecamatan Conggeang.

3. Puncak Damar Baros Jatigede

Puncak Damar Baros Jatigede

Apabila mendengar tentang tempat wisata alam puncak, apakah Anda berfikir harus menaiki trek jalan yang terjal seperti menaiki gunung? Jangan khawatir! Tempat wisata Puncak Damar Baros Jatigede ini tidak memiliki trek perjalanan yang susah, kok!

Tempat wisata yang terletak di desa Paku Alam, kecamatan Darmaraja menawarkan keindahan alam yang tak ada duanya. Dari kejauhan, Anda bisa melihat indahnya Waduk Jatigede yang dikelilingi dengan perbukitan dan membentuk kesatuan yang indah untuk dipAndang.

Selain menikmati keindahan alamnya, Anda juga bisa menaklukan wahana permainan yang sudah disiapkan di tempat wisata ini seperti outbound, camping ground, dan sebagainya.

Fasilitas di tempat wisata ini juga sudah sangat memadai sehingga Anda bisa menghabiskan waktu disini selama yang Anda mau.

4. Situ Cilembang

Situ Cilembang

Suka mengunjungi tempat wisata yang sedang hits di media sosial? Jangan lewatkan mengunjungi Situ Cilembang, ya! Danau ini terletak di desa Hariang, kecamatan Buahdua.

Disini, mata Anda akan dimanjakan dengan air danau yang sangat jernih seperti kristal dengan pantulan warna biru langit yang mempesona. Anda akan terpana akan kejernihan air tersebut.

Mungkin Anda akan tergoda untuk berenang di danau tersebut,.tapi Anda tidak boleh melakukannya. Untuk menjaga kebersihan dan kejernihan air, tidak boleh ada wisatawan yang berenang di danau tersebut. Jadi, jagalah kebersihan lingkungan dengan tidak berenang di danau atau membuang sampah sembarangan.

Untuk itu, siapkan saja kamera dan carilah sudut pandang yang bagus untuk mendapatkan hasil foto yang sempurna.

5. Arung Jeram Pangcalikan

Arung Jeram Pangcalikan

Siapa nih yang suka berwisata yang memicu adrenalin? Di Sungai Cipeles, Desa Citepok terdapat salah satu olahraga air yang menantang yaitu arung jeram.

Tentunya, aliran arus sungai ini sangatlah menantang. Jika Anda memiliki nyali yang cukup, mengapa tidak mencobanya saja? Bahkan, dibeberapa lokasi arung jeram, adna bisa melihat ada dua tebing batu eksotis yang mengapit sungai ini. Cukup tertantang untuk menaklukan arus Sungai Cipeles ini?

6. Mata Air Cikandung

Mata Air Cikandung

Daerah sekitar Sumedang memang masih sangat asri sehingga tak heran apabila Anda menemukan tempat wisata mata air yang masih bersih dan segar. Salah satu mata air yang di Sumedang yaitu Mata Air Cikandung.

Mata air yang satu ini terletak di dusun Sukasari, desa Nyalindung, kecamatan Cimalaka. Ketika Anda melihat air yang jernih dan segar, pastinya Anda tidak tahan ingin merasakan kesegaran air tersebut, bukan?

Klik lihat: Tempat wisata di Karawang

Berhati-hatilah ketika berjalan disekitar danau ini karena airnya tenang, yang menunjukkan betapa dalamnya danau tersebut. Selain kesejukkan dari mata air itu sendiri, dikelilingi dengan pepohonan yang rimba, Anda bisa mendapatkan kesegaran udara yang berlimpah.

7. Wisata Paralayang Gunung Lingga

Wisata Paralayang Gunung Lingga

Selain menikmati pemandangan dari suatu tempat wisata, Anda juga bisa menikmati keindahan alam Sumedang dari ketinggian. Kok bisa? Bisa dong! Di desa Linggajaya, kecamatan Cisitu, Anda bisa mencoba keberanian Anda dengan berolaharaga paralayang.

Tak hanya bagi pecinta paralayang saja yang bisa merasakannya, bagi Anda yang tertarik juga bisa untuk mencobanya. Sensasi memandang pemandangan alam sekitar melalui ketinggian akan sangat berbeda tentunya.

8. Puncak Gunung Batu

Puncak Gunung Batu

Siapa nih yang suka naik gunung? Cobalah untuk menaiki Gunung Batu dan melihat pemandangan sekitar dari puncaknya. Gunungnya memang benar-benar terbuat dari batu yang seperti dipahat, loh!

Akan sangat menegangkan, bukan? Apabila Anda tertarik untuk mendakinya, pastikan semua peralatan mendaki gunung Anda lengkap. Bagaimanapun juga Anda harus memperhatikan keselamatan diri sendiri ketika ingin menaiki gunung ini.

Klik lihat: Tempat wisata di Garut

Apabila Anda tidak memiliki keberanian untuk mendaki hingga puncak, cukup berswafoto dibawah saja sudah menarik, kok! Anda hanya perlu mencari sudut yang tepat untuk menghasilkan foto yang mengesankan.

Gunung Batu ini terletak di desa Rancabawang kecamtan Tanjungsari.

9. Perkebunan Teh Margawindu

Perkebunan Teh Margawindu

Sumedang merupakan salah satu kota yang terletak didaerah pegunungan. Tak heran apabila Anda bisa melihat perkebunan teh disepanjang jalannya. Salah satu perkebunan teh yang bisa dikunjungi yaitu Perkebunan Teh Margawindu.

Lokasi tempat perkebunan teh ini berada di Citengah, Sumedang Selatan. Apabila Anda menggunakan kendaraan pribadi, jarak tempuh yang harus Anda lewatkan yaitu sekitar 30-45 menit dari pusat kota Sumedang.

Berswafoto di tengah perkebunan teh akan sangat menyenangkan. Udara yang segar dan sejauh mata memAndang hanya ladang teh yang hijau akan membuat Anda merasakan ketenangan.

10. Curug Cigorobog

Curug Cigorobog

Curug Cigorobog berlokasi di desa Citengah, kecamatan Sumedang Selatan. Curug ini menawarkan keindahan air yang terjun dari ketinggian sekitar 40 meter dan masih dikelilingi oleh pepohonan hijau.

Jangan ditanya lagi, sudah pasti udara disekitar air terjun ini akan terasa lebih sejuk karena kealamian yang terjaga. Curug dengan tiga tingkatan air terjun inilah yang menarik banyak perhatian para wisatawan untuk datang.

Itulah beragam pilihan tempat wisata di Sumedang yang bisa Anda kunjungi.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *