Tempat Wisata di Jogja Dekat Malioboro
Travel

10 Tempat Wisata di Jogja Dekat Malioboro

Kawasan Malioboro merupakan salah satu kawasan wisata Jogja yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Suasana Malioboro memang menjadi suasana yang sangat nyaman untuk ditelusuri. Selain jalan-jalan di Malioboro, masih ada banyak sekali tempat wisata di dekat sana yang dapat Anda datangi dengan mudah menggunakan becak, delman, atau bahkan jalan kaki. Mana sajakah tempat itu? Nah, kami sudah merangkum 10 tempat wisata di Jogja dekat Malioboro berikut ini untuk Anda

10 Tempat Wisata di Jogja Dekat Malioboro

1. Titik Nol Kilometer

Titik Nol Kilometer Jogja

Tempat Wisata Paling Hits di Dekat Malioboro buat nongkrong kawula muda adalah Titik Nol KM Kota Jogja. Inilah surganya nongkrong di Jogja. Namanya Titik Nol Kilometer, berada di sebelah selatan Malioboro. Ini adalah sebuah perempatan besar dengan pelataran yang luas untuk para pejalan kaki dan pelancong yang ingin menikmati suasana khas Jogja.

Ada ratusan tempat duduk di area ini, berada di tengah berbagai bangunan unik yang bakal membuat Instagram Anda menjadi penuh foto keren dari sana. Hebatnya, Anda bisa menikmati tongkrongan super keren dan nyaman ini 24 jam sekalipun.

2. Tugu Jogja

Tugu Jogja

Tempat Wisata Paling Hits di Dekat Malioboro yang pertama adalah Tugu Jogja. Siapa sih yang engga tahu tugu jogja ini? Tinggi awalnya 25 meter. Dibangun 1755 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono 1, tugu ini lahir sebagai simbol persatuan rakyat Jogja melawan penjajahan Belanda. Disebut sebagai Golong Gilig karena bentuknya yang melingkar dan mengerucut pada pucuknya. Pucuk meruncing adalah simbol Ketuhanan, bahwa kehidupan manusia harus menuju sifat Tuhan.

Tahukah Anda, Tugu Jogja juga salah satu bangunan mistis dalam mitologi Jogja. Tugu adalah titik yang pas dengan pucuk Merapi jika dilihat dari Keraton Jogja. Keraton, Tugu dan Merapi adalah tiga titik mistis itu.

3. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta

Anda pasti tahu tempat ini. Tempat ini bisa ditempuh dalam hitungan menit dari Malioboro inilah pusat budaya Yogyakarta. Apalagi kalau bukan Keraton Yogyakarta yang megah dan kondang itu.

Beragam pengetahuan tentang sejarah Jogja bisa Anda petik dari tempat ini sekaligus melihat berbagai atraksi budaya seperti apa saja sih seragam para prajurit lengkap dengan kepangkatannya, berbagai jenis tarian yang masih hidup hingga kini dan tentusaja Pendopo Keraton tempat upacara-upacara penting digelar.

Dapatkan paket wisata jogja murah dari https://www.kartanesia.com

Suasana masa lalu kental sekali di tempat ini dan Anda pasti bakal merasa seperti dibawa masuk ke masa yang telah lalu. Eksotik banget dan merupakan Tempat Wisata Paling Hits di Dekat Malioboro yang sangat mudah untuk dituju dari berbagai penjuru.

4. Taman Sari

Taman Sari Jogja

Berada dalam Kompleks Keraton Yogyakarta, Tamansari adalah sebuah taman berisi kolam air yang indah dan khas masa lalu. Ini adalah tempat raja menikmati saat-saat indah dengan para selirnya disela memimpin kerajaan. Kolam pemandian ini digunakan para istri dan keluarga inti keraton menikmati sendau-gurau bercipratan air.

Para istri raja juga melakukan beragam ritual untuk menjaga kecantikan di sini. Anda bisa melihat ruangan khusus tempat para istri menggunakan ramuan-ramuan tradisional demi merawat kulit tubuh mereka agar selalu bersinar dan wangi di tempat ini. Berfoto jelas harus Anda lakukan di Tamansari karena tempat ini bakal sangat indah dibalik lensa kamera Anda.

5. Alun-alun Kidul

Alun-alun Kidul Jogja

Sore dan malam hari adalah waktu terbaik di Alun alun Selatan Yogyakarta. Tempat ini menjadi salahsatu menu wajib wisatawan yang datang ke Jogja. Dikelilingi bangunan kuno keraton Jogja dan tembok keliling nan perkasa, Anda harus menjajal ritual Masangin alias masuk di antara dua beringin.

Sembari menutup mata dengan seutas kain Anda harus berjalan selurus-lurusnya memasuki ruang di antara dua pohon beringin di tengah Alun alun. Jika berhasil maka Anda adalah orang yang bakal mendapat banyak keberkahan dalam hidup. Jika tidak berhasil? Sebaiknya Anda mencoba dan mencoba lagi.

Lihat juga: Tempat wisata di Gorontalo yang hits

Setelah berhasil pada ritual Masangin, Anda bisa keliling Alun alun dengan sepeda hias yang berjalan dengan digowes. Aneka warna cahaya dari lampu becak ini membuat Alun alun Selatan menjadi begitu meriah malam hari. Tak usah kawatir, sekeliling Alun alun ini berjajaran minuman dan makanan khas Yogyakarta.

6. Alun-alun Utara

Alun-alun Utara Jogja

Alun alun utara yang berada di depan Keraton Yogyakarta lebih diperuntukkan bagi ritual keraton atau acara-acara yang lebih lebih besar dibanding Alun alun selatan. Berbagai festival biasa digelar di sini dan pameran-pameran unik juga dihelat di tempat ini. Jangan kawatir, jadwal acara di Alun alun utara sangat padat sehingga hampir setiap akhir pekan akan selalu ada acara heboh di tanah lapang tengah kota Jogja ini.

Tetapi meski tak ada acara di Alun alun-pun tempat ini selalu ramai dikunjungi orang. Jajaran tempat makan dan asyiknya duduk-duduk di sekliling Alun alun di kelilingi lalu-lalang orang lewat adalah suasana yang sulit ditemui di tempat manapun.

7. Taman Pintar

Taman Pintar Jogja

Berjarak sekitar 200 meter dari Pasar Beringharjo dan 300 meter dari Titik Nol adalah Taman Pintar. Wahana wisata edukatif ini tak pernah sepi dari kunjungan. Umumnya para pelajar dan keluarga yang memiliki Balita. Soalnya, sebagian besar wahana hiburan tempat ini memang dirancang sebagai instrumen pendidikan anak.

Tapi jangan salah, ini adalah juga pusatnya buku di Jogja. Ya, jika Anda pingin memenuhi rak perpustakaan pribadi Anda, inilah tempat mendapatkan aneka buku dengan harga murah. Inilah pusat peradabannya para mahasiswa dan pelajar Jogja untuk mendapatkan buku-buku mereka.

8. Museum Kereta Keraton Jogja

Museum Kereta Keraton Jogja

Dengan tiket Rp. 5000 saja Anda akan bisa menikmati sejarah kereta di Museum Kereta di sini. Tapi bukan kereta api melainkan kereta kencana yang digunakan keluarga Keraton Yogyakarta untuk beragam upacara mereka. Masuk dalam komplek Keraton kereta-kereta ini memiliki sejarah yang panjang karena sebagian dibuat dan didatangkan dari negeri Belanda. Sst, setiap tahun kereta-kereta ini dimandikan loh dan dipercaya memiliki kekuatan mistis di dalamnya.

9. Kampung Cyber

Kampung Cyber Jogja

Ini kampung yang Anda bisa mendapatkan akses internet secara mudah, murah dan meriah. Disebut sebagai Cyber Yogyakarta atau Cyber Village RT 36 karena berada di RT itu. Tak sulit untuk menemukannya karena berada dekat dengan Malioboro.

Unik sekali tempat ini karena Anda bakal menemukan banyak komputer di tempat-tempat umum seperti Poskamling dan Anda bisa dengan bebas mengoperasikannya untuk menghubungi teman atau mengirimkan pesan khusus pada orang-orang tercinta. Di tempat ini juga ada beberapa ruas tembok dengan mural-mural cantik yang keren banget untuk berfoto. Alhasil, banyak wisatawan ke sini karena uniknya si Cyber Village ini.

10. Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka

Salahsatu tempat wisata terbesar di Yogyakarta. Memiliki luas 20 Hektar dengan koleksi satwa lebih dari 100 jenis dan 61 jenis flora di dalamnya, Gembira Loka adalah kebun binatang yang tidak pernah sepi. Beragam atraksi ada di tempat ini mulai dari danau tempat Anda bisa berperahu bahkan perahu boat yang ngebut hingga pusat burung.

Anda juga bakal melihat beberapa jenis satwa yang tak ada di Indonesia hidup di tempat ini seperti Penguin dan berbagai jenis burung berukuran besar. Hebatnya, Anda bisa berfoto dengan hewan-hewan eksotik itu. Kalau tertarik atraksi dengan hewan besar, Anda bisa naik gajah dan keliling area di sana.

Nah, itulah diatas informasi yang bisa kami bagikan, mengenai 10 tempatwisata di Jogja Dekat Malioboro. Kamu juga bisa mengunjungi seluruh tempat wisata jogja tersebut dengan memesan paket wisata jogja dari https://widyalokawisata.com. Semoga bermanfaat.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *