Tempat Wisata di Pasuruan
Travel

Tempat Wisata di Pasuruan Jawa Timur

Selain mempunyai Gunung Bromo dan Gunung Arjuno, Pasuruan juga punya banyak tempat wisata lain yang panoramanya tak kalah indah dari kedua gunung tersebut. Nah, dari banyaknya obyek wisata di Pasuruan, kali ini kami akan mereview beberapa diantaranya. Penasaran?

10 Tempat Wisata di Pasuruan yang Hits

1. Coban Cemoro Gading

Coban Cemoro Gading

Rangkuman tempat wisata di Pasuruan kali ini akan dimulai dari Coban Cemoro Gading. Sebelum mencapai lokasi, Anda harus melalui perjalanan yang cukup sulit terlebih dahulu. Dan setibanya di sana, Anda bisa langsung berendam untuk melunturkan lelah di kubangan yang berada tepat di bawah terjunan air. Kubangan tersebut terhitung dangkal sehingga Anda yang tidak bisa berenangpun bisa bermain air dengan tenang.
Air di sini juga sangat jernih sehingga saat masuk ke dalamnya Anda tidak akan merasa risih.

2. Ranu Grati

Ranu Grati

Pasuruan juga punya danau kece yang menjadi tempat yang pas untuk menikmati sunset, namanya adalah Ranu Grati. Ranu Grati adalah danau alami yang luasnya mencapai 200 ha. Danau ini menampilkan panorama yang cantik dengan pegunungan Tengger sebagai backgroundnya. Cocok untuk aktifitas fotografi.

Klik lihat: Tempat wisata di Kediri

Selain jeprat-jepret, Anda juga bisa berlayar dengan menggunakan perahu yang ada di sana. Dan jika sudah bosan, Anda bisa ganti mencoba memancing atau bersepeda air.

3. Taman Safari Prigen

Taman Safari Prigen

Jika Anda ingin lebih dekat dengan satwa liar, Anda bisa datang ke Taman Safari Prigen Pasuruan yang juga disebut sebagai Taman Safari Indonesia II. Karena lokasinya yang berada di lereng gunung, pastinya Anda sudah bisa membayangkan betapa sejuknya suasanya di sini bukan? Ya, selain bisa menikmati udara sejuk, Anda juga bisa mengamati para satwa yang bertempat tinggal di dalamnya seperti ikan lumba-lumba, orang utan, beruang, zebra, banteng, gajah, harimau dan lain-lain.

Selain bisa mengamati satwa, Anda juga bisa menikmati berbagai wahana yang terdiri atas swimming with dolphin, safary water world, education show, baby zoo, paintball war game, elephant journey, safari aquatic land, outbond serta area rekreasi.

4. The Pines Taman Dayu

Taman Dayu

Nah, kalau tempat wisata yang keempat ini rasanya cocok untuk Anda kunjungi jika Anda sudah rindu hidup di alam, namanya adalah The Pines Taman Dayu. The Pines Taman Dayu adalah tempat wisata yang berisikan pohon pinus. Suasananya sangat sejuk dan Anda juga dimungkinkan untuk melakukan camping di sini. Konsep camping yang ditawarkan oleh pihak pengelola sudah sangat modern, dimana Anda tidak perlu repot membawa alat-alat camping dari rumah.

Selain tenda, di sini sudah ada rumah pohon dan rumah kayu, Anda tinggal pilih saja yang mana yang Anda suka. Poin plusnya adalah meski Anda tidak membawa bekal yang cukup, pihak pengelola sudah menyediakan coffee break dan makanan, tentunya dengan biaya tambahan.

5. Pantai Penunggul

Pantai Penunggul

Pasuruan juga punya beberapa objek wisata yang berupa pantai, satu diantaranya sangat terkenal dan bernama Pantai Penunggul. Pantai Penunggul mempunyai pasir yang lembut dan berwarna putih. Pantai ini banyak sekali menerima kunjungan bahkan di hari biasa sekalipun. Ombaknya terhitung tenang sehingga sangat memungkinkan Anda untuk berenang.

Di sekitar pantai ini ada hutan mangrove yang luasnya sekitar 144 ha dan diisi oleh 4 jenis bakau, yakni Alasina marina, Rhyzapora apiculate, Abisina alba dan Rhyzapora mucronata.

6. Sawahe Pak Budi

Sawahe Pak Budi

Ingin wisata edukasi? Ada kok, namanya adalah Sawahe Pak Budi, dan sesuai dengan namanya, wisata ini akan mengajarkan tentang pengolahan bahan pangan. Sawahe Pak Budi adalah obyek wisata yang mengusung tema Kembali ke Alam. Dengan tema tersebut, para pengunjung akan diajarkan tentang cara mengolah bahan pangan sehingga menjadi layak konsumsi.

Klik lihat: Tempat wisata di Nganjuk

Selain itu, di area ini juga ada peternakan organik, kids house, pertanian organik, wisata kuliner, amphitheatre, cottage, restoran, kolam pancing, gazebo, mini market serta edukasi kopi luwak. Sangat cocok untuk dikunjung bersama keluarga dan orang tercinta bukan?

7. Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi

Selanjutnya, Pasuruan juga punya kebun raya yang dijadikan tempat wisata, namanya adalah Kebun Raya Purwodadi yang dibangun oleh Dr. Laurens Gerhard Marinus Baas Becking saat masa penjajahan Belanda dahulu. Luas Kebun Raya Purwodadi mencapai 85 ha. Kebun ini berisikan lebih dari 10.000 jenis tanaman yang terdiri atas tanaman hias, polong-polongan, palem dan masih banyak lagi.

Tak hanya bisa menikmati hijaunya pemandangan saja, di sini Anda juga bisa menikmati berbagai wahana yang telah disediakan oleh pengelola, yang terdiri atas taman bougenville, sepeda air, kolam air dan lain-lain.

8. Air Terjun Gumandar

Air Terjun Gumandar

Selain Coban Cemoro Gading, Pasuruan juga punya air terjun lain yang tak kalah cantik dan unik, namanya adalah Air Terjun Gumandar. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, Air Terjun Gumandar ini adalah air terjun yang unik. Keunikan tersebut terletak pada tidak adanya sungai yang menjadi ‘penerus’ terjunan air dari atas tebing, karena air ini langsung terserap ke dalam tanah dan keluar lagi dalam bentuk sumber air yang berlokasi di sekitar pemukiman.

9. Air Terjun Alap-Alap

Air Terjun Alap-Alap

Masih tentang air terjun, kali ini ada Air Terjun Alap-Alap. Namanya memang tidak terlalu terkenal karena lokasinya sendiri agak tersembunyi di lereng pegunungan Arjuno – Welirang. Pun demikian, keindahannya patut untuk diperhitungkan. Air terjun ini sebenarnya berada tidak jauh dari objek wisata lain, yakni bumi perkemahan Kakek Bodo. Dari bumi perkemahan tersebut Anda diharuskan berjalan kaki menyusuri jalanan hutan yang naik, turun, berkelok dan mungkin juga becek di beberapa tempat.

Klik lihat: Tempat wisata di Banyuwangi

Jika Anda sudah mendengar suara gemercik air, ini pertanda bahwa Anda sudah dekat dengan Air Terjun Alap-Alap. Tetapi, Anda masih harus memanjat batu besar yang terjal, yang tingginya sekitar 10 meter untuk bisa mencapai air terjun utama.

Dan begitu tiba di air terjun utama, Anda akan melihat bahwa air terjun ini terdiri atas 3 tingkatan dengan total ketinggian 40 meter. Jika Anda beruntung, Anda juga bisa melihat pelangi di bagian bawah air terjun.

10. Air Terjun Sumber Nyonya

Air Terjun Sumber Nyonya

Nah, tempat wisata terakhir yang akan dibahas kali ini juga tentang air terjun, namanya Air Terjun Sumber Nyonya yang letaknya ada di lereng Gunung Bromo. Air Terjun Sumber Nyonya terbagi atas 3 tingkatan, dimana tingkatan pertama tingginya 15 meter, tingkatan kedua 7 meter dan tingkatan yang terakhir juga 15 meter. Air terjun ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas termasuk jembatan dan taman.

Di sini, Anda bisa menemukan beberapa spot foto yang sangat cantik. Dan jangan lupakan airnya ya, airnya sangat jernih dan dangkal sehingga sangat disarankan untuk Anda berenang di dalamnya.

Oke, itu dia 10 tempat wisata di Pasuruan, yang bisa Anda sambangi saat berada di sana. Pilihlah waktu yang pas untuk berkunjung dan tetaplah berhati-hati baik selama di perjalanan maupun setelah sampai di lokasi.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *