Tempat Wisata di Purwakarta
Travel

Tempat Wisata di Purwakarta

Purwakarta merupakan salah satu kota yang mempunyai tempat wisata menarik dan mengagumkan yang rekomended untuk di jadikan tujuan berlibur. Dari wisata alam yang alami sampai wisata buatan, tidak kalah keren dengan obyek wisata di kota lainnya.

Tempat Wisata di Purwakarta yang Lagi Hits

1. Air Mancur Sri Baduga

Air Mancur Sri Baduga

“keren banget ” kata yang tepat untuk keindahan Air Mancur Sri Baduga yang di milikinya. Dan jangan sampai kalian melewatkan liburan ke air mancur ini saat sedang berlibur ke Purwakarta yang terletak di Situ Buleud. Dengan danau seluas 4 hektar membuat daya tarik tersendiri karena bentuknya yang mirip dengan air mancur di Singapura.

Serta, pertunjukkan Air Mancur Sri Baduga menjadi momen yang harus disaksikan. Dengan sentuhan efek cahaya yang di sorotkan membuat air mancur terkesan cantik dengan warna – warni lampu saat air bergerak secara bervariasi mengikuti alunan musik yang dimainkan.

Pertunjukkan yang disuguhkan tidak dapat kita saksikan setiap hari loh, karena pertunjukkan hanya di mulai hari sabtu saja di jam 6 sore sampai dengan jam 12 malam. Dan dengan atraksi yang luar biasa pengunjung dapat menyaksikannya secara gratis.

2. Gunung Lembu

Gunung Lembu

Purwakarta memang mempunyai ke elokannya sendiri termasuk Gunung Lembu yang menjadi salah satu tempat favorit saat masa – masa liburan datang. Salah satu yang menarik dari Gunung Lembu adalah saat sudah berada di puncak Gunung kalian akan di melihat sunset serta keindahan Waduk Jatiluhur dari atas ketinggian. Sehingga kalian akan mendapatkan keindahan dua kali lipat dari Gunung Lembu dan Waduk Jatiluhur.

Untuk menuju Gunung Lembu jalan yang bisa di akses adalah dari Jakarta menuju Tol Purbaleunyi dan keluar pintu Tol Jatiluhur ambil jalur kanan ke arah Sukatani lalu ambil kanan lagi setelah Pasar Anyar dan kalian akan melewati rel kereta. Setelah itu ikuti jalan sampai pos keberangkatan Gunung Lembu.

Klik lihat: Tempat wisata di Kuningan

Selain itu yang menjadikan Gunung Lembu istimewa adalah saat kalian ingin menaiki puncaknya perlu usaha yang tidak main – main karena tanjakan yang terjal harus kalian lalui. Setelah itu barulah jalanan menjadi sedikit lebih mudah dan pastinya siapkan kamera kalian untuk mengabadikan setiap perjalanan kalian menuju puncak Gunung Lembu.

3. Waduk Jatiluhur

Waduk Jatiluhur

Siapa dari kalian yang tidak tau Waduk Jatiluhur ? Waduk Jatiluhur dibangun pada tahun 1957, biarpun waduk ini buatan tapi keindahan yang ditampilkan tidak kalah dengan waduk – waduk asli lainnya. Pembangunan waduk ini awalnya berguna untuk penduduk setempat seperti irigasi, pembudidayaan ikan dan pembangkit listrik. Namun, semakin kesini Waduk Jatiluhur menjadi tempat wisata di Purwakarta yang mampu mendatangkan para wisatawan dengan panorama yang dimilikinya.

Benar saja, Fasilitas yang di buat untuk kenyamanan para wisatawan di perhatikan dengan baik agar wisatawan semakin tertarik mengunjungi Waduk Jatiluhur dengan adanya sarana rekreasi dan olahraga air seperti ski air, dayung, memancing, berperahu dan lain – lain. Serta di waduk ini pun terdapat resort yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk beristirahat setelah bermain – main di sekitaran Waduk Jatiluhur.

Untuk datang ke Waduk Jatiluhur terbilang mudah dengan kendaraan pribadi. Dari arah Jakarta atau Bandung masuk ke arah Tol Purbaleuyi dan keluar di Tol Jatiluhur setelah itu ikuti jalur menuju Waduk Jatiluhur yang berjarak 6 setengah kilometer dari gerbang keluar pintu tol. Harga masuk ke Waduk Jatiluhur terbilang murah karena cukup mengocek Rp. 20.000 / orang sudah bisa menikmati keindahan sunset dan spot berfoto yang instagrammable abis. Pokoknya bakalan seru deh !

4. Desa Wisata Tajur

Desa Wisata Tajur

Berlibur di sebuah perdesaan memang menyenangkan. Apalagi bisa mengikuti kegiatan penduduk setempat. Dan inilah yang ditawarkan di Kampung Tajur Purwakarta. Dengan kekayaan alam dan pesona yang dimilikinya dapat menarik wisatawan untuk dapat merasakan dan tinggal di sebuah perdesaan.

Untuk itu para penduduk setempat menjadikan rumahnya sebagai homestay bagi para wisatawan. Saat wisatawan berada disana tidak akan merasa bosan karena akan di ajak untuk ikut dalam aktivitas sehari – hari yang penduduk lakukan seperti berkebun, bertani, bertani dan lain – lain. Serta kegiatan kesenian Sunda dari tarian maupun nyanyian, kerajinan dan semacamnya.

Bagi kalian yang tertarik untuk pengalaman liburan yang berbeda bisa langsung mengunjungi Desa Wisata Tajur dengan mudah yaitu dari arah jakarta hanya butuh 2 setengah jam untuk tiba di tujuan dengan jarak tempuh 35 kilometer dari pusat kota purwakarta. Biaya untuk homestay berkisar Rp. 200.000 sampai Rp.300.000 / orang sudah termasuk konsumsi dan jika ingin mengikuti program tambahan dikenakan biaya Rp. 50.000 – Rp.100.000 / aktivitas yang di inginkan.

5. Bukit Panenjoan

Bukit Panenjoan

Bukit Panenjoan merupakan tempat yang instagenic di Purwakarta dengan jembatan bambu sebagai ciri khas yang di milikinya. Bukit Panenjoan kurang lebih berjarak 17 kilometer dari kota Purwakarta yang bertepat di Desa Sindang Panon, Kampung Cinangka.

Dengan berkunjung ke bukit ini kalian akan memiliki ingatan liburan yang tidak terlupakan dan tentunya banyak momen yang di hasilkan dari jepretan kamera kalian saat berkunjung ke bukit Panenjoan karena spot foto yang dengan hamparan pemandangan alam berupa gunung, perkebunan dan danau Juanda Jatiluhur sebagai keindahan yang alami.

Klik lihat: Tempat wisata di Pangandaran

Untuk tiba di Desa Panenjoan bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun empat dari kota Purwakarta dengan mengambil arah Wanayasa saat memasuki daerah Pondok Salam ambil arah kanan ke Gapura Indung Rahayu. Ikuti jalan sampai 10 kilometer sampai menemukan petunjuk jalan Kampung Panenjoan.

Kampung Panenjoan buka setiap hari dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore dengan biaya masuk sekitar Rp.5000 / orang. Kapan lagi kalian bisa ke tempat wisata yang murah dengan pemandangan yang bagus selain di Desa Panenjoan.

6. Wisata Giri Tirta Kahuripan

Wisata Giri Tirta Kahuripan

Bisa bermain air di atas awan merupakan impian banyak orang. Namun apa itu bisa terjadi? Jawabannya adalah iya. Kalian bisa merasakan sensasi tersebut di Wisata Giri Tirta Kahuripan. Tidak hanya skypool yang di hadirkan, tetapi juga terdapat beragam spot untuk bermain serta restoran dan hotel.

Skypool di Giri Tirta Kahuripan menjadi tempat utama untuk menyaksikan alam Purwakarta yang indah dengan ketinggian 500 mdpl sambil bermain di kolam renang yang berbatasan dengan tebing. Selain berenang ada pula spot untuk berfoto yang bisa kalian pamerkan di instagram yang pastinya bakal buat orang lain iri saat melihatnya.

Wisata Giri Tirta Kahuripan dapat di tempuh dengan mudah yaitu keluar tol Jatiluhur ke arah Pasar Rebo menuju arah Wanayasa, ikuti jalan sepanjang 20 kilometer sampai menemui jalan kecil menuju tempat tersebut. tempat wisata ini dibuka dari jam 8 pagi sampai jam 6 sore dengan tiket masuk gerbang Rp. 25.000 di hari biasa dan Rp. 30.000 di hari libur. Serta tiket masuk skypool berkisar Rp. 50.000 di hari biasa dan Rp. 60.000 di hari libur. Biiarpun sedikit mahal tapi di jamin seru kok !

7. Sumber Air Panas Ciracas

Sumber Air Panas Ciracas

Purwakarta juga memiliki sumber air panas yang populer di daerah Ciracas dan di percaya dapat menyembuhkan penyakit kulit, rematik, sakit punggung dan sebagainya. Lokasi sumber air panas Ciracas terletak 8 kilometer dari Situ Wanayasa.

Sebenarnya terdapat terdapat 12 titik sumber air panas namun sebagian terdapat di pematang sawah milik penduduk setempat. Di anjurkan buat kalian yang ingin berkunjung kesana menggunakan kendaraan pribadi agar lebih cepat sampai di tujuan. Selamat berlibur di Sumber Air Panas Circas !

8. Jatiluhur Waterworld

Jatiluhur Waterworld

Jika kalian merasa belum puas dengan Waduk Jatiluhur, kalian bisa mengunjungi Jatiluhur Waterworld yang berada di kawasan Waduk Jatiluhur. Selain menjadi tempat wisata yang populer dan favorit untuk wisata keluarga, terdapat pula wahana yang dapat di nikmati bersama keluarga seperti ember tumpah, seluncur air, trampolin, flying fox dan berbagai wahana lainnya.

Klik lihat: Tempat wisata di Majalengka

Tempat wisata ini bisa dituju menggunakan kendaraan pribadi berjarak 120 kilometer dari Jakarta dan 70 kilometer dari Bandung. Untuk sampai kesana perlu melewati Tol Purbaleunyi. Tarif yang dikenakan berkisar Rp. 30.000 sampai Rp. 65.000 / orang. Yuk ajak keluarga kalian untur berlibur di Jatiluhur Waterworld. Di jamin seru deh.

9. Gunung Bongkok

Gunung Bongkok

Destinasi wisata di Purwakarta tidak hanya dengan keindahan sunset yang ditonjolkan. Namun di Purwakarta kita dapat menyaksikan matahari terbit di Gunung Bongkok dengan sensasi yang luar biasa mengagumkan loh.

Dengan ketinggian yang mencapai 1.000 mdpl, Gunung Bongkok termasuk yang mudah untuk di daki karena terdapat dua opsi pilihan untuk melihat pemandangan yang di sajikan yaitu di puncak datar dan di puncak batu tumpuk. Serta pemandangan yang di tawarkan pun berupa Gunung Parang dan Waduk Jatiluhur sehingga dapat mengambil foto dari berbagai sudut yang terlihat mengagumkan.

Cara akses menuju Gunung Bongkok terbilang mudah yaitu dari stasiun Purwakarta ke arah Pasar Plered, lalu menuju Cikandang dan setelah itu berjalan kaki menuju Pos Munclu. Jika kalian ingin datang ke tempat wisata ini jangan lupa jadikan gardu pandang sebagai tempat berfoto kalian ya.

10. Mata Air Cijanun di Gunung Burangrang

Mata Air Cijanun di Gunung Burangrang

Jika kalian sedang di Purwakarta tidak ada salahnya jika kalian mampir sebentar ke Mata Air Cijanun. Selain dapat bermain air, pemandangan alam yang menarik juga menjadi salah satu keseruan dalam berkunjung ke tempat ini, loh! Dan uniknya air yang terdapat di Mata Air Cijanun tidak akan berkurang ukurannya serta kerjenihannya. Sungguh menarik bukan?

Bentuk tempat pemandiannya tidak jauh berbeda dari kebanyakan pemandian rakyat lainnya. Bebatuan yang terdapat pada sisi kolam serta pemandian ini pun di kelilingi dengan perbukitan dan perkebunan menjadikan tempat pemandian Mata Air Cijanun menjadi istimewa untuk di jadikan spot berfoto menjadi menyenangkan.

Untuk menuju ke Mata Air Cijanun dari Situ Wanayasa ke arah Bojong melewati Pasar Bojong Sampai Polsek Bojong. Tidak jauh dari Polsek terdapat pertigaan di sebelah kanan yang di tandai dengan tugu belok kanan sampai bertemu SD Cipeundeuy dan dari SD terdapat pertigaan ambil kanan lalu lurus terus hingga ujung jalan.

Selain mempunyai pemandangan yang luar biasa serta air yang bersih dan jernih sehingga dapat menyegarkan badan, semua itu dapat di nikmati secara gratis. jadi, kapan lagi mandi di mata air dengan gratis dan cuma membayar secara sukarela, kan?

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *