Tempat Wisata di Lamongan
Travel

Tempat Wisata di Lamongan Jawa Timur

Memang bukan rahasia lagi jika Jawa timur memiliki banyak potensi wisata unggulan. Hampir semua wilayah diasana, terdapat obyek wisata keren yang menarik untuk di eksplor. Tak terkecuali di Lamongan.

Ya, kota ini nyatanya juga kaya akan tempat wisata. Dimana 10 diantaranya, akan kami review berikut ini.

10 Tempat Wisata di Lamongan yang Murah

1. Pantai Kutang

Pantai Kutang

 

Kita mulai yang pertama adalah Pantai Kutang. Pantai Kutang ini adalah salah satu pantai yang telah berhasil meraih kepopuleran di media sosial dan menjadi buah bibir para pecinta objek wisata pantai.

Pantai Kutang sangat populer bukan tanpa alasan, tetapi memang keindahan yang disajikannya sangat mengagumkan. Nilai plus-nya lagi, pantai ini juga mempunyai predikat sebagai pantai yang masih perawan.

Untuk namanya sendiri memang sedikit aneh karena menyebut pakaian dalam wanita. Namun, konon nama ini memang benar adanya, karena di pantai ini banyak berserakan pakaian dalam yang disebut kutang tersebut.

Klik lihat: Tempat wisata di Pasuruan

Benar tidaknya cerita itu, yang pasti pantai ini mempunyai panorama yang tidak bisa dipandang hanya dengan sebelah mata saja.

2. Pantai Brondong

Pantai Brondong

Lain dengan Pantai Kutang, Pantai Brondong tidak dipenuhi oleh para cowok brondong yang biasanya jomblo, tetapi pantai ini dipenuhi oleh ikan karena memang di Pantai Brondong terdapat tempat pelelangan ikan.

Pantai Brondong juga termasuk pantai yang keindahannya tidak boleh Anda lewati begitu saja. Ada banyak pohon rindang di sana yang bisa Anda manfaatkan untuk berteduh sekalian menikmati hembusan angin laut. Dan karena di sini terdapat tempat pelelangan ikan, otomatis Anda juga bisa membeli ikan-ikan tersebut dengan harga yang lebih murah.

3. Tanjung Kodok Lamongan

Tanjung Kodok Lamongan

Untuk Tanjung Kodok ini masih termasuk kawasan WBL atau Wisata Bahari Lamongan yang berada di perairan utara Laut Jawa. Ciri khas yang paling menonjol dari Tanjung Kodok ini ialah batu karang yang bentuknya menyerupai kodok yang sedang duduk dan posisinya ada di paling ujung pantai.

Selain batu karang tersebut, hal lain yang menjadikan tempat wisata satu ini begitu istimewa adalah adanya beberapa patung kecil yang ditempatkan di atas bebatuan. Kombinasi antara karang dengan peletakan patung yang artistik ini telah membuat Tanjung Kodok sangat eksotik.

4. Mazola

Wisata Mazola

Mazola merupakan tempat wisata edukasi, rekreasi serta konservasi yang dipadukan dengan kebun binatang serta goa. Goanya sendiri sangat cantik dan bahkan disebut-sebut sebagai saingan Goa Gong yang ada di Pacitan.

Klik lihat: Tempat wisata di Kediri

Mazola ialah singkatan dari Maharani Zoo and Goa Lamongan. Mazola sendiri menawarkan keindahan interior Goa Maharani yang kedalamannya mencapai 25 meter. Luasnya sekitar ¼ ha, dan di dalamnya terdapat berbagai jenis batuan yang sangat cantik. Cocok untuk tempat swafoto. Dan sesuai dengan arti singkatannya, area goa ini juga menjadi kebun binatang mini yang menjadi tempat tinggal berbagai jenis hewan seperti ayam hutan, buaya, singa, ular, monyet dan lain-lain.

5. Museum Sunan Drajat

Museum Sunan Drajat

Lanjut ke wisata religi, di Lamongan ada Museum Sunan Drajat. Museum ini dibangun atas kerjasama pemerintah dengan warga setempat dengan tujuan untuk melestarikan serta menghormati jasa Sunan Drajat, salah seorang Walisongo penyebar agama Islam di Pulau Jawa.

Ada banyak sekali benda peninggalan Sunan Drajat yang dipamerkan dalam museum ini, seperti buku, gamelan, lontar, bedug, baju besi, bambu dan masih banyak lagi. Museum ini masih berada satu kawasan langsung dengan makam Sunan Drajat, yang notabene sering dimasukkan dalam daftar kunjungan saat orang-orang melakukan ziarah wali.

6. Makam Sunan Sendang Duwur

Makam Sunan Sendang Duwur

Wisata religi di Lamongan bukan hanya museum dan makam Sunan Drajat saja, tetapi masih ada tempat yang lainnya, yakni Makam Sunan Sendang Duwur. Pada bagian dinding makam Sunan Sendang Duwur, terdapat prasasti yang berupa pahatan. Makam beliau sendiri mempunyai arsitektur yang tinggi, yang menunjukkan perpaduan antara budaya Islam dengan budaya Hindu. Dan karena lokasinya yang berada di ketinggian sekitar 70 mdpl, dari sini Anda juga bisa menikmati pemandangan di area bawah yang cukup mengagumkan.

7. Wisata Pohon Trinil

Wisata Pohon Trinil

Jika Anda adalah pecinta film Harry Potter, pasti Anda sudah paham dengan Pohon Dedalu Perkasa. Sekarang Anda tidak perlu mengkhayalkan pohon itu lagi karena Lamongan punya pohon lain yang mirip seperti itu, yakni Pohon Trinil.

Klik lihat: Tempat wisata di Nganjuk

Pohon Trinil adalah pohon besar, yang akarnya juga besar. Akar tersebut meliuk-liuk sehingga membentuk semacam jejaring. Nah, jejaring inilah yang sedang jadi buah bibir wisatawan. Pasalnya, akar tersebut melilit dengan cara alami dan bukan hasil campur tangan manusia sehingga sangat cantik jika dijadikan background foto.

8. Waduk Gondang

Waduk Gondang

Waduk Gondang memang merupakan tempat wisata yang hanya menyajikan air danau sebagai suguhan utamanya. Tetapi Anda harus tahu, Waduk Gondang ini adalah waduk kenamaan yang sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas, sehingga jika Anda berencana berlibur ke Lamongan, Anda tidak boleh mengacuhkannya.

Kawasan Waduk Gondang ini luasnya sekitar 6,6 ha. Selain ada danau yang dipenuhi oleh air, kawasan ini juga ditumbuhi oleh banyak pepohonan yang membuat udaranya jadi lebih sejuk, sangat pas untuk Anda yang sedang ingin ‘ngadem’.

Disarankan agar Anda tidak berenang di waduk ini mengingat kedalamannya mencapai 29 meter. Dan sebagai gantinya, Anda bisa naik perahu motor untuk mengelilingi waduk. Jika Anda tidak suka dengan perahu motor, ada sepeda air sebagai alternatifnya. Kemudian ada juga kebun binatang mini yang didalamnya terdapat koleksi orang utan, buaya, rusa, landak, merak, elang dan lain-lain.

9. Gunung Pegat

Gunung Pegat

Lamongan juga punya spot fotografi cantik yang lain, namanya adalah Gunung Pegat. Gunung Pegat ialah gunung kapur yang sangat cantik. Gunung ini ditumbuhi oleh berbagai jenis pepohonan sehingga suasananya tidak terlalu panas. Dari ketinggian gunung ini, Anda bisa menikmati pemandangan yang berupa Waduk Wonogiri plus dengan hamparan sawah yang tampak indah.

10. Monument Van der Wijk

Monument Van der Wijk

Nah, yang terakhir ada Monument Van der Wijk. Monumen ini memang didirikan oleh pemerintah Belanda dengan tujuan untuk mengenang kisah karamnya kapal dengan nama yang sama, yakni Van der Wijk di perairan Lamonan. Bentuk monumen ini seperti pos pengintai yang biasanya ada di area pantai, Tingginya mencapai 15 meter dengan warna yang dominan adalah biru dan kuning. Di dekat monument ini ada prasasti yang ditulis dalam 2 bahasa yakni Bahasa Indonesia dan Bahasa Belanda.

Nah, itulah 10 tempat wisata di Lamongan, paling keren, versi kami. Bagaimana menurut anda?.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *