Tempat Wisata di Kuningan
Travel

Tempat Wisata di Kuningan

Apa yang terlintas oleh kalian saat mendengar kata kuningan Jawa Barat? Memang tak dipungkiri, kota ini bisa dibilang kalah populer jika dibandingkan dengan Jogja atau kota-kota besar lainnya. Namun jangan salah, kota ini juga memiliki banyak obyek wisata menarik yang rekomended untuk dikunjungi.

Tempat Wisata di Kuningan Jawa Barat

1. Taman Kuning Kebun Raya

Taman Kuning Kebun Raya

Taman Kuning Kebun Raya baru saja di buka kembali dan di resmikan pada bulan April tahun 2017 lalu setelah tahun 2016 silam sempat di tutup karena penyelesaian fasilitas di Taman Kuning. Dan Taman Kuning termasuk tempat wisata yang unik di Indonesia, loh!

Dengan luas 100 hektar membuat Taman Kuning dapat di bagi menjadi beberapa pusat wisata. Di sepanjang jalan Taman Kuning terdapat batu – batuan sehingga menambah kesan apik di taman ini. Beberapa tempat yang sudah bisa di nikmati di Taman Kuning adalah Taman Tipikal Gunung Ciremai, Patung Kuda, Air Mancur, serta spot foto yang dapat mempercantik kalian saat berfoto.

Untuk bisa sampai ke Taman Kuning bisa di capai dengan menggunakan kendaraan pribadi dan dapat di tempuh selama 1 jam perjalanan dari pusat kota Kuningan. Tidak perlu takut akan tersesat saat ingin mengunjungi Taman Kuning, karena di setiap jalan sudah terpasang plang penunjuk jalan ke arah Taman Kuning.

Harga masuk ke Taman Kuning Kebun Raya ini terbilang belum pasti karena masih ada perbaikan dan tiket masuk masih berkisar 15 ribu sampai 20 ribu. Dan di sarankan untuk ke Taman Kuning tidak menaiki bus karena akses masuk yang belum terjangkau. Kalau begitu selamat berlibur ke Taman Kuning Kebun Raya, ya! Jangan lupa selalu abadikan momen – momen kalian dari sudut yang menarik di taman ini.

2. Taman Cisantana

Taman Cisantana

Taman Cisantana merupakan taman yang baru di buka pada bulan Januari tahun 2017. Biarpun baru di buka antusias warga sekitar sampai luar daerah terlihat antusias dengan di bukanya taman ini yang terbilang menarik dengan tebing batu – batuan di sekitarnya. Awalnya Taman Cisantana merupakan penambangan batu, namun akhirnya di ubah menjadi tempat wisata yang menjadi hitz sampai saat ini.

Selain menjadi Taman yang cukup populer, taman ini pun banyak di kunjungi oleh para wisatawan untuk berfoto karena hasil yang di dapatkan seperti berada di luar negeri. Dan untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal kalian bisa mencoba naik ke atas tebing yang terdapat di taman ini yang telah di sediakan oleh pihak pengelola taman, karena dari atas tebing terlihat bentuk bunga matahari yang menambah kesan indah saat berfoto.

Untuk mencapai ke Taman Cisantana dari pusat kota Kuningan ambil rute menuju Desa Cisantana dan setelah itu akan terlihat plang petunjuk arah untuk menuju ke Desa Cisantana dan Taman Cisantana. Serta masuk ke taman ini cukup membayar 12 ribu saja, tiket masuk 10 ribu dan uang parkir kendaraan 2 ribu namun harga tiket juga dapat berubah sewaktu – waktu.

Klik lihat: Tempat wisata di Pangandaran

Jika kalian ingin berkunjung ada beberapa tips sebelum tiba di Taman Kuning yaitu jika tidak ingin berdesak – desakan lebih baik datangnya pada hari weekday karena di weekend Taman Cisanta penuh dengan pengunjung dan jika kalian tidak ingin terkena panas matahari lebih baik datang di pagi hari atau sore hari saja. Dan pastinya jangan lupa bawa persediaan bekal, ya.

3. Curug Bangkong

Curug Bangkong

Kuningan juga memiliki beberapa wisata curug, salah satunya adalah Curug Bangkong. Dan Curug Bangkong wajib kalian datangi. Selain lokasinya tidak jauh dari Waduk Darma, kalian dapat menikmati kawasan wisata air yang sejuk serta angle untuk berfoto yang menarik dari berbagai sisi semakin menambah foto liburan kalian di Curug Bangkong ini.
Selain itu ketinggian air terjun yang mencapai 20 meter dan di bangunnya tanggul berguna untuk mencegah abrasi sungai membuat para pengunjung dapat ke curug ini dengan aman. Letak Curug Bangkong berada di Desa Kertawiratama, Kecamatan Nusaherang.

Jika ingin berlibur ke Curug Bangkong kalian harus tetap waspada dan jaga rekan atau keluarga saat sedang bermain air di bawah air terjun agar terhindar darii bahaya yang tidak di inginkan. Nah, kalau kalian sudah yakin silahkan kunjungi Curug Bangkong dengan rekan atau keluarga kalian.

4. Situ Cicerem (Telaga Biru)

Situ Cicerem

Liburan panjang memang paling mengasikkan, apalagi kalau kita bisa jalan – jalan ke tempat wisata yang bisa menghilangkan penat dengan udara segar pegunungan yang menyegarkan apalagi di tambah kita bisa menyelam menikmati indahnya biota bawah laut. Liburan yang pastinya di idam – idamkan setiap orang.

Nah, untuk bisa berlibur seperti itu kalian bisa mengunjungi obyek wisata Situ Cicerem. Selain pemandangannya yang indah, airnya pun sangat jernih dan terlihat mempesona sehingga situ cicerem di sebut dengan Telaga Biru dengan kejernihan airnya. Dan jika kalian yang ingin berenang ataupun menyelam tidak perlu merasa ragu, karena pemandanga di dasar situ ini pun sangat mempesona dengan ikan – ikan yang terdapat di Situ Cicerem.

Bagi kalian yang tidak bisa berenang tidak perlu khawatir karena Situ Cicerem di kelilingi pohon yang rimbun sehingga kalian bisa bersantai di bawah pohon sambil bermain dengan ikan – ikan di pinggiran situ. Untuk masuk ke Situ Cicerem pun hanya Rp. 2.500,- sudah termasuk parkir kendaraan. Wah asik kan!

Untuk mencapai ke lokasi situ cicerem sangat mudah karena jika kalian sudah berada di daerah Kuningan atau Cirebon lanjutkan perjalanan ke Bundaran Ciracas yang terletak di sebelah utara Pasar Cilimus lalu pergi ke Jalan Mandirancan setelah bertemu Tugu Macan Mandirancan kalian ambil jalur Cirea – Pasawahan, sampai di pertigaan ambil jalur wisata Panis dan jalan sampai Ke Pasawahan sampai menemukan Polsek Pasawahan, dan dari situ kalian menemukan plang menuju Situ Cicerem.

Klik lihat: Tempat wisata di Majalengka

Nah, jika kalian mau menikmati indahnya biota bawah Situ Cicerem tidak ada salahnya kalau kalian meluangkan waktu liburan ke Situ Cicerem. Karena banyak juga loh spot foto yang bagus di tempat wisata Situ Cicerem ini.

5. Gunung Ciremai

Gunung Ciremai

Yang gemar mendaki pasti akan senang dengan mendaki di wisata Gunung Ciremai. Dengan ketinggian gunung mencapai 3.078 meter di atas permukaan laut yang pasti akan membuat kalian merasa tertantang untuk tiba di puncaknya.

Gunung Ceramai masuk ke dalam kawasan Taman Nasional dengan luas sekitar 15.000 hektar. Serta gunung ini menjadi tempat mendaki favorit bagi wisatawan lokal maupun dari luar daerah. Saat berada di ketinggian 2.900 meter dari atas permukaan laut kalian bisa melihat indahnya kawah yang berpotongan dengan sangat indah dan tentunya kalian tidak boleh sampai ketinggalan untuk mengabadikannya lewat kamera telpon ataupun kamera dslr yang kalian miliki.

Untuk kalian yang ingin mendaki bisa melalui 3 jalur seperti dari Desa Palatungan, Desa Linggarjati dan Desa Padabeunghar. Dan tips untuk kalian yang ingin mendaki Gunung Ciremai sebaiknya memakai seorang guide lokal yang sering mendaki gunung tersebut agar dapat memandu kalian supaya tidak tersesat dan sampai di puncak dengan aman. Jadi, tunggu apalagi kan?

6. Bukit Panembongan

Bukit Panembongan

Menikmati indahnya alam dari ketinggian siapa yang tidak mau. Pasti semua orang ingin melihat pemandangan yang begitu mempesona dari atas ketinggian. Jika di Jogjakarta mempunyai Kalibiru sebagai tempat yang eksotis. Nah, di Kuningan juga memiliki Bukit Panembongan yang tidak kalah dari Kalibiru. Yang berada di Desa Tambong, Kecamatan Garawangi.

Serta suasana pegunungan dan perdesaan yang di barengi dengan hamparan rerumputan hijau bisa kalian nikmati dari atas Bukit Panembongan. Dan tentunya akan membuat kalian betah berada di bukit ini dengan hawanya yang sejuk dan asri, sehingga dapat menghilangkan segala kepenatan yang ada dan menenangkan fikiran kalian.

Dengan harga tiket yang cukup terjangkau untuk memasuki Bukit Panembongan tidak akan membuat kalian menyesal. Selain keindahan alam yang bisa di nikmati, kalian juga dapat menikmati aktivitas yang tak kalah seru seperti camping, outbong dan tak kalah romantisanya bukit ini bisa di jadikan sebagai foto prewedding kalian, loh! Pasti seru deh kalo kalian berlibur ke tempat ini.

7. Hutan Kota Mayasih

Hutan Kota Mayasih

Selain mempunyai Taman Kuning dan seakan belum cukup untuk mengeksplor tempat wisata yang ada di Kuningan. Maka kalian perlu mendatangi hutan kota yang di miliki oleh kota Kuningan yaitu Hutan Kota Mayasih.

Bila kalian ingin mengunjungi Hutan Kota Mayasih yang berlokasi di Jalan Lumbu, Kecamatan Cigugur. Tentunya tidak akan merasa rugi karena hanya dengan membayar uang masuk sebesar 5000 ribu perorang sudah bisa menikmati ruang hijau terbuka yang di miliki oleh Hutan Kota Mayasih ini. Apalagi Hutan Kota Mayasih dapat di kunjungi selama 24 jam yang pastinya membuat kalian tidak perlu pulang buru – buru saat berkunjung ke hutan kota ini.

Klik lihat: Tempat wisata di Ciamis

Fasilitas yang tersedia di Hutan Kota Mayasih antara lain saung – saung kecil dan gazebo yang memungkinkan kalian beristirahat sejenak sambil menikmati gemercik air dari aliran kolam ikan yang menambah kesan bersantai kalian menjadi lebih nyaman bersama keluarga, rekan ataupun pasangan kalian.

8. Wisata Hutan Desa Setianegara

Wisata Hutan Desa Setianegara

Keramaian kota memang menjadi hal yang tidak nyaman di saat kita sedang merasa penat dengan segala aktivitas yang ada. Dan untuk menghilangkan pikiran seperti itu kalian bisa mengunjungi Hutan Desa Setianegara yang terletak di Desa Setianegara, Kecamatan Cilimus.

Selain hawa pegunungan yang menenangkan dan bebas dari polusi udara, kalian juga bisa melihat penduduk setempat melakukan aktivitas bercocok tanam di imbangi dengan suasana perdesaan yang tentram dan damai serta para penduduk yang terlihat ramah dan akur satu sama lain.

Untuk menambah kesan berlibur lebih menyenangkan saat Desa Setianegara kalian bisa berkemah dan mendaki gunung yang ada di Desa Setianegara. Karena pemandangan alamnya yang terlihat menakjubkan dari atas gunung yang tidak boleh kalian lewatkan. Pasti seru!

9. Telaga Nilem

Telaga Nilem

Saat kita berkunjung ke telaga pasti yang terbayangkan adalah airnya yang jernih dan ingin segera berenang di telaga tersebut. Ternyata di kuningan juga mempunyai telaga dengan kejernihan air di atas rata – rata yang bisa menjadi pilihan kalian saat berlibur, namanya Telaga Nilem.

Fasilitas yang ada di Telaga Nilem terbilang cukup memadai dengan adanya toilet, gazebo, mushola, serta warung makanan yang dapat mengisi perut kalian setelah asik bermain di Telaga Nilem. Lokasi telaga nilem mudah di jangkau dari mana saja karena terletak di perbatasan Cirebon, Majalengka dan Kuningan. Dengan jarak dari arah selatan sejauh 24 kilometer dari Cirebon dan dari arah utara berjarak 35 kilometer dari pusat kota Kuningan.

Untuk masuk ke Telaga Nilem pun terbilang murah hanya 15 ribu, tetapi kalian sudah bisa bersantai dengan keluarga dan pastinya juga menikmati keindahan alam yang menakjubkan wow asik!

10. Pemandian Air Panas Sangkanhurip

Pemandian Air Panas Sangkanhurip

Kota Kuningan memang berada di perbatasan. Namun jangan salah, ternyata Kuningan juga memiliki pemandian air panas yang di kenal dengan Pemandian Air Panas Sangkanhurip. Di pemandian air panas Sankanhurip mempunyai kandungan iodium dan bersuhu 36 derajat celcius serta kaya akan mineralnya, loh.

Selain dapat berendam untuk mengatasi penyakit kulit serta rematik, kalian juga bisa melakukan spa agar tetap bisa menjaga kecantikan kalian. Dan jika kalian ingin bermalam di Pemandian Air Panas Sangkanhurip tidak perlu khawatir karena tersedia penginapan serta di sekitar lingkungan wisata ini juga terdapat restoran dengan menu ikan bakar yang pastinya bikin kalian pengen makan lagi dan lagi.

Untuk menuju ke Pemandian Air Panas Sangkanhurip hanya berjarak 12 kilometer dari pusat kota Kuningan. Dan Pemandian Air Panas Sangkanhurip di buka setiap hari dengan harga tiket masuk yang terbilang murah hanya 8 ribu untuk orang dewasa dan 7 ribu untuk anak – anak kalian sudah bisa menikmati panasnya air di Pemandian Sangkanhurip. Yuk ajak keluarga atau rekan kalian wisata ke Pemandian Air Panas Sangkanhurip saat liburan nanti.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *