Tempat Wisata di Cianjur
Travel

Tempat Wisata di Cianjur

Selain bandung, cianjur merupakan kota yang menjadi favorit bagi wisatawan untuk menghabiskan liburanya. Selain udaranya yang bersih dan sejuk, cianjur juga mempunyai tempat wisata yang menarik dan wajib anda kunjungi? Apa sajakah itu?

Tempat Wisata di Cianjur yang Lagi Hits

1. Gunung Padang

Gunung Padang

Gunung padang merupakan situs peninggalan nenek moyang yang hidup pada zaman megalithikum. Konon kabarnya, kawasan gunung padang merupakan tempat pemujaan dan bertapa, lokasinya menyerupai punden berundak terbesar se asia tenggara. Situs gunung padang tersusun atas lima teras dimana antara teras satu dengan teras lainya dihubungkan dengan tangga batu.

Untuk menuju puncak situs gunung padang, terdapat dua opsi jalan yakni dengan melalui jalan buatan manusia terbaru sepanjang kurang lebih 350 meter atau melalui jalan tangga yang ditemukan pada saat situs gunung padang ditemukan dengan melalui anak tangga yang berjarak sekitar 185 meter, tetapi jalur ini cukup terjal untuk dilewati. Namun tenang saja, meski terjal tetapi jaraknya pendek , dipinggir tangga juga terdapat pegangan besi. Untuk berjaga-jaga sebelum melakukan pendakian, anda sebaiknya persiapkan tenaga dan pastikan tubuh anda dalam keadaan fit.

Klik lihat: Tempat wisata di Subang

Di area puncak gunung padang, anda bisa menyaksikan berbagai macam bentuk tumpukan batu. Konon batu-batu ini sudah ada sejak abad ke 6-8 masehi. Dari puncak, anda juga bisa menikmati keindahan gunung gede pangrango.

Alamat situs gunung padang: berada di perbatasan dusun gunug padang dan panggulan, desa karyamukti, kecamatan campaka, kabupaten cianjur

Akses menuju lokasi: dari jakarta melewati jalan puncak hingga sampai di cianjur. Ketika bertemu bundaran, ambil kanan, teruskan perjalanan sampai menuju persimpangan besar kemudian belok kiri menuju jalan yang bertuliskan situs megalitikum gunung padang. Ukuran tulisanya kecil, jadi anda harus melaju kendaraan dengan pelan dan perhatikan jalan dengan seksama. Ikuti jalan utama hingga sampai ke stasiun kereta api, kemudian belok ke kiri. Situs tersebut berada di ujung jalan.

2. Curug Cikondang

Curug Cikondang

Jika dilihat dari dekat, curug ini mirip seperti niagara. Bahkan situs national geographic indonesia menyebut jika curug ini merupakan niagara mini-nya indonesia. untuk samai ke curug , anda harus melewati sawah dan perkebunan teh yang mempesona karena menggunakan sistem perngairan terasiring. ketika sampai ke curug anda akan disajikan pemandangan yang tak kalah menarik. Udara sejuk khas pegunungan juga akan membuat anda betah berlama-lama disini.

Lokasi curug cikondang: sekitar 37 km dari kota cianjur, tepatnya di desa sukadana, kecamatan campaka kabupaten cianjur jawa barat. Jika anda sebelunya mengunjungi situs gunung padang, untuk sampai ke curug ini hanya berjarak 7 km saja. Tetapi butuh tenaga, dan kehati-hatian yang ekstra untuk bisa sampai kesana karena jalanya masih cukup buruk.

3. Curug Citambur

Curug Citambur

Bagi anda yang suka menjelajah alam , tempat ini wajib anda kunjungi. Bukan hanya karena air terjunya yang unik tetapi juga perjalanan menuju curug ini cukup menantang. Curug ini seringkali diselimuti kabut yang menjadikan atmosfir curug menjadi sendu, tentunya akan semakin menguatkan sisi alami curug citambur. Sesampainya dilokasi anda kan disajikan pemandangan yang estetik dan eksotis yang akan menyegarkan pikiran anda.

Alamat curug citambur: desa karang jaya, kecamatan pasir kuda, kabupaten cianjur selatan.

4. Bravo Campgroud Citampele

Bravo Campgroud Citampele

Bravo camp groud menawarkan obyek wisata yang cukup komplit, mulai dari anak-anak sampai orang tua bisa menikmati wahana yang ada di obyek wisata ini. Terdapat kolam renang yang cukup luas mukaid ari kedalaman sekitar 1 meter sampai 80 meter. Banyak juga aktivitas yang bisa anda kerjakan disini seperti berkemah, outbond, berenang, flying fox, atau sekedar bersantai dipinggir kolam sambil menikmati suasana bravo camp ground.

Alamat bravo camp ground: berada di Jl. Raya Jonggol kampung citampele kecamatan cikalongkulon kabupaten cianjur.

Harga tiket masuk hari senin – jumat untuk anak-anak dikenakan tarif sebesar Rp. 10.000 dan dewasa sebesar Rp. 15.000. sedangkan pada hari sabtu, minggu dan libur nasional dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 15.000 untuk anak-anak dan Rp, 20.000 untuk dewasa.

5. Canopy Trail TNGGP Cibodas

Canopy Trail TNGGP Cibodas

Canopy trail merupakan jembatan gantung dengan panjang 130 meter dan tinggi sekitar 45 meter. Berada di kawasan wisata cibodas tepatnya di kawasan taman nasional gunung gede pangrango, anda harus mengantri untuk melewati jembatan ini karena untuk melewatinya dibatasi maksimal 5 orang saja. Ketika berjalan di jembatan ini, anda akan merasakan seperti berdiri lepas karena dikelilingi kawasan hutan yang sejuk dan rimbun.

Dekat dengan kawasan canopy trail, terdapat air terjun ciwalen, anda bisa berjalan ke arah air terjun dengan berjalan melewati hutan. Perjalanan dari canopy trail menuju air terjun hanya memakan waktu 5 menit saja. Gemericik air, kicauan burung dan suara serangga bersautan menandakan kawasan ini masih alami dan terjaga sehingga anda bisa merefresh otak anda dari hiruk pikuk perkotaan dan rutinitas harian.

Alamat canopi trail TNGGP: Jalan raya cibodas, cipanas, cianjur, jawa barat.

Klik lihat: Tempat wisata di Sumedang

Canopy trail hanya dibuka pada hari sabtu dan minggu dengan pelayanan dibagi menjadi 4 sesi yakni jam 09.00, 11.00, 13.00 dan 15.00 WIB. Setiap rombongan akan didampingi oleh petugas TNGGP. Untuk menaiki canopy trail anda akan dikenakan tarif sebesar Rp. 40.000

6. Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas

Jika anda ingin menikmati keindahan bunga sakura anda tidak perlu membayar mahal untuk pergi ke jelang, anda hanya perlu berkunjung ke kebun raya cibodas. Pohon sakura disini sudah ditaam sejak 1971 untuk menambah khasanah taman tematik yang ada di kebun raya ini. Terdapat seitar 435 pohon sakura yang bisa anda jumpai disini. Selain bunga sakura, anda bisa menikmati padang rumput yang luas, pohon-pohon raksasa berusia tua, berbagai jenis tanaman lumut, dan berbagai koleksi tanaman langka, ada juga sungai, kolam, air terjun, air mancur dan rumah kaca.

Lokasi: desa sindanglaya, kecamatan cipanas, kabupaten cianjur.

7. Wana Wisata Pokland

Wana Wisata Pokland

Wana wisata pokland menyajikan pemandangan yang menarik dan mempesona dengan berbagai latar belakang diantaranya hutan pinus dan tanaman sorgum dengan luas lebih dari 20 hektar, sungai citarum, perbukitan dan pegunungan yang hijau terbentang antara batas cianjur sampai bandung barat, serta latar belakang pengumpulan kayu pongpoklandak.

Di wana wisata ini juga sudah ada bumi perkemahan, trek motocross dan sepeda trail, wahana bermain anak, camping ground serta fasilitas lainya. Dulunnya tempat ini merupakan pusat persemaian berbagai jenis kayu KPH Cianjur, karena suatu hal, wilayah dan persemaian pokland tidak digunakan lagi.

Alamat wana wisata pokland: berada di desa haurwangi, kecamatan haurwangi kebupaten cianjur tepatnya berada di kawasan perum perhutani KPH Cianjur, BKPH ciranjang selatan, RPH Bojongpicung dengan luas sekitar 30 hektar.

8. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara

Wisata ini berada di ketinggian pegunungan , tidak jauh dari gunung gede yang membuat suasana dan udara disini segar dan sejuk. Dari taman ini anda bisa melihat hamparan rumput hijau, bunga yang berwarna-warni serta berbagai spot yang instagramable.

Terdapat berbagai jenis taman yang bisa anda nikmati , diantaranya taman air, taman mawar, taman perancis, taman labirin, taman bali, taman palem, taman jepang , rumah kaca dan menara pandang.

Klik lihat: Tempat wisata di Ciwidey

Alamat Taman bunga nusantara: jalan mariawati KM 7, desa kalungluwuk kecamatan sukaresmi, cianjur

9. Waduk Jangari

Waduk Jangari

Daya tarik utama waduk ini adalah rumah apung dan keramba ikan yang jumlahnya ribuan. Tersedia juga penginapan terapung disekitar keramba yang memanjakan anda seakan berada di villa tengah danau. Warga sekitar juga menawarkan untuk berkeliling waduk menggunakan perahu. Yang istimewa dari waduk ini tentunya adalah kuliner yang disajikan disini dengan berbagai macam olahan ikan.

Alamat waduk jangari: kampung jangari, desa bobojong, kecamatan mande, kabupaten cianjur.

10. The jhon’s Cianjur Aquatic Resort

The jhon’s Cianjur Aquatic Resort

Tempat wisata ini menggabungkan konsep tradisonal klasik, ramah lingkungan tetapi dibalut dengan modernitas dan eklusif. Yang paling menarik adalah wahana airnya, berbagai wahana tersedia disini dan tentunya seru dan menarik. Anda juga bisa menjelajahi taman burung, kebun binatang mini, mencoba berkuda atau bermain flying fox.

Alamat the jhon’s cianjur aquatic resort: kawasan hutan kota cianjur-panembon, jl, desa babakan karet, kampung tangkil, kecamatan cianjur kabupaten cianjur.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *