Tempat Wisata di Kediri Terbaru
Travel

Tempat Wisata di Kediri Terbaru

Biasanya, orang-orang yang ingin memperdalam Bahasa Inggris atau Bahasa Arab akan menuju ke Kediri di Jawa Timur. Hal ini tidaklah mengherankan karena disini memang terdapat kampung yang menjadi pusat pembelajaran dua bahasa tersebut.

Namun daya tarik wisata di Kediri tentuny tidak sebatas itu saja. Tidak percaya? Berikut kami telah rangkum review 10 obyek wisata Kediri paling keren. Silahkan disimak.

10 Tempat Wisata di Kediri yang Lagi Hits

1. Monumen Simpang Lima Gumul

Monumen Simpang Lima Gumul

Yang pertama adalah Monumen Simpang Lima Gumul. Monumen ini termasuk salah satu ikon Kediri yang bentuknya mirip dengan Arc de Triomphe yang ada di Paris, Perancis.

Secara keseluruhan, luas Simpang Lima Gumul ini adalah 37 hektar. Untuk bangunan monumen sendiri luasnya hanya 804 m2 dan sisanya untuk taman. Tinggi monumen ini mencapai 25 meter yang terdiri atas 6 lantai. Monumen ini ditumpu oleh 3 tangga yang tingginya 3 meter dari lantai dasarnya.

Jika diperhatikan, pada sisi kanan kiri bangunan ada 16 relief yang masing-masing pahatannya bercerita tentang sejarah Kabupaten Kediri. Sementara di tiap sudutnya, terdapat patung Ganesha yang merupakan dewa umat Hndu.

2. Gua Selomangleng

Gua Selomangleng

Masih tentang wisata sejarah, di Kediri ada Gua Selomangleng yang merupakan situs purbakala unik, yang selain menarik untuk dijelajahi juga pas untuk aktifitas fotografi.

Relief Gua Selomangleng yang paling terlihat adalah penampakan seorang perempuan yang tengah bertapa. Berdasarkan literatur, konon perempuan tersebut adalah perwujudan dari putri Raja Kediri yang bernama Dewi Kilisuci. Dalam gua ini ada dua ruangan yang berfungsi sebagai ruang tamu serta ruang tidur.

Klik lihat: Tempat wisata di Nganjuk

Kondisi Gua Selomangleng sendiri tidak terlalu menjorok sehingga Anda bisa menyusurinya dengan mudah. Jika Anda memang berniat demikian, pastikan bahwa Anda tahan dengan aroma dupa ya, karena gua ini penuh dengan aroma tersebut.

3. Bukit Dhoho Indah

Bukit Dhoho Indah

Selain kedua tempat wisata di atas, Bukit Dhoho Indah juga termasuk tempat wisata yang diunggulkan di Kediri. Tempat wisata ini menyajikan keindahan alam lepas, dan sering juga disingkat sebagai BDI. Bukit Dhoho Indah adalah area yang dipenuhi oleh pepohonan sehingga suasanya sangat sejuk. Selain itu, tempat wisata ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti arena outbond, ATV, fying fox, wall climbing, kebun buah dan kolam pemancingan.

4. Taman Sekartaji

Taman Sekartaji

Salah satu taman kota yang juga banyak disukai oleh warga Kediri sendiri adalah Taman Sekartaji. Yang menjadi penghias utama Taman Sekartaji ini ialah tanaman hijau serta tanaman bunga. Warga lokal sering memanfaatkan taman ini untuk mengadakan pertemuan komunitas, menggelar acara atau bahkan untuk kegiatan refreshing biasa.

Pengunjung sangat dimungkinkan untuk bermain internet karena taman ini sudah dilengkapi dengan WiFi gratis. Ada juga CCTV yang sengaja dipasang di beberapa sudut taman untuk memantau kebersihan taman serta memastikan keamanan. Dan untuk Anda yang memiliki kebiasaan merokok, di sini juga sudah ada smoking area khusus.

5. Taman Kilisuci

Taman Kilisuci

Masih tentang taman kota, ada pula yang dinamakan dengan Taman Kilisuci. Nama Kilisuci sendiri diambil dari nama putri Raja Airlangga, yakni Dewi Kilisuci yang merupakan pewaris tahta Kerajaan Kahuripan, namun lebih memilih menjadi resi.

Klik lihat: Tempat wisata di Banyuwangi

Taman Kilisuci terbagi menjadi dua kawasan yakni selatan dan utara. Kawasan selatan lebih luas dan disana ada beberapa jenis pohon lengkap dengan papan nama pohon tersebut. Di area ini ada beberapa fasilitas yang terdiri atas jogging track, tempat refleksi telapak kaki serta fasilitas bermain untuk anak.

Kemudian untuk area utara juga sama, dipenuhi oleh pepohonan juga. Tetapi di area ini ada kolam air mancur yang berisi beberapa jenis ikan, tempat duduk, akses WiFi serta kios penjual makanan ringan.

6. Sumber Ubalan

Sumber Ubalan

Sesuai dengan namanya, Sumber Ubalan ini adalah obyek wisata mata air. Untuk lokasinya sendiri sebenarnya berada dalam hutan lindung dan dikelilingi oleh taman yang luasnya 12 ha.

Ada cerita mistis yang beredar di sekitar Sumber Ubalan. Pun demikian, tempat wisata ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan. Memang ini adalah suatu hal yang wajar mengingat Sumber Ubalan memiliki pesona tersendiri yang bisa dijabarkan seperti berikut:

  • Airnya sangat jernih sehingga ikan yang ada di dalamnya bisa terlihat dengan jelas, tetapi air di Sumber Ubalan ini tidak bisa Anda jadikan tempat untuk berenang.
  • Sumber Ubalan sudah dilengkapi berbagai fasilitas seperti taman, wahana permainan anak, penyewaan perahu, kolam renang dan lain-lain.
  • Terdapat berbagai jenis satwa seperti monyet, burung, ikan dan lain-lain.

7. Kebun Bunga Matahari

Kebun Bunga Matahari

Kebun Bunga Matahari Kediri adalah salah satu spot foto yang tidak boleh Anda lewati begitu saja. Anda bisa hunting foto dan berdiam di kebun ini selama yang Anda mau, asalkan Anda tidak merusak keindahan bunga-bunga tersebut.

Kebun Bunga Matahari ini ada di lahan seluas 900 m2 dan berisi sekitar 6 ribuan pohon bunga matahari. Pohon bunga matahari ini terdiri atas 3 jenis, yakni sunspot, early Russian dan big smile.

Untuk mendapatkan keindahan bunga matahari secara maksimal, Anda bisa datang sekitar bulan Juni hingga bulan Agustus, karena di bulan-bulan inilah bunga tersebut mekar.

8. Air Terjun Irenggolo

Air Terjun Irenggolo

Lanjut ke tempat wisata yang selanjutnya ada Air Terjun Irenggolo. Pada hari-hari tertentu, air terjun ini menjadi lokasi acara adat yang dilakukan oleh penduduk sekitar.

Sepanjang perjalanan menuju lokasi, Anda bisa menikmati keindahan pemandangan lereng gunung wilis, bunga-bunga khas pegunungan, pohon-pohon yang hijau dan rindang serta suara kicau burung. Di beberapa titik menuju lokasi terdapat gazebo yang bisa Anda manfaatkan saat Anda merasa lelah.

Klik lihat: Tempat wisata di Bondowoso

Air Terjun Irenggolo mempunyai ketinggian 80 meter. Tebingnya sendiri agak landai dan berbentuk seperti anak tangga, cocok untuk dijadikan latar belakang foto.

9. Gua Maria Pohsarang

Gua Maria Pohsarang

Gua Maria Pohsarang ini adalah salah satu tempat wisata religi bagi umat Katolik. Pun demikian, orang-orang yang beragama lain juga boleh kok mengunjungi gua yang merupakan replika dari Gua Maria Lourdes, Prancis ini.Begitu Anda memasuki halaman lokasi, Anda akan melihat adanya arca Yesus dan Bunda Maria dengan posisi tangan terbuka. Lanjut ke dalam ada gapura yang dibuat dari susunan batu alam. Gapura ini menjadi petunjuk bahwa Anda akan segera tiba di pendopo.

Nah, disini ada satu Menara lonceng, dimana di bagian atasnya tampak ada seekor ayam yang sedang bertengger. Untuk Gua Maria Pohsarang sendiri merupakan gua alami campuran buatan Luasnya sekitar 20 m, dan di dalamnya ada patung Bunda Maria yang ukurannya lumayan besar. Dalam gua ini juga terdapat tulisan dari kuningan dalam Bahasa Jawa kuno.

10. Konto River Rafting

Konto River Rafting

Oke, lanjut ke tempat wisata terakhir dalam pembahasan kali ini, yaitu Konto River Rafting. Seperti namanya, wisata yang satu ini cocok sekali untuk Anda yang senang menguji adrenalin. Wisata rafting di Sungai Konto sangat seru karena arusnya lumayan deras. Tracking-nya sendiri sepanjang 6 km, dan selama perjalanan, Anda akan ditemani oleh pemandangan sekitar yang sangat cantik. Sementara mengenai fasilitas, sudah ada kamar mandi, tempat peristirahatan umum, area parkir, tempat ibadah dan lain-lain.

Itulah diatas pembahasan mengenai tempat wisata terbaik di Kediri, pastikan untuk mengunjungi semuanya ya.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *