Tempat Wisata di Pangandaran
Travel

Tempat Wisata di Pangandaran

Siapa yang tidak tau dengan daerah pangandaran? Pasti semua orang sudah kenal dengan kota yang satu ini. Kota ini mempunyai banyak keindahan wisata mempesona, yang dijamin tak kalah keren dengan obyek wisata di Bali.

Tempat Wisata di Pangandaran Terbaru

1. Santirah River Tubing

Santirah River Tubing

Jika kalian ingin merasakan sensasi wisata semi ekstrem kalian bisa mengunjungi Santirah River Tubing di Desa Selasari. Biarpun wisata ini belum lama di buka, tetapi sudah dapat menarik perhatian wisatawan lokal maupun wisatawan luar negeri yang ingin merasakan kegiatan arum jeram dengan pemandangan tebing – tebing di sisi kanan kirinya dengan di tumbuhi pohon – pohon yang hijau.

Serta derasnya air yang di milikinya membuat wisatawan lebih tertantang untuk datang ke Santirah River Tubing. Selain itu kedalaman airnya pun bervariasi dari 10 cm hingga 8 meter dengan kondisi air yang jernih berwarna hijau kebiruan. Jika ingin mengelilingi tempat ini selama 2 jam perjalanan dikenakan biaya Rp.200.000,- yang sudah di pandu oleh seorang pemandu dan tentunya dengan perlengkapan yang membuat kalian aman seperti helm, pelampung, ban, dan pelindung kaki.

Klik lihat: Tempat wisata di Majalengka

Semenjak di perkenalkan oleh sekumpulan anak muda karang taruna Desa Selasari tahun 2014 lalu membuat Santirah River Tubing sebagai wisata air baru di daerah Pangandaran yang mulai di kunjungi banyak orang. Dan wisata ini pun hanya berjarak 15 kilometer dari pusat Pangandaran. Jadi apa kalian mau mencoba kesini?

2. Pantai Karapyak

Pantai Karapyak

Pangandaran memang terkenal dengan wisata pantainya. Namun, jika anda ingin berkunjung ke pantai yang tidak banyak orang karena ingin mencari ketenangan Pantai Karapyak cocok untuk anda kunjungi.

Selain suasanya yang sejuk dan tidak terlalu panas pantai ini pun mempunyai hamparan pasir putih sepanjang 5 kilometer yang ternyata pasir putih ini berasal dari batu karang dan cangkang kerang yang terkikis sangat halus. Serta pantai ini masih terdapat banyak batuan karang tempat para biota laut yang suka berada di celah – celah batuan karang tersebut. jika air sedang surut anda bisa melihat hamparan taman laut karena dapat melihat biota laut secara jelas dan juga rumput lautnya.

Untuk menuju ke pantai ini hanya bisa di akses menggunakan kendaraan pribadi karena angkutan umum yang belum mencapai ke lokasi Pantai Karapyak ini. Dari kota Ciamis pantai ini hanya berjarak 78 kilometer dan dari Pantai Pangandaran hanya berjarak 20 kilometer dengan kondisi jalan yang sudah mulus. Biaya masuk ke pantai ini hanya biaya masuk kendaraan sebesar Rp.10.000,- untuk motor dan untuk mobil dari Rp 18.000,- sampai Rp.180.000,- saja.

Di sarankan jika anda tidak terlalu berani dan mahir untuk berenang lebih baik cukup menikmati pemandangan dari bibir pantai saja karena ombak di pantai ini cukup tinggi. Namun jika anda memang ingin mencari ketenangan Pantai Karapyak bisa di jadikan rekomendasi anda.

3. Green Canyon

Green Canyon

Green Canyon merupakan salah satu tempat wisata populer yang ada di Pangandaran sejak di kenalkan oleh turis Perancis pada tahun 1993. Bagi masyarakat sekitar meyebut tempat wisata ini dengan nama Cukang Taneuh, karena dahulu terdapat jembatan dari tanah yang di gunakan oleh para petani untuk pergi ke sawah. Namun, karena tempat ini menyerupai Green Canyon yang ada di Australia maka Cukang Taneh di beri sebutan yang sama yaitu Green Canyon juga.

Untuk menikmati keindahan dari Green Canyon Pangandaran ini anda dapat menaiki perahu dengan biaya sebesar Rp.75.000,- perorang dengan lama perjalanan 30 menit sampai 45 menit. Namun anda tidak akan merasa bosan di sepanjang menyusuri Green Canyon karena anda akan melihat pemandangan alam yang sangat hijau serta airny pun yang berwarna hijau kebiruan dengan kondisi air yang jernih.

Jika kalian tidak puas hanya menyusuri Green Canyon dengan perahu anda juga bisa mengambil paket sebesar Rp.200.000,- perorang. Dengan biaya segitu anda sudah dapat melakukan body rafting dan berenang di Green Canyon. Serta jika anda ingin mencoba adrenalin dapat melompat di ketinggian 9 meter. Wow, seru kan!

Untuk tiba di tempat Green Canyon pun cukup mudah karena anda dapat menaiki kendaraan pribadi ataupun angkutan umum di tambah lagi dengan sudah banyak terpasang plang menuju ke arah tempat wisata ini sehingga anda tidak perlu takut tersesat. Dari pusat kota Pangandaran tempat ini hanya berjarak 30 kilometer saja untuk sampai ke lokasi. Nah, kalo gitu kapan lagi kan bisa liburan ke Green Canyonnya Indonesia.

4. Citumang Pangandaran

Citumang Pangandaran

Ada satu lagi tempat populer yang wajib kamu kunjungi saat di Pangandaran yaitu Citumang Pangandaran. Selain berada di tengah – tengah gunung, aliran sungai Citumang pun terbilang tenang namun menantang bagi para wisatawan. Sehingga Citumang menjadi tempat body rafting terbaik di Pangandaran.

Citumang Pangandaran berlokasi di Desa Bojong, Kecamatang Paringgi. Untuk mengunjungi tempat ini anda harus ekstra bersabar karena kondisi jalan yang belum terlalu bagus. Jika dari pusat pangandaran dapat di tempuh dengan jarak 15 kilometer ke arah barat.

Dengan perjalanan yang melelahkan dapat terbayarkan dengan suasana yang menakjubkan dari pesona tempat wisata ini. Tepian sungai yang terdapat bebatuan padas di imbangi dengan sentuhan ukiran – ukiran alam mempunyai sensai tersendiri saat melihatnya serta suara aliran sungai dan satwa hutan yang menambah kesan tidak pernah sepi di tempat tersebut.

Klik lihat: Tempat wisata di Ciamis

Untuk dapat lebih menikmati wisata di Citumang anda bisa menggunakan paket body rafting sebesar Rp.75.000,- sampai Rp.200.000,- perorang yang sudah dilengkapi dengan pemandu dan perlengkapan yang di perlukan saat body rafting. Dan tips untuk anda yang ingin datang ke wisata ini jangan saat musim hujan karena kondisi jalannya yang cukup licin untuk di lewati.

5. Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran

Nah, ini dia salah satu tujuan wisata favorit Jawa Barat saat di Pangandaran. Ya, tentunya tempat apa lagi kalo bukan Pantai Pangandaran. Saat ke Pangandaran rasanya tidak legkap kalau belum mengunjungi Pantai Pangandaran. Selain sudah menarik perhatian wisatawan baik dalam negeri maupun mancanegara, pantai ini selalu ramai pengunjung apalagi jika weekend sudah tiba.

Pantai Pangandaran merupakan tempat yang eksotis selain anda bisa bermain dan berenang dengan aman karena airnya yang tenang. Di sini anda juga bisa menikmati indahnya sunrise dan sunset yang pastinya membuat anda ingin mengabadikan momen tersebut.

Lokasi menuju pantai ini pun terbilang cukup mudah karena merupakan tempat favorit hanya berjarak 92 kilometer dari Ciamis ke arah selatan. Selain itu untuk menuju ke pantai ini pun sudah terpasang penunjuk arah dengan kondisi jalan yang bagus serta penerangan yang cukup. Serta masuk ke dalam pantai ini cukup membayar kendaraan saja sekitar Rp.10.000,- sampai Rp.140.000,- saja. Cukup menarik perhatian anda kan?

6. Pangandaran Waterpark

Pangandaran Waterpark

Waterpark merupakan tempat bermain air keluarga yang bisa di kunjungi oleh segala usia. Dan tidak ingin kalah dengan kota – kota lainnya Pangandaran juga memilikinya. Serta Waterpark Pangandaran ini di buat dengan tidak biasa karena di bangun di pinggiran Pantai Lembah Putri. Jadi saat sedang bermain di tempat ini anda juga dapat menikmati indahnya Pantai Lembah Putri.

Jarak yang di tempuh dari pintu wisata Pangandaran hanya 5 kilometer lebih tepatnya di Kecamatan Kalipucang. Dan untuk memasuki Waterpark ini terbilang cukup ekonomis hanya Rp.10.000,- sampai Rp.25.000,- perorang. Murah kan? So, kapan lagi kan bisa main – main di waterpark yang berdekatan dengan pantai kalau bukan di Pangandaran Waterpark.

7. Pantai Batu Hiu

Pantai Batu Hiu

Berlibur sambil melihat Samudera Hindia dengan warna biru laut yang pekat serta deburan ombak yang menggulung putih hanya bisa di saksikan di Pantai Batu Hiu. Dan awal mula pantai ini di sebut dengan Pantai Batu Hiu karena di salah satu batuan karangnya berbentuk sirip ikan hiu. Terletak di Desa Ciliang Kecamatan Parigi membuat tempat ini banyak di datangi oleh para pengunjung. Serta jaraknya yang hanya 14 kilometer dari Pangandaran ke aarah selatan.

Pantai ini pun mempunyai pemandangan alam yang indah serta di tumbuhi oleh pohon Pandan Wong sehingga di sekitar pantai terasa sejuk. Saat baru memasuki pantai ini kalian akan melewati terowongan berbentuk ikan hiu seakan – akan kita sedang berada di perut ikan tersebut. Jika di pantai lain kalian bisa menikmati berenang maka di Pantai Batu Hiu kalian harus berhati – hati karena tidak bisa sembarangan untuk berenang di pantai ini dengan kondisi ombaknya yang besar.

Tetapi jangan khawatir karena pantai ini juga di jadikan sebagai penangkaran hewan penyu. Sehingga para wisatawan bisa melihat beberapa spesies ikan penyu. Bahkan jika kalian beruntung pada bulan tertentu kalian bisa ikut melepaskan bayi – bayi penyu ke laut. Wah seru kan!

8. Pangandaran Sunset

Pangandaran Sunset

Pesona Pangandaran memang tidak ada habisnya. Seperti halnya yang terletak di sebelah barat Pantai Pangandaran yang baru saja di bangun yaitu spot foto bertulisan “Pangandaran Sunset” hampir sama saat kita sedang berada di Hollywood. Tak hanya tulisan saja, namun Pangandaran Sunset juga di lengkapi taman yang dapat di gunakan untuk bersantai atau sekedar berfoto sambil menunggu sunset tiba di Pantai Pangandaran.

Semakin banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Pangandaran membuat Pemkot terus membuat tempat – tempat baru yang dapat menarik perhatian pengunjung agar tidak merasa bosan saat mengunjungi Pangandaran. Biaya tarif ke Pangandaran Sunset sudah termasuk tiket masuk saat kita ke Pantai Pangandaran. Nah, dengan begitu spot ini harus kalian datangi juga ya saat ke Pantai Pangandaran.

9. Goa Sutra Regan

Goa Sutra Regan

Pangandaran tidak hanya terkenal dengan pantainya yang mempesona, tetapi di sudut kota Pangandaran tepatnya di Desa Selasari Kecamatan Parigi terdapat tempat wisata menarik yaitu Goa Sutra Reregan yang dapat di kunjungi oleh anda, apalagi jika anda pergi bersama rombongan.

Berawal di temukannya benda purbakala oleh Cagar Budaya di Goa Sutra, akhirnya membuat banyak orang yang ingin melihat secara langsung bentuk dari Goa Sutra ini sendiri. Seperti stalakmit dan stalaktit alami yang di milikinya yang menjadi daya tarik pengunjung. Apalagi goa ini mudah di jangkau, aehingga banyak yang datang ke sini.

Klik lihat: Tempat wisata di Cianjur

Tidak hanya wisata goa saja yang bisa di lihat, namun beberapa spot foto yang menarik dapat di lakukan dengan jepretan kamera anda seperti spot foto di atas perahu dengan nuansa hutan yang hijau semakin membuat hasil foto anda semakin apik. Buat anda yang suka dengan suasana wisata hutan bisa mengunjungi Goa Sutra Reregan sebagai tempat berlibur anda..

10. Pantai Lembah Putri

Pantai Lembah Putri

Pantai Lembah Putri terbilang objek wisata yang masih baru. Terletak di Dusun Lembah Putri, Desa Putra Pinggan Kecamatan Kalipucang dan hanya berjarak 3 kilometer dari arah timur Pangandaran tidak membuat pemandangan yang di miliki oleh Pantai Lembah Putri kalah dengan pantai – pantai lain yang di miliki Pangandaran

Di pantai ini terdapat goa bernama Goa Ronggeng di sebuah bukityang katanya pada malam – malam tertentu akan terdengar suara gamelan ronggeng dari dalam goa tersebut. Namun di atas bukit ini juga anda dapat melihat keindahan laut lepas yang sangat mempesona

Nah, itu dia beberapa review tempat wisata yang ada di Pangandaran yang bisa anda jadikan rekomendasi saat berlibur nanti, selamat bersenang – senang di Pangandaran ya!

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *