Tempat Wisata di Sukabumi
Travel

Tempat Wisata di Sukabumi

Kota Sukabumi merupakan salah-satu kota dengan luas wilayah terkecil di Jawa Barat. Meskipun begitu kota Sukabumi memiliki banyak tempat wisata favorit yang bisa jadi destinasi anda berlibur diakhir pekan.

Tempat Wisata di Sukabumi Terbaru

Lalu apa saja tempat wisata yang menarik di sukabumi? Nah, berikut kami telah pilihkan 10 rekomendasi yang wajib dikunjungi.

1. Kawah Ratu

Kawah Ratu

Rekomendasi wisata pertama adalah Kawah Ratu yang terletak dilereng gunung salak, bagi anda yang suka mendaki, anda bisa menjadikan kawah ratu salah satu tempat favorit kamu. Ada 3 rute pendakian yang bisa anda pilih, pastikan memilih dengan tepat. Waktu tempuh menuju kawah ratu sekitar 3-5 jam.

Tiket masuk Kawah Ratu sebesar Rp.7.500.- , anda juga bisa menyewa pemandu untuk membantu ke Kawah Ratu agar tidak tersesat. Pemandangan yang cantik bisa anda lihat sepanjang anda melakukan pendakian, asap belerang yang pekat, membuat Kawah Ratu semakin menarik untuk anda jelajahi.

2. Gua Buniayu

Gua Buniayu

Liburan sambil berpetualang bisa anda dapatkan di Gua Buniayu, anda akan dipinjami beberapa peralatan keselamatan agar anda aman saat menjelajahi gua, karena medan di dalam gua tidak mudah, anda harus melalui jalan yang tidak selalu lurus, anda harus melewati danau lumpur, memanjat tebing, berpegangan pada pinggir tebing dan yang lainnya, yang akan membuat anda merasakan petualangan yang sangat menantang.

Anda akan dipandu untuk menjelajahi Gua Buniayu, kuota untuk menjelajahi gua ini biasanya 6-8 orang. Jika sudah memenuhi kuota yang ditentukan, anda harus menunggu kuota berikutnya. Gua ini dibuka setiap hari pukul 08.00 -22.00 WIB dengan tiket masuk Rp15.000 per orang.

3. Pantai Ombak Tujuh

Pantai Ombak Tujuh

Hal menarik bisa anda temukan di Pantai Ombak Tujuh ini, hal menarik yang jarang ditemui di pantai lain. Ombak yang ada di sini beriringan dan jumlahnya biasanya terdiri dari tujuh buah. Ombak akan menuju daratan dan akhirnya menabrak karang dengan berurutan. Bagi para wisatawan yang menyukai surfing pantai ini bisa menjadi salah satu destinasi yang bisa anda kunjungi dan ombaknya bisa anda coba taklukan.

Pantai Ombak Tujuh terletak di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Belum banyak wisatawan yang datang kesini karena aksesnya yang tidak mudah, namun pantai ini memberikan keindahan yang sangat indah membuat anda akan merasa tenang, dan nyaman karena pasir disini masih putih dan bersih.

4. Curug Cikaso

Curug Cikaso

Berlokasi di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, curug ini memiliki 3 air terjun. Curug ini terlihat lebih cantik dan menarik , jika anda melihat dari kejauhan, Karena warna air curug ini yang terlihat kebiru-biruan.

Klik lihat: Tempat wisata di Tasikmalaya

Tarif masuk Curug Cikaso adalah Rp. 3.000 per orang, Rp. 27.000 untuk parkir mobil dan Tarif motor biayanya Rp. 6.000. Anda bisa menyewa perahu dengan harga sekitar Rp70.000 untuk 10 orang. Di sini anda juga bisa berenang dan berendam atau anda bisa bersantai menggunakan ban , karena dii bawah air terjun ini mengalir sungai yang jernih dan bersih.

5. Bukit Karang Numpang

Bukit Karang Numpang

Salah satu destinasi yang populer di Sukabumi bisa anda temukan di Bukit Karang Numpang, yang berlokasi di Kecamatan Guruh, Sukabumi. Anda akan disuguhkan dengan pemandangan lembah dan pegunungan hijau.

Bukit ini pernah menjadi lokasi syuting Film 5 Cm, yang kemudian banyak wisatawan yang penasaran dan ingin berwisata ke bukit ini. Tiket masuk bukit ini sebesar Rp3.000.- dan tarif parkir kendaraan Rp.2.000. Bukit Karang Numpang bisa menjadi destinasi anda saat berada di Sukabumi, anda bisa mendapatkan keseruan sekaligus keindahhan disini.

6. Danau Bacan

Danau Bacan

Banyak hal menarik yang bisa kamu temukan di Sukabumi, salah satunya di Danau Bacan, karena danau ini sebenarnya bekas tambang yang sudah tidak digunakan lagi oleh yang mengelolanya. Tempat yang menjadi bekas tambang ini terisi oleh air hujan selama bertahun-tahun lamanya sehingga, membentuk seperti danau berwarna kehijauan.

Klik lihat: Tempat wisata di Purwakarta

Keindahhan Danau Bacan ini bisa anda abadikan saat berkunjung kesini, anda akan dimanjakan dengan pemandangan tebing yang dihiasi oleh semak hijau. Berlokasi di Desa Bojong, Kecamatan Cikembar, Sukabumi, Jawa Barat. Tarif masuk ke kawasan ini tidak dipungut biaya, tapi anda harus membayar biaya parkir kendaraan sekitar Rp5.000 untuk mobil dan Rp2.000 untuk motor.

7. Curug Awang

Curug Awang

Sukabumi memiliki banyak curug yang indah dan menarik untuk dikunjungi salah satunya adalah Curug Awang. Memiliki ketinggian 40 meter, curug ini biasa dijuluki Air Terjun Niagara versi mini. memiliki keindahan yang cantik dan suasana segar yang bisa anda nikmati.

Curug Awang berlokasi di Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Saat musim hujan curug ini terlihat lebih indah, karena debit air sangat deras. Saat anda berniat untuk berwisata ke curug ini, anda harus berjalan sejauh 1,5 M terlebih dahulu dan dengan medan yang cukup menantang. Namun, anda tak usah khawatir setelah lelah berjalan anda akan dimanjakan oleh pemandangan yang indah dan suasana yang menyegarkan di curug ini. Harga tiket masuk Curug Awang sebesar Rp3.000 dan tarif parkir sekitar Rp3.000-5.000.

8. Taman Nasional Gunung Halimun

Taman Nasional Gunung Halimun

Gunung Halimun menjadi destinasi menarik yang bisa anda kunjungi, memiliki luas 113.357 hektar. Banyak sekali yang bisa anda lakukan disini. Mulai dari menjelajah kawasan hutan Gunung Halimun, bermain outbound, mengunjungi kebun teh, dan bisa melihat air terjun.

Klik lihat: Tempat wisata di Kuningan

Kawasan Gunung Halimun ini juga sering dijadikan kawasan perkemahan, cocok untuk anda yang ingin berlama-lama menikmati keindahan dan fasilitas yang ada disini. Bagi anda yang ingin berlibur ke Taman Nasional Gunung Halimun, anda bisa datang ke Kampung Ciwalen, Malasari, Nanggung Halimun, Sukabumi, Jawa Barat.

9. Pantai Pangumbahan

Pantai Pangumbahan

Pantai Pangumbahan berlokasi di Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Banyak hal yang menarik yang bisa anda lakukan disini. Tentunya keindahhan pantai yang bisa anda nikmati dan pantai ini memiliki pasir putih yang lembut dan bersih.

Saat pagi hari anda bisa menikmati keindahan pantai dengan berkeliling ditepi pantai, dan saat sore hari anda bisa menikmati indahnya senja sambil melihat penangkaran penyu yang akan melepaskan penyu-penyu tukik ke laut. Untuk melihat pelepasan penyu kelaut ini anda harus membayar Rp. 10.000 untuk dewasa dan Rp. 5.000 untuk anak-anak. Pantai ini selalu ramai untuk dikunjungi karena memiliki keindahan yang menarik terutama di sore hari.

10. Curug Cigangsa

Curug Cigangsa

Rekomendasi terakhir yang akan kami berikan adalah Curug Cigangsa, terletak di Area Geopark Cileteuh Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. tarif masuk ke Curug Cigangsa ini hanya Rp.3.000 dan parkirnya Rp.12.000.

Curug Cigangsa memberikan pemandangan yang indah tidak kalah dengan curug lainnya, anda bisa melihat air terjun yang memiliki tiga buah tingkatan. Dari atas, air akan turun ke tebing lalu, turun lagi ke tebing berikutnya hingga akhirnya sampai ke sungai bagian bawah. anda juga bisa melihat air terjun dari dua arah, yaitu bagian atas dan bagian bawah. Keindahhan dicurug ini juga terlihat oleh dinding batunya yang berwarna kehitaman.

Nah, itu 10 tempat wisata yang ada di sukabumi yang bisa anda jadikan rokomendasi saat berlibur nanti, selamat bersenang – senang.

Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *