Tempat Wisata di Jawa Barat
Travel

Tempat Wisata di Jawa Barat

Kalau lo ke Jawa Barat, pasti bingung milih tempat yang keren dan bagus buat foto. Ya itu karena saking banyaknya destinasi menarik yang sangat keren untuk diabadikan. Nah, untuk anda yang belum familiar dengan tempat wisata yang ada di Jawa Barat, alangkah baiknya anda simak review yang kami bagikan berikut ini.

Tempat Wisata di Jawa Barat yang Terkenal

Nah untuk kalian yang sedang berlibur di Jawa Barat, pastikan untuk mengunjungi obyek wisata yang kami rekomendasikan berikut ini.

1. Kawah Putih Bandung

Kawah Putih Bandung

Kawah ini juga dikenal dengan Kawah Putih Ciwidey. Kawah ini berada di Kawasan pegunungan yang mempunyai ketinggian lebih dari 2.400 mdpl. Dengan begitu tentu saja suhu di tempat ini dingin sekali. Untuk itu, jangan lupa bawa baju hangat ataupun jaket ya !!!

Kawah Putih Ciwidey berlokasi di Ciwidey, Jawa Barat. Sekitar 50 km kea rah selatan Bandung. Kalau kalian dari Jakarta kalian hanya perlu lewat tol Cipularangdan keluar melalui pintu tol Kopo. Dari sana kalian naik kendaraan kearah selatan menuju lokasi.

Kalau kalian naik kendaraan umum, kalian datang naik angkot jurusan terminal Ciwidey. Dari situ kalian naik angkot yang menuju Situ Patenggang. Nah kebanyakan pengunjung pasti tidak asing lagi dengan tempat ini, ya itu karena tempat ini katanya sudah tersohor di dalam negeri maupun mancanegara lohh.

Tempat ini bentuknya mirip danau , tapi warna airnya bila pagi hari berwarna putih dan kalau siang cenderung hujau toska. Mungkin itu yang menyebabkan tempat ini disebut Danau Kawah Putih.

Kawah Putih seringkali digunakan untuk foto prewedding, bulan madu, dan bahkan pembuatan film. Dijamin untuk instagramers yang kesini, gak sulit untuk dapet foto yang bagus banget.

Klik lihat: Tempat wisata di Bekasi

Juga dipinggiran kawah ini dipercantik dengan pohon tak berdaun yang tak ayal mejadi pagar alami. Keberadaannyapun menambah daya tarik Kawah Putih Bandung.

Tempat ini sudah ditunjang dengan fasilitas yang memadai.Meliputi :

  • Area parkir yang Luas
  • Warung makan
  • Toilet

Jam buka kawah ini jam 07.00 sampai 17.00. Untuk harga tiket masuk cukup membayar 18.000 rupiah saja per orang dan untuk prewedding biasanya dikenai tarif 500.000

2. Taman Safari Indonesia, Bogor

Taman Safari

Siapa sih yang gak tau tempat ini, tempat ini merupakan wisata di Jawa Barat yang paling banyak dikunjungi mulai dari anak-anak sampai yang dewasa sekalipun.

Tempat ini berada di Jl. Raya Puncak No. 601, Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Taman Safari ini adalah yang pertama di Indonesia. Diikuti oleh Taman Safari Pasuruan Jawa Timur dan Taman Safari Bali. Taman Safari ini dibangun di areal sebuah perkebunan yang luas yang tsudah tidak produktif lagi. Tamain ini merupakan Penyangga Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Liburan ke Taman Safari rasanya sangatlah menyenangkan karena pastinya yang namanya Taman Safari, kalian akan melihat dan bertemu langsung dengan ratusan spesies satwa dan berkenal lebih dekat dengan mereka. Tanpa Kandang tentunya.

Ini yang membuat daya tarik tersendiri tatkala kita bosan dengan aktivitas kantor ataupun sekolah. Disini tak hanya hewan asli Indonesia saja, namun juga ada satwa bule, seperti Penguin Humboldt.

Harga tiket masuk di tempat ini hanya 150.000 per orang. Untuk jam bukanya sendiri jam 10.00-18.00

3. Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung

Tempat wisata ini juga beken Nih. Tempat ini yang paling faforit diantara semua tempat wisata di Jawa Barat. Trans Studio Bandung merupakan Indoor Theme Park terbesar kedua setelah Makassar. Sederhanyanya, konsep wisata ini sama dengan Dufan. Namun berada dlam sebuah ruangan yang sangat luas dengan beragam wahana permainan .

Tempat wisata ini berlokasi di Jl. Jenderal Gatot Subroto No. 289, Cibangkong, batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat. Tempat ini menelan biaya hingga 2 milyar dalam pembangunannya. Dan merupakan Taman Hiburan Bandung paling Komplit. Lokasinya juga sangat strategis dan dekat dengan Pusat Perbelanjaan Bandung terbesar yaitu Mall Trans Studio.

Wahananya sendiri sangatlah lengkap. Diantaranya yang paling seru ada Yamaha Racing Coster yaitu wahana ini hanya ada 3 jenis di dunia. 2 di Amerika dan 1 di Trans Studio ini.

Nah menurut informasi nih, wahana ini mampu melesat dengan kecepatan 120km/jam dalam waktu 3,5 detik dan mundur dengan kecepatan yang sama. Wah jika kalian merasakan wahana ini. Siapkan Jantung kalian ya.

Ada juga Giat Swing. Denger Namanya aja sudah bikin merinding. Kalian akan diajak berputar-putar di atas ketinggian. Wahana ini di desain seperti pendulum raksasa dan ini merupakan pertama yang ada di Indonesia. Wahana ini berputar diatas ketinggian 18 m. Huh pusing gak tuh.

Sebenarnya sangat banyak wahana disini. Ada Trans Broadcast Museum, Suoerhero 4D, Dunlop Transcar Racing, Vertigo, Trans City Teater, dan masih banyak lagi. Trans Studio ini cocok untuk wisata keluarga. Hal ini karena tempat ini selain wahan apermainan, ada juga foodcourt dan mall untuk belanja. Nah puas gak tuh.

Klik lihat: Tempat wisata di Bogor

Fasilitas disini sangatlah lengkap mulai dari tempat parkir, toilet, musholla dan bahkan mall dan juga foodcourt. Untuk jam buka Trans Studio Bandung buka dari jam 10.00 sampai 20.00. dan untuk tiket weekday 170.000 dan weekend 270.000

4. The Little Venice Puncak Bogor

The Little Venice Puncak Bogor

Nah kalua kalian tidak punya budget ke Venesia, Italia. Disinilah tempatnya. Tempat ini di desain sedemikian rupa dengan arsitektur mirip venesia yang asli. The Little Venice ini terletak di Kota Bunga Estate, Jl. Hanjawar, Ds. Sukanagalih Pacet, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat.

Untuk sampai kesini, kalian akan melewati jembatan ciloto , setelah itu melewati pertigaan yang terdapat plang Taman Bunga Nusantara, lalu belok kiri dan terus ikuti jalan samapai ke gerbang utama.

Pengunjung bisa menikmati naik Gondola yaitu sebuah perahu kecil dengan gaya eropa. Dan menikmati aliran sungai yang dihimpit oleh bangunan-bangunan berarsitek eropa. Pengalaman ini pastinya membuat kalian seakan berada di Venesia.

Tidak hanya itu, tempat ini menyediakan kapal lain seperti Kapal Misissippi Boat Ride, Banana Boat dan juga sepeda air. Tenang, disini cukup lengkap. Ada kolam renang, kolam pancing, lapangan tenis, dan little Venice itu sendiri. Dan juga arena fantasi untuk anak-anak.

Little Venice dibuka pada jam 09.00-17.00 dengan tarif hanya 50.000 rupiah saja per orang.

5. Waterboom Lippo Cikarang

Waterboom Lippo Cikarang

Ini waterboom keren banget. Apalagi kalau dibuat liburan keluarga. Pasti seru. Waterboom ini mengusung tema nuansa Bali yang terkenal eksotis. Berada di Jl. Madiun Kav. 115, Lippo Cikarang, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Wahana favorit pengunjung biasanya adalah seluncuran. Ada dua jenis, yaitu seluncuran anak-anak dan seluncuran untuk dewasa. Terhempas dari ketinggian di atas air kolam yang besar membuat sensasi yang sangat luar biasa. Bagi yang takut ketinggian, ada zona khusus anak-anak yaitu Kiddy Area. Disini banyak wahana yang sangat aman untuk anak-anak.

Tempat wisata ini dibuka pada jam 10.00 sampai 17.00 dengan tiket masuk untuk weekday 55.000 dan weekend 75.000

6. Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buleud Purwakarta

Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buleud Purwakarta

Ini nih, tempat yang baru-baru ini mengguncang dunia pariwisata di Jawa Barat. Loh emang apaan ? yaitu Taman Air Mancur Sri Baduga yang berada di Kawasan Bulued digadang-gadang menjadi air mancur terbesar di Asia Tenggara. Dan yang lebih membanggakan adalah taman ini adalah karya anak bangsa lohhh.

Kalian tahu kan Taman air mancur yang ada di Dubai di Danau Burj Khalifa, yang merupakan Taman Air Mancur terbesar di Dunia ? Kurang lebih konsepnya sama dengan itu.

Taman ini terletak di Jl. Siliwangi, Purwakarta ini adalah destinasi baru nih buat kalian yang suka foto-foto atau sekedar mejeng. Nah yang unik dari taman ini adalah Air Mancur dissini menari dengan diiringi aliran musik. Seakan yang menari tersebut adalah orang sungguhan. Yang bikin indah lagi nih, air mancurnya dilengkapi dengan lampu warna warni yang membuat airnya semakin indah dipandang.

Taman ini mempunyai 100 pipa dengan tekanan air yang memancarkan setinggi 10 m. Tapi nih, bila ingin menikmati indahnya air mancur ini. Kalian harus dating sesuai jadwal pertunjukan ya. Yaitu setiap malam minggu. Dimulai pada jam 19.30-22.30. Asik kan tuhh. Kalau hari biasa air mancur ini adalah air mancur biasa pada umumnya tanpa efek warna-warni ataupun music yang mengiringi.

Tenang aja nih guys, untuk kalian yang berkantong tipis. Tempat ini gratis untuk dikunjungi. Jam buka secara umum adalah jam 05.00-09.00 dan 17.00-19.00.

7. Pemandian Air Panas Ciater Subang

Pemandian Air Panas Ciater Subang

Pemandian ini terletak di Jl Raya Ciater, Nagrak, Ciater, Kab Subang, Jawa Barat. Pemandian air panas ini mampu menampung 60 ribu pengunjung setiap harinya. Pengunjung juga akan disejukkan oleh nuansa alam yang masih terjaga di tempat ini.

Pemandian ini merupakan salah satu tempat favorit masyarakat untuk relaksasi di tengah kesibukan dan rutinitas kerja. Jenis kolam terbagi menjadi 3, 2 kolam besar dan 1 kolam anak-anak.

Ada panggilan lain untuk pemandian ini, yaitu Sari Ater. Kandungan belerang yang terkandung di kola mini membuat kulit kita sehat dan bahkan menyembuhkan penyakit kulit. Selain itu menyembuhkan penyakit rematik, gangguan syaraf, sampai penyakit tulang.

Klik lihat: Tempat wisata di Cimahi

Fasilitas di tempat ini adalah resor, tempat outbond, dan tempat makan tentunya. Jam buka pemandian air panas ini dari jam 07.00-23.00 WIB. Untuk wahana disini. Kalau untuk pemandiannya sendiri, bukanya 24 jam.

Harganyapun terjangkau, hanya dibanderol dengan harga 20.000-55.000 sesuai fasilitas apa yang dipilih.

8. Telaga Remis Kuningan

Telaga Remis Kuningan

Telaga ini terletak kurang lebih 37 km dengan jarak tempuh 1 jam dari Kuningan. Telaganya sendiri luasnya mencapai 3,25 hektar. Telaga ini terletak di Desa Kaduela, Kecamatan Mandirancan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Akses ke Lokasi ini dapat dicapai menggunakan bis Jakarta-Cirebon dan lalu naik angkutan umum menuju Mandirancan lalu Pasawahan. Suasana disini pasti sejuk tentunya karena dikelilingi oleh pepohonan pinus hijau. Telaga ini sangat asri dan damai yang berbalut dengan keindahan yang masih sangat alami.

Nama telaga ini diambil dari kata Telaga dan Remis yang berarti dalam Telaga adalah Danau dan Remis adalah sejenis karang berwarna kuning yang hidup di telaga ini.

Nah untuk kalian yang suka tracking nih, tenang! Ada jalan khusus pejalan kaki disini yang dibuat memutari telaga ini. Yang hobi mincing juga, ikan yang ada di Telaga ini boleh di bawa pulang. Kalian bisa memancing sepuasnya disini.

Untuk spot foto ? tempat ini menawarkan air bening dengan warna agak kehijauan yang disekitarnya terdapat batu batu raksasa. Sehingga untuk spot foto akan menghasilkan angle yang sempurna. Untuh Prewedding, tempat ini juga recommended Lohh.

Fasitas disini menawarka wisata petualangan bagi yang hobi tracking dan offord, kalian juga bisa bawa tenda untuk camping di telaga Nilam yang masih satu Kawasan dengan Telaga Remis.

Untuk masuk tempat ini hanya membayar parkir saja dimana untuk sepeda motor Rp. 1000 dan Mobil 2.500

9. The Lodge Maribaya Lembang

The Lodge Maribaya Lembang

Lokasi ini sering juga disebut Earthbound Adventure Park Maribaya. Bagi ada yang suka dengan alam terbuka, tempat ini sangat direkomendasikan. Wisata ini masih termasuk baru di Jawa Barat.

Lokasinya berada di Jl. Maribaya Timur km. 6 Kampung, Kosambi, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Yang unik dari tempat ini, kalian gak usah bawa tenda sendiri. Karena disini terdapat tenda permanen berbentuk bawang yang sudah siap dibuat camping buat keluarga ataupun sama kawan. Berpaket lengkap dengan adanya layanan api unggun, kembang api, dan lainnya.

Biasaya yang menjadi favorit para pengunjung yaitu berselfie di atas rumah pohon yang berlatar belakang pinus yang eksotis. Pantas saja jika tempat ini menjadi incaran pengunjung bila berakhir pekan.

Tempat ini menawarkan fasilitas alam terbuka yang cukup lengkap seperti berkemah, tracking, restoran, flying fox, dan tentunya spot foto yang sangat cantik.

Tiket masuk kesini kalian cukup membayar 20.000 saja dan bila anda berfoto di rumah pohon kalian membayar 10.000. untuk jam bukanya sendiri mulai jam 10.00-17.00 WIB.

10. Arung Jeram Sungai Citarik Sukabumi

Arung Jeram Sungai Citarik Sukabumi

Ini merupakan salah satu wisata arung jeram paling beken di Jawa Barat. Terletak di Kecamatan Cikidang, Sukabumi. Disini tersedia juga paket tur arung jeram Mukai 1,5 jam hungga 5 jam. Beberapa operator tur juga menyediakan outbound paintball ataupun family camp yang seru. Kalian juga bisa milih jarak tempuh nantinya. Mulai dari 5 km, 9 km ataupun 17 km.

Bagi kalian yang suka memacu adrenalin, tempat ini sangat cocok. Selain sensasi derasnya arus sungai citarik, kalian akan disuguhkan hijaunya pemandangan hijau di sekeliling sungai tersebut.

Tahu gak kalian kalau arung jeram ini pada tahun 2015 pernah menjadi tuan rumah IRF atau International Rafting Federation. Yaitu kejuaraan arung jeram dunia.

Harga paket Rafting 1 hari terbagi menjadi 4 yaitu:

  • Paket 5 km dengan 200.000
  • Paket 9 km dengan 250.000
  • Paket 12 km dengan 360.000
  • Paket 17 km dengan 520.000

Paket tersebut sudah termasuk fasilitas mobil, makan, full rafting gear, sertifikat, instruktur dan 2 kali jajan.

Jam buka untuk tempat ini yaitu jam 08.00-18.00

Nah Guys, itu dia 10 tempat yang paling beken yang gua rekomendasiin buat kalian yang berlibur atau sekedar jalan-jalan ke Jawa Barat. Selamat Mencoba !!!!

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *