Tempat Wisata di Jawa Tengah

  • Whatsapp
Tempat Wisata di Jawa Tengah

Tak kalah dengan pulau Bali ataupun Lombok, di pulau Jawa juga banyak menyimpan potensi wisata yang menarik untuk di eksplor. Dan ini tidak hanya ada di Jawa barat saja, melainkan juga di wilayah lainnya, termasuk Jawa Tengah. Iya, provinsi ini nyatanya memang memiliki banyak potensi wisata keren yang sangat tepat untuk dijadikan tujuan berlibur.

Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Populer

Nah, berikut ini kami pilihkan 10 obyek wisata terbaik yang bisa anda kunjungi saat disana.

1. Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng

Siapa yang tak tahu dataran tinggi dieng? Dataran tinggi ini memiliki pesona wisata yang tak ada habis-habisnya. Apalagi, dataran tinggi dieng memiliki julukan negeri diatas awan, karena memang memiliki pesona keindahan alam yang akan memanjakan mata para pengunjungnya.

Dataran tinggi dieng ini terletak di Kabupaten Wonosobo. Jika Anda ingin berkunjung kesana, ada beberapa spot tempat wisata terbaik yang bisa Anda kunjungi seperti Bukit Sikunir, Telaga Warna, Pendakian Gunung Prau, Candi Arjuna, Dieng Plateau Theater, Gardu PAndang Tieng, Batu Ratapan Angin, Kawah Sikidang, dan beragam pilihan destinasi alam lainnya.

2. Karimun Jawa

Karimun Jawa

Ingin mengunjungi surga tersembunyi yang ada di Jawa Tengah? Kunjungi saja Karimun Jawa. Tempat wisata ini memang merupakan pilihan yang tepat untuk memanjakan diri sejenak dari berbagai macam aktivitas.

Karimun Jawa sendiri berlokasi di Kabupaten Jepara yang menyediakan berbagai macam pilihan pantai yang masih memiliki warna yang jernih. Ada nih, referensi spot tempat wisata terbaik di Karimun Jawa yang tak boleh terlewatkan.

Klik lihat: Tempat wisata di Gunung Kidul

Tempat wisata tersebut berupa Pantai Tanjung Gelam, Mangrove Karimunjawa, Pulau Menjangan Kecil, Pulau Menjangan Besar, Spot Nyamplungan, Pulau Cemara Besar, dan Pulau Geleang.

3. Candi Borobudur

Candi Borobudur

Seperti yang kita ketahui, Candi Borobudur merupakan salah satu tempat wisata terkenal yang berada di Magelang, Jawa Tengah. Candi Buddha terbesar ini juga merupakan salah satu keajaiban dunia yang berada di Indonesia.

Itulah mengapa banyak wisatawan lokal maupun asing yang datang ke candi ini untuk melihat sendiri keajaiban yang mendunia ini. Didukung dengan fasilitas yang lengkap dan berbagai macam kuliner yang bisa dibeli. Oleh karena itu, Anda harus menyiapkan uang sebesar 20 hingga 60 ribu untuk tiket masuk ke Candi ini.

4. Candi Prambanan

Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan candi Hindu yang terbesar di Indonesia dan se-Asia Tenggara juga, loh! Candi ini terletak di Jalan Raya Solo-Yogya sehingga akses menuju candi ini sangatlah mudah.

Untuk tiket masuk yang harus dibayar per orangnya yaitu berkisar antara 20 ribu hingga 150 ribu rupiah. Harga tiket bervariasi tergantung dari pilihan paket tiket masuk yang dipilih.

Candi ini berbentuk gapura-gapura yang menjulang tinggi dan memiliki jarak tertentu disetiap gapuranya. Jangan lupa untuk mengabadikannya dalam foto. Ada banyak pilihan spot foto yang menarik, mulai dari jalan menuju candinya hingga jalan menuju keluar.

5. Baturraden

Baturraden

Baturraden merupakan salah satu desa yang terletak di kabupaten Banyumas. Di desa ini, ada beragam pilihan destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Ingin berwisata alam menikmati keindahannya? Bisa! Ingin berwisata sambil belajar? Bisa! Ingin dapat foto liburan yang bagus? Bisa banget!

Pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi selama di desa ini yaitu Curug Telu, Lokawisata Baturraden, Desa Wisata Ketenger Baturraden, Kebun Raya Baturraden, Telaga Sunyi, Taman Miniatur Dunia, Pancuran Pitu dan Pancuran Telu, Baturraden Adventure Forest, Curug Bayan, dan masih banyak tempat wisata lainnya yang bisa dikunjungi.

Klik lihat: Tempat wisata di Banjarnegara

Jika Anda ingin berkunjung kesana, Anda harus menyiapkan tiket masuk sekitar 5 ribu hingga 20 ribu rupiah. Tempat wisata tersebut sudah dikelola dengan baik dan memiliki fasilitas yang lengkap.

6. Pulau Nusakambangan

Pulau Nusakambangan

Pernah mendengar tentang Pulau Nusakambangan? Pulau yang dihuni oleh para narapidana kelas berat ini membuat bulu kuduk berdiri, bukan? Namun, Anda juga perlu tahu bahwa lokasi sekitar pulau ini tidak seseram yang Anda bayangkan. Bahkan, di pulau ini sendiri terdapat berbagai macam tempat wisata yang bisa dikunjungi.

Pilihan tempat wisata yang dikunjungi berupa Kampung Laut, Gua Masigit Sela, Benteng peninggalan Portugis, Pantai Pasir Putih Karangpandan, Pantai Selokpipa, Pantai Kalipat, Pantai Karangbandung, Pantai Permisan. dan Pantai Rancababakan. Masalah pemandangan yang ditawarkan? Jangan salah, pantai-pantai disini tidak kalah eksotisnya dengan pantai dikota lain.

7. Museum Purbakala Sangiran

Museum Purbakala Sangiran

Siapa yang suka mengunjungi tempat wisata yang bersejarah? Di Kalijambe, Sragen, terdapat Museum Purbakala Sangiran yang bisa menjadi pilihan alternative ketika berkunjung ke kota Sragen.

Disini, Anda akan melihat berbagai macam fosil manusia, hewan, maupun tumbuhan purbakala yang tersimpan dan tersusun rapi sehingga Anda bisa melihat-lihat koleksinya dengan mudah. Bahkan, museum ini sudah dinobatkan sebagai warisan budaya luhur dari UNESCO, loh!

8. Pantai Menganti

Pantai Menganti

Sekarang ini, Pantai Menganti sedang naik daun karena keeksotisan pemandangan sekitar yang tak dapat tergantikan oleh tempat wisata lainnya. Di sekitar pantai terdapat tebing bidadari yang merupakan tebing raksasa yang terletak di sisi barat pantai dengan mercusuar dan tanjung karangbata di sisi timurnya.

Anda bisa berswafoto ria di tempat wisata ini. Jika Anda masih ingin merasakan keindahan pantai, Anda bisa menyewa tempat penginapan. Fasilitas di tempat wisata ini juga sudah lengkap. Oleh karena itu, Anda harus membayar 10 ribu rupiah untuk tiket masuknya.

Jika Anda ingin berkunjung ke pantai ini, lokasinya berada di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kebumen.

9. Pantai Marina

Pantai Marina

Di ujung utara Semarang terdapat sebuah pantai yang layak untuk didatangi saat liburan tiba, yaitu Pantai Marina. Lokasi tepatnya yaitu berada di Jl. Yos SUdarso, Kompleks PRPP, Tawang Sari, Semarang.

Klik lihat: Tempat wisata di Pekalongan

Tempat wisata ini buka dari pagi hingga malam. Banyak para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini dari sore hingga malam hari untuk berburu sunset yang indah. Selain menikmati sunset ataupun sunrise, Anda bisa menyewa ban untuk berenang, berkeliling dengan menyewa kapal dengan biaya 5 ribu saja, atau hanya duduk-duduk santai di kursi-kursi yang sudah disediakan di pinggir pantai.

Anda hanya perlu membayar tiket masuk seharga 3 ribu rupiah per orang dengan biaya parkir untuk motor yaitu 2 ribu dan mobil yaitu 5 ribu rupiah.

10. Rawa Pening

Rawa Pening

Arti dari kata Rawa Pening sendiri adalah Rawa Bersih karena memang rawa ini memiliki air yang sangat bersih. Anda akan terpukau dengan keindahan dari rawa alami ini.

Rawa ini terletak di kaki Gunung Ungaran, lokasi tepatnya berada di Jalan Lingak Selatan Kilometer 03, Ambarawa, Semarang dan memiliki luas sekitar 2670 hektar. Jika Anda berkunjung kesini, jangan melewatkan view sunrise ataupun sunsetnya yang akan sangat memanjakan mata Anda.

Selain berburu sunset dan sunrise, jangan lupa untuk mencoba makan di rumah makan apung. Rumah makan apung ini memang dibuat mengapung dengan menggunakan drum plastik sehingga rumah makan tersebut mengapung. Bahkan, jika Anda ingin pergi ke bangunan utamanya, Anda harus menggunakan rakit yang sudah disediakan terlebih dahulu. Sangat menarik, bukan?

Nah, sekarang anda sudah tahu kan mana saja obyek wisata di Jawa tengah yang paling keren? Selamat berlibur.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *