Tempat Wisata di Karawang

  • Whatsapp
Tempat Wisata di Karawang

Karawang merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang menyimpan banyak tempat bersejarah dan pemandangan alam yang tak kalah menarik dari kota-kota lainnya. Nah, jika saat ini Anda sedang berkunjung ke Karawang, jangan lupa untuk mengunjungi 10 tempat wisata di Karawang berikut ini:

Tempat Wisata di Karawang yang Bagus

1. Green Canyon Karawang

Green Canyon Karawang

Tak hanya Ciamis saja yang memiliki tempat wisata ala luar negeri gitu. Di Karawang juga ada Green Canyonnya Karawang, loh! Untuk mencapai tempat wisata ini dibutuhkan usaha yang lebih karena lokasinya agak sulit untuk dijangkau. Sebab itu, tempat wisata ini masih banyak yang belum mengetahuinya dan fasilitasnya pun belum maksimal.

Sebuah ngarai dengan aliran sungai yang berada di antara bebatuan besar-besar ini sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Air yang terdapat di sungai ini masih jernih belum tercemar polutan apa-apa yang berwarna hijau-kebiruan.

Klik lihat: Tempat wisata di Garut

Jika Anda ingin berkunjung ke tempat wisata ini, Anda tidak akan dipungut biaya apapun. Lokasi tempat wisatanya berada di Kampung Tonjong Roke, Desa Medal Sari, Pangkalan.

2. Candi Jiwa Batujaya

Candi Jiwa Batujaya

Ingin coba mengunjungi wisata sakral yan penuh dengan aura mistis? Datangi saja Candi Jiwa Batujaya. Konon, candi ini merupakan salah satu tempat khusus untuk pemujaan dewa Syiwa. Biasanya penduduk lokal memberikan kambing hidup sebagai persembahan dan diikat di candi ini. Keesokan harinya, kambing tersebut sudah ditemukan dalam kondisi sudah tidak bernafas lagi.

Dengan adanya kejadian tersebut, tempat wisata ini bisa dijadikan sebagai tempat wisata mistis. Anda perlu tahu bahwa candi ini terletak di tengah-tengah area persawahan yang menambah kesan alami dan asri. Berbeda dengan candi lainnya, candi ini menggunakan batu bata sebagai susunannya, bukan menggunakan batu lainnya.

Jika Anda tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini, Anda bisa membayar 10 ribu rupiah untuk tiket masuk. Lokasi dari candi ini terletak di Segaran, Batujaya.

3. Vihara Sian Djin Kupoh

Vihara Sian Djin Kupoh

Ternyata, di Karawang ada kelenteng tertua di Jawa Barat, loh! Nama tempatnya yaitu Vihara Sian Djin Kupoh. Nama vihara ini diambil dari pendirinya yaitu Sian Djin Ku Poh. Bahkan, sekarang vihara ini diurus oleh keturunan langsung dari pendirinya.

Vihara ini sudah berdiri sejak tahun 1770, dan masih dijaga dengan baik oleh biksu-biksu keturunan leluhurnya. Anda bisa melihat tempat sembahyangnya yang sudah berusia lebih dari 300 tahun dan masih berdiri kokoh. Tak hanya itu saja, Anda masih bisa melihat abu dari mendiang Sian Djin Kupoh yang tersimpan di altar depan viahara.

Anda tidak perlu membayar tiket untuk masuk ke vihara ini. Anda bisa langsung masuk dan melihat-lihat tempat bersejarah ini yang berada di Jl. M. Toha No. 9 RT 06 RW 09, Tanjungmekar.

4. Curug Bandung

Curug Bandung

Jika Anda sedang berada di daerah Gunung Sanggabuana, jangan lupa untuk mampir ke tempat wisata yang satu ini. Lokasi tepatnya yaitu berada di Mekarbuana, Tagalwaru, Karawang yang berjarak 42 KM dari pusat kota. Anda perlu membayar tiket sebesar 5 ribu rupiah perorang. Jika Anda datang menggunakan kendaraan bermotor, tarifnya yaitu 10 ribu rupiah.

Dicurug ini, Anda bisa melihat ada 7 air terjun yang berdekatan dengan aliran air yang tentunya masih jernih. Pemandangan ini tidak dapat tergantikan oleh curug lainnya karena ketujuh aliran air tersebut membentuk sebuah keindahan yang menakjubkan.

Klik lihat: Tempat wisata di Jawa Tengah

Lokasi air terjun ini memang agak sulit dijangkau dan agak bersembunyi. Oleh karena itu, Anda harus berjalan kaki sejauh 3 KM untuk mencapai tempat wisata yang satu ini.

5. Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok

Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok

Tempat bersejarah di Karawang yang tak boleh dilewatkan yaitu Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok. Tempat wisata ini merupakan salah satu saksi biksu dari kemerdekaan bangsa Indonesia. Anda bisa lihat dari monumennya, di bagian bola putih monument tersebut ada tulisan “17.Aug.1945”

Didekat monument ini juga ada rumah almarhum Djiaw Kie Siong. Rumah tersebut merupakan rumah yang dulunya menjadi tempat Soekarno-Hatta diculik oleh generasi muda yang ingin cepat-cepat memproklamasikan kemerdekaan bangsa Indonesia. Oleh karena itulah, rumah ini menjadi rumah bersejarah yang patut dikunjungi saat berwisata di Karawang.

Anda tidak perlu membayar tiket masuk untuk ke tempat wisata ini. Lokasinya sendiri berada di Jl. Raya R. Dengklok, Rangsadengklok.

6. Curug Cigentis Loji

Curug Cigentis Loji

Jika Anda masih belum puas mengunjungi curug, Anda bisa coba mengunjungi Curug Cigentis Loji atau yang disebut dengan Curug Loji. Curug ini letaknya tidak jauh dari Curug Bandung. Lokasi tepatnya yaitu di Mekarbuana, Tegalwaru. Anda harus membayar tiket masuk sebesar 15 ribu dengan parkir mobil sebesar 7 ribu dan parkir motor sebesar 5 ribu rupiah.

Disini, Anda akan menemukan berbagai macam fasilitas wisata seperti tempat makan, villa, kolam renang, outbound, dan lain-lain. Akses jalan menuju ke tempat wisata ini lebih mudah dibandingkan dengan Curug Bandung.

7. Pantai Tanjung Baru

Pantai Tanjung Baru

Ingin mengunjungi pantai yang memiliki air jernih biru-kehijauan, pasir putih, serta bebatuan kokoh yang berada di tengah laut? Ada tempat wisata yang seperti itu di daerah Karawang. Jarak tempat wisata dari pusat kota hanya berjarak sekitar 45 kilometer saja. Tepatnya, pantai ini terletak diantara semenanjung Subang dan Karawang, yang berada di Kecamatan Cilamaya.

8. Danau Cipule dan Pulau Cinta

Danau Cipule dan Pulau Cinta

Tak perlu jauh-jauh ke Danau Toba untuk menikmati sejuknya angin di danau yang memiliki pulau di tenganya. Di karawang juga ada, loh!. Namanya yaitu Danau Cipule dengan Pulau Cinta ditengahnya. Pulau Cinta yang terletak ditengahnya tidaklah besar hanya sekitar 2 ribu meter persegi saja. Jika Anda ingin bersantai ke pulau ini, Anda bisa menyewa perahu setempat dengan biaya 2 ribu per orang. Disini juga ada banyak kegiatan menarik lainnya yang bisa dilakukan seperti menyewa perahu, memancing, menyewa becak air, dan lainnya.

Jika Anda tertarik untuk ke tempat wisata ini, danau tersebut terletak di Desa Watahar, Ciampet, Mulyasari.

9. Pantai Tanjung Pakis

Pantai Tanjung Pakis

Pantai Tanjung Pakis terletak di Tanjungpakis, Pakasjaya. Anda harus membayar tiket masuk sebesar 25 ribu rupiah per orang. Sesampainya disini, Anda bisa melakukan kegiatan apapun yang Anda inginkan seperti memancing, sewa perahu, duduk bersantai di gazebo atau di saung yang sudah disediakan, atau beragam aktivitas lainnya.

Klik lihat: Tempat wisata di Gunung Kidul

Anda perlu tahu bahwa pasir pantai disini memang berwarna cokelat. Jadi, memang berwarna cokelat alami bukan karena tercemar oleh limbah.

10. Tugu Rawa Gede

Tugu Rawa Gede

Ingin berkunjung ke tempat bersejarah di Karawang lainnya? Ada Tugu Rawa Gede yang menyimpan sejarah pilu rakyat pribumi pada saat itu. Mengapa tidak? Tugu ini menyimpan sejarah pembantaian rakyat pribumi oleh para tentara kolonial BelAnda.

Bahkan, di tugu ini terdapat puisi yang berjudul Antara Karawang Bekasi karya Chairil Anwar yang terdapat di belakang patung yang ada di Tugu tersebut. Setelah mengunjungi tugu ini, Anda bisa langsung berziarah ke makam pahlawan nasional yang berada di halaman belakang.

Tidak ada biaya yang dipungut untuk mengunjungi tugu ini. Jika Anda tertarik untuk berkunjung, silahkan datang ke alamat Balongsari, Rawamerta.
Nah, itu dia 10 tempat wisata di Karawang yang banyak di favoritkan wisatawan. Dari deretan obyek wisata diatas, mana yang paling anda sukai?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *