Tempat Wisata Banten

  • Whatsapp
Tempat Wisata Banten

Banten merupakan provinsi yang terbilang baru. Provinsi yang beribukota di Serang ini, baru melepaskan diri dari Jawa Barat pada tahun 2000. Meskipun terbilang baru, banten kini telah berkembang dengan pesat dari segala sisi baik dari segi sosial, ekonomi, politik, pendidikan hingga pariwisata.

Banten memang dikelilingi oleh laut Jawa di bagian utara, Selat Sunda di bagian barat dan laut Hindia di bagian selatan sehingga Banten memiliki sumberdaya kelautan yang besar. Sumberdaya tersebut sangat bermanfaat dalam segi ekonomi maupun pariwisata.

10 Tempat Wisata Banten Hits dan Instagramable

Berbicara tentang pariwisata, Banten memiliki berbagai alternatif tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Apa saja? simak ulasan berikut ini.

Pantai Anyer

Pantai Anyer

Pantai ini berlokasi di Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Banten. Pantai ini memang paling populer dibanding pantai yang lain di Banten. Pantai ini ramai dikunjungi keluarga ketika weekend maupun liburan karena lokasinya yang dekat dengan Ibukota Jakarta. Tidak hanya menikmati hamparan pasir putih dan deburan ombak yang menggulung, di pantai ini anda dapat melakukan berbagai aktifias lain seperti berenang, berselancar, menyelam dan juga olahraga air.

Untuk anda yang kurang puas menikmati pantai Anyer dalam sehari, anda bisa menginap di hotel sekitar kawasan wisata. Selain hotel, sudah terdapat banyak restoran dan rumah makan yang akan memanjakan lidah anda dengan hidangan mewahnya. Untuk memasuki pantai ini, anda dikenakan tarif masuk berdasarkan parkir kendaraan yaitu sebesar Rp 100.000 untuk mobil pribadi, Rp 25.000 untuk sepeda motor, Rp 600.000 untuk bus kecil, Rp 800.000 untuk bus besar.

Pantai Tanjung Lesung

Pantai Tanjung Lesung

Tak kalah menarik dari pantai Anyer, Pantai Tanjung Lesung memiliki pantai yang mempesona, batuan yang menjadi spot foto menarik, serta pasir putih yang terhampar disepanjang pantai. Berlokasi di Kabupaten Pandeglang, Banten (108 km dari Jakarta), pantai ini dapat anda jadikan destinasi wisata yang seru untuk keluarga. Disini anda dapat memancing, snorkeling, diving dan bermain permainan air. Fasilitas seperti hotel, rumah makan, toilet dan penyewaan alat menyelam juga sudah lengkap disini.

Jika membawa anak kecil anda tidak boleh lepas pengawasan darinya, pasalnya ombak di pantai Tanjung Lesung ini cukup besar. Untuk memasuki kawasan wisata seluas 1.500 hekar ini anda hanya dikenakan tiket masuk sebesar Rp 25.000 untuk hari biasa dan Rp 40.000 untuk hari libur.

Lihat: Makanan khas Banten yang wajib Anda coba.

Pantai Sawarna

Pantai Sawarna

Pantai lain di Banten yang wajib anda kunjungi adalah pantai Sawarna. Pantai ini tergolong masih baru dieksploitasi dan tidak setenar 2 pantai sebelumnya. Namun jangan salah, pantai ini menyuguhkan pemandangan yang tak kalah luar biasa. Pantai ini berlokasi di desa Sawarna, Bayah, lebak, Banten. Sekitar 5 jam dari Jakarta. Selain menikmati keindahan pantainya pantai ini juga sering dikunjungi wisatawan untuk berselancar karena ombaknya yang besar. Harga tiket masuknya sangat murah yakni hanya Rp 5.000 per orang dan Rp 2.000 untuk parkir kendaraan.

Pantai Mabak

Pantai Mabak

Pantai Mabak menyajikan air tenang yang bening. Bahkan jika nda berkeliling menggunakan perahu dayung, anda akan merasa perahu tersebut seperti melayang diatas air saking beningnya. Pantai ini memiliki banyak spot foto menarik yang instagramable. Saat terbaik untuk menikmati pantai ini adalah saat fajar karena air akan terkena sinar maahari pagi dan sore hari ketika matahai tenggelam. Pengunjung hanya ditarik tiket parkir sebesar Rp 5.000 untuk pengguna sepeda motor dan Rp 10.000 untuk pengguna mobil. Pantai ini dapat dijangkau dengan berkendara selama 30 menit dari pelabuhan Merak.

Lihat juga: Tempat wisata hits dekat malioboro.

Pulau Panaitan

Pulau Panaitan

Pulau seluas 17.000 Ha ini memiliki hutan hujan tropis yang tumbuh di bukitnya. Bukit terbesar dari pulau ini bernama Gunung Raksa yang memiliki keanekaragaman hayati didalamnya. Selain flora dan fauna, banyak penemuan arkeologis contohnya Patung Ganesha dan Shiwa yang merupakan peninggalan Hindu Kuno pada masalalu. Pulau ini terletak di daerah Pandeglang, Banten. Pantai ini dihiasi pasir putih yang luas dan ombak besar yang stabil sehingga menjadi salah satu tempat surfing terbaik di dunia.

Pulau ini juga memiliki laut yang sedikit tenang di area batu pitak yang biasanya digunakan untuk snorkeling dan diving namun terbatas untuk profesional saja. Para pemancing profesional juga menyebut tempat ini sebagai surganya ikan predator. Tiket masuk ke pulau ini sebesar Rp 100.000 pada hari biasa dan Rp 200.000 untuk hari libur.

Gunung Krakatau

Gunung Krakatau

Jika anda bosan dengan pantai dan ingin mencoba wisata yang lebih menantang, sepertinya wisata gunung krakatau. Meskipun secara geografis anak gunung krakatau masuk di Provinsi Lampung, anda ternyata bisa mencapainya dari Banten melalui pelabuhan merak atau Pantai Anyer. Dari pantai anyer, anda perlu menaiki speed boat selama 3 jam dengan membayar Rp 200.000 / orang. Disana anda dapat mendaki gunung aktif ini. Jika anda hanya ingin menikmati keindahan gunung dari kejauhan, anda hanya perlu mendaki bukit disekitar pantai Anyer / pantai Carita.

Telaga Biru Cisoka Banten

Telaga Biru Cisoka Banten

Telaga yang airnya berwarna biru bersih ini berada di Desa Cisoka, Tangerang, Banten. Dari kota Tangerang, anda hanya perlu menempuh perjalanan sejauh 9 km. Disekitar telaga terdapat area persawahan milik warga yang tentunya sejuk dipandang. Warna biru langit, putihnya awan, hijau dedaunan, kuningnya padi, dan birunya air telaga akan membuat anda betah berlama lama berada disana.

Terdapat beberapa spot foto yang sengaja dibangun untuk menarik wisatawan dan fasilitas penyewaan sampan untuk mengelilingi telaga. Selain biru, telaga ini ternyata bisa berubah warna menjadi tosca dan hijau. Hal ini karena telaga ini merupakan bekas galian tambang sehingga memiliki kadar keasaman yang tinggi. Wisata ini buka setiap hari pukul 06.00 – 18.00 dan tanpa dipungut biaya masuk.

Arung Jeram Sungai Ciberang

Arung Jeram Sungai Ciberang

Selain pantai, terdapat wisata air lain yang juga menyenangkan di Banten yakni Arung Jeram Sungan Ciberang. Sungai ini dikelilingi pengunungan yang masih asri dan rindang. Sungainya yang memiliki arus deras sangat cocok digunakan untuk olahraga arung jeram. Namun sebelum memutuskan untuk mengunjungi wisata ini, sebaiknya anda bertanya terlebih dahulu kepada pengelola apakah fasilitas sedang tersedia, karena terkadang sungai ini kering dan airnya menjadi kurang deras.

Wisata ekstrem ini terletak di Desa Ciladaeun, Lebakgedong, Banten. Untuk menikmati wisata ini, anda perlu mengeluarkan uang sebear Rp 350.000/pax untuk sekitar 5 orang, cukup terjangkau untuk pengalaman menantang adreanalin.

Coba lihat: Tempat wisata di Gorontalo terbaru.

Kampung Suku Baduy

Kampung Suku Baduy

Tempat wisata Banten selanjutnya adalah Kampung Suku Baduy. Dinamakan seperti itu karena memang ada sekitar 8000 orang suku Baduy yang tinggal disana. Suku Baduy adalah salah satu suku di Indonesia yang hidup secara tradisional dan terisolir dari dunia luar. Mereka hidup di alam dan menolak peradaban baru yang menurut mereka akan membawa bencana. Suku baduy di kampung ini dibagi menjadi 2 yaitu suku baduy dalam yang memakai pakaian putih dan suku baduy luar yang memakai pakaian hitam. Disini anda akan disuguhkan pemandangan yang masih alami, budaya suku baduy yang masih terjaga, dan juga pengalaman untuk tinggal di rumah suku Baduy. Anda dianjurkan untuk menggunakan pemandu wisata karena terdapat banyak pantangan untuk masuk ke dalam kampung ini.

Wisata ini berlokasi di desa Cibeo, Lebak, Banten sekitar 1 jam berkendara dari Rangkasbitung. Untuk masuk kesini, anda dikenakan biaya seikhlasnya dan jika ingin menginap, setiap rumah hanya dipatok harga Rp 200.000.

Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon

Tak lengkap rasanya pergi ke Banten tanpa mengunjungi Taman Nasional Ujung Kulon.aktivitas yang dapat anda lakukan disini diantaranya adalah trekking, camping, dan juga menjelajah alam liar. Di Taman Nasional ini terdapat tempat perlindungan bagi Badak. Wisata ini cocok dilakukan bersama keluarga terutama anak anak untuk mengajari mereka melestarikan alam. Ujung Kulon terletak di Kabupaten Cibaliung, Banten. Tiket masuknya juga cukup murah yaitu hanya Rp 5.000 untuk hari biasa dan Rp 7.500 untuk hari libur.

Nah itulah tadi 10 tempat wisata di banten yang menarik untuk dikunjungi. Semoga dapat menjadi referensi anda untuk menghabiskan liburan bersama orang tersayang. Selamat berlibur !

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *