Tempat Wisata di Tasikmalaya
Travel

Tempat Wisata di Tasikmalaya

Siapa sih yang tidak mau liburan di tempat yang menarik? Pastinya para travelers di manapun berada ingin merasakan berkunjung ke destinasi wisata keren, yang tidak akan mudah dilupakan bukan?

Nah, salah satunya, kota yang kami rekomendasikan untuk Anda adalah Tasikmalaya. Kota ini menyimpan keindahan alam serta tempat wisata yang sangat eksotis.

Tempat Wisata di Tasikmalaya yang Lagi Hits

1. Pantai Selatan Cipatujah

Pantai Selatan Cipatujah

Pantai Selatan Cipatujah merupakan pantai yang menarik untuk dikunjungi karena menyimpan keindahan alam yang eksotis, sehingga sayang untuk kalian lewatkan. Pantai seluas 115 hektar ini, kaya akan keindahan terumbu karangnya serta aneka ikan laut.

Tiket masuk pantai ini hanya Rp. 5000 / orang serta tarif parkir kendaraan pribadi. Pantai ini buka dari hari senin sampai sabtu selama 24 jam, jika beruntung kalian dapat melihat balap kerbau di pantai ini. Dan fasilitas yang diberikan Pantai Cipatujah tidak tanggung – tanggung karena memiliki resort yang berguna bagi para wisatawan jika ingin menginap, lalu juga memiliki jejeran warung kuliner dan kios cendramata yang dapat membuat nyaman para wisatawan.

Untuk dapat ke Pantai Selatan Cipatujah bisa menggunakan kendaraan pribadi. Kalian tinggal mengikuti jalur Nagreg setalah keluar darI Tol Cileunyi, setelah itu lanjutkan perjalanan menuju Tasikmalaya. Dari pusat kota Tasik ikuti arah jalur cipatujah, sedangkan jika menaiki angkutan umum berasal dari Bandung bisa menaiki bus Budiman di Terminal Cicaheum dengan trayek Bandung – Tasikmalaya. Setelah sampai di Terminal Tasikmalaya, lanjut menaiki bus jurusan Cipatujah.

Klik lihat: Tempat wisata di Purwakarta

Sebelum berangkat ke pantai Cipatujah ada baiknya menyiapkan bekal makanan serta obat – obatan pribadi untuk memperlancar perjalanan anda, dan jangan lupa membawa perlengkapan mandi serta baju ganti jika ingin bermain di pantai Cipatujah dan pastinya selalu awasi rekan dan keluarga saat mengunjungi pantai Cipatujah karena memiliki ombak yang tinggi.

2. Pantai Sindangkerta

Pantai Sindangkerta

Pantai Sindangkerta salah satu pantai yang patut anda kunjungi, karena selain menyimpan keindahan alamnya pantai ini juga sebagai tempat penangkaran hewan langka yaitu penyu. Pembudidayaan penyu di pantai ini dilakukan oleh Pemkot Tasikmalaya agar keberlangsungan penyu tetap terjaga di daerah Tasik.

Pantai Sindangkerta berjarak 4 kilometer dari Pantai Cipatujah. Dan harga masuk untuk memasuki Pantai Sindangkerta gratis untuk di hari biasa, namun saat hari libur dikenakan tarif sebesar Rp. 5000 / orang serta tarif parkir kendaraan pribadi.

Selain tempat pembudidayaan penyu, Pantai Sindangkerta juga memiliki Taman Laut Langser yang terdapat ragam hewan laut seperti ikan hias, kepiting, siput dan kerang. Bahkan Pantai Sindangkerta memiliki terumbu karang yang bagus dan unik di kala air laut sedang surut.

Jika ingin mendapatkan keindahan Pantai Sindangkerta secara maksimal disarankan tiba sebelum sore hari karena di pantai ini kita dapat menyaksikan matahari terbenam dengan spot berfoto yang bagus .

3. Kampung Naga

Kampung Naga

Jika kalian ingin sensasi adat Sunda asli kalian bisa mengunjungi Kampung Naga. Selain suasana perdesaan yang asri, para pengunjung juga dapat berinteraksi langsung dengan penduduk setempat.

Kampung Naga juga memiliki keunikan tersendiri, karena terletak di lembah yang subur serta bangunan rumah di kampung memiliki bentuk yang sama yaitu rumah panggung dan menghadap ke satu arah yang sama. Bahkan, masyarakat di Kampung Naga masih berpegang teguh terhadap adat istiadat dan budaya. Maka tak heran jika masyarakat di kampung ini terlihat ramah dan menjaga satu sama lain.

Kampung Naga terletak di Desa Neglasari, Jawa Barat. Jaraknya dari kota Tasikmalaya hanya berjarak 30 kilometer, sedangkan dari Garut hanya berjarak 26. Untuk memasuki Kampung Naga ini harus izin terlebih dahulu karena tidak adanya plang tempat wisata.

Bagi para travelers yang ingin menikmati suasana perdesaan bisa berkunjung ke kampung ini dan kalian juga bisa ikut beraktivitas dengan masyarakat setempat serta kalian juga dapat membeli hasil kerajinan lokal dan hasil bumi dari Kampung Naga yang dapat membantu perekonomian masyarakat setempat loh.

4. Pemandian Air Panas Ciawi

Pemandian Air Panas Ciawi

Jika berkunjung ke pemandian air panas pasti sangatlah segar. Selain untuk melancarkan peredaran darah namun juga bermanfaat bagi kesehatan seperti mengatasi penyakit kulit. Dan ternyata, di Tasikmalaya juga mempunyai pemandian air panasnya yang terletak di daerah Ciawi.

Di pemandian air panas ciawi ini disediakan 2 kolam pemandian, untuk air yang panas dan air yang dingin. Sehingga kalian tidak perlu takut jika berkunjung ke pemandian ini hanya akan menemukan pemandian air panas saja, karena bagi kalian yang tidak suka panas telah di sediakan kolam dengan air yang dingin. Setelah kalian berendam dia air panas ciawi kalian bisa langsung ke resroran di sepanjang jalan pemandian Ciawi sehabis kalian berendam.

Klik lihat: Tempat wisata di Kuningan

Untuk tiba ke tempat pemandian ini kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan mengambil jalur Tasikmalaya, dari pertigaan Nagreg kalian bisa mengambl rute arah Ciawi. Tiket masuk untuk memasuki Pemandian Air Panas Ciawi berkisar Rp. 5000 / orang yang relatif murah sehingga patut untuk dikunjungi para kalian travelers.

5. Kampung Batu

Kampung Batu

Pasti terdengar aneh jika mendengar Kampung Batu ada di era sekarang. Tapi sayangnya Kampung batu benar – benar ada dan terdapat di Tasikmalaya. Bangunan eksotis ini dibuat oleh para seniman setempat menggunakan dana pribadi tanpa campur tangan Pemerintah Daerah dan investor, dan untuk memasuki Kampung Batu tanpa di pungut biaya tetapi hanya di sediakan kotak amal yang nantinya akan di sumbangkan ke DKM Cintasari Pasirpongpok.

Untuk sampai ke Kampung Batu terdapat beberapa jalur. Dari arah Tasikmalaya kota menuju ke selatan belok di Batuawang Desa Setiawaras. Dan dapat pula dari alun – alun cikuluku ke arah selatan berjarak 7 kilometer. Buat yang penasaran dengan bentuk dari Kampung Batu, kalian bisa menjadikan tempat ini sebagai opsi liburan yang bisa di kunjungi.

6. Kebun Teh Taraju

Kebun Teh Taraju

Siapa yang tak mau mengunjungi kebun teh Selain tempatnya yang menyatu dengan alam namun juga mempunyai kesejukan dan dapat membuat siapa saja yang berkunjung menjadi segar. Dan tahukan anda bahwa Tasikmalaya juga memiliki kebun teh yang sangat luas yang berada di Jl.Raya Taraju dan dapat ditempuh dengan kendaraan umum dan pribadi.

Selain penduduk desa yang terlihat hangat dan akrab, menjadi nilai tambah di kebun teh Taraju ini. Dan jika ingin melihat pemandangan kebun teh secara berbeda kalian bisa langsung menuju Gunung Luhur Langit di mana dari atas gunung tersebut terlihat hamparan kebun teh yang hijau dan segar. Jika kalian ingin menghilangkan riuhnya jalanan kota kalian bisa menjadikan kebun teh Taraju tempat destinasi wisata anda.

7. Taman Wisata Karang Resik

Taman Wisata Karang Resik

Jika kalian yang tidak ingin pergi berlibur di Tasikmalaya terlalu jauh namun tetap bisa bersenang – senang kalian bisa mengunjungi Taman Wisata Karang Resik sebagai opsi pilihan kalian. Seperti taman wisata lainnya di kota besar, Taman Karang Resik di kemas sangat menarik dengan fasilitas yang memadai yang dibuat oleh pengelola untuk memanjakan para pengunjung.

Taman Karang Resik dibuat dengan konsep edukasi, atraksi dan wisata alam, serta di padukan dengan agrowisata. Selain itu di taman ini memiliki banyak wahana permainan dari yang biasa saja sampai yang memicu adrenalin dan juga beberapa spot bagus untuk berfoto yang pastinya instagrammable banget.

Taman yang terletak di Jl. Dr. Moh. Toha No.331 buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai dengan jam 5 sore. Dengan tiket masuk Rp. 5000 / orang. Sangat murah bukan dengan fasilitas yang memadai tetapi harga terjangkau.

8. Wisata Gunung Galunggung

Wisata Gunung Galunggung

Gunung Galunggung merupakan gunung yang cukup fenomenal di Tasikmalaya yang letusannya terbilang dahsyat pada waktu itu. Namun, dari letusan tersebut gunung galunggung mempunyai keindahan alam yang indah dan mempesona. Apalagi keindahan danau yang airnya sangat jernih.

Tempat yang harus di lihat dari Gunung Galunggung ini adalah gardu pandang dengan hamparan pemandangan alam yang hijau serta suasana kota yang dapat di lihat walaupun letaknnya cukup jauh. Apalagi di saat malam hari akan menampakkan suasana kota di malam hari dengan lampu – lampu yang sangat mengesankan dan instagenic.

Menuju Gunung Galunggung terdapat beberapa jalur, yaitu dari pusat kota Tasikmalaya ke Indihiang hingga Sukaratu, namun bisa juga melewati perempatan Pesantren Cipasung lalu belok ke kanan serta opsi terakhir melewati jalur Cisayong. Wisata Gunung Galunggung dibuka setiap hari selama 24 jam dengan tiket masuk sebesar Rp. 5000 / orang.

Klik lihat: Tempat wisata di Pangandaran

Jika kalian berminat wisata ke Gunung Galunggung dianjurkan mempunyai tenaga yang kuat untuk mencapai puncak, karena untuk mencapai puncak harus melewati jalanan pasir yang landai dan menaiki tangga berjumlah 620. Jadi, jika kalian berminat dan menikmati keindahannya langsung saja datangi Wisata Gunung Galunggung.

9. Tonjong Canyon Cipatujah

Tonjong Canyon Cipatujah

Untuk para travelers yang gemar menjelajah dengan alam, anda wajib untuk mendatangi Tonjong Canyon Cipatujah yang tentunya masih berada di Tasikmalaya. Dengan segala keindahan yang luar biasa menjadikan destinasi wisata anda tidak akan pernah terlupakan.

Biarpun Tonjong Canyon berada di tempat tersembunyi dan memiliki keindahannya tersendiri namun tempat ini sering di sebut replika dari Green Canyon. Di setiap sisi aliran sungai yang terdapat batu bewarna kecoklatan serta air yang tenang membuat para wisatawan dapat merasakan sensasi tenang dari sudut di mana saja.

Tonjong Canyon juga bisa digunakan untuk berenang loh, karena airnya yang menyejukkan dan jernih jadi sayang kalau dilewatkan dan tidak dimanfaatkan untuk berenang. Dan tentunya bagi kalian yang suka berfoto tempat ini sangat bagus diambil dari sudut manapun yang di inginkan.

Jalan untuk menuju ke Tonjong Canyon terbilang rumit karena dari pusat kota Tasikmalaya menuju jalan raya Karangnunggal hingga pertigaan Karang Pamijahan, setelah itu belok kiri menuju jalan Cipatujah ke Cibodas sampai bertemu dengan TK Nurul Insan dan belok kiri. Setelah kalian belok kiri dianjurkan untuk bertanya dengan warga sekitar agar tidak tersesat ya.

10. Curug Dengdeng

Curug Dengdeng

Tahukah kalian jika bentuk curug yang berundak jarang untuk ditemui, kebanyakan curug tersebut berada di Bali. Namun, di Tasikmalaya mempunyai curug berbentuk berundak yang bernama Curug Dengdeng dengan segala keajaiban menawan yang bagus untuk di lihat.

Curug Dengdeng terletak di Desa Tawang, Kecamatan Pancatengah dan di buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai dengan jam 4 sore. Untuk biaya masuk ke curug ini gratis, namun hanya dimintai sumbangan sukarela untuk pembangunan fasilitas.

Perjalanan menuju Curug Dengdeng terbilang cukup menguras tenaga dari parkir di rumah para warga, setelah itu untuk sampai lokasi perlu berjalan menanjak selama setengah jam. Namun, di saat sudah melihat pemandangan yang tersedia membuat perasaan lelah hilang seketika. Curug Dengdeng memiliki 3 tingkatan yang berbeda dengan aliran air yang deras namun masih terbilang cukup aman jika kalian ingin berenang atau sekedar bermain air di curug ini.

Nah, itu dia review tempat wisata yang dapat kalian kunjungi saat berada di Tasikmalaya.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *