Tempat Wisata di Majalengka
Travel

Tempat Wisata di Majalengka

Berlibur ke Majalengka? Siapa takut. Biarpun jarang terdengar dengan tempat wisata yang di milikinya, namun ternyata Majalengka mempunyai banyak estinasi wisata yang tak kalah mempesona dengan kota – kota wisata lain. Apa saja sih?

Tempat Wisata di Majalengka Terbaru

1. Telaga Herang

Telaga Herang

 

Telaga herang merupakan salah satu wisata yang ada di Majalengka. Dengan suasana yang sejuk di sekitarnya membuat para pengunjung betah saat berada di tempat ini. Serta airnya yang terlihat jernih dan banyak berbagai macam ikan yang hidup di dalamnya menambah daya tarik sendiri bagi wisata Telaga Herang.

Telaga Herang berada di Desa Jerukleueut yang dapat di tempuh menggunakan motor ataupun mobil. Untuk dapat sampat ke telaga ini kalian ambil jalur menuju Rajagaluh – Cirebon, lalu belok menuju Desa Sindangwangi dan setelah itu Desa Jerukleueut sampai bertemu gerbang wisata Telaga Herang.

Fasilitas yang di sediaan pun terbilang cukup lengkap. Selain bisa bersantai di telaga yang sejuk ini, kalian juga bisa bermain dengan ikan – ikan yang ada. Namun, jangan sampai kalian mengambil ikan – ikan yang ada karena jika kalian mengambil ikan tersebut kalian akan di kenakan denda oleh pihak penjaga Telaga Herang.

2. Kebun Teh Cipasung

Kebun Teh Cipasung

Destinasi wisata selanjutnya yang harus anda kunjungi saat di Majalengka adalah Kebun Teh Cipasung yang terletak di Desa Cipasung Kecamatan Lemah Sugih, jika memulai perjalan dari pusat kota Majalengka jarak yang di tempu 52 kilometer dari arah selatan dan memakan waktu 2 jam perjalanan untuk tiba di kebun teh ini.

Untuk sampai di Kebun Teh Cipasung memang cukup rumit bagi orang yang baru pertama kali datang kesana, tetapi jangan khawatir karena sudah terpasang petunjuk arah agar dapat sampai ke kebun teh tersebut. Dan kendaraan yang bisa di lalui untuk kesana hanyalah kendaraan pribadi karena belum ada angkutan umum yang masuk ke kawasan kebun teh ini. Serta jalannya yang masih bebatuan lebih baik kalian menggunakan motor saja.

Panorama keindahan alam yang di hasilkan pun sangat memuaskan karena hamparan kebun teh yang hijau membuat perasaan menjadi tenang serta alamnya yang sejuk. Fasilitas yang di miliki kebun teh ini sudah cukup lengkap jadi tidak perlu merasa takut jika anda berkunjung tidak memiliki fasilitas yang memadai.

Klik lihat: Tempat wisata di Ciamis

Dan biaya masuk ke kawasan perkebunan teh ini terbilang murah hanya dengan Rp.10.000,- perorang sudah bisa menikmati suasana perkebunan teh serta biaya parkir kendaraan Rp.5.000,- saja. Nah, buat kalian yang ingin menambah koleksi foto dengan suasana di perkebunan teh, mungkin Kebun Teh Cipasung sangat cocok untuk kalian dan jika kalian beruntung kalian akan melihat para pekerja yang sedang memetik daun teh, loh!

3. Paralayang Gunung Panten

Paralayang Gunung Panten

Obyek wisata Paralayang Gunung Panten harus kalian kunjungi saat berada di Majalengka karena wisata paralayang ini cukup di gemari warga sekitar bahkan para turis yang sedang berkunjung ke Majalengka. Keindahan yang di suguhkan pun sangat menarik karena kita bisa melihat pemandangan Gunung Panten dari atas ketinggian dengan menggunakan paralayang.

Untuk menaiki paralayang di Gunung Panten kalian cukup membayar Rp.450.000,- sampai Rp.750.000,- untuk satu atau dua kali terbang dengan durasi 10 menit. Tidak hanya paralayang, kalian juga bisa melayang menggunakan gantole dengan kisaran harga Rp.650.000,- dengan harga yang pantas kalian sudah bisa melihat keindahan alam pegunungan serta kalian juga dapat melihat satwa liar yang ada di Gunung Panten dari atas.

Untuk sampai ke lokasi ini kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum karena lokasinya yang mudah untuk di akses dengan google maps. Serta fasilitas yang di miliki wisata ini sudah cukup memanjakan para pengunjung. Nah, buat kalian yang ingin menikmati sensasi ekstrem menaiki paralayang kalian wajib untuk kesini.

4. Cadas Gantung

Cadas Gantung

Tak hanya Bandung yang memiliki Tebing Keraton untuk melihat keindahan alam dari atas tebing. Kini Majalengka pun juga punya destinasi wisata melihat keindahan alam dari atas tebing yaitu Tebing Cadas Gantung. Biarpun terbilang masih baru, namun sudah banyak orang yang datang untuk melihat pemandangan dari atas tebing ini sekedar untuk berfoto dengan keindahan alam hijau yang sangat alami.

Tebing Cadas Gantung berlokasi di Desa Mirat tidak jauh dari kota Majalengka yang hanya berjarak 30 kilometer dengan waktu tempuh 1 jam. Untuk kesana kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi namun perlu membutuhkan usaha karena kondisi jalanan yang masih kurang layak. Serta fasilitas yang masih sangat kurang tak banyak pengunjung yang mau mengunjunginya. Maka tak heran hanya yang mau berusaha dan bersabar yang akan dapat menikmati keindahan dari atas tebing ini.

Tak hanya pemandangannya yang dapat di nikmati, namun tanah seluas 5 hektar ini bisa di gunakan sebagai bumi perkemahan karena flora dan fauna yang di dalamnya masih terjaga dengan baik. Untuk dapat memasuki Cadas Gantung hanya merogoh kocek Rp.3000,- perorang dan biaya parkir kendaraan Rp.2000,- dengan harga yang segitu kalian sudah bisa menikmati indahnya berfoto dari atas tebing.

5. Panyaweuyan Argapura

Panyaweuyan Argapura

Tempat wisata dengan pemandangan yang indah memang selalu di cari oleh para wisatawan termasuk bukit Panyaweuyan Argapura yang menjadi tempat populer di Majalengka, selain lokasinya yang dekat dari pusat kota Majalengka hanya berjarak 20 kilometer kurang dari waktu 60 menit kalian sudah tiba di Desa Sukasarikaler tempat bukit Panyaweuyan Argapura berada.

Bagi pecinta fotografi tempat ini memang harus kalian coba karena terasering buatan penduduk yang turun temurun dari leluhur di susun dengan sangat rapi dan cantik. Sehingga bidikan kamera kalian tidak akan pernah berhenti, apalagi saat kalian datang di pagi hari kalian akan melihat penampakan kabut turun tanpa mengganggu pemandangan teraseringnya, serta di sore hari kalian dapat melihat panorama senja yang sangat cantik dan tiada duanya.

Klik lihat: Tempat wisata di Cianjur

Jika kalian minat untuk datang ke Panyaweuyan Argapura kalian harus siap sedia stok penyimpanan memori yang banyak karena dengan pemandangan alam yang hijau hasil dari terasering yang penduduk lakukan tidak akan membuat kalian untuk terus berfoto di bukit Panyaweuyan Argapura.

6. Curug Cipeuteuy

Curug Cipeuteuy

Salah satu tempat wisata yang di rekomendasikan saat di Majalengka adalah Curug Cipeuteuy. Curug yang berada di Desa Bantaragung dengan rute perjalanan Jalan Raya Majalengka – Sumber – Desa Sindangwangi – Desa Bantaragung, bisa di akses menggunakan kendaraan pribadi namun agak sedikit sempit dan banyak beberapa tanjakan untuk tiba ke curug ini.

Curug yang berada di lereng Gunung Ciremai serta bertaburan pohon pinus menjadikan perjalanan wisata anda lebih menyenangkan dengan nuansa hutan yang hijau dan asri. selain menikmati airnya, di curug ini pun tersedia habitat elang jawa dan hewan – hewan lainnya yang dapat kalian liat serta fasiltas untuk hiking dan mengenal jenis – jenis pohon yang sudah di identitaskan nama – namanya oleh pengelola membuat wawasan pengetahuan kalian bertambah.

Untuk menikmati air Curug Cipeuteuy kalian tidak bisa sembarangan karena ada beberapa kolam yang tidak boleh di gunakan. Jika kalian ingin berendam, kalian bisa menggunakan kolam yang tersedia pancurannya serta terdapat pula kolam yang di percaya bisa menyembuhkan penyakit atau jika kalian hanya ingin menikmati suasana di sekitar curug kalian bisa bersantai di saung – saung yang sudah di sediakan.

Dulu curug ini sangat sulit di akses karena kondisi jalan yang kurang layak, namun saat ini pihak pemberdaya wisata Curug Cipeuteuy sudah mengaspal jalur untuk menuju ke curug. Serta tiket masuk yang sangat ekonomis hanya Rp.15.000,- untuk orang dewasa dan Rp.10.000,- untuk anak – anak serta biaya parkir kendaraan Rp.15.000,- saja. Kapan lagi kan kalian bisa berlibur sambil mempelajari flora dan fauna yang tersedia di curug ini.

7. Curug Muara Jaya

Curug Muara Jaya

Curug Muara Jaya merupakan curug yang populer di Majalengka yang terletak di Kampung Apuy, Desa Sidomukti, Argapura. Dengan jarak tempuh 25 kilometer dari pusat kota Majalengka

Tanah di sekitar curug pun terbilang subur karena di tanami sayur – sayuran segar serta tanaman palawijaya yang subur membuat hawa di sekitar curug menjadi sejuk dan teduh. Untuk dapat menikmati keindahan curug ini dengan puas datanglah di saat musim penghujan karena debit airnya yang deras semakin mempercantik keindahan alam di sekitar curug serta datanglah pada pagi hari agar aktifitas berfoto kalian terpuaskan karena masih belum banyak orang yang datang berkunjung.

Namun, Jika kalian berminat mengunjungi Curug Muara Jaya saat musim penghujan tetaplah selalu waspada karena debit airnya yang besar, tetapi jika tidak ingin terlalu mengambil resiko kalian bisa datang saat musim kemarau karena debit airnya yang kecil. Biarpun kecil panorama indahnya curug ini tidak akan hilang karena adanya tumbuh – tumbuhan hijau di sekitar Curug Muara Jaya ini.

8. Jembar Waterpark

Jembar Waterpark

Tidak mau kalah dengan yang lain, kota Majalengka juga mempunyai wisata waterpark dengan fasilitas yang bisa di katakan sudah lengkap yang di sebut Jembar Waterpark.

Tempat wisata keluarga ini pun banyak di kunjungi oleh wisatawan pada hari libur karena fasilitas yang lengkap dapat membuat wisatawan merasa nyaman. Tidak hanya di nikmati oleh anak – anak, waterpark ini juga bisa di nikmati oleh orang dewasa karena terdapat wahana waterboom setinggi 7 meter dan kolam arus yang bisa di gunakan untuk bersantai.

Serta jika pengunjung telah lelah bermain, waterpark ini pun telah menyediakan gazebo untuk beristirahat sambil menyantap makanan yang di beli di kafe yang tersedia di dalam waterpark atau bekal yang di bawa dari rumah.

Klik lihat: Tempat wisata di Subang

Nah jika kalian berminat mengunjungi Jembar Waterpark bersama keluarga, datang saja langsung yang berlokasi di Desa Ranji Wetan Kecamatan Kasokandel. Serta harga tiket masuk yang terjangkau hanya Rp.25.000,- di hari biasa dan Rp.30.000 di hari libur. Murah kan?

9. Bukit Alam Hejo

Bukit Alam Hejo

Menghabiskan liburan dengan wisata alam memang menyenangkan apalagi dengan berbagai aktifitas alam yang dapat dilakukan. Nah, di Majalengka juga menawarkan Wisata yang dapat berbaur langsung dengan alam yang terdapat di Bukit Alam Hejo yang berlokasi di Desa Pasirayu, Kecamatan Sindang yang bisa di cari menggunakan google maps di gadget kalian.

Selain menikmati indahnya Bukit Alam Hejo, pengunjung juga dapat berenang serta melakukan aktifitas lainnya seperti sepeda gunung, berkuda, camp atau sekedar bersantai di saung yang telah di sediakan. Selain wahana terdapat pula aneka jajanan kuliner yang di jual secara lengkap di tempat ini.

Jika anda ingin berlibur bersama keluarga Bukit Alam Hejo merupakan salah satu tempat populer liburan yang dapat kalian kunjungi bersama keluarga. Dan harga tiket masuk ke Bukit Taman Hejo pun sangat terjangkau. So, tunggu apalagi kan?

10. Taman Dinosaurus

Taman Dinosaurus

Tidak lengkap kalau ke Majalengka belum mengunjungi Taman Dinosaurus, selain harga tiket masuknya yang terbilang murah hanya Rp.10.000,- perorang kalian sudah bisa mengetahui spesies – spesies dinosaurus lewat patung yang di perlihatkan setinggi 15 meter untuk berukuran besar dan 2 meter yang berukuran kecil.

Dulu taman ini sempat tidak terawat, tetapi seiring berjalannya waktu taman ini sudah di rawat dan di kelola dengan baik apalagi sekarang tidak hanya patung dinosaurus yang di tampilkan, namun juga ada patung superhero dan patung polisi yang semakin menarik perhatian pengunjung.

Untuk dapat ke Taman Dinosaurus hanya menempuh jarak sejauh 37 kilometer dari Kabupaten Majalengka, sedangkan kalau melewati rute Pasirhaja hanya menempuh jarak 2 kilometer saja. Kalian pun bisa menggunakan kendaraan roda dua ataupun empat saat akan berkunjung kesana di tambah kondisi jalan tidak banyak yang rusak sehingga perjalanan kalian akan aman sampai di tempat tujuan.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *